Penggunaan website dengan domain gratis saat ini sedang digandrungi banyak orang. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan keuntungan dari para pengelola situs tertentu. Seperti contoh, domain yang seringkali digunakan saat seseorang ingin membuat situs adalah Blogspot. Ya, sampai saat ini Blogspot masih menjadi pilihan favorit para blogger khususnya di Indonesia.

Platform untuk membuat blog yang satu ini seringkali digunakan oleh masyarakat Indonesia karena bukan hanya penggunaannya yang mudah, namun ia juga dapat dibuat dan digunakan secara gratis. Namun, tentu saja kamu wajib menggunakan nama ‘blogspot’ sebagai label atau brand setelah subdomain yang kamu buat sebagai alamat situs kamu.

Apabila kamu ingin menjadi seorang blogger dan pengelola situs yang profesional, ada baiknya kamu mengubah domain gratis kamu menjadi domain yang lebih terlihat profesional dan terpercaya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu perlu mengubah domain.

1. Profesionalisme Dipertanyakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kamu memiliki situs dengan domain yang sama dengan brand situs tersebut, profesionalitas kamu tentu saja akan dipertanyakan. Situs dengan nama domain yang mengikutinya bukan suatu media yang tepat untuk kamu mempromosikan usaha atau untuk membangun sebuah brand tertentu.

Terlalu banyaknya spam yang ada pada situs dengan domain tertentu tentu akan mengurangi kualitas dan kredibilitas dari situs itu sendiri. Jadi, ada baiknya jika kamu segera mengganti domain situs kamu dengan domain yang lebih terpercaya dan juga meyakinkan untuk membangun sebuah brand sendiri. Jadi, kamu sudah tidak memerlukan lagi domain tersebut.

2. Sulit untuk Ditemukan di Mesin Pencarian

Ketika seseorang menuliskan sebuah kata kunci pada mesin pencaharian             untuk menemukan informasi tertentu yang mereka cari, biasanya mereka mengharapkan hasil dari situs yang terpercaya. Banyak orang beranggapan bahwa sumber yang berasal dari domain blog tertentu tidak sepenuhnya bisa dipercaya kebenarannya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa domain dengan brand tertentu di belakangnya bukanlah pilihan yang tepat jika kamu ingin membangun brand sendiri, terutama jika kamu ingin agar situs kamu menjadi terkenal dan terlihat profesional. Maka dari itu, ayo segera atur domain kamu agar terlihat seperti situs pribadi yang terpercaya sehingga mudah untuk dikenali oleh mesin pencarian.

3. Sulit Mendapatkan Backlink

Backlink merupakan salah satu metode yang seringkali digunakan para pengelola situs atau SEO engineer agar situsnya lebih mudah ditemukan di laman terdepan dan daftar teratas mesin pencarian. Namun, perlu kamu ketahui bahwa biasanya para pemilik situs lain enggan memberikan Kamu backlink yang mereka miliki jika situs kamu masih menggunakan domain gratis dari label blog tertentu.

4. Fleksibilitas

Alasan penting selanjutnya mengapa kamu perlu segera untuk mengganti domain adalah alasan fleksibilitas. Suatu subdomain tidak bisa dipindahkan ke platform lainnya. Jadi, apabila selanjutnya kamu ingin beralih ke platform lain, alamat blog dan konten yang sudah kamu miliki tidak akan bisa digunakan di platform yang baru. Jadi, akan sangat disayangkan jika kamu sudah memiliki pengunjung langganan.

Hal tersebut tentu saja tidak akan fleksibel mengingat kamu juga perlu meningkatkan kualitas situs yang kamu miliki. Tidak hanya itu, dengan domain yang memungkinkan tingkat fleksibilitas tertentu, kamu juga sudah bisa membangun brand kamu sendiri dan memiliki situs pribadi tanpa ikatan dengan platform tertentu dengan mudah.

5. Domain Murah

Untuk mengubah domain, kamu tidak memerlukan biaya langganan domain yang terlalu mahal. Pasalnya, saat ini sudah banyak situs penyedia domain murah yang tentunya bisa Kamu manfaatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Ada beberapa ekstensi domain seperti misalnya .xyz .online dan juga .site yang memiliki harga terjangkau. Bahkan, tidak sampai Rp50.000,- saja!

Untuk menjadi profesional dan terpercaya ketika memiliki sebuah bisnis atau brand tertentu, mengeluarkan biaya sedikit sebagai sebuah modal tentu bukanlah hal yang memberatkan, bukan? Toh, jika nantinya brand yang dibangun berhasil, kamu bisa menyisihkannya untuk tetap berlangganan domain tersebut.

6. Bisa digunakan untuk Membuat Email

Apabila kamu memiliki brand atau bisnis tertentu yang perlu dikembangkan, kamu bisa membuat akun email menggunakan nama persis seperti nama domain pribadi kamu. Dengan begitu, dalam konteks bisnis, situs dan juga email yang kamu miliki juga semakin terlihat profesional dan terpercaya sehingga akan menarik perhatian calon investor atau konsumen. Menjanjikan sekali, bukan?

Demikianlah beberapa alasan yang bisa kamu jadikan sebagai dasar untuk mengganti domain kamu yang berkaitan dengan platform blog tertentu menjadi situs pribadi. Agar bisa mengatur atau custom domain dengan cepat dan juga mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs DomaiNesia di laman Domain Gratis. Situs DomaiNesia dijamin akan memberikan kamu variasi domain gratis agar situs kamu tetap terlihat profesional dan terpercaya.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link