Cara Melupakan Masa Lalu dan Move On Secepatnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is a gift of God, which is why we call it the present.

Bill Keane

Bagaimana sih cara melupakan masa lalu? Kenapa saya masih saja seringkali teringat tentang kejadian pahit di masa lalu?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu bahwa setiap orang pasti memiliki memori masa lalu yang tidak menyenangkan. Terutama bagi kita yang sudah dewasa.

Memiliki memori seperti itu adalah hal yang wajar. Yang menjadi masalah adalah ketika kita membiarkan memori tersebut menghambat kita untuk mencapai hal-hal baik dalam hidup ini.

Kamu mungkin pernah melakukan satu atau beberapa hal yang sangat buruk di masa lalu. Atau pernah mengalami pengalaman yang begitu pahit yang diakibatkan oleh orang lain. Hingga sampai detik ini terus terngiang-ngiang di kepala kamu.

Tapi yakinlah seburuk apapun memori kamu di masa lalu, semestinya tidak boleh dibiarkan mempengaruhi kehidupanmu saat ini.

Sakit, iya. Menyesal, iya.

Namun, yang harus menjadi perhatian bukanlah ingatan akan masa lalu yang kelam itu. Tetapi lebih kepada apa yang akan kamu lakukan terhadapnya.

Apakah kamu akan mencari cara melupakan masa lalu itu dan melanjutkan hidupmu sebagai seorang individu yang bebas menikmati hidup? Atau kamu ingin menghabiskan waktu terus menerus mengenang masa lalumu yang menyedihkan itu? yang tidak bisa diubah sama sekali?

Jika keputusanmu jatuh pada pilihan pertama, tetaplah bersama saya dan baca terus artikel ini.

Kita akan membahas bagaimana cara melupakan masa lalu yang kelam dan move on sesegera mungkin.

Mari kita mulai dengan mengetahui beberapa fakta hidup yang relevan dengan masalah ini.

Fakta yang Perlu Kamu Tahu

1. Memori Bukan Masalahnya

Kita semua pasti memiliki memori. Entah itu berisi kenangan yang menyenangkan atau yang membuat kita sedih.

Meski demikian, kamu harus menyadari bahwa sejatinya memori hanyalah memori. Dan ini tidak lebih dari kumpulan kenangan yang kamu himpun sejak kamu lahir hingga saat ini.

Jadi, bila kita berpikir logis, memori sejatinya tidak bisa mempengaruhi kehidupan kita saat ini. Mereka hanyalah kenangan.

Memori bisa mempengaruhi kehidupan kita saat ini hanya jika kita memberikan power atau kuasa kepadanya.

2. Masa Lalu Sejatinya Tidak Ada, yang Ada Hanyalah Momen Sekarang

Apabila kamu memperhatikan, kamu akan menemukan bahwa sebenarnya istilah masa lalu tidak benar-benar ada.

Apapun yang kamu alami dalam hidup hanya bisa terjadi pada masa sekarang atau momen saat ini juga. Tidak bisa suatu hal terjadi pada kehidupanmu di masa lalu.

Sehingga memori akan masa lalumu yang kelam sejatinya adalah pikiran yang sedang kamu pikirkan pada saat ini. Emosi yang timbul dari mengenang masa lalumu itu pun terjadi pada momen saat ini.

Baik itu perasaan menyesal, marah, ataupun sedih. Semuanya terjadi di momen sekarang, saat ini juga.

Mengetahui fakta ini akan membuatmu sadar bahwa cara untuk keluar dari kesedihan yang kamu alami adalah dengan tetap berada pada momen saat ini.

Jadi, apabila saat ini kamu menemukan dirimu hanyut dalam kenangan masa lalu yang kelam, segera ubah fokus kamu. Ganti ke sesuatu yang bisa memicu timbulnya rasa senang dan bahagia. Atau fokuskan saja pada mengamati perasaan kamu saat ini – apapun itu.

3. Apa yang Sering Dipikirkan akan Membentuk Realita kamu

Meski saya tahu ini terkesan klise, tetapi saya percaya dan yakin akan hal ini. Apa yang paling sering dipikirkan akan perlahan-lahan membentuk realita kehidupan seseorang.

Jadi, seandainya kamu terlalu sering memikirkan tentang masa lalumu yang kelam, bagaimana kamu begitu marah, sedih, dan menyesal kala itu, maka perasaan itulah yang akan terus tumbuh dan berkembang. Lalu membentuk peristiwa-peristiwa tertentu dalam hidupmu saat ini yang memperkuat ketiga emosi tadi.

Sehingga kehati-hatian dalam mengelola pikiran adalah hal yang perlu kamu praktekkan dan merupakan sesuatu yang bijak.

4. Kamu Tidak Bisa Melupakan Masa Lalu

Kecuali kamu terkena amnesia, alzheimer, dan jenis penyakit yang mampu menghilangkan ingatan seseorang, maka sekuat apapun kamu mencoba, kamu tetap tidak akan bisa melupakan masa lalumu meski judul artikelnya tertulis seperti itu.

Jadi, berhentilah mencoba berbagai cara melupakan masa lalu. Sebab tidak akan pernah bisa. Yang boleh kamu lakukan hanyalah mulai berdamai dengannya.

5. Kamu bukan Produk Masa Lalumu

Sebagian buku pengembangan diri menjelaskan bahwa kita saat ini adalah hasil dari masa lalu kita.

Walaupun terdengar logis, saya sama sekali tidak setuju dengan hal ini. Pasalnya, ini akan menuntun seseorang untuk mempercayai suatu hal yang negatif.

Anggaplah dulu kamu pernah menjadi korban dari kekerasan seksual atau objek pembulian. Nah, dengan pola pikir kamu adalah produk masa lalumu, kamu akan berpikir bahwa kamu adalah korban dari kejadian yang tidak menyenangkan.

Hal itu memang benar, tetapi bukanlah identitas kamu.

Kamu adalah kamu saat ini dan bukan kamu akibat kejadian di masa lalu. Meski hidup mengisi dirimu dengan sejumlah pengalaman, orang-orang, emosi, kejadian dan peristiwa, siapa dirimu sebenarnya tidak boleh dipengaruhi oleh semua hal tadi.

Pengalaman, kejadian, dan emosi bisa datang silih berganti di kehidupanmu, bisa mempengaruhi kamu, tapi bukan kamu.

Cara Melupakan Masa Lalu dan Move On Sesegera Mungkin

1. Relakan masa lalu menjadi masa lalu

Saya tahu kadangkala kita sangat berkeinginan untuk bisa kembali di masa lalu dan merubahnya.

Namun, kita mesti sadar, bahwa hal tersebut adalah mustahil.

Jadi seburuk apapun masa lalumu, alangkah baiknya bila kamu merelakannya saja. Mengungkitnya saat ini tidak akan bisa membuat peristiwa masa lalumu berganti.

Terima masa lalumu seperti adanya. Sehingga setiap kali kenangan masa lalu itu muncul di pikiranmu, jangan berikan ia kekuatan untuk mempengaruhi kehidupanmu saat ini.

Juga jangan mencoba untuk membahasnya lagi di pikiranmu. Cukup sadari bahwa ia datang, ia adalah bagian dari hidupmu. Dan kamu menerimanya apa adanya. Lalu, alihkan pikiranmu pada hal yang lain.

Dengan begini, kenangan masa lalumu itu tidak lagi bisa memberikan pengaruh pada kehidupanmu sekarang.

2. Tuang Semua Rasa Sakit yang Kamu Rasakan

Saya tahu seringkali masa lalu yang kelam tidak selalu berkaitan dengan penyesalan. Beberapa ada yang terkait dengan rasa sakit.

Nah, bila masa lalumu yang seringkali muncul di pikiran adalah masa lalu yang menimbulkan rasa sakit seperti menjadi korban pelecahan, maka tuanglah seluruh perasaan kamu.

Ambil secarik kertas atau buka aplikasi notepad di ponsel kamu, dan tulis semua unek-unek rasa sakit yang kamu rasakan kala itu. Bila perlu, tujukan betapa marah dan kecewanya kamu kepada orang yang telah menimbulkan rasa sakit yang kamu rasakan saat ini.

Meski saran ini seakan-akan membuat kamu hanyut kembali dalam peristiwa masa lalu, tetapi bila kamu meneruskan menulis dan mengeluarkan seluruh unek-unek kamu, pada akhirnya kamu akan merasa bebas dari beban yang mungkin selama ini kamu tahan.

Lagipula, ini merupakan salah satu cara melupakan masa lalu yang cukup efektif jika dipraktekkan.

3. Fokus pada momen sekarang

Ada alasan kenapa saat ini orang-orang begitu tertarik dengan gagasan meditasi. Salah satunya adalah karena meditasi melatih seseorang untuk fokus pada momen yang terjadi sekarang.

Meditasi melatih seseorang untuk keluar dari kehidupan masa lalu dan membayangkan kehidupan masa depan yang belum pasti datang.

Saat kamu berfokus pada masa sekarang, pada momen saat ini juga, secara otomatis kenangan masa lalumu akan sulit untuk masuk dan memenuhi pikiran kamu.

Jadi, sewaktu-waktu kamu merasa hanyut dalam memori masa lalu, kembalikan kembali kesadaran kamu pada momen sekarang. Tidak perlu melakukan meditasi. Cukup alihkan fokusmu pada situasi dan momen saat ini.

4. Jadikan Kesalahan Masa Lalumu sebagai Daya Ungkit Masa Depanmu

Salah seorang panelis yang hadir di acara talkshow yang dibawakan oleh Ben Maine, kala itu mengaku bahwa ia memiliki masa lalu yang kelam.

Ia mengaku bahwa ia mulai menonton video porno di lingkungannya pada usia 9 tahun. Yang mana kemudian ia berubah menjadi seorang addict atau pecandu.

Hingga ia mulai membeli jasa prostitusi di jalanan kala itu saat ia berada di rentang umur 15 – 18 tahun. Namun, karena keberaniannya, ia pun berhasil keluar dari kebiasaan buruk itu yang telah dilakukannya bertahun-tahun.

Saat hadir di acara talkshow, ia adalah pendiri dari sebuah organisasi mentoring untuk anak muda.

Kisah diatas adalah contoh dimana seseorang bisa keluar dari keburukan masa lalunya dan muncul sebagai orang yang jauh lebih berbeda dan sukses. Ia telah berhasil menerapkan cara melupakan masa lalu yang sesuai dengannya, menghimpun motivasi diri, dan melanjutkan hidup sebagai seseorang yang lebih positif dan membawa manfaat bagi orang lain.

Untuk penjelasan lengkap kisah ini, silahkan kunjungi laman Quora.

Kesimpulan

Memiliki masa lalu yang kelam adalah satu hal yang normal. Namun menjadikan masa lalu itu sebagai suatu hal yang memberi pengaruh buruk bagi kehidupan kita saat ini sama sekali merupakan hal yang tidak bijak. Sekarang, mulailah berdamai dengan masa lalumu dan move on.

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Comments

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link