4 Alasan Membeli Asuransi Perjalanan sebelum Travelling

Melakukan perjalanan ke sebuah tempat memang akan terasa menyenangkan. Namun perlu menjadi catatan khusus bahwa melakukan perjalanan ke manapun itu selalu memiliki risiko yang terus mengintai. Guna mengantisipasi risiko tersebut, penting sekali bagi kamu untuk memiliki perlindungan.

Salah satu bentuk perlindungan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan asuransi perjalanan. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu untuk membeli asuransi perjalanan ini. Bagi kamu yang masih ragu, berikut ini 4 alasan membeli asuransi perjalanan sebelum travelling.

1. Mendapatkan Kompensasi Keterlambatan Perjalanan

delay penerbangan - alasan membeli asuransi perjalanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selalu ada risiko ketika seseorang melakukan perjalanan. Termasuk risiko terjadinya keterlambatan perjalanan karena berbagai faktor.

Jelas saja keterlambatan perjalanan dan bahkan hingga pembatalan keberangkatan adalah hal yang sangat merugikan.

Namun lain ceritanya ketika kamu memiliki asuransi perjalanan. Bukan tanpa alasan karena asuransi perjalanan ini akan membayar kompensasi atas keterlambatan hingga pembatalan perjalanan yang terjadi.

Sesuatu yang jelas akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang travelling.

Setiap perusahaan memang memiliki skema penghitungan yang berbeda-beda namun secara garis besar bisa dibilang mirip. Sebagai contoh, asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh Garda Trip.

Di laman produk mereka dijelaskan akan memberikan santunan setiap 8 jam keterlambatan untuk perjalanan domestik dan 6 jam keterlambatan untuk perjalanan internasional.

Selain terkait keterlambatan, asuransi perjalanan biasanya juga memberikan kompensasi untuk biaya tambahan ketika kamu melakukan perubahan atau pembatalan jadwal perjalanan kamu. Termasuk juga ketika pesawat kamu terlambat dan mengakibatkan perjalanan dengan transportasi lanjutan terganggu. 

2. Terjadinya Kehilangan dan Kerusakan Bagasi

kehilangan bagasi - alasan membeli asuransi perjalanan

Salah satu momen paling menyebalkan ketika sedang melakukan perjalanan adalah terjadinya kehilangan atau kerusakan bagasi. Bisa dipastikan hal tersebut akan sangat merugikan kamu sebagai pemiliknya.

Untungnya, ketika kamu memiliki asuransi perjalanan, kerugian akibat kehilangan hingga kerusakan bagasi akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sehingga tentunya kamu tidak perlu bingung lagi mencari dana tambahan untuk mengganti kerusakan yang terjadi pada bagasi tersebut.

3. Membayar Dokumen Perjalanan yang Hilang

Dokumen perjalanan tentunya adalah modal yang sangat penting ketika melakukan perjalanan ke manapun. Soalnya dokumen inilah yang akan menjadi modal utama pengurus perjalanan.

Namun seperti yang diketahui bahwa ketika sedang melakukan perjalanan, seringkali terjadi kehilangan dokumen tanpa disengaja.

Apabila hal tersebut sampai terjadi maka bisa dipastikan perjalanan kamu akan menjadi terganggu, bahkan bisa sampai batal. Guna mengantisipasinya, milikilah asuransi perjalanan. Ini karena asuransi perjalanan dapat membantu kamu membayar dokumen perjalanan yang hilang.

Sesuatu yang pastinya akan sangat membantu sekali, terutama bagi kamu yang travelling dengan budget terbatas.

4. Memberikan Tanggungan Biaya Perawatan Medis

Alasan terakhir karenapa kamu harus memiliki asuransi perjalanan sebelum travelling adalah  karena asuransi perjalanan ini biasanya sudah termasuk dengan asuransi kecelakaan diri dan akan memberikan tanggungan biaya perawatan medis.

Seringkali dalam melakukan perjalanan terjadi berbagai risiko yang tidak diinginkan. Termasuk kondisi sakit akibat kecelakaan hingga harus mendapatkan perawatan medis. Tentunya kebutuhan akan perawatan medis membutuhkan biaya.

Untungnya, jika kamu memiliki asuransi perjalanan maka biaya perawatan medis tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi. Asuransi perjalanan ini juga akan memberikan santunan untuk repatriasi medis dan pemulangan jenazah termasuk juga ke negara asal bagi pemegang polis asuransi perjalanan internasional. 

Simulasi dan Proses Klaim Asuransi Perjalanan

Agar lebih mudah dalam memahami manfaat produk asuransi perjalanan tersebut, sebaiknya simak simulasi berikut ini:

Misal Pak Bambang memiliki agenda perjalanan dari Jakarta ke Aceh pada tanggal 20 Desember hingga 28 Desember menggunakan pesawat. Biar merasa aman, Pak Bambang membeli asuransi perjalanan Garda Trip jenis Gold seharga Rp95.000.

Berhubung cuaca yang buruk dan tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan, pihak maskapai pun akhirnya memutuskan untuk menunda penerbangan hingga cuaca stabil. Berhubung pak Bambang sudah memiliki asuransi perjalanan, beliau akan mendapatkan kompensasi hingga Rp300.000 per 8 jam penundaan.

Cara klaim asuransi perjalanan ini pun cukup mudah karena kamu hanya perlu mengisi formulir klaim dan mengirimnya ke perusahaan asuransi dengan menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti boarding pass, fotokopi identitas diri dan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Dengan semua penjelasan diatas semoga membuat kamu lebih paham tentang alasan mengapa harus membeli asuransi perjalanan. Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki asuransi perjalanan yang tergolong penting ini.

Jika kesulitan mencari yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa coba berkunjung ke laman Garda Trip. Sebagai informasi, Garda Trip memberikan beragam pilihan asuransi untuk perjalanan domestik maupun internasional dengan banyak manfaat namun biaya premi yang terjangkau.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar