Jika kamu penasaran dengan apa itu podcast, asal-usulnya, kelebihan, manfaat, hingga bagaimana cara membuatnya, maka guys kamu telah berada di tempat yang tepat.

Sebab kali ini di hari jumat yang berkah, meriah, penuh rezeki, bahagia, dan luar biasa ini, saya ingin menjelaskan kepada teman-teman semua tentang segala hal mengenai podcast.

Dan berhubung artikel ini cukup panjang, maka sangat disarankan kamu untuk menyediakan beberapa cemilan dan minuman terlebih dahulu. Bisa itu air mineral, kopi, teh, minuman bersoda, rokok, permen kaki, keripik kentang, keripik ubi, petasan, dan lain sebagainya.

Jika semuanya sudah siap, then please enjoy this article!

Apa itu Podcast?

Jika kamu suka dengan pengertian ala buku-buku cetak sekolah/kuliah, maka inilah definisi podcast yang cocok untuk kamu:

A podcast or generally netcast, is an episodic series of digital audio or video files which a user can download in order to listen to. It is often available for subscription, so that new episodes are automatically downloaded via web syndication to the user’s own local computer, mobile application, or portable media player.

WIKIPEDIA

Sebuah podcast atau umumnya netcast, adalah episode serial dari audio digital atau file video yang mana dapat diunduh oleh pengguna untuk didengarkan. Podcast sering tersedia untuk berlangganan, sehingga setiap episode baru akan secara otomatis terunduh via sindikasi web ke komputer lokal dari si pengguna, aplikasi seluler, atau pemutar media portable.

wikipedia

Tapi kalau kamu orangnya sama seperti saya, suka dengan hal2 praktis dan sederhana, maka inilah definisi podcast yang cocok buat kita, yaitu:

Podcast adalah radio zaman now.

Mengapa?

Karena sekilas dia memang mirip radio, tetapi hadir dalam bentuk file audio dimana kamu bisa memutarnya kapan saja, dimana saja, dan tanpa harus mengikuti jadwal siaran seperti pada program radio pada umumnya.

Selain itu, podcast juga memiliki sejumlah kelebihan lainnya yang bisa kamu baca di bagian kelebihan podcast dan perbedaan podcast dan radio.

Sejarah Podcast

Berdasarkan hasil mengulik-ulik informasi di internet, saya menemukan bahwa ternyata ide tentang podcast pertama kali muncul dari sebuah meeting (pertemuan) yang dilakukan antara Adam Curry (mantan juru video a.k.a Veejay MTV) dan Dave Winer (pengembang perangkat lunak a.k.a software developer) pada tahun 2000. (sumber: History of Podcasting)

Kemudian dari situ ide tersebut mulai dikembangkan hingga pada tahun 2004 Adam akhirnya berhasil menulis sebuah program bernama iPodder, yang memungkinkan dia untuk mendownload secara otomatis Internet radio broadcast ke iPod miliknya. (sumber: Podcasting History)

Setelah itu, program tersebut semakin dikembangkan oleh sejumlah software developer dan akhirnya istilah podcasting pun resmi lahir sejak saat itu. Tepatnya ketika Ben Hammersley (seorang jurnalis asal Inggris) sedang memperbaiki artikelnya tentang fenomena ramainya pengunduhan program audio di Internet untuk diserahkan ke editorpada saat itu. (sumber: The man who accidentaly invented the word podcast)

Info menarik: Podcast berasal dari kata iPOD dan broadCAST.  

Kelebihan Podcast

Ada beberapa kelebihan podcast yang harus kamu tahu, di antaranya ialah:

1. Memiliki pilihan topik yang sangat banyak dan beragam – Yup, di podcast kamu bisa mendengarkan hampir seluruh macam topik pembahasan yang ada di dunia ini. Serius! Entah itu soal bisnis, psikologi, wanita, pengembangan diri, horor, politik, musik, sosial-budaya, komedi, hingga Game of Thrones, semua ada channel podcastnya masing-masing.  

2. Tidak ada iklan berlebihan – Bahkan beberapa ada yang nggak punya iklan sama sekali. Alias belum laku. hehe  

3. Bisa didengar kapan saja dan berulang kali – Berhubung podcast juga bisa didownload, maka ini berarti kamu pun bisa mendengarkannya kapan saja, dimana saja, berulang-ulang, dan yang paling penting, tanpa harus menunggu jadwal siaran seperti yang terjadi pada program radio. Awesome!

