Jadi kamu sudah tahu bagaimana cara membuat blog? Sekarang apa? Ingin bisa menghasilkan uang dari blog, bukan?

Jika demikian, hindarilah sejumlah kesalahan blogger pemula berikut ini.

1. Fokus Mempercantik Tampilan Blog

Tahun 2011 merupakan awal pertama kali saya mengetahui dunia blog. Itupun jika ingatan saya memang benar. Saya mulai membuat blog dengan menggunakan platform gratis seperti blogspot dan WordPress.com. Apa alamat blog pertama saya kala itu jelas sudah saya lupa.

Namun, blog gratis tersebut tidak berlangsung lama. Soalnya naluri saya memang tidak suka dengan tambahan embel-embel ‘blogspot’ atau ‘wordpress’ yang mesti tertera di url. Jadi tanpa pikir panjang, saya pun beralih ke ranah profesional. Menyewa hosting sekaligus membeli domain. Saat itu uang yang saya keluarkan sekitar 300 ribuan untuk sewa selama satu tahun.

Benak saya mengatakan dengan memiliki domain dan hosting sendiri berarti saya bisa menghasilkan uang dari blog dengan mudah. Sementara fakta menunjukkan sebaliknya. Pasalnya, sebagian besar waktu, saya gunakan hanya untuk memperbaiki tampilan blog saya sampai bisa sekeren mungkin.

Itu-itu sajalah yang saya lakukan. Memastikan tampilan blog saya selalu terlihat apik. Hingga kemudian lama kelamaan saya menyadari apa yang saya lakukan tidak lebih dari membuang-buang waktu saja. Sebab tidak peduli sebagus apa tampilan suatu blog, tanpa konten yang berkualitas, ia menjadi tidak berguna.

Makanya muncul kemudian istilah “Content is King” atau “konten adalah raja” di kalangan para blogger. Saya sangat terlambat menyadari ini. Sehingga ketika saya sadar, saya menjadi tidak memiliki motivasi lagi untuk menjadi seorang blogger.

Butuh percobaan berulang kali dengan waktu yang cukup lama hingga saya kembali membuat blog dengan cara yang benar pada pertengahan tahun 2018 ini.

Jadi, dengarkanlah nasihat saya. Berhentilah mengotak-atik tampilan blog dan fokuskan dirimu untuk menciptakan konten-konten berkualitas bagi pembaca. Tampilan blog yang cantik sekalipun tidak akan bisa mempengaruhi jumlah trafik yang masuk kalau hanya konten sampah saja yang tersedia di blog tersebut. Saya sengaja memberitahukan salah satu kesalahan blogger pemula ini kepada kamu supaya nanti kamu tidak lagi mengulanginya.

2. Tidak Melakukan Promosi

Kesalahan blogger pemula yang selalu saja dilakukan ialah tidak atau malu melakukan promosi. Dipikir orang akan dengan sendirinya mengetahui blog atau konten yang baru mereka ciptakan.

Memang tanpa promosi tetap ada kemungkinan blog kamu mendapatkan trafik dari mesin pencari. Tetapi tingkat probabilitasnya sangat kecil. Sebab ada miliaran blog di luar sana yang juga ingin tampil di halaman pertama Google.

Duh, kalau blog kamu masih baru dan kualitas kontennya juga masih perlu dipertanyakan, apakah pantas kamu mengandalkan trafik dari mesin pencari? Apakah layak kamu mendapatkan halaman pertama di Google? Silahkan jawab sendiri.

3. Tidak Mau Belajar Teknik SEO

SEO (Search Engine Optimization) artinya adalah mengoptimalkan sebuah situs agar ramah di mata mesin pencari seperti google. Tujuannya tidak lain agar situs/blog kita bisa tampil di halaman pertama google untuk kata kunci tertentu. Sehingga ketika orang mengetikkan kata kunci tersebut pada kolom pencarian, google kemudian akan merangking peringkat blog/website yang menggunakan kata kunci tersebut.

Misalnya blog kamu SEO-nya teroptimasi dengan baik, pastilah Google tidak akan ragu memberikan kamu tempat di halaman pertama mereka untuk kata kunci tersebut.

Jadi, hindarilah juga kesalahan blogger pemula yang satu ini. Jangan hanya menciptakan konten terus menerus tanpa memperhatikan kualitas SEO-nya. Bagi kamu yang ingin belajar SEO, saya menyarankan untuk belajar di blog sang master Panduanim.

4. Menggunakan Tampilan Blog yang Tidak Ramah Pembaca dan Mobile Friendly

Pada poin pertama saya menyebutkan salah satu kesalahan blogger pemula adalah terlalu fokus menata tampilan. Tapi mbok ya, itu bukan berarti kita mesti menghiraukan tampilan blog kita. Dibiarkan semrawut sehingga para pengunjung jadi bete dan kesal.

Hindari memasang segala jenis bentuk plugin yang tidak perlu seperti pemutar musik, kalender, efek salju/hujan, dan lain sebagainya. Plugin-plugin seperti itu sama sekali tidak ada faedahnya selain membuat blog kita berat untuk dimuat alias loading. Selain itu juga bisa membuat pengunjung blog risih. Apalagi sampai menggunakan latar belakang tampilan yang berwarna gelap dipadukan dengan warna tulisan yang cerah. Hufft… gokil dah!

Adapun untuk penggunaan tema blog, pastikan kamu memakai tema blog yang mobile friendly. Alias walaupun dilihat dari layar berukuran kecil (ponsel), blog kamu tetap nyaman dibaca.

Saya prihatin dengan sejumlah blogger Indonesia yang sudah sepuh tetapi masih saja tidak memperhatikan tampilan blog mereka. Ketika saya coba mengakses beberapa blog milik para sepuh ini melalui ponsel, saya kadangkala mendapati kesulitan.

Tampilan blognya tetap sama seperti saat diakses melalui komputer/laptop. Sehingga saya mesti melakukan zoom terlebih dahulu baru bisa mengklik artikel yang ingin saya baca.

Bagaimana menurutmu?

Artikel terkait:

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link