Jadi ceritanya sampai saya ingin menulis artikel ini dimulai dari beberapa menit yang lalu ketika saya mengunjungi blog maxmanroe. Tidak ada alasan spesial kenapa saya melakukannya. Saya hanya sekedar penasaran saja dengan perkembangan blog ini yang terus konsisten bertahun-tahun bertengger dalam daftar salah satu blogger Indonesia yang terkenal. Ya, mungkin karena alasan rasa penasaran blogger Indonesia dengan penghasilannya.

Bagaimana tidak? Hampir setiap artikel yang ada di blog ini selalu nongol di halaman pertama google. Menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari orang pula. Sebut saja kata kunci seperti cara membuat blog, cara mendaftar adsense, bisnis online, dan masih banyak lagi (Cat: Seiring waktu peringkat blog/website yang menggunakan kata kunci tersebut di google bisa saja berubah). Karena artikelnya sering nongol di halaman pertama, trafiknya pun pasti besar. Dan karena trafik yang besar diterjemahkan menjadi dollar oleh adsense, maka tidak heran kenapa banyak blogger Indonesia yang penasaran dengan penghasilan dari blog ini. Menurut prediksi salah satu blogger, pendapatan blog maxmanroe hanya dari adsense sendiri itu bisa berkisar di angka kurang lebih 50 juta per bulan. Yah, Lumayan deh buat beli motor tiap bulan.

Lanjut, ceritanya ketika saya membuka halaman utama blog maxmonroe, mata saya langsung tertuju pada artikel yang berjudul: ‘Ini Cara Cepat Kaya Mendadak Menjadi Jutawan Bahkan Miliarder, Buktikan Sendiri’ – linknya disini. Wow! Impresi pertama saya adalah judulnya benar-benar bisa memikat perhatian. Jadi saya pun coba mengklik artikel itu dan sekejap langsung dibawa ke halaman isinya. Saya pun diam sejenak untuk membaca. Hasilnya? Biasa aja, mudah sekali diprediksi apa isi kontennya. Dan satu lagi cara-cara yang dijelaskan jelas-jelas tidak bisa bikin orang mendadak jadi jutawan apalagi miliarder seperti apa yang tertera di judulnya. Masak sih seseorang bisa jadi jutawan mendadak hanya dengan belajar, belajar, dan terus belajar? Logikanya dari mana? Bila demikian, pastilah semua orang di dunia ini sudah pada kaya. Apalagi yang mahasiswa abadi. Kan kerjaannya belajar terus. Eh?

Jadi, dengan senang hati saya ingin menyimpulkan bahwa judul dari artikel tersebut jelas-jelas clickbait.

Lantas, kalau begitu siapa yang salah? Penulis artikelnya atau pembacanya?

Kalau saya sih berpendapat dua-duanya salah sekaligus ada benarnya. Penulisnya salah karena antara judul dan isi artikelnya tidak benar-benar menyatu. Tentu berinvestasi bisa bikin orang kaya, tapi apa iya langsung mendadak jadi jutawan apalagi miliarder? iya, kalau dia paham investasi dan punya modal besar. Nah, kalau dia gak paham investasi dan modalnya cepe’ doang, gimana bisa jadi kaya? Bukannya untung, malah buntung yang didapat. Meski begitu, kita tidak bisa menyalahkan si penulis. Toh mereka menulis sesuai dengan topik apa yang paling dicari oleh pembaca. Lah, kalau pembacanya rata-rata pengen cepat kaya, sebagai seorang blogger dengan penghasilan yang mengandalkan trafik, ya sah-sah saja menulis tentang topik artikel tersebut. Hitung-hitung membantu rasa penasaran para pembaca.

Makanya, saya katakan bahwa pembaca juga ada salahnya. Pengennya mau cepat kaya tanpa berproses dulu. Mau ini itu tanpa usaha. Sukanya INSTAN. Padahal, kita tahu bersama bahwa yang namanya hidup itu butuh proses. Kan tidak mungkin bayi yang baru lahir langsung bisa jalan, langsung bisa melmbaca dan menulis, apalagi sampai mampu mengerjakan kalkulus. Kalau pun sampai ada bayi kayak begitu, sudah pasti bakalan creepy alias seram. Sehingga, solusinya adalah mengubah pola pikir kita yang mau segalanya serba instan.

Kamu mau kaya? Ya kerja keras dong. Usaha! Jangan malah cari di google ‘cara cepat kaya’. Gak guna. Artikel yang ada itu semua clickbait. So, stop doing it!

Trus benarnya pembaca dimana? Sebagai manusia biasa, wajarlah kalau kita punya keinginan tertentu dan gak ada habis-habisnya. Termasuk keinginan untuk bisa cepat kaya. Walaupun keinginan ini jelas tidak masuk akal. Setidaknya, saya tetap bisa memaklumi ini sebagai hal yang wajar dalam kapasitas saya sebagai seorang manusia biasa.

Lantas apakah memang tidak ada cara cepat kaya di dunia ini?

Apabila dalam kasus disini kita tidak memperdulikan norma-norma dan moral, maka tentu ada caranya. Saya sama sekali tidak menyarankan, tetapi kamu bisa lihat beberapa kemungkinan cara cepat kaya yang saya ketahui dibawah ini:

Cara cepat kaya yang sesat

1. Nikah dengan cowok/cewek/janda/duda yang kaya
2. Ikut bergabung dalam tindak kriminal yang terorganisir – mencuri emas, membobol atm/bank,
3. Membunuh anggota keluarga yang kaya kemudian mengambil hartanya
4. Menyandera anak orang kaya, lalu meminta uang tebusan
5. Dan tindakan lain yang sejenis

Eh, ada juga satu cara cepat kaya tambahan yang tidak termasuk tindak kriminal, yaitu mencari harta karun. Akan tetapi, ini kemungkinannya sangat kecil sekali dan juga butuh biaya yang sangat besar untuk bisa mendapatkannya. Anggaplah kamu tahu ada sejumlah peninggalan berharga dari kerajaan zaman dulu yang berada di dasar laut samudera. Untuk mendapatkannya, kamu harus melakukan penelitian dulu, menggunakan kapal selam, membeli atau menyewa peralatan yang dibutuhkan, membayar tim profesional, dan masih banyak lagi. Walaupun itu semua sudah dilakukan, belum tentu juga kamu pasti dapat. Benar ada kemungkinan seseorang menemukan sebuah harta karun yang berharga secara tidak sengaja. Tapi mbok ya kemungkinannya kecil sekali. Mungkin 1 banding 100 milyar orang. Sementara jumlah total manusia yang hidup saat ini saja belum mencapai angka itu.

Jadi apa solusinya?

Tidak perlu mencari tahu bagaimana cara cepat kaya. Yakinlah kalau kamu sudah berusaha, sudah melakukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, pasti hasilnya bakalan baik-baik saja. Mungkin tidak selalu sesuai ekspektasi, tetapi paling tidak hal-hal baiklah yang terjadi pada hidupmu.

Ingat deh ungkapan what goes around comes around. Apa yang kamu lakuin bakalan balik ke kamu juga. Jadi kalau apa yang kamu lakukan selama ini adalah hal-hal yang baik, maka tentu hal-hal baik pula yang akan menghampiri kamu.

Sekali lagi kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Lakukan ini secara konsisten. Jadikan kebiasaan dalam hidupmu. Sehingga tanpa sadar kamu tiba-tiba berada di posisi orang yang sukses, kaya, dan berhasil.

Tips supaya kaya

Ada sebuah ungkapan terkenal yang berbunyi bahwa orang sukses itu selalu meninggalkan jejak. Saya pikir ungkapan ini memang benar adanya. Pasalnya, jika kita melihat sifat-sifat ataupun cara kerja orang kaya sekarang dengan orang kaya pada zaman dahulu tidak ada perbedaan yang signifikan. Rata-rata memiliki sifat, karakter, dan pola pikir yang sama. Oleh karena itu, kalau kita ingin sukses dan kaya, tirulah mereka yang sudah sukses dan kaya. Belajarlah dari mereka.

Lantas, haruskah kita belajar langsung pada mereka? Kalau bisa, ya jauh lebih baik begitu. Hanya saja kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang sibuk. Jadi akan cukup menantang untuk mendapatkan perhatian mereka. Makanya, disini coba saya bagikan beberapa tips orang kaya yang bisa kita praktekkan perlahan-lahan dalam hidup kita.

1. Memiliki perencanaan keuangan.
2. Senantiasa berinvestasi bukan menabung.
3. Memiliki prinsip Don’t lose money.
4. Berani mengambil resiko yang terukur.
5. Tidak gegabah dalam mengambil keputusan finansial.
6. Mengambil keputusan yang didasari oleh logika dan proses analisis secukupnya, bukan berdasarkan emosi.
7. Berhutang hanya untuk keperluan yang produktif seperti untuk ekspansi bisnis dan investasi. Menghindari yang namanya hutang konsumsi.
8. Menumbuhkan karakter pribadi yang kuat, seperti pekerja keras, disiplin, berintegritas, bisa dipercaya, berani, jujur, ramah, dan sebagainya.
9. Mempunyai target dan rencana dalam hidup. Bukan hanya sekedar menjalaninya begitu saja tanpa arah yang jelas.
10. Fokus pada hasil bukan proses.

Kesimpulan

Daripada mencari bagaimana cara cepat kaya, jauh lebih baik kalau mulai dari sekarang kamu membiasakan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Juga jangan lupa praktekkan 10 tips kaya diatas. Soal hasil itu bukan urusanmu. Just do it!

Bagaimana menurutmu?

Jika kamu menyukai artikel ini, kamu mungkin juga suka dengan 10 Perbedaan Cara Berpikir Orang Kaya vs Orang Pada Umumnya dan 6 Cara Membuat Blog Pribadi yang Unik dan Bikin Kangen

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 

Pendaftaran Berhasil! Silakan cek Inbox kamu untuk Konfirmasi Email.