Sejak era industrialiasasi, seluruh bisnis yang tersebar di seluruh dunia dilakukan secara offline. Hal ini berarti jika ingin menghasilkan uang, setiap bisnis mesti memiliki tempat/bangunan sendiri, produk maupun jasa yang real, dan modal yang lumayan gede. Namun semenjak adanya internet, kebiasaan seperti itu kini sudah dianggap ketinggalan zaman. Sekarang, sudah banyak jenis bisnis online yang bertebaran dan nampaknya mampu menyaingi pendapatan yang bisa dihasilkan oleh bisnis offline.

Saat ini, kamu tidak memerlukan modal jutaan rupiah untuk mendirikan sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang. Kamu juga tidak perlu menyewa sebuah tempat untuk melangsungkan sebuah bisnis. Cukup dengan modal kuota internet dan usaha yang konsisten, sekarang siapa saja sudah bisa melahirkan bisnis online yang berhasil.

Lantas, apa sajakah jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan serta berpotensi menghasilkan lebih banyak rupiah dari pekerjaan utama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simaklah daftar 4 jenis bisnis online berikut ini.

1. Membangun sebuah blog/website

Salah satu model bisnis yang memiliki perkembangan paling pesat di era internet ini adalah model bisnis online periklanan. Perusahaan digital raksasa seperti Alphabet (Google & Youtube), Facebook, Twitter, dan sebagainya merupakan beberapa contoh jenis bisnis online yang meraup miliaran dollar Amerika Serikat setiap bulannya. Padahal bila kita kaji dengan seksama apa yang mereka lakukan awalnya hanyalah membangun sebuah website. Tidak lebih dan tidak kurang. Kemudian setelah terdapat semakin banyak pengguna, lalu mereka mulai menyewa beberapa pekerja, membangun kantor, mengurus perizinan, dan lain sebagainya.

Intinya adalah semua keuntungan besar yang mereka peroleh itu berawal dari hanya membangun sebuah website.

Selain itu, dalam skala yang lebih kecil, sebuah blog (jenis website yang identik dengan konten berupa tulisan) juga terbukti mampu membuat seseorang menjadi lebih sukses dan dikenal oleh banyak orang. Beberapa tokoh publik (artis, selebriti) di Indonesia yang kini terkenal dulunya hanyalah orang biasa yang memiliki sebuah blog. Dari situ kemudian mereka perlahan-lahan mulai dikenal orang, lalu mulai diundang menjadi pembicara dalam berbagai event tertentu, dimintai kerjasama oleh sejumlah brand, hingga mencapai titik dimana mereka pantas disebut sebagai artis. Contoh nyata dari kasus ini adalah Raditya Dika dan Benazio Rizki Putra (BenaKribo).

Jadi, tidaklah berlebihan jika saya mengatakan bahwa membangun sebuah blog/website di era sekarang ini merupakan jenis bisnis online yang layak untuk dipertimbangkan.

Nah, apakah kamu mau sukses seperti Raditya Dika dan kawan-kawan? Caranya udah pasti gak mudah ya, tapi yang jelas kamu bisa memulai menempuh jalan yang sama seperti dengan mempelajari Cara Membuat Blog WordPress.

2. Menjadi seorang Content Creator Youtuber

Atta Halilintar, Young Lex, Chandra Liow, Reza Oktavian, Kaesang, dan masih banyak lagi nama besar lainnya adalah contoh selebriti-selebriti baru yang lahir dari konten berbagi video populer yaitu Youtube. Hanya dengan membuat video-video menarik dan disukai penonton, para youtuber bisa menghasilkan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Bahkan tak jarang lho youtuber Indonesia yang kini telah berhasil membeli rumah dan mobil mewah hanya dari memposting sejumlah konten video menarik di kanal mereka masing-masing.

Seorang youtuber yang terkenal bisa saja memiliki penghasilan yang melampaui gaji para pejabat di Indonesia bahkan direktur sebuah perusahaan Nasional. Makanya, kadangkala timbul rasa iri di kalangan para pekerja tradisional seperti pegawai dan karyawan yang mesti bekerja 8-9 jam setiap hari dengan gaji yang tidak seberapa. Youtuber adalah jenis bisnis online yang sangat menjanjikan saat ini jika seseorang benar-benar serius dalam menggelutinya serta memiliki cukup keberuntungan di pihaknya.

Jadi, tunggu apalagi? Silahkan coba keberuntunganmu dengan membuat kanal youtube sekarang juga.

3. Mendirikan Toko Online

Jenis bisnis online berikutnya yang cocok untuk dicoba adalah dengan mendirikan sebuah toko online. Pada prinspipnya, cara mendirikan sebuah toko online sama seperti dengan cara membuat website. Hanya saja setelah itu fungsinya kita fokuskan kepada menjual produk/jasa tertentu saja. Misalkan kamu ingin menjual berbagai macam produk kreatif, maka kamu bisa memfokuskan website kamu hanya untuk menjual barang-barang seperti gelang, bingkai lukisan, kacamata kayu, dan produk fashion custom (baju, tas, sepatu).

Namun sayang, jenis bisnis online yang satu ini sudah tidak ramah lagi bagi kamu yang memiliki budget tipis. Pasalnya, di Indonesia sudah banyak toko online yang bertebaran dan biasanya memiliki backingan dana yang kuat. Toko online seperti lazada, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Zilingo, dan masih banyak lagi adalah beberapa contoh perusahaan toko online yang punya backingan dana hingga triliunan rupiah.

Namun, kamu tak perlu berkecil hati. Soalnya jika toko online yang akan kamu dirikan nampaknya memiliki sejumlah hal unik yang tidak dimiliki oleh para raksasa diatas, maka tetap ada kemungkinan toko online kamu bisa berhasil kedepannya.

4. Ikut Bisnis Afiliasi

Afiliasi adalah contoh jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan tanpa memiliki sebuah produk/jasa. Artinya kamu bisa menghasilkan uang hanya dengan mempromosikan produk orang lain atau perusahaan tertentu melalui link unik yang diberikan. Jika kebetulan ada seseorang yang membeli produk/jasa tertentu dari link yang kamu promosikan di blog atau website kamu, maka sebagian persen dari total hasil penjualan tersebut akan masuk ke kantong kamu. Adapun soal bagi hasil yang diberikan tentu akan berbeda-beda tergantung dari kebijakan pemilik produk/jasa tersebut.

Bagaimana? Mudah bukan?

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!