4. Ada fitur download episode otomatis – Jika kamu berlangganan pada suatu channel podcast, maka setiap kali channel podcast tersebut mengunggah (baca: mengupload) episode terbaru mereka, episode itu akan langsung terdownload otomatis ke ponsel atau media player kamu tanpa harus kamu mendownloadnya secara manual.  

7. Cara pembuatannya sangat mudah – Of course. Untuk membuat podcast kamu tidak harus memiliki studio dan berbagai perlengkapan profesional terlebih dahulu. Nope. Sebab dengan hanya bermodalkan sebuah ponsel pintar plus headset plus kuota plus aplikasi pembuatan podcast (contohnya: anchor), kamu juga sudah bisa kok langsung merekam dan menerbitkan episode podcast kamu yang pertama di internet. Easy, huh?

8. Gratis – Serupa dengan radio, mendengarkan podcast juga tidak dipungut biaya sama sekali. alias gratis tis tis.

Kekurangan Podcast

Laaisal insanu kamila.

Artinya? Tidak ada manusia yang sempurna.

Begitu pula dengan podcast. (.. sa ae lu colokan listrik)

Di samping memiliki sejumlah kelebihan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, podcast juga mempunyai beberapa kekurangan, di antara lain:

1. Banyak channel amatiran – Berhubung pembuatan podcast itu sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, otomatis kamu pun tidak menutup kemungkinan akan bertemu dengan beberapa channel podcast yang isinya penuh dengan omong kosong dan dibawakan oleh host yang juga amatiran. But as long as you’re okay with that, maka itu seharusnya bukan masalah buat kamu.  

2. Tidak ada filter – Jujur, beberapa channel podcast yang tersedia di internet memang tidaklah cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Hal ini juga karena sejumlah alasan tertentu, seperti karena mengandung kata-kata kasar hingga berisi konten yang sifatnya dewasa.

Nah, berhubung sejauh ini podcast tidak memiliki filter yang dapat menyaring siapa saja yang boleh mengakses channel-channel podcast tertentu, maka ini sudah tentu menjadi salah satu kekurangan yang perlu untuk diperhatikan.  

3. Membuka peluang lahirnya channel-channel siaran yang tidak penting – seperti channel podcast yang membahas tentang kisah-kisah horor dan mencekam. Maksud saya, apa sih gunanya mendengar channel podcast seperti itu selain cuman menambah rasa takut dan parno kita?

Perbedaan Podcast dan Radio

Saat ini beberapa di antara kalian mungkin masih penasaran dengan apa perbedaan antara podcast dan radio. Jika iya, maka berikut ini saya berikan perbedaannya menurut saya:

PodcastRadio
Bisa didownload Tidak bisa didownload
Bisa berlangganan Tidak bisa berlangganan
Sedikit iklan Hampir tiap menit ada iklannya
Sedikit musik/lagu Musiknya banyak dan selalu diputar penuh satu lagu
Semua orang bisa memulai podcast Butuh seleksi terlebih dahulu untuk menjadi seorang penyiar radio
Banyak tema podcast yang bisa dipilih Tema di radio cenderung terbatas
Belum bisa live interaction Bisa live interaction via telpon/sms
Setiap episode di podcast bisa didengarkan berulang-ulang kali, asalkan sudah didownload atau file-nya masih bisa diakses di internet Satu episode radio umumnya hanya bisa dinikmati satu kali saja dan pada saat itu juga
Tersedia di banyak platform (spotify, itunes, google podcast, anchor, stitcher, soundcloud, dll) Hanya tersedia di channel siaran radio tersebut atau di web resminya

Aplikasi penyedia layanan Podcast

Sejak kemunculan istilahnya di tahun 2004 silam, podcast rupanya terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang signifikan hingga sekarang. Salah satunya dilihat dari bertambahnya jumlah aplikasi yang mulai menyediakan berbagai layanan podcasting. Mulai dari layanan streaming, membuat, mendownload, sampai berlangganan podcast.

Nah, diantara sekian banyak aplikasi penyedia layanan podcast, berikut ini 10 yang paling populer menurut saya:

1. Spotify

apa itu podcast - spotify

Tersedia versi gratis dan berbayar di Android dan iOS

2. Soundcloud

apa itu podcast - soundcloud

Download di Play Store atau App Store

3. Apple Podcast

apa itu podcast - Apple Podcast

Yup ini memang cuman tersedia di iTunes. Dan artinya hanya bisa dinikmati oleh pengguna dari produk Apple saja (iPhone).

4. Anchor 

Ini adalah aplikasi yang sangat saya rekomendasikan buat kalian yang ingin memulai podcast dari nol. Alasannya karena di Anchor tersedia sejumlah fitur-fitur menarik dan memudahkan kamu untuk membuat podcast.

Bahkan setelah episode podcastmu berhasil dibuat, kamu juga bisa langsung mendistribusikannya ke berbagai platform podcasting terkenal seperti  Apple, Spotify, hingga Google Podcast dengan hanya satu kali klik. Serta yang paling penting adalah gratis buat siapa saja. Download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store.

5. Google Podcast

Ini sih miliknya si om google dan juga cuman tersedia di Android (download google podcast).

6. Podbean

Kurang lebih sama seperti Anchor tetapi punya versi berbayar. Download Podbean sekarang di Play Store atau App Store.

7. Podcast Republic

Hanya tersedia di Android. Klik download podcast republic untuk mulai mengunduhnya sekarang.

8. Pocket Casts

Aplikasi ini berbayar namun tersedia baik di Google Play maupun App Store. Btw, lumayan sih harganya.

9. Stitcher

Lumayan populer sih. Tapi sayang developernya payah. Appsnya banyak bug. Tapi kalau kamu mau coba aplikasinya, silahkan download di Google Play dan App Store sekarang.

10. Castbox

Recommended! Download sekarang di Google Play atau App Store.

Manfaat Podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, sejarahnya, hingga perbedaannya dengan radio, kini kita akan lanjut membahas tentang sejumlah manfaatnya. Emang ada? ada dong.

Nih tak jabarin:

Bagi pendengar:

1. Mudah diakses (Gratis), serta tersedia di berbagai aplikasi layanan podcast seperti pada beberapa yang sudah saya sebutkan di atas.

2. Kita bisa fokus mendengarkan topik bahasan yang kita sukai saja. Hal ini karena podcast memiliki banyak kategori yang bisa kita pilih.

3. Tidak perlu terpaku dengan handphone. Kamu bisa mendengarkan podcast sambil melakukan hal lain. Yup, itulah keunggulan utama dari konten berbasis audio.

4. Episode podcast bisa didengar berulang-ulang kali sampai dunia kiamat sekalipun. Asalkan sudah didownload atau konten filenya masih terdapat di internet.

5. Dapat melatih imajinasi kamu. Eh, kok bisa sih? well, alasannya ialah karena pada saat kamu mendengar podcast, kamu cuman menerima satu hal yaitu suara dari host-nya saja. Dan oleh karena itu, ini secara tidak langsung akan memicu imajinasi kamu untuk membayangkan bagaimana bentuk, rupa, maupun rasa dan sensasi dari apa yang sedang dibicarakan oleh hostnya. Alhasil, daya imajinasi kamu pun bisa semakin terlatih.

Dan sebagai informasi, ini bukan hanya omong kosong yang timbul dari pikiran saya ya guys, melainkan ini juga merupakan hasil dari sebuah penelitian yang bisa kamu baca selengkapnya di sini: Inside the Podcast Brain: Why Do Audio Stories Captivate? dan di sini: See It on a Radio Story: Sound Effects and Shots to Evoked Imagery and Attention on Audio Fiction.

Bagi Creator (podcaster):

1. Tidak perlu biaya mahal untuk memulai sebuah podcast. Cukup dengan bermodalkan ponsel pintar, kuota, headset (opsional), dan aplikasi pembuat podcast, kamu sudah bisa langsung memulai dan menerbitkan podcast kamu sekarang juga.

2. Bisa menghasilkan duit, kalau podcast kamu berhasil dan dikenal oleh banyak orang. Karena hal tersebut dapat menarik pihak brand ataupun agency  untuk beriklan di podcast kamu.

3. Atau jika kamu tidak mau menerima iklan dari pihak lain, maka kamu juga bisa kok menggunakan podcast sebagai wadah untuk memasarkan produk kamu sendiri.

4. Lebih nyaman, karena kamu hanya perlu berbicara tanpa harus menampakkan wajah di depan kamera seperti para youtuber. Serta tidak perlu juga menulis layaknya seorang blogger yang harus berpikir keras untuk merangkai kata.

Rekomendasi channel podcast terbaik menurut saya

Untuk wilayah luar negeri, saya punya 5 channel podcast yang sangat recommended untuk kamu dengar, yaitu:

1. James Altucher Show

Tema: Pengembangan Diri

2. The $100 MBA Show

Tema: Pelajaran Bisnis

3. Tim Ferris Show

Tema: Bisnis & Self-development

4. Smart Passive Income Podcast

Tema: Bisnis online, Passive income, dan Blogging

5. A Podcast of Ice and Fire

Tema: Membahas tentang serial buku dan TV show, seperti Game of Thrones

A Podcast of Ice and Fire hanya bisa diakses via web dan itunes.

Sedangkan untuk rekomendasi channel podcast di Indonesia, saya sudah sempat menulisnya di 15 rekomendasi channel podcast terbaik di Indonesia  yang mana juga sempat memperoleh respon yang lumayan banyak dari para netizen di Twitter.

Baca juga: Apa itu mental gratisan dan kenapa selalu saja ada orang seperti itu?

Masa Depan Podcast di Indonesia

Apakah podcast memiliki masa depan di Indonesia seperti layaknya yang terjadi di luar negeri?

Saya yakin IYA, Podcast memiliki Masa Depan di Indonesia.

Kesimpulan ini saya ambil setelah melihat trend podcast yang mulai ramai di Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Bahkan, jika tidak ada halangan, rencananya saya juga bakalan ikut meramaikan dunia podcast Indonesia dalam waktu dekat ini. Hopefully.

Meski sebetulnya saya tidak tahu apakah podcast akan berhasil di Indonesia atau tidak, namun yang pasti menurut survei dari Daily Social, jumlah orang yang mendengarkan podcast di Indonesia selama tahun 2018 ternyata telah mengalami peningkatan yang siginifikan.

Dan nampaknya ini akan terus berlanjut di tahun 2019 dan seterusnya. Semoga saja. Amin.

By the way, sekedar tambahan saja, nih saya berikan kamu dua artikel yang kebetulan juga sempat menyinggung tentang masa depan podcast di Indonesia.

Cara Membuat Podcast

Jika setelah sampai di tahap ini ternyata kamu juga tertarik untuk memulai podcast, maka berikut ini saya berikan kamu gambaran besar bagaimana cara membuatnya.

Sementara untuk penjelasan rincinya, insha Allah rencananya akan saya bikin dalam beberapa waktu ke depan. Mohon bersabar ya, ini ujian.

Jadi, inilah penjelasan singkat bagaimana cara membuat podcast bagi pemula:  

  • Tentukan Temanya

First thing first. Sebelum pusing dengan kelengkapan peralatan, aplikasi podcast, metode pemasaran, dan sebagainya, tentukanlah terlebih dahulu apa tema dari podcast kamu. Bisa itu tentang bisnis, komedi, hiburan, film, anime, pendidikan, seks, horor, dan lain-lain.

Pun seandainya kamu merasa bingung, wes mulai aja lah dari menceritakan berbagai hal yang terjadi di kehidupan kamu atau barangkali yang lagi nge-trend akhir-akhir ini. Toh lagipula kamu juga bisa selalu mengubah tema dari podcast kamu kapan saja.

Intinya ya #MulaiAjaDulu

  • Sediakan Peralatannya

Namun tidak perlu mahal-mahal. Serta tidak perlu juga harus membeli semuanya. Cukup mulai dari apa yang ada dulu. Bahkan dengan hanya sebuah smartphone saja sudah cukup kok untuk memulai podcast.

  • Bikin Kontennya

Namun harus jujur dan sebaiknya jangan sok tahu. Karena semua orang yang mendengar bisa membedakan mana yang Authentic dan mana yang Full of Bullshit.

  • Lakukan Editing

Jika kamu ingin podcastmu terdengar lebih profesional dan menarik, maka kamu wajib banget mengeditnya sebelum menerbitkan podcast tersebut. Adapun terkait cara mengeditnya bisa kamu cari tutorialnya di google. Namun untuk rekomendasi software editingnya, saya sarankan kamu untuk menggunakan Audacity. Karena gratis dan memiliki banyak fitur menarik.

  • Beri Judul, Keterangan, lalu Upload

Merekam sudah. Editing juga sudah. Maka langkah terakhir adalah menguploadnya ke platform hosting podcast yang kamu pilih. Bisa itu Soundcloud, Anchor, Podbean, dan lain-lain.

Kesimpulan

Podcast merupakan suatu media berbentuk suara (audio) yang sekilas mirip seperti radio namun memiliki sejumlah perbedaan yang mencolok. Salah satunya adalah podcast dapat didownload, sementara radio tidak bisa. Dan jika kita melihat trend yang terjadi belakangan ini, nampaknya podcast juga bakalan menjadi salah satu bagian dari masa depan media di Indonesia. Well, who knows?   


Image credit: spotify, hiresaudiocentral, wired, google play, android commmunity, podbean, amazon, pocketcasts, mypodcastreviews, blog castbox.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

1 Comment

  1. wah baru tau sejarahnya podcast ini, jadi nambah lagi dech ilmu pengetahuannya. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link