Bagaimana sih cara menghasilkan duit dari blog? Itulah salah satu pertanyaan yang ada di benak setiap orang ketika mendengar ada orang yang kaya dari blog. Saya pun dulu seperti itu. Begitu penasaran dengan para blogger tersohor yang mampu menghasilkan milyaran rupiah per bulan dari aktivitas bloggingnya. Pat Flynn (Smart Passive Income), Brian Clark (Copyblogger), dan Brian Gradner (Studiopress) adalah tiga nama blogger yang termasuk diantaranya.

Melihat keberhasilan ketiga blogger diatas tentu dapat menimbulkan rasa iri pada diri kita. Sehingga tak ayal bila saya, kamu, dan kita semua juga menginginkan hal yang sama. Lantas, bagaimana cara mereka menghasilkan duit dari blog? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Ikut Program Afiliasi

Sederhananya, afiliasi adalah program yang mengharuskan kita untuk mempromosikan sebuah produk/jasa tertentu. Kemudian ketika terjadi penjualan pada produk atau jasa yang dipromosikan tadi, kita akan mendapatkan sejumlah komisi yang sudah disepakati saat kita mendaftar program tersebut.

Saat terdaftar pada sebuah program afiliasi, kita akan diberikan oleh perusahaan satu link unik untuk mempermudah mereka dalam melacak jumlah penjualan yang terjadi melalui link tersebut. Selain itu, kadangkala kita juga akan diberikan banner dengan berbagai ukuran yang bisa kita pasang di blog.

Dari situ, kita bisa mulai mempromosikan produk/jasa perusahaan tersebut dengan cara menyisipkan link afiliasi di sejumlah artikel yang kita buat. Nah, ketika ada pengunjung blog yang mengklik link tersebut dan membeli produk/jasa yang ditawarkan perusahaan terkait, otomatis kita akan mendapatkan sejumlah komisi dari hasil penjualan tadi.

Semakin banyak penjualan yang terjadi melalui link kita, maka semakin banyak pula komisi yang akan kita terima. Di luar negeri, cara menghasilkan duit dari blog melalui program afiliasi ini sangatlah populer bahkan tumbuh subur. Tak sedikit jumlah orang yang mendadak kaya hanya dengan mengandalkan program afiliasi. Namun, untuk wilayah Indonesia sendiri, saya merasa program afiliasi kurang bisa diandalkan menjadi mata pencaharian. Pasalnya, jumlah masyarakat Indonesia yang melakukan transaksi di Internet itu masih relatif sedikit.

2. Ikut program periklanan

Berdasarkan survei dan pantauan saya selama ini, rata-rata blogger Indonesia nampaknya masih mengandalkan adsense sebagai cara menghasilkan duit dari blog mereka. Alasannya karena caranya yang relatif mudah.

Cukup daftarkan blog kita pada program adsense. Setelah itu, tim dari adsense akan melakukan peninjauan kelayakan pada blog kita. Nah, jika dirasa layak, kita bakalan bisa langsung memasang iklan yang telah disediakan scriptnya oleh Adsense. Selanjutnya tugas kita tinggal menarik lebih banyak trafik yang masuk ke website kita. Sebab semakin banyak trafik semakin besar pula duit yang bisa dihasilkan dari adsense.

Baca juga: 5 Cara agar Blog Kamu Diterima Adsense, Khusus untuk Pemula! – Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Selain adsense ada banyak juga program periklanan yang lain. Ada yang berasal dari lokal dan ada juga yang berasal dari luar negeri. Untuk yang lokal salah satunya ada KumpulBlogger.com. Sementara luar negeri salah satunya ada RevenueHits.com. Meski demikian, Adsense tetaplah menjadi program periklanan yang paling populer karena bayarannya yang lebih mahal.

3. Menjual produk/jasa pribadi

Diantara semua cara menghasilkan duit dari blog, menjual produk/jasa pribadi adalah cara yang paling efektif dan lebih menghasilkan. Pasalnya, seluruh hasil penjualan produk ataupun jasa itu kita sendiri yang menikmati. Tidak dibagi-bagi seperti layaknya program afiliasi.

Selain itu, harganya juga bebas kita yang tentukan. Untuk produk yang sering dijual di blog itu rata-rata dalam bentuk digital seperti buku elektronik, kursus, gambar, musik, dan lain sebagainya. Sementara untuk jasa biasanya para blogger menawarkan jasa konsultasi, jasa menulis artikel, dan beberapa jenis jasa lainnya yang sesuai dengan keahlian.

4. Menyewakan space blog untuk iklan mandiri

Disamping adsense, menawarkan sejumlah space (tempat) lowong di blog untuk diisi iklan oleh brand yang mau bekerjasama juga merupakan salah satu cara menghasilkan duit dari blog yang layak untuk ditempuh. Cara monetisasi seperti ini lebih dikenal dengan sebutan iklan mandiri. Sebab disini brand tidak melalui jasa pihak ketiga (seperti adsense) untuk keperluan promosi. Mereka justru melakukan kerjasama secara langsung dengan publisher yang mereka anggap layak.

Biasanya cara seperti ini jauh lebih menguntungkan karena kita bebas melakukan negosiasi harga dengan para brand. Dan bayarannya juga fix alias tetap sesuai perjanjian. Tidak dilihat dari total jumlah klik banner iklan yang dipasang.

5. Kerjasama review produk

Pernah gak kamu membaca artikel blog review? Meskipun tidak semuanya, sebagian besar jenis artikel seperti itu merupakan hasil kerjasama antara brand produk tertentu dengan si publisher (blogger) tersebut. Alias disini si blogger akan mendapatkan sejumlah bayaran dari menulis artikel review.

Harga per artikel review jelas sesuai dengan negosiasi antara kedua belah pihak. Semakin tinggi trafik yang dimiliki oleh blogger, maka semakin tinggi pula posisi tawar mereka dalam negosiasi harga. Namun kadangkala meski trafik dari suatu blog itu tidak terlalu besar, tetapi ia merupakan blog niche atau blog dengan satu topik tertentu, posisi tawarnya seharusnya akan tetap tinggi. Jadi jangan takut untuk meminta tarif yang lebih besar bagi kamu yang memiliki blog niche.

6. Sponsored content

Terakhir, cara menghasilkan uang dari blog yang juga cukup populer adalah dengan melalui sponsored content. Artinya seorang blogger akan dibayar untuk menghasilkan suatu konten pada blognya. Baik itu berupa tulisan artikel, rekaman (podcast), hingga video. Makanya, disini bentuk kerjasama review produk juga bisa digolongkan sebagai salah satu cara yang termasuk dalam sponsored content.

Menurut pantauan saya selama, sebagian besar jenis sponsored content di blog itu disponsori oleh brand yang termasuk dalam kategori industri kreatif. Seperti travel, restoran, hotel, cafe, tempat wisata, dan lain sebagainya. Makanya, mayoritas tawaran sponsored content itu diberikan pada blogger yang membahas tentang perjalanan-perjalanan seru alias travel blogger.

Kesimpulan

Sejatinya tidak ada batasan cara menghasilkan duit dari blog. Semua tergantung dari kreativitas kita masing-masing. Namun, pada umumnya para blogger menggunakan sejumlah cara diatas untuk menghasilkan pendapatan dari blognya. Terutama adsense. Jadi, apapun cara menghasilkan duit dari blog yang kamu lakukan, pastikanlah itu bisa berhasil.

Artikel selanjutnya:

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 

Pendaftaran Berhasil! Silakan cek Inbox kamu untuk Konfirmasi Email.