Bagaimana cara diterima adsense? – inilah pertanyaan yang termasuk sangat sering ditanyakan oleh para blogger pemula. Mereka ingin tahu bagaimana cara agar blog mereka diterima adsense dan segera menghasilkan uang. Mereka juga ingin tahu apakah benar mereka bisa mendapatkan gaji puluhan sampai ratusan juta per bulan dari adsense sebagaimana klaim para blogger hoax di luar sana lewat artikel mereka.

Tip: Blogger hoax adalah blogger yang mengajarkan cara mendapatkan penghasilan fantastis dari adsense, sementara situsnya sendiri tidak terpasang adsense atau sudah terpasang tapi belum bahkan tidak bisa menghasilkan seperti apa yang mereka tulis di artikel mereka.

Jawabannya adalah mudah dan benar tapi sulit sekali. Pertama, kenapa mudah? ya karena cara diterima adsense itu memang mudah asalkan blog kita benar-benar sudah memenuhi syarat yang diberlakukan oleh google. Kalau belum atau masih kurang, maka jelas bukan saja sulit, tapi mustahil. Saya sendiri sewaktu mendaftar adsense tidak butuh waktu lama untuk diterima.

Saya daftar sekitar pukul satu dini hari tanggal 17 januari 2019, diterimanya pukul delapan malam di hari yang sama. Dengan kata lain, hanya berselang 20 jam saja dari pertama kali saya mendaftar. Alias kurang dari satu hari. Easy, huh?

Kedua, kenapa benar tapi sulit? Karena seperti itulah kenyataannya. Menghasilkan uang dari program adsense itu tidak pernah mudah. Kita butuh trafik yang sangat sangat sangat banyak untuk bisa menghasilkan puluhan sampai ratusan juta per bulan.

Di indonesia sendiri, rasanya blog yang sudah bisa mencapai tahap ini masih bisa dihitung jari. Sebutlah itu detik, idntimes, kapanlagi, dan lain-lain. Itupun skala mereka sudah bukan lagi blog, melainkan sebuah media online dengan banyak karyawan di dalamnya.

Jadi memang benar kita bisa menghasilkan pendapatan yang fantastis dari ngeblog, tapi itu sungguh sulit sekali. Apalagi kalau cuman sendiri. It sounds like impossible.

Nah kembali lagi ke topik inti, yaitu bagaimana cara diterima adsense, jawabannya adalah satu yaitu penuhilah persyaratannya! Itu saja. Tidak usah banyak mikir dan bengong terlalu jauh.

Lantas kalau begitu apa saja persyaratannya? ya iqro-lah! alias bacalah langsung di halaman adsense yang satu ini: kebijakan google adsense atau kelayakan untuk partisipasi kalau kamu mau baca yang versi lengkapnya.

Akan tetapi, kalau kamu cuman ingin yang inti-intinya saja, atau bisa dikatakan hanya mau tips-tips cara diterima adsense saja tanpa harus membaca dan mengartikan kata per kata yang terdapat dalam paragraf kebijakan resmi dari google adsense, maka berikut ini tips yang bisa saya berikan sesuai dengan pengalaman saya pribadi.

1. Buatlah konten yang berkualitas

“Content is king”

Atau konten adalah raja. Itulah prinsip yang harus kita pegang sebagai seorang blogger yang ingin mendapatkan banyak trafik di situsnya berikut diterima juga menjadi salah satu publisher adsense.

Toh lagipula alasan utama seseorang mau berkunjung ke blog kita adalah karena ada konten (dalam hal ini adalah artikel) yang menarik termuat disana. Kalau tidak, ngapain?

Karena itu sebelum kamu buru-buru mendaftar adsense, sebaiknya lihatlah terlebih dahulu apakah blog kamu sudah terisi dengan konten yang berkualitas atau tidak. Jika belum, maka isilah dulu. Jangan langsung mendaftar!

Lalu apa saja ciri-ciri konten yang berkualitas itu? Menurutku jawabannya ada empat, yaitu:

  • Bukan hasil copy paste. Ini harus banget.
  • Merupakan konten yang dicari orang. Misalnya membuat artikel dengan judul Cara Mengembangkan Potensi diri dengan 3 Langkah Sederhana, dan bukannya membuat artikel dengan judul “Manis, si Kucing saya yang Imut dan Lucu”.
  • Konten yang mampu menjawab pertanyaan atau memberi solusi/menyelesaikan masalah. Alasannya sama seperti diatas. Intinya hindari membuat artikel yang berisi curhatan-curhatan tidak penting tentang diri kita. Sebab orang tidak mau tahu itu. Terlebih jika kita bukanlah seorang publik figur. Siapa elu?
  • Konten yang tidak dibuat asal-asalan apalagi hanya untuk keperluan mendapatkan trafik. Jangan membuat artikel yang hanya penuh dengan kata kunci tapi minim isinya. Alias tidak bermakna.

2. Posting artikel secukupnya

Tidak perlu banyak-banyak. Asalkan sudah bisa menarik trafik yang cukup ke blog kita. Saat saya mendaftar adsense, blog saya sudah terisi dengan 76 jumlah postingan. Akan tetapi, saya yakin yang menyebabkan aplikasi saya sampai diterima oleh adsense adalah berkat 4 postingan berikut ini:

  1. 12 faktor penyebab kemiskinan
  2. Cara mengatasi kemiskinan
  3. Dampak kemiskinan
  4. Cara memenangkan lomba debat bahasa Indonesia

Kenapa? Karena hanya empat konten itulah yang paling banyak menarik trafik di situs saya. Dan oleh sebab itu, diterima juga pengajuan adsensenya. Lagipula, di luar sana ada banyak sekali contoh kasus dimana ada blog yang hanya memiliki 5 atau kurang dari 10 artikel tapi sudah terpasang adsense.

3. Bikin halaman navigasi

Seperti halaman about, kontak, privacy policy, dan terms of use. Mengapa? karena ini penting untuk keperluan navigasi di situs kita. Selain itu, halaman navigasi yang baik juga dijadikan sebagai salah satu tolak ukur penilaian diterima atau tidaknya situs kita oleh tim google adsense.

4. Tunggu selama 6 bulan

Saran ini sebetulnya tidak memiliki dasar yang kuat. Akan tetapi, kebanyakan memang sebuah blog itu baru bisa mendapatkan trafik yang lumayan ketika mulai menginjak usia yang ke-6 bulan. Hal ini pun terbukti lewat pengalaman pribadi saya sendiri.

Awalnya di bulan-bulan pertama, trafik blog saya itu hanya berkisar di angka 15 – 30an pengunjung/hari. Dan ini jelas membuat saya kesal sampai sempat berpikir untuk menyerah. Namun karena saya coba terus berpikir positif, dan bersabar lebih lama, akhirnya trafik saya pun mulai menunjukkan lonjakan yang cukup drastis dan stabil pada pertengahan bulan kelima sampai sekarang. Intinya adalah sabar.

5. Tunggu sampai blog memiliki pengunjung stabil minimal 100 user/hari dari Google

Tidak mau menunggu selama 6 bulan? ya boleh saja, asalkan blog kamu sudah punya minimal 100/pengunjung per hari dan stabil. Ingat sekali lagi harus stabil. Tidak boleh tidak. Situs zaipad ini sendiri sukses diterima adsense ketika trafiknya masih berada di sekitar angka 100 pengunjung/hari. Jadi bila blog saya bisa diterima, maka yakinlah pasti blog kamu juga bisa!

Kesimpulan

Cara diterima adsense itu sebetulnya mudah. Yang penting blog kita memenuhi syarat saja. Nah yang salah adalah kebanyakan dari blogger pemula itu terlalu KERAS KEPALA dan TIDAK SABARAN. Masa situs baru live seminggu dua minggu sudah gaya banget mau daftar adsense. Atau situs masih belum punya navigasi yang baik tapi sudah buru-buru ngajuin aplikasi ke google adsense.

Ya jelas ditolak lah!

Oleh karena itu sabarlah dan patuhilah rambu-rambu yang sudah ditetapkan oleh pihak adsense. Jangan melawan! Ibaratnya kita itu sama seperti pencari kerja di matanya google. Jadi selama kita dirasa memang belum layak, maka pasti ditolak lah. Sekian.

As always, kalau kamu punya pertanyaan, tanggapan, atau lain-lain, silahkan langsung dititip via kolom komentar di bawah ini.

Artikel terkait:

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

3 Comments

  1. benar, apply adsense mudah2 susah. mudah kalo memenuhi syarat. tapi susah kalau ga sabar sampe semua syarat di penuhi. Saya apply adsense waktu tulisan udah ada 10, umur blog 4 bulanan, baru deh apply dan akhirnya diterima selang 3 hari. Masa2 nunggu itu yang dege2an…

    kalau menghasilkan ratusan juta, sulit, jangankan segitu, puluhan atau belasan sulit kalau trafik masih sedikit. Saya aja yang trafik 1500-an user perhari dapat kurang dari 10k tiap hari, haha

    • Zai Z Reply

      Ya emang begitu, kebanyakan blogger dari dulu itu suka tidak sabaran. Haha.

      1500-an user per hari saja dapet kurang dari 10K. Lah apalagi saya yang trafiknya masih berkisar 400 – 500an per hari. Adsense memang gak bisa dijadiin main income kalau hanya untuk blog, tapi kalau skalanya udah media kayak idntimes baru.. kayaknya cocok.

  2. Menurutku juga betul hanya media online besar yang memang mampu mengelola adsense sampai payout (mungkin) puluhan juta dalam sebulan, karena ya itu tadi mereka punya staff banyak untuk dikerahkan segala cara.
    Kalau secara personal mengelola adsense sangat sulit selalu payout perbulannya.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link