Postingan ini saya tulis khusus untuk kamu yang mungkin bertanya-tanya tentang berapa biaya membuat blog self-hosted. Blog self-hosted adalah blog yang dihosting sendiri menggunakan jasa penyedia hosting, seperti Dewaweb. Meski berbayar, blog self-hosted umumnya memiliki lebih banyak keunggulan daripada blog free hosted (cth: blogger.com dan wordpress.com), salah satunya bisa bebas dikustomisasi dan terhindar dari risiko banned.

Bagi kamu yang tertarik membuat blog self-hosted seperti zaipad.com, berikut ini kisaran biaya  yang perlu kamu siapkan.

1. Biaya Hosting

Untuk membuat blog self-hosted, pertama kali kamu perlu menyiapkan biaya hosting. Biaya hosting ini jumlahnya tergantung dari masing-masing perusahaan penyedia hosting dan paket hosting apa yang kamu pilih.

Untuk blog zaipad.com sendiri, sejak awal saya menggunakan jasa penyedia hosting Dewaweb karena teknologi cloud hosting-nya yang relatif terjangkau dan berbagai penawaran menarik yang tidak bisa saya tolak. Misalnya, gratis tema dan plugin premium wordpress bagi setiap pelanggan yang memesan minimal paket cloud hosting warrior.

Saat ini zaipad.com menggunakan paket cloud hosting warrior dengan harga as of now Rp1.080.000 per tahun.  Namun, berhubung kemarin saya sempat mengikuti promo diskon recurring dari Dewaweb, jadi saya cukup membayar Rp1.009.800 per tahun saja. Atau sekitar Rp84.150/bulan.

Adapun spesifikasi hosting dan manfaat yang saya peroleh dari membayar sejumlah uang di atas ialah berikut ini:

CPU Power 1 core
Memory 512 MB
Databases & Mailboxes Unlimited
Addon & Domains 6
WP Premium Themes & PluginsTema: Divi, Extra, LapakInstan, dan Elementor Pro  
Plugin: Bloom, Monarch, iThemes Security Pro, Updraft Plus Premium
SpamExperts Yes

Jadi ya… worth it banget.

2. Biaya domain

Kedua, untuk membuat blog self-hosted, kamu perlu menyiapkan dana untuk membeli domain atau nama alamat website/blog yang ingin kamu buat. Contoh domain seperti detik.com, tirto.id, akseleran.co.id, dan zaipad.com.

Nah, terkait dengan biaya domain, saya kebetulan tidak mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Lho kok bisa? Ya karena hal ini sesuai dengan kebijakan dari Dewaweb dimana setiap pembelian minimal paket cloud hosting warrior tahunan di Dewaweb, pelanggan berhak mendapatkan gratis domain, namun untuk ekstensi tertentu saja, seperti “.com” dan “.net”.

Adapun kebijakan ini berlaku secara terus menerus selama paket hosting tersebut diperpanjang. 

Jadi, untuk biaya domain zaipad.com adalah Rp0.

3. Biaya Lain-lain

Membuat blog self-hosted yang running seperti zaipad.com sebetulnya cukup dengan membeli domain dan hosting saja. Setelah, itu kamu bisa langsung mengikuti tahap pembuatan blog dari awal sampai selesai sebagaimana yang sudah pernah saya bahas dalam tulisan berikut ini: Bagaimana cara membuat  blog wordpress di Dewaweb?

Namun, jika kamu ingin kualitas blog kamu lebih baik, lebih cepat diakses, lebih aman, serta memiliki tambahan fitur-fitur tertentu, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli tema dan plugin premium wordpress sesuai kebutuhan.

Saat ini di wordpress tersedia banyak sekali tema dan plugin premium yang bisa kamu beli dengan berbagai fungsi dan kelebihannya masing-masing. Kamu tentu bisa memilih salah satu atau beberapa diantaranya untuk digunakan pada blog kamu.

Jika kamu membeli hosting di Dewaweb, kamu mungkin tidak perlu lagi membeli tema ataupun plugin premium karena bisa kamu dapatkan secara gratis, seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Akan tetapi, jika kamu membutuhkan tema atau plugin premium lainnya yang memang tidak disediakan oleh pihak Dewaweb, maka kamu bisa membelinya juga secara terpisah.

Kalau di zaipad.com sendiri, kebetulan saya hanya menggunakan satu tema premium dan dua plugin premium wordpress, yaitu:

  • Tema Premium

Di zaipad.com, saya menggunakan tema premium Contentberg – Content Marketing & Personal Blog. Kalau tidak salah, tema ini saya beli seharga $59 (sekarang $69) plus pajak $2 pada bulan Oktober 2019 silam. Sehingga totalnya $61 atau Rp879.131 sesuai kurs saat itu.

berapa biaya membuat blog self-hosted wrodpress

Berikut bukti transaksinya biar saya gak dikira cuma pake tema bajakan. Hehe

berapa biaya membuat blog self-hosted wrodpress
  • Plugin Premium

Sementara untuk plugin, di zaipad.com, saya menggunakan dua plugin premium, yaitu Updraftplus premium yang saya peroleh gratis dari Dewaweb, dan Popup Plugin For WordPress – Convert Plus.

berapa biaya membuat blog self-hosted wrodpress

Untuk plugin Convert Plus, saya membelinya seharga $24 plus pajak $2 pada bulan November 2019 silam. Sehingga totalnya $26 atau Rp371.333 sesuai kurs saat itu.

Sekali lagi, berikut bukti transaksinya:

berapa biaya membuat blog self-hosted wrodpress

 

Jadi, berapa total biaya yang dibutuhkan untuk membuat blog wordpress selfhosted seperti zaipad.com?

Hosting dan Domain Rp1.009.800
Contentberg Theme Rp    879.131
ConvertPlus – Popup Plugin For WordPress Rp    371.333
Total Rp2.260.264

Kesimpulan

Biaya untuk membuat sebuah blog self-hosted tentunya bervariasi. Semua tergantung dari jenis paket hosting apa yang kamu pilih, dan apa saja tema dan plugin premium yang kamu gunakan pada blog tersebut. Tidak peduli berapa total biaya yang dibutuhkan untuk membuat blog self-hosted, asalkan dia worth, sesuai kebutuhan, dan bisa menghasilkan lebih banyak fulus di masa depan, maka seharusnya nominal tidak menjadi masalah. Semoga bermanfaat!

Author

Don't work for money. Instead, let your money work for you. Just sayin..

1 Comment

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Subscribe ke Blog Zaipad

Agar kamu selalu mendapat update terbaru dari blog saya dan info menarik lainnya
Subscribe
Zaipad menjamin 100% kerahasiaan data pribadi kamu. Cek kebijakan privasi
close-link