Jangan Keliru, Begini Cara Daftar Kredivo Cicilan 12 Bulan

Kredivo adalah platform pinjaman online favorit di Indonesia yang menghadirkan fasilitas “Belanja sekarang, Pay later” di berbagai merchants online dan offline hingga 12 bulan lamanya. Lalu, bagaimana cara daftar Kredivo cicilan 12 bulan? Simak artikel berikut ini!

Dapatkan bonus Kredivo Point hingga Rp150.000 gratis. Daftar dengan kode referral -> zaif1va7e

Apa itu Kredivo?

Kredivo merupakan platform penyedia layanan pinjaman online tunai dan Pay Later hingga 12 bulan di ratusan merchants online dan offline. Contohnya di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Alfamart, McDonald, hingga iBox Erajaya.

Aplikasi Kredivo dioperasikan oleh PT Finaccel Finance Indonesia, perusahaan fintech yang sudah resmi berizin OJK dengan nomor KEP-257/NB.11/2020 sehingga aman digunakan. Tidak seperti aplikasi pinjol ilegal di luar sana yang tidak hanya memberikan bunga pinjaman mencekik, tapi juga memiliki cara penagihan yang kasar.

Daftar produk pinjaman online Kredivo

Saat ini Kredivo menawarkan tiga produk pinjaman online berbeda, yaitu pinjaman online Pay Later atau cicilan tanpa kartu kredit, pinjaman online tunai, dan yang terakhir Flexi Card.

1. Kredivo PayLater

Kredivo PayLater adalah layanan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo yang dapat digunakan nasabah untuk “belanja sekarang, bayar nanti” di berbagai merchants online dan offline.

Kredivo Paylater menawarkan limit pinjaman hingga Rp30 juta dengan bunga cicilan Kredivo 0% – 2,6% per bulan dan tenor pembayaran maksimal 12 bulan bagi calon nasabah yang pengajuannya diterima.  

Walau begitu, tidak semua pengguna Kredivo otomatis memperoleh limit dan tenor maksimal sebagaimana di atas. Sebaliknya, jumlah limit yang didapat pengguna akan sangat bergantung pada status akun (Starter, Basic, atau Premium) dan penilaian Kredivo terhadap pengguna tersebut.

Simak perbedaan benefits yang diterima oleh masing-masing status akun Kredivo pada tabel di bawah ini:

Benefits/Status akunStarterBasicPremium
Maksimal limit pinjamanRp1 jutaRp3 jutaRp30 juta
Pilihan tenor pembayaran pinjaman30 hari30 hari30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan
Suku bunga0%0%Bunga 0% untuk pilihan tenor 30 hari dan 3 bulan.

Bunga 2,6% per bulan untuk pilihan tenor 6 dan 12 bulan   
Pinjaman tunaiTidak adaTidak adaPinjaman tunai dengan tenor maksimal 6 bulan

2. Pinjaman tunai

Seperti yang diperlihatkan tabel di atas, opsi pinjaman tunai di Kredivo saat ini hanya tersedia untuk pengguna dengan status akun Premium. Nominal pinjaman tunai yang bisa diajukan tergantung limit yang diperoleh tiap pengguna (maksimal Rp30 juta) dengan jangka waktu pelunasan pinjaman maksimal selama 6 bulan.

Pinjaman tunai Kredivo hanya bisa diajukan oleh nasabah dengan status akun Premium. Pinjaman ini memiliki limit maksimal hingga Rp30 juta, bunga 2,6% per bulan, dan tambahan biaya administrasi 6% dari total pinjaman yang dibayar di muka.

Jai, kalau kamu pinjam uang Rp5 juta, maka total dana yang kamu terima di rekening adalah Rp4,7 juta saja. Sebab 6% dari 5 Juta atau Rp300 ribu sudah dipotong di awal sebagai biaya administrasi.

Sementara untuk bunga 2,6% per bulan tetap dihitung menggunakan pokok pinjaman yang disetujui, bukan dana yang diterima di rekening. Jadi, hitungan bunga per bulannya tetap 2,6% x Rp5 juta, bukan 2,6% x Rp4,7 juta.

Sehingga kalau ditotal secara keseluruhan bunga yang kamu bayar tiap bulannya bisa lebih dari 2,6% per bulan (include biaya administrasi) tergantung lama tenor pembayaran pinjaman yang kamu ambil.

3. Flexi Card

Flexi Card merupakan produk terbaru dari Kredivo yang bekerjasama dengan Bank Sampoerna. Ini adalah kartu kredit dari Kredivo yang bisa dipakai belanja di berbagai merchants online dan offline.

Pilihan jangka waktu pembayaran pinjaman, tingkat suku bunga, dan limit pinjaman Flexi Card mengikuti apa yang tertera di aplikasi Kredivo tiap pengguna.

Saat ini, Flexi Card hanya tersedia bagi nasabah Premium yang terpilih. Ditandai dengan munculnya menu Card Center di aplikasi Kredivo pengguna.

Jangan Keliru, Begini Cara Daftar Kredivo Cicilan 12 Bulan 1

Baca juga: 10 Pinjaman Online Bunga Rendah selain Kredivo, Apa Saja?!

Cara daftar Kredivo cicilan 12 bulan

Fasilitas cicilan Kredivo 12 bulan saat ini hanya tersedia bagi pengguna Kredivo dengan status akun Premium.

Status Premium tersebut diberikan oleh Kredivo hanya kepada pengguna yang dianggap layak berdasarkan standar penilaian Kredivo yang entah bagaimana detailnya.

Pada saat registrasi akun Kredivo, pengguna akan disodorkan dua pilihan, yaitu mendaftar akun Basic atau Premium. Keduanya memiliki cara daftar cicilan Kredivo yang berbeda.

