Di Indonesia, kasus penipuan jamaah umroh masih sering terjadi. Penyebab utamanya karena masyarakat cenderung mudah terperdaya dengan penawaran paket umroh murah.

Padahal, yang namanya ibadah umroh pasti akan memakan biaya yang cukup mahal. Terlebih ibadah umroh tidak hanya dilakukan dalam 1-2 hari saja, melainkan minimal 9 hari di tanah suci.

Salah satu cara supaya kamu gak mudah ketipu sama oknum travel umroh nakal adalah dengan mengetahui apa saja komponen penyusun biaya umroh dan berapa biaya umroh yang wajar menyesuaikan paket umroh dan fasilitas yang disediakan.

Komponen Biaya Umroh

Biaya umroh sangat bervariasi dan dipengarui oleh banyak faktor. Namun, pada dasarnya biaya ini terdiri dari sejumlah komponen biaya penyusun, yakni:

  1. Tiket pesawat PP. Ini merupakan komponen biaya terbesar yang membentuk total biaya umrah.
  2. Penginapan dan akomodasi . Mencakup biaya menginap di hotel, makan 3x sehari, transportasi, dan perjalanan tambahan selama berada di Mekkah dan Madinah.
  3. Perlengkapan.Meliputi kain ihram, koper, ID card, buku doa, dan lain-lain.
  4. Jasa handling. Ini adalah biaya yang kamu bayar agar tidak repot mengurus koper dan bawaan selama perjalanan pergi pulang Arab Saudi – Indonesia.
  5. Visa dan asuransi umroh
  6. Biaya paspor. Hanya untuk Jemaah yang belum punya. Selain itu, tidak semua paket umroh juga include biaya pembuatan paspor.
  7. Vaksin. Tidak semua paket umroh include biaya vaksin.
  8. Penyelenggaraan manasik umroh. Dilakukan 1-2 minggu sebelum keberangkatan.
  9. Biaya lain-lain. Seperti biaya untuk memberangkatkan ustadz(ah), snack & makanan ekstra untuk jemaah, biaya ziarah/tour, biaya air zam-zam untuk dibawa pulang ke tanah air, margin perusahaan, dan seterusnya.
tiket pesawat pp komponen terbesar biaya umroh
Tiket pesawat pp komponen terbesar biaya umroh

Berbagai Jenis Paket umroh

Selain karena komponen biaya di atas, harga paket umroh juga dipengaruhi oleh jenis paket umroh yang kamu pilih. Ada tiga jenis paket umroh yang umum ditawarkan agen travel, antara lain:

1. Paket umroh regular

Ini adalah paket umroh standar dengan durasi perjalanan selama 9 hari (atau lebih) di Mekkah dan Madinah. Termasuk melakukan ziarah ke tempat-tempat ikonik & bersejarah di dua kota tersebut.

Kisaran harga: Rp20 – 32 juta

2. Paket umroh plus wisata mancanegara

Durasi perjalanan lebih dari 9 hari karena ditambah dengan perjalanan wisata ke negara lain, seperti Turki, Dubai, Maroko, Spanyol, Eropa.

Kisaran harga: Rp25 – 48 juta

3. Paket umroh ramadhan

Adalah perjalanan umroh yang dilakukan di bulan suci ramadhan. Paket umroh ini menarik bagi konsumen mengingat umroh di bulan ramadhan memiliki pahala sama dengan haji.

Kisaran harga: Rp27 – 35 juta

*harga tergantung biro travel dan fasilitas yang disediakan

Penjelasan lebih lengkap bisa cek artikel ini -> biaya umroh 2020 -2021 standar paket Kemenag.

Berapa biaya umroh yang wajar?

Biaya umroh yang wajar adalah biaya umroh yang masuk akal. Maksudnya, tidak kemahalan dan tidak pula kemurahan.

Untuk mengetahuinya,  cukup bandingkan berapa kira-kira total biaya semua fasilitas yang diberikan biro travel kepada jemaahnya dengan berapa harga paket umroh yang di tawarkan oleh biro travel tersebut.

Apabila total biaya untuk semua fasilitas umroh adalah 18 juta, namun biro travel-nya menawarkan harga paket umroh di bawah itu, katakanlah 13 juta, maka kamu patut curiga.

Bisa jadi kasusnya sama seperti First Travel dulu dimana perusahaan menggunakan uang Jemaah lain untuk menutupi biaya pemberangkatan umroh Jemaah lainnya karena secara hitungan tidak cukup. Terlalu murah.

Sebaliknya, jika harga paket umroh yang ditawarkan jauh di atas total biaya semua fasilitas yang didapat  jemaah, maka ini berarti perusahaan mengambil margin keuntungan terlalu tinggi. Saran saya, cari agen travel umroh lain !!

Sebagai informasi, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 221 Tahun 2018 besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umroh Referensi (BPIU Referensi) di Indonesia adalah Rp20 juta.

Jadi, kalau ada yang menawarkan paket umroh di bawah harga tersebut, lapor ke kementerian agama setempat dan tanya apakah mereka sudah mendapat izin menawarkan paket umroh di bawah harga referensi atau tidak.

Kalau belum, cari agen travel umroh lain.

Tips Memilih Agen Travel Terbaik untuk Perjalanan Ibadah Umroh Kamu

  1. Cek apakah biro travel sudah berizin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) resmi dari Kementerian Agama RI. Bisa cek di SISKOPATUH. Di siskopatuh, kamu juga bisa mengecek akreditas biro travel perjalanan umroh dan status keberangkatan umroh.
  2. Pastikan travel sudah memiliki info jadwal keberangkatan umroh yang jelas.
  3. Perhatikan status visa yang didapat dari agen travel valid dan merupakan visa umroh (cek di sini). Bukan visa liburan atau lainnya karena dapat menimbulkan masalah dengan pihak imigrasi di Arab Saudi.
  4. Cek apa saja fasilitas yang kamu dapat dari travel lalu bandingkan total biaya fasilitas tersebut dengan harga paket umroh yang mereka tawarkan. Jangan beli paket umroh yang kemurahan atau kemahalan.
  5. Telusuri rekam jejak perusahaan travel dan ulasan dari konsumen mereka sebelumnya. Pastikan kamu mendapat agen travel umroh yang memberi fasilitas dan pelayanan terbaik untuk jemaah.
  6. Cek dan bandingkan paket umroh yang ditawarkan agen travel umroh dengan perusahaan travel lainnya untuk mendapat penawaran terbaik. Bisa search di Google.
  7. Terakhir, pastikan metode pembayaran umroh dilakukan ke rekening atas nama perusahaan travel, bukan rekening pribadi.
Cek agen travel berizin PPIU via SISKOPATUH
Cek agen travel berizin PPIU via SISKOPATUH
Cek status umroh via SISKOPATUH
Cek status umroh via SISKOPATUH

Cara menyiapkan dana umroh

1. Tentukan kapan kamu mau berangkat umroh.

Misal, 1, 3, atau 5 tahun dari sekarang.

2. Pilih paket umroh  sesuai keinginan dan cek berapa harganya

Bila penghasilan belum memadai, sebaiknya pilih paket umroh reguler 9 hari dulu. Nanti, kalau ada rezeki lagi, bisa pilih paket umroh reguler dengan durasi perjalanan lebih lama atau paket umroh + wisata mancanegara.

3. Perhitungkan dana lain yang tidak termasuk dalam paket umroh

Misalnya, dana untuk dipakai belanja saat di Mekkah dan Madinah serta dana untuk dipakai belanja oleh-oleh buat keluarga dan kerabat di tanah air.

4. Siapkan dana-nya

Misal, dana yang dibutuhkan untuk umroh adalah Rp60 juta (sudah termasuk harga paket umroh dan biaya jajan selama di sana), maka kamu bisa mengumpulkan dana tersebut melalui empat cara, yakni:

  • Menabung di bank. Ini adalah cara paling aman namun menurut saya kurang efisien mengingat bunga (imbal hasil) yang diberikan sangat kecil. Supaya berkah, buka tabungan di bank syariah atau ikuti program tabungan umroh yang tersedia di bank syariah.
  • Investasi. Menyiapkan dana umroh lewat investasi adalah cara yang paling saya rekomendasikan karena memiliki imbal hasil tinggi. Adapun instumen investasi yang saya sarankan adalah instrumen investasi berisiko rendah seperti deposito, emas, atau reksadana pasar uang.  
  • Jadi agen umroh. Cara ini memungkinkan kamu untuk berangkat umroh secara gratis dengan biaya sepenuhnya ditanggung perusahaan travel, kecuali biaya belanja pribadi saat di tanah suci. Selain umroh gratis, kamu juga berhak mendapat sejumlah fee dari setiap Jemaah umrah yang berhasil diajak.
  • Melalui pembiayaan. Artinya, kamu berangkat umroh dengan pinjaman dari bank syariah dan/atau lembaga pembiayaan (syariah) lainnya. Alias berhutang. Meskipun secara agama cara ini diperbolehkan (menurut pendapat sebagian ulama), namun tetap saja saya tidak menganjurkannya.

Tanya jawab seputar Umroh dan Biaya Umroh

Apa hukum umroh?

Ulama berbeda pendapat soal ini. Sebagian menyatakan umroh wajib dikerjakan setidaknya satu kali seumur hidup. Sementara yang lainnya berpendapat umroh adalah ibadah sunnah yang jika tidak dikerjakan juga tidak apa-apa. (sumber: Tirto)

Berapa harga umroh 2020?

Bervariasi. Tergantung dari perusahaan travel, jenis paket umroh yang kamu pilih, dan fasilitas yang disediakan. Namun, umumnya, harga paket umroh tahun 2020 mulai dari Rp20 juta per orang.

Apa biro travel dengan penawaran harga paket umroh terbaik?

Tidak tahu. Soalnya, harga yang ditawarkan sering berubah-ubah. Jadi, lebih baik cari sendiri di Google.

Berapa biaya umroh untuk satu orang?

Tergantung apa jenis paket umroh yang kamu pilih.

Apakah ada tabungan umroh yang bisa saya ikuti?

Ada. Baca tulisan saya tentang 12 program tabungan umroh terbaik.

Bolehkah pergi umroh dengan uang pinjaman?

Jauh lebih baik berangkat umroh dengan bayar lunas.

Kesimpulan

Semoga umroh-nya mabrur.

Author

Pekerja teks komersial. Tertarik dengan dunia ekonomi, investasi, dan perencanaan keuangan sejak 2016. Hubungi saya di halo@zaipad.com untuk penawaran kerjasama, konsultasi, pertanyaan, dan lain-lain.

Write A Comment