Blogging adalah cara yang hebat untuk menunjukkan bakat dan ketertarikanmu kepada calon pemberi kerja, sembari menambah keunggulan tersendiri pada resume kamu. Jika kamu menulis blog secara konsisten, ini akan menunjukkan dedikasi, hasrat, dan kreatifitas kamu – yang mana seluruhnya merupakan atribut kunci yang dicari perusahaan pada kandidat pekerja.

Lauren Conrad

Blogging adalah salah satu kegiatan menulis di internet yang mengasyikkan sekaligus cukup menantang bagi saya. Meski sering on dan off di dunia blogging sejak tahun 2010, mostly karena masih labil, saya tetap mengakui akan manfaat besar yang bisa didapatkan apabila kita menekuninya.

Setidaknya begitulah pendapat saya. Keyakinan akan sejumlah manfaatnya-lah yang pada akhirnya membuat saya kembali ke dunia blogging di pertengahan tahun 2018.

Mungkin saat ini kamu bertanya-tanya: “Apa sih manfaat yang bisa saya dapatkan dari menekuni aktivitas blogging?”

Well, jawaban saya tentu adalah blogging dapat mengembangkan kualitas diri kamu ke arah yang lebih baik.

5 hal dibawah ini adalah beberapa contoh manfaat yang bisa kamu dapat.

Melatih Kamu untuk Menulis

Blog tidak bisa dilepaskan dari kegiatan menulis. Sama halnya asap yang tidak bisa dipisahkan dari api.

Sesaat kamu memutuskan untuk mencoba menekuni aktivitas blogging. Maka pada saat itu juga kamu memutuskan untuk masuk ke dunia literasi. Terutama di bidang penulisan.

Tapi ini bukan berarti tulisan yang harus dihasilkan adalah jenis tulisan dengan kaidah bahasa yang sesuai dengan EYD ataupun serupa dengan tulisan karya ilmiah.

Sama sekali tidak.

Dalam blogging, kamu hanya dituntut untuk menulis sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Sehingga tidak menjadi persoalan bila tulisan kamu tidak sesuai dengan kaidah EYD.

Sebab inti dari menulis blog adalah menulis untuk dipahami.

Oleh karena itu, disini kamu akan berlatih bagaimana menyesuaikan gaya bahasa tulisanmu dengan target pembaca yang sudah kamu tentukan.

Jika kamu menetapkan target pembaca blog kamu adalah wanita dengan rentang usia 13 – 30 tahun, maka hampir bisa dipastikan kamu akan memilih gaya bahasa yang santai dan feminis.

Sebaliknya, bila target pembaca blog kamu adalah pria dewasa di rentang usia 30 sampai 60 tahun, penggunaaan bahasa yang formal tentu akan menjadi pilihan gaya tulisan yang sesuai untuk blog kamu.

Beda audiens, beda penyampaian.

Selain itu, kemampuan menulis kamu secara keseluruhan juga dengan sendirinya akan ikut berkembang seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan pengalaman kamu setiap kali menulis.

Tips: Ikutilah tantangan menulis minimal 1 artikel per hari selama satu tahun bersama saya.

Melatih Kesabaran

Membuat sebuah blog adalah satu hal, dan hampir semua orang bisa melakukannya. Tetapi, menjadikan blog dikenal dan memiliki banyak pengunjung adalah hal lain yang tidak semua orang mampu mencapainya.

Sebagian besar diakibatkan karena sifat manusia yang tidak sabaran. Keinginan untuk sesegera mungkin mendapatkan hasil meskipun usaha yang dikeluarkannya belum seberapa.

Melalui kegiatan menulis blog, tingkat kesabaran kamu akan terus dilatih seiring waktu.

Akan ada saat dimana kamu merasa usaha yang kamu keluarkan tidak sebanding dengan hasil yang kamu raih. Kamu telah menulis banyak artikel dan konten lainnya, tetapi hanya sebagian kecil saja yang membaca dan mengapresiasi usaha kamu.

Apabila pada saat-saat kritis seperti diatas kamu menyerah, maka akan sia-sialah semua jerih payah kamu.

Sebaliknya, jika kamu memilih untuk terus sabar dan tidak berhenti menulis, maka yakinlah suatu saat nanti semuanya akan terbayar.

Perusahaan raksasa di bidang ecommerce seperti Amazon saja membutuhkan waktu 9 tahun baru bisa menghasilkan keuntungan hingga saat ini menjadi salah satu perusahaan yang paling bernilai di dunia.

Sehingga disini yang menjadi pertanyaan adalah siapkah kamu menantang dirimu sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih sabar? Pribadi yang jauh dari mental instan atau segera ingin menikmati hasil tanpa melalui proses yang panjang?

Jika iya, maka mulailah menantang dirimu melalui blogging.

Menambah Jaring Pertemanan dengan Blogger Lain

Dalam agama islam diajarkan bahwa menjalin tali persaudaraan dan kasih sayang adalah salah satu cara seseorang menjadi kaya.

Dan memang begitulah pada faktanya. Seseorang dengan koneksi yang luas hampir bisa dipastikan memiliki kehidupan yang sukses dan berkecukupan secara finansial.

Sama halnya dengan kampus, blogging juga memiliki jaringan yang sangat luas. Pasalnya, blogger di dunia bukan hanya satu atau dua orang saja, melainkan mencapai angka milyaran.

Artinya adalah ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang blogger, saat itu juga otomatis kamu tergabung pada lingkaran blogger seluruh dunia. Hanya menunggu waktu saja hingga kamu dikenal oleh blogger lainnya. Tentu ini berlaku jika kamu terus konsisten mengisi konten dan mengembangkan blog yang kamu bangun.

Jika sudah dikenal, bukan mustahil kehidupanmu bisa langsung berubah 180° kearah yang lebih baik. Dan banyak lho blogger yang sudah membuktikannya.

Di Indonesia, contohnya adalah seorang agus mulyadi yang sempat tampil di beberapa stasiun televisi nasional.

Mendorong Kamu untuk Punya Keunikan atau Ciri Khas Tersendiri

Meski tidak sepenuhnya betul, untuk menjadi blogger yang sukses, seseorang dituntut untuk bisa berbeda dari yang lain. Sebab, dengan menjadi berbeda, sebuah blog akan lebih mudah dikenal oleh orang lain.

Entah itu berbeda dari segi topik bahasan, bahasa penyajian, penampilan blog, sampai jenis selera humor. Apapun itu selama mampu menunjukkan kesan yang berbeda bagi pembaca.

Tentu ini mudah diucapkan namun sulit diaplikasikan.

Makanya, kita hanya bisa menemukan segelintir blog saja yang memiliki hal tersebut. Sisanya kurang lebih sama seperti yang lain.

Namun, saya yakin jika kamu bertekad untuk sukses di dunia blogging, kamu pasti akan menemukan ciri khas blog kamu.

Pada zaipad[dot]com, saya menjadikan fokus topik bahasan sebagai salah satu ciri pembeda saya dengan blog lain di Indonesia. Meski di luar negeri sudah banyak bertebaran blog dengan topik pengembangan diri, di Indonesia justru sebaliknya.

Saya tidak menemukan satupun blog yang benar-benar fokus untuk membahas topik ini.

Sehingga saya pun memutuskan untuk membahasnya walaupun saya sebenarnya tidak memiliki keahlian ataupun sertifikasi tertentu layaknya seorang motivator.

Itulah yang saya anggap menjadi keunikan dari blog ini.

Nah, jika kamu merasa kesulitan, tidak perlu terburu-buru. Sabarlah sedikit. Seiring waktu kamu melakoni kegiatan blogging kamu pasti akan semakin terdorong mencari keunikan blog kamu.

Hingga pada akhirnya, kamu bisa menemukannya.

Sarana untuk Menambah Penghasilan

Mungkin saja bagi seorang blogger tidak ada yang lebih nikmat daripada manfaat yang satu ini.

Yakni bisa menghasilkan uang.

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Beberapa diantaranya adalah dengan mengikuti program adsense, menjual space iklan mandiri, sponsored post (termasuk disitu review produk), hingga menjual produk (ebook, tema blog, dll) & jasa (konsultasi, kursus, dll).

Apabila kamu jeli dalam melihat peluang, kamu bisa memasukkan satu atau beberapa metode diatas ke dalam strategi monetisasi blog yang sedang kamu kembangkan.

Siapa tahu saja blog kamu bisa menjadi sumber penghasilan utama kamu. Lumayan bukan? Gak ada lagi istilahnya kerja 9 jam setiap hari 5 hari dalam seminggu.

Walaupun mendapatkan penghasilan adalah hal yang penting, janganlah menjadikan itu sebagai sebuah patokan. Sebab mendapatkan penghasilan dari blogging bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang panjang.

Sehingga saya takut kamu akan terlalu cepat menyerah dari menulis blog akibat tak kunjung mendapatkan penghasilan.

Simak kutipan dari Seth Godin berikut ini:

Jika kamu mencintai menulis atau membuat musik atau blogging atau apapun yang berkaitan dengan seni, maka lakukanlah. Lakukanlah dengan sepenuh hati. Hanya saja pastikan kamu tidak berencana untuk menjadikannya sebagai jalan pintas untuk mendapatkan penghasilan

Seth Godin

Kesimpulan

Penjelasan diatas hanyalah beberapa contoh manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menekuni kegiatan blogging. Pada kenyataannya, kamu bisa mendapatkan lebih dari 5 manfaat diatas. Siapa yang tahu?

Artikel selanjutnya:

Author

I write, therefore I Am | Blog ini saya gunakan untuk menulis tentang opini, pengalaman, maupun tips2 yang berkaitan dengan topik finansial dan blogging. Buat kamu yang ingin bertanya (request artikel), silahkan langsung melalui halaman Ask ME . Sosial media: Twitter | Instagram Business inquiries: Kontak

Write A Comment