Untuk pendaftaran akun Basic, caranya lebih singkat, yaitu:

  • Download aplikasi Kredivo di App Store atau Google Play, kemudian lakukan penginstallan
  • Buka aplikasi dan klik tombol Apply for Kredivo
  • Pilih akun “Basic”, lalu klik Continue
  • Masukkan informasi diri kamu dengan benar lalu tap tombol Submit
  • Ambil foto KTP dan foto selfie dengan KTP sesuai petunjuk
  • Masukkan kode referral (bisa pakai kode referral saya -> zaif1va7e) agar dapat bonus hingga Rp150.000, lalu klik tombol Submit
  • Pendaftaran selesai. Tunggu pemberitahuan selanjutnya dari Kredivo untuk mengetahui status aplikasi kamu (maksimal 1×24 jam)

Sementara untuk cara daftar Kredivo cicilan 12 bulan atau registrasi akun Premium, prosesnya lebih panjang, yakni:

  • Download aplikasi Kredivo di App Store atau Google Play, kemudian lakukan penginstallan
  • Buka aplikasi dan klik tombol Apply for Kredivo
  • Pilih akun “Premium”, lalu klik Continue
  • Ambil foto KTP dan foto selfie dengan KTP sesuai petunjuk
  • Hubungkan akun digital yang pernah kamu pakai untuk bertransaksi sebagai dokumen bukti alamat tempat tinggal
  • Ambil foto NPWP kamu sesuai petunjuk di aplikasi sebagai dokumen bukti penghasilan
  • Masukkan kode referral (bisa pakai kode referral saya -> zaif1va7e) agar dapat bonus hingga Rp150.000, lalu klik tombol Submit
  • Lengkapi data diri kamu dengan benar, lalu klik tombol Submit
  • Pendaftaran selesai. Tunggu beberapa saat sampai aplikasimu disetujui
  • Jika sudah disetujui, masuk ke halaman Dasbor Kredivo, kemudian klik tombol Aktivasi Akun
  • Masukkan kode OTP untuk konfirmasi perangkat
  • Selanjutnya, buat PIN dan pilih pertanyaan keamanan beserta dengan jawabannya untuk mengamankan akun Kredivo kamu
  • Aktivasi berhasil

Jika bingung dengan penjelasan di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini:

Apabila setelah mendaftar Kredivo, kamu hanya mendapatkan status akun Starter atau Basic, tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa naik status ke akun Premium dengan memperbanyak transaksi menggunakan Kredivo dan selalu membayar tagihan tepat waktu.

Saya sendiri awalnya juga hanya mendapatkan akun Starter di Kredivo. Namun seiring waktu, akhirnya status saya ditingkatkan ke Premium oleh Kredivo dan kini bisa mengakses fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dengan tenor maksimal 12 bulan.

Syarat Daftar Kredivo Cicilan 12 Bulan

Sebelum melakukan registrasi akun Kredivo, sebaiknya pastikan dulu kamu memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini agar pengajuannya cepat diproses dan berpeluang besar mendapatkan fasilitas cicilan Kredivo 12 bulan.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Catatan:  Status akun Premium masih bisa diperoleh pengguna sekalipun berdomisili di luar area layanan Kredivo.

FAQ

1. Mengapa saya tidak bisa menggunakan fasilitas cicilan 12 bulan di Kredivo?

Ada tiga alasan. Pertama, status akun Kredivo kamu belum Premium. Kedua, limit pinjaman kamu untuk tenor 12 bulan sudah tidak cukup untuk belanja barang yang kamu inginkan. Ketiga, karena berbagai alasan lainnya seperti akun ditangguhkan, dan lain-lain.
Selain itu, patut juga diketahui bahwa fasilitas cicilan kredivo 12 bulan tidak bisa digunakan di semua merchants sekalipun limit mencukupi. Contohnya, Codashop yang hanya menerima opsi pembayaran Kredivo 30 hari.

2. Apa yang terjadi jika telat atau tidak membayar cicilan Kredivo?

Pengguna yang telat membayar tagihan apapun ke Kredivo akan dikenakan bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Apabila pengguna tak kunjung membayar cicilannya yang sudah lewat jatuh tempo di Kredivo, pengguna berisiko masuk daftar hitam (blacklist) di FDC AFPI dan SLIK OJK.

Akibatnya, pengguna bakal kesulitan mengakses fasilitas kredit lagi di berbagai aplikasi pinjaman online legal maupun di Lembaga Jasa Keungan (LJK) lainnya di Indonesia, seperti bank umum, BPR, lembaga pembiayaan, dan lain-lain.

3. Bagaimana cara mendapatkan cicilan 0 Kredivo?

Cicilan Kredivo 0% tersedia untuk semua pengguna Kredivo yang memilih tenor pembayaran 30 hari atau 3 bulan. Kendati tidak membayar bunga, pengguna masih akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1% (minimal Rp1.000) untuk setiap transaksi produk digital di Kredivo

Kesimpulan

Cara daftar Kredivo cicilan 12 bulan sebetulnya sangat mudah, cukup ikuti saja tutorial pendaftaran akun Premium Kredivo sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas.

Apabila setelah mendaftar kamu masih gagal mendapatkan status akun Premium, tidak perlu khawatir. Gunakan terus Kredivo untuk belanja online/offline maupaun bayar tagihan rutin dan jangan lupa selalu bayar tepat waktu.

Semakin sering kamu menggunakan Kredivo, maka semakin besar kemungkinkan status-mu ditingkatkan menjadi Premium oleh Kredivo. Sehingga kamu pun bisa menikmati fasilitas pinjaman dengan limit hingga Rp30 juta dan tenor maksimal 12 bulan. Selamat mencoba!

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar