Selamat tahun baru 2020!

Biasanya, beberapa hari sebelum atau saat memasuki awal tahun, sebagian orang akan banyak  membuat resolusi atau target-target baru yang ingin dicapai dalam jangka waktu satu tahun ke depan.

Tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi, membuat resolusi juga berguna agar hidup kita bisa lebih ada semangatnya gitu.

Karena ada target juga yang ingin dicapai. Jadi ada usahanya. Ada struggle-nya.

Sementara, kalau kita gak ada tujuan/target sama sekali, maka most likely hidup kita itu akan terasa hampa dan ya you guessed it, membosankan.  

Nah, sama seperti tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini saya juga memiliki beberapa target yang ingin saya capai. Penasaran? Yuk intip aja. Santuy.

*btw, tahun kemarin, saya tidak menerbitkan resolusi saya di blog zaipad ya. Jadi, gak bisa kamu lihat dan cek apakah resolusinya terwujud atau tidak. Tapi, kali ini adalah kali pertama saya membuat resolusi saya publik. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan bagaimana progressnya bisa tunggu di akhir tahun 2020 aja. (nanti akan saya bikin postingannya)

11 Target Saya di tahun 2020

Pada tahun ini, setidaknya saya memiliki 10 target yang ingin dicapai. Kesepuluh target ini tersebar di beberapa di bidang, antara lain:

  • Kesehatan
  • Finansial
  • Blog
  • Personal, dan
  • Lain-lain

Kesehatan

Tahun 2019 bisa dibilang sebagai tahun yang buruk untuk kesehatan saya. Pasalnya, di tahun 2019, saya terlalu fokus berusaha menambah penghasilan sampai lupa akan pentingnya  menjaga kondisi kesehatan saya.

Akibatnya, di tahun 2019 kemarin, jadwal tidur saya kacau. Saya jadi sering bekerja di malam hari mulai dari pukul 8 sampai jam 3 – 5 subuh. Bahkan kadangkala saya juga sering bekerja sampai pagi hari di jam 8 – 9 pagi.

Lalu tidurnya kapan? Ya setelah itu. Dan biasanya bangun nanti di antara pukul 11.00 – 14.00 siang.

Hmm.. benar-benar kacau.

Akibat dari kebiasaan buruk tersebut, saya akhirnya terkena penyakit neurodermatitis, yaitu semacam penyakit gatal-gatal yang disebabkan oleh kondisi gangguan kecemasan, stress berlebihan, dan gaya hidup yang tidak sehat (tidur pagi, kerja malam) sebagaimana kata bu dokter kemarin.

Selain itu, di tahun 2019, saya juga terlalu banyak duduk dan jarang berolahraga. Sehingga membuat kondisi perut semakin buncit dan badan semakin melebar. Hahahaha

Padahal, sejak dulu saya termasuk orang yang sulit gendut lho guys.

Nah, atas dasar kondisi kesehatan saya yang semakin tidak ideal tersebut, maka di tahun 2020 ini saya membuat dua resolusi untuk kesehatan saya.   

1. Daftar BPJS Kesehatan (target bulan Januari – Februari 2020)

Sebenarnya saat ini saya sudah punya kartu BPJS Kesehatan yang iurannya masih ditanggung oleh orangtua. Akan tetapi, berhubung saat ini usia saya sudah lebih dari 21 tahun (tepatnya, 22 tahun) dan tidak sedang mengenyam pendidikan a.k.a kuliah, maka secara otomatis kartu BPJS kesehatan saya tersebut tidak lagi berlaku.

Konsekuensinya, ya saya harus daftar lagi deh di BPJS Kesehatan sebagai peserta mandiri. Dengan membayar iuran sebesar Rp160.000 saja per bulan untuk mendapatkan manfaat pengobatan berkualiatas secara gratis, I think it’s a best deal.

Jauh lebih baik daripada ngabisin duit tabungan puluhan hingga ratusan juta rupiah buat berobat, ya kan?

Jika tidak ada halangan, saya akan segera mendaftar di BPJS Kesehatan bulan Januari ini atau paling lambat bulan Februari 2020.

2. Lebih memperhatikan kesehatan pribadi (sepanjang tahun)

Di tahun 2020 ini, saya berencana untuk mulai:

  • Rutin berolahraga (Jogging, bersepeda, atau berenang). Setidaknya 2 – 3 kali seminggu.
  • Ikut teman nge-gym. Setidaknya 2x seminggu.
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti tidur dan bangun lebih cepat, serta berusaha mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang (kurangi makan nasi dan perbanyak protein)

Finansial

Sama dengan kesehatan, di bidang finansial saya juga hanya memiliki dua target yang ingin saya capai di tahun 2020 ini, yaitu:

3. Dana darurat 12 Juta (target bulan Maret – April)

Dengan profil risiko saya saat ini, yang masih single dan tidak memiliki tanggungan sama sekali, kecuali mungkin membantu biaya sekolah adik yang masih kuliah, maka saya merasa jumlah dana darurat yang seharusnya saya sediakan cukup di angka 12 juta saja (atau sekitar 6x pengeluaran per bulan).

Yap, saat ini pengeluaran saya per bulan cuman berkisar di 2 jutaan kok, guys. Dikit bgt kan?   

Namun, berhubung saya merasa angka 12 juta itu masih kurang sebagai dana darurat, maka saya meningkatkan targetnya lagi menjadi Rp20 juta.

But, still, untuk tahun ini, saya hanya ingin berusaha mencapai angka 12 juta. Soal 8 jutanya nanti rencananya akan saya kumpulin di tahun depan, insya Allah kalau masih diberi kesehatan dan kesempatan dari yang maha kuasa.

Btw, untuk dana darurat, saya menyimpannya di instrumen reksadana pasar uang karena lebih menguntungkan. Kamu bisa membaca soal reksadana dan reksadana pasar uang di beberapa artikel saya berikut ini:

Selain itu, apabila kamu tertarik berinvestasi reksadana, kamu bisa menggunakan aplikasi Bibit untuk berinvestasi dengan mudah, murah, dan otomatis. Mulai dari Rp10.000 saja. Selengkapnya, kamu bisa membaca artikel saya tentang review aplikasi Bibit – platform investasi reksadana murah dan otomatis.

4.  Dana tabungan mengendap Rp1 Juta di Jenius (target bulan Februari)

Buat kamu yang belum tahu tentang Jenius, sebaiknya baca dulu kedua artikel saya berikut ini:

Kalau sudah, maka saya mau menambahkan kalau di Jenius ini ada fitur bebas biaya transfer dan tarik tunai bagi para nasabahnya. Dengan syarat dan ketentuan tertentu, yaitu:

Kalau saldo rata-rata yang mengendap di tabungan jenius kamu dalam satu bulan senilai:

  • > 1 juta, kamu tidak mendapat kuota bebas biaya transfer dan tarik tunai sama sekali
  • 1 juta ke atas, kamu mendapat kuota 5 kali bebas biaya tarik tunai di ATM dan 15 kali bebas biaya transfer antarbank
  • 10 juta ke atas,  kamu mendapat kuota bebas biaya transfer dan tarik tunai, masing-masing 25 kali dalam satu bulan

*Syarat dan ketentuan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, untuk informasi terupdate bisa kunjungi laman rates and limits

Jadi, sudah tahu kan alasan kenapa saya ingin mengendapkan dana Rp1 juta di Jenius?

Blog

Karena beberapa bulan terakhir di tahun 2019 saya begitu disibukkan dengan pekerjaan utama, alhasil blog saya menjadi terbengkalai. Jumlah pengunjung semakin hari semakin menurun. Dan begitu pula dengan jumlah penghasilannya.

Untuk itu, di tahun 2020 ini, saya buat tiga resolusi agar blog saya semakin terurus dan bisa diandalkan menjadi sebuah aset yang produktif. Berikut resolusinya:

5. Menerbitkan minimal 50 artikel di blog (target diusahakan tercapai sebelum 25 Desember 2020)

Terutama jenis artikel yang dibuat khusus untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. Harapannya, ada beberapa artikel saya yang bisa mendapat urutan 1 – 3 teratas pada hasil pencarian di Google dengan kata kunci tertentu.

6. Memiliki 1000 pengunjung/hari yang stabil (target diusahakan tercapai di bulan Juli 2020)

Di awal tahun 2019 kemarin, sebetulnya blog zaipad pernah beberapa hari mendapat pengunjung lebih dari 1000/hari.

Akan tetapi, setelah ada perubahan algoritma dari Google, jumlah pengunjung blog ini pun tiba-tiba turun menjadi 600 pengunjung per hari hingga sekarang ini berada di kisaran 100 pengunjung per hari.

So, tugas saya di tahun 2020 ini adalah meningkatkan trafik blog zaipad kembali menjadi minimal 1000 visitor/day. Semoga ini bisa tercapai.

7. Penghasilan Adsense cair pertama kali (target diusahakan tercapai di bulan Oktober 2020)

Target yang satu ini memang masih berkaitan dengan target sebelumnya. Saya yakin kalau target 1000 visitor/day tercapai, maka saya at least bisa mendapatkan penghasilan pertama saya dari Google Adsense pada tahun 2020 ini juga. Hopefully.  

Personal

Terkait dengan personal, saya tidak membuat target yang muluk-muluk.

Di tahun 2020 ini, saya hanya berharap bisa:

8. Membeli satu unit kursi kantor yang nyaman (target bulan Maret – April 2020)

Namun dengan harga yang masih di bawah 2 jutaan. Atau yang lebih dari 2 juta dikit juga tidak apa-apa.

9. Beli kamera mirrorless di bawah 10 juta (target diusahakan tercapai di bulan Desember 2020)

Belum tahu mau beli merek kamera yang mana. Namun, yang pasti, sejak dulu saya sudah berkeinginan untuk membeli kamera. Dan kayaknya tahun 2020 ini saya sudah harus punya kamera. Hahaha 😀

Kenapa mirrorless? Karena lebih ringan.

10. Get Social (sepanjang tahun)

Maksudnya, di tahun 2020 ini saya ingin bisa lebih banyak bersosialisasi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Saya ingin lebih banyak ke luar rumah, kelayapan, seru-seruan, mencuri mangga orang, dan menikmati hidup.

Lain-lain

Target saya yang terakhir di tahun 2020 adalah…

11. Bikin workshop/seminar tentang financial planning di Kota Gorontalo

No target.

Kalau jadi syukur. Kalau tidak ya udah.

Saat ini saya hanya berharap bisa membantu meningkatkan finansial literasi anak-anak muda di daerah tempat saya tinggal.

Singkatnya…

Ini daftar target saya di tahun 2020:

Daftar Resolusi 2020Target Tercapai
Daftar BPJS KesehatanJanuari – Februari
Lebih Memperhatikan Kesehatan PribadiSepanjang tahun
Dana Darurat 6x PengeluaranMaret – April
Dana Tabungan Mengendap Rp1 Juta di JeniusFebruari
Menerbitkan 50 Artikel di BlogSebelum 25 Desember 2020
Memiliki 1000 pengunjung/hari di blog yang stabilDiusahakan tercapai di bulan Juli 2020
Penghasilan Adsense cair pertama kaliOktober
Membeli satu unit kursi kantorMaret – April
Beli satu unit Kamera MirrorlessDesember
Get More SocialSepanjang tahun
Bikin Workshop/Seminar ttg Financial PlanningNo target

Jadi, itulah 11 target yang ingin saya capai di tahun 2020 ini.

Dengan kekuatan bulan, semoga banyak yang bisa terwujud ya guys. Amin. Amin.

Sekarang, bagaimana dengan resolusi kamu? sudahkah kamu membuat target untuk dicapai di tahun 2020 ini? Kalau sudah, mungkin bisa kamu share juga di kolom komentar di bawah ini.

All rite, guys. See you again on December 27th ,  2020.

Author

Don't work for money. Instead, let your money work for you. Just sayin..

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Subscribe ke Blog Zaipad

Agar kamu selalu mendapat update terbaru dari blog saya dan info menarik lainnya
Subscribe
Zaipad menjamin 100% kerahasiaan data pribadi kamu. Cek kebijakan privasi
close-link