Apa itu FIRE dan Bagaimana Tips Mencapainya?

Tidak hanya di Amerika Serikat, gerakan merdeka finansial di usia semuda mungkin juga telah merasuk ke dalam masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda milenial dan Gen Z. Salah satu gerakan bebas finansial yang belakangan ini sering didengar adalah FIRE. Apa itu FIRE dan bagaimana tips mencapainya? Simak di bawah ini.

Apa itu FIRE?

FIRE adalah singkatan dari Financial Independence, Retire Early atau “Bebas Finansial, Pensiun Dini”. Dilansir dari Investopedia, FIRE adalah gerakan gerakan orang-orang yang mengikuti program tabungan dan investasi ekstrem yang bertujuan untuk memungkinkan mereka pensiun jauh lebih awal daripada berbagai rencana pensiun tradisional yang sudah ada.

Gerakan ini pertama kali muncul pada tahun 1992 dari buku laris karya Vicki Robin dan Joe Domingues yang berjudul “Your Money Your Life”. Gerakan FIRE mengajarkan pengikutnya untuk menyisihkan hingga 70% dari pendapatan tahunan untuk ditabung (diinvestasikan) sampai jumlahnya mencapai 30 kali dari total pengeluaran tahunan.

Apa itu FIRE dan Bagaimana Tips Mencapainya? 1

Begitu jumlah tabungannya tercapai, mereka dapat berhenti dari pekerjaan sehari-hari dan beralih melakukan ke hal lain yang disukai, misalnya menekuni hobi, traveling, atau mengerjakan proyek yang selama ini ditunda karena sibuk bekerja.  

Tabungan yang sudah terkumpul dan diinvestasikan ke instrumen investasi tertentu nantinya akan menjadi sumber pendapatan mereka untuk membiayai semua kegiatan yang mereka pilih untuk dilakukan setelah pensiun dini.

Kendati Financial Independence, Retire Early (FIRE) termasuk gerakan yang ekstrim, faktanya beberapa orang yang mengikuti saran ini dengan disiplin terbukti berhasil pensiun lebih awal di usia 30 – 40 tahunan.

Cara pensiun dini dengan FIRE

Mencapai kemerdekaan finansial lewat penerapan konsep FIRE memang tidak mudah. Apalagi jika kamu tergolong ‘generasi sandwich’ yang masih harus membiayai anggota keluarga lain, seperti orang tua yang sudah pensiun atau adik-adik yang masih sekolah. Boro-boro nabung 70% gaji, income yang didapat aja seringkali gak cukup untuk membiayai kehidupan sebulan.

Maka itu, sebelum ikut gerakan FIRE, alangkah baiknya kamu periksa dulu kondisi keuangan pribadi kamu dan keluarga sekarang. Apakah sudah termasuk layak atau belum dalam menerapkan saran-saran finansial yang direkomendasikan.

Jika belum, jangan dipaksa. Tunggu dulu sampai kondisi keuanganmu stabil lalu praktekkan saran yang ada atau cari solusi bebas finansial lain yang ada selain FIRE (banyak kok). Tinggal Google aja.

Sebaliknya, jika kamu merasa sudah mampu, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial dan pensiun dini.

1. Utamakan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana tabungan yang disiapkan khusus untuk keperluan darurat atau mendesak. Misalnya, ketika kendaraan rusak dan butuh biaya perbaikan, ketika kehilangan pekerjaan, terkena bencana alam, dan lain sebagainya.

Jumlah dana darurat yang mesti dikumpul bervariasi tergantung status kamu sekarang (single atau sudah berkeluarga). Tujuan utama dana darurat adalah agar ketika terjadi sesuatu hal yang darurat, kamu sudah punya alokasi uang sendiri yang bisa dipakai untuk tujuan tersebut.

Bukan malah mengambil uang dari tabungan rencana lainnya apalagi sampai mengambil dana yang sudah disiapkan khusus untuk tujuan pensiun dini (FIRE). Baca tulisan saya di sini untuk tahu lebih lanjut tentang dana darurat dan berapa jumlah dana darurat yang wajib kamu siapkan.

2. Jangan lupa asuransi

Di samping menyiapkan dana darurat, kamu juga perlu memiliki asuransi, yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Asuransi kesehatan penting dimiliki agar ketika kamu jatuh sakit, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk berobat karena sudah ditanggung asuransi.

Sementara asuransi jiwa, tujuannya adalah untuk menjaga anggota keluarga kamu dari risiko kekurangan uang ketika kamu sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga meninggal dunia.

Saat ini, banyak produk asuransi kesehatan dan jiwa yang bisa kamu ikuti. Khusus asuransi kesehatan, salah satu pilihan terbaik dan termurah adalah dengan mengikuti program dari pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Sedangkan untuk produk asuransi jiwa, saya tidak punya rekomendasi apa-apa. Silakan cari dan bandingkan sendiri mana produk asuransi jiwa terbaik dari semua pilihan yang ada.

3. Investasi

Kemerdekaan finansial hanya bisa dicapai apabila penghasilan yang disisihkan tiap bulan dipakai untuk berinvestasi, bukan cuma ditabung di bank. Saat ini banyak pilihan instrumen investasi yang bisa kamu pilih antara lain reksadana, saham, emas, SBN, P2P lending, hingga yang sedang ramai dibicarakan sekarang adalah investasi aset kripto.

Agar pertumbuhan aset kamu optimal, sebaiknya pilih instrumen investasi yang menawarkan potensi keuntungan paling besar namun tetap juga harus memperhatikan tingkat risikonya. Pastikan kamu hanya berinvestasi di instrumen yang tingkat risikonya masih bisa kamu terima.

Contoh salah satu instrumen investasi yang disarankan dan dengan tingkat risiko wajar adalah investasi reksadana. Di samping banyak pilihan, investasi reksadana juga terbukti bisa memberikan imbal hasil tinggi (di atas inflasi) sehingga bisa mempercepat kamu mencapai nominal tabungan yang dibutuhkan untuk pensiun dini.

Bagi kamu yang ingin investasi reksadana, terdapat beberapa aplikasi reksadana terbaik yang bisa kamu pilih. Salah satunya aplikasi Bibit yang memiliki fitur nabung rutin yang memungkinkan kamu untuk investasi reksadana secara berkala dan otomatis karena saldo langsung ditarik dari rekening Jago atau Gopay.

Fitur Nabung Rutin Bibit
Nabung Rutin di Bibit pake Fitur Jago Autodebit

Baca juga: 12+ kelebihan Bank Jago yang wajib kamu tahu

📢 Mau dapat cashback reksadana Rp25.000 GRATIS dari Bibit? Daftar dan masukkan kode referral -> zaipad50 saat registrasi

 4. Hidup sederhana

Maksud dari hidup sederhana bukan berarti melarang kamu untuk menikmati hidup. Sebaliknya, prinsip dari hidup sederhana adalah membelanjakan sesuatu yang penting-penting saja serta yang paling penting tidak besar pasak daripada tiang.

Artinya, pengeluaran harus selalu kurang dari jumlah pendapatan yang kamu peroleh. Dengan begitu, kamu bisa terus menyisihkan uang untuk berinvestasi secara rutin agar cepat pensiun dini.

5. Tingkatkan pendapatan

Dalam dunia investasi berlaku aturan semakin besar modal yang ditempatkan, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa diperoleh.

Jadi, kalau kamu ingin cepat-cepat pensiun, sebaiknya tingkatkan pendapatan kamu agar bisa investasi lebih banyak dan hasilkan keuntungan lebih banyak.

Di era digital seperti sekarang, muncul banyak sekali cara menghasilkan uang baru yang bisa dilakukan. Tinggal mau atau tidak saja. Agar hemat tenaga, sebaiknya pilih peluang yang bisa menghasilkan pendapatan pasif secara berkala. Contoh, Youtuber yang bisa hasilkan pendapatan pasif dari Adsense.

Kesimpulan

Gerakan Financial Independence, Retire Early (FIRE) sebetulnya sudah ada sejak lama, namun baru-baru ini saja ramai dibicarakan di Indonesia. Walaupun cara ini bekerja, tapi tidak semua orang cocok dan mampu menyisihkan sebagian besar penghasilannya untuk diinvestasikan sebagaimana konsep yang disarankan oleh gerakan FIRE.

Terlepas apakah kamu sesuai atau tidak untuk menerapkan rekomendasi gerakan FIRE ini, investasi adalah hal yang wajib kamu lakukan bila ingin uangmu berkembang agar bisa mencapai kebebasan finansial dengan cepat.  

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar