Reksadana

Cara Praktis Membeli Reksadana Syariah di Berbagai Platform secara Online

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, tentunya hal-hal yang berbau syariah menjadi sangat penting untuk ditegakkan. Termasuk dalam hal berinvestasi. Tidak hanya untuk mentaati perintah agama, penerapan prinsip syariah dalam investasi juga dianggap dapat memberikan manfaat lebih banyak dalam jangka panjang (karena tidak ikut menambah permodalan di industri rokok dan alkohol) serta memiliki sistem yang lebih baik.

Berbicara tentang investasi syariah, sekarang ini sudah banyak jenis instrumen investasi yang menawarkan berbagai macam produk berbasis syariah yang bisa kamu beli, contohnya reksadana. Lalu, bagaimanakah tata cara membelinya? Apakah berbeda dengan cara membeli reksadana konvensional? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan cara membeli reksadana syariah di berbagai platform penjual reksadana berikut ini.

Cara Membeli Reksadana Syariah secara Online di berbagai Platform

Saat ini, ada banyak sekali Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang beroperasi di Indonesia. Contohnya seperti bank, perusahaan sekuritas, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan,  perusahaan dana pensiun, ­hingga berbagai platform aplikasi dan ecommerce.

Berhubung tempat yang paling mudah dan praktis untuk membeli reksadana adalah melalui aplikasi atau secara online, maka kali ini saya pun hanya akan menulis tentang bagaimana cara membeli reksadana syariah di berbagai aplikasi/platform penjual reksadana secara online.

Adapun platform/aplikasi penjual reksadana yang dimaksud  ialah Bibit, Ipotfund, Bareksa, Tokopedia, dan Bukalapak.

So, here you go.

Cara Membeli Reksadana syariah di Bibit

Bibit merupakan salah satu platform penjualreksadana terbaik, lagi naik daun, dan yang sedang saya gunakan saat ini. Bagi kamu yang belum tahu tentang aplikasi Bibit, kamu bisa membaca tulisan saya berikut ini terlebih dulu: Review Bibit – Platform Investasi Reksadana Otomatis dan Murah!

Berikut cara membeli reksadana syariah di Bibit:

1. Masuk ke aplikasi bibit.

2. Klik menu Profile di bagian pojok kanan bawah.

cara membeli reksadana syariah di bibit

3. Klik/Nyalakan menu Preferensi Syariah

cara membeli reksadana syariah di Bibit

4. Kembali ke menu Home

5. Lakukan pembelian reksadana jenis apa saja, karena semua produk reksadana yang tersedia dan yang bisa kamu beli di Bibit (setelah pengaturan tadi) adalah tinggal yang sudah berbasis syariah saja.

6. Simak bagaimana cara membeli reksadana di Bibit lewat artikel saya berikut ini: 2 cara membeli reksadana di Bibit, cepat dan tanpa ribet!

Promo: Gunakan kode referral “zaipad50” (tanpa tanda kutip) saat melakukan pendaftaran di Bibit untuk mendapatkan BONUS cashback reksadana senilai Rp50.000 secara GRATIS.

catatan: Bonus cashback hanya akan diberikan setelah kamu berhasil melakukan pembelian reksadana pertama di Bibit dengan nilai transaksi minimum Rp100 ribu.

Cara Membeli Reksadana Syariah di Ipotfund

Ipotfund adalah salah satu produk dari perusahaan sekuritas ternama, yaitu PT. Indo  Premier Sekuritas. Ini adalah perusahaan pertama tempat saya membuka rekening efek, membeli saham, dan membeli reksadana.

Kalau membeli saham saya menggunakan platform bernama IpotGo, maka saat membeli reksadana saya menggunakan platform bernama IpotFund.

Berikut cara membeli reksadana syariah di IpotFund (diakses via web):

1. Buka situs https://www.indopremier.com/ipotfund/

2. Silakan login atau masuk menggunakan Login ID dan password kamu. Jika belum mempunyai akun, silakan buat terlebih dulu.

3. Arahkan pointer ke menu ReksaDana, kemudian klik sub menu List ReksaDana

cara membeli reksadana syariah di Ipotfund

4. Nyalakan filter ReksaDana Syariah (SY) dan matikan filter ReksaDana Umum (RU), ETF Umum (ERU), dan ETF Syariah (ESY)

cara membeli reksadana syariah di Ipotfund

5. Pilih salah satu produk ReksaDana Syariah yang ingin dibeli. Pada artikel ini, saya mengambil contoh salah satu produk reksadana indeks, yaitu Danareksa Indeks Syariah. Kemudian klik Buy Fund.

6. Setelah itu akan muncul menu pop up, centang kolom pernyataan “saya setuju dengan..” lalu klik Add to Basket

cara membeli reksadana syariah di Ipotfund

7. Arahkan pointer ke keranjang belanja di bagian pojok kanan atas, klik Checkout.

8. Terakhir, masukkan nominal jumlah uang yang ingin kamu investasikan, misalnya Rp5 juta (minimal Rp100 ribu) kemudian klik Confirm. Namun, sebelumnya, pastikan kamu memiliki saldo yang cukup di akun agar pembelian reksadana yang dilakukan bisa berhasil.

cara membeli reksadana syariah di Ipotfund

Cara Membeli Reksadana Syariah di Bareksa

1. Buka situs Bareksa.com

2. Klik menu Reksa Dana

cara membeli reksadana syariah di Bareksa

3. Pada bagian sidebar sebelah kiri, terdapat menu kategori dengan tiga pilihan, yaitu “Semua”, “Syariah”, dan “Konvensional”. Centang kolom “Syariah” saja, kemudian klik tombol Cari di bagian bawah

cara membeli reksadana syariah di Bareksa

4. Setelah itu, akan muncul daftar produk reksadana syariah di Bareksa yang bisa kamu beli. Pilih salah satunya, dan lanjutkan proses pembelian reksadana mengikuti petunjuk yang telah disediakan.

5. Untuk membeli reksadana di Bareksa, kamu diwajibkan memiliki akun terlebih dulu. Jadi, buat kamu yang belum mendaftar, silakan mendaftar agar bisa melanjutkan proses pembelian.

6. Karena saya tidak memiliki akun di Bareksa, otomatis saya pun tidak bisa menjelaskan bagaimana cara ataupun mekanisme pembelian produk reksadana di Bareksa. Saran saya, silakan baca artikel cara mudah membeli reksadana di aplikasi bareksa yang ditulis oleh bareksa itu sendiri.  

Cara Membeli Reksadana Syariah di Tokopedia

1. Buka aplikasi tokopedia

2. Klik menu Semua Kategori

3. Scroll ke bawah hingga mendapatkan kategori Keuangan lalu klik menu Reksa Dana

cara membeli reksadana syariah di Tokopedia

4. Saat tulisan ini ditulis, Tokopedia baru menyediakan dua produk reksadana saja yang bisa dipilih, dengan satu produk reksadana berbasis syariah, yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra.

cara membeli reksadana syariah di Tokopedia

5.  Pilih/klik Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, lihat grafik performa kinerjanya dalam kurun waktu tertentu, kemudian klik tombol Beli Reksa Dana

cara membeli reksadana syariah di Tokopedia

6. Masukkan nominal pembelian unit penyertaan reksadana. Pada contoh ini, saya menaruh nominal Rp10.000 (minimum pembelian reksadana Rp10.000). Jika kamu memiliki kupon promo reksadana, silakan gunakan kupon tersebut. Klik tombol Beli Reksa Dana

7. Setelah itu, akan muncul pop up pemberitahuan untuk mendaftar di Tokopedia Reksadana selambat-lambatnya 7 hari setelah dilakukan pembelian. Kamu bisa memilih untuk Daftar Sekarang atau Nanti Saja

cara membeli reksadana syariah di Tokopedia

8. Jika kamu memilih opsi Nanti Saja, di laman berikutnya akan muncul perintah untuk segera melakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran default (atau kamu juga bisa memilih metode pembayaran lainnya)

cara membeli reksadana syariah di Tokopedia

9. Terakhir, selesaikan proses transaksi pembelian reksadana sesuai petunjuk. Jangan lupa juga untuk melakukan pendaftaran di Tokopedia Reksadana segera setelah kamu menyelesaikan transaksi pembelian reksadana.

Cara Membeli Reksadana di Bukalapak

1. Buka aplikasi Bukalapak

2. Klik icon Semua Menu

cara membeli reksadana syariah di bukalapak

3. Scroll ke bawah hingga mendapatkan kategori Investasi lalu klik menu BukaReksa

cara membeli reksadana syariah di bukalapak

4. Scroll ke bawah sampai ketemu bagian Lihat produk menarik untuk jadi pilihan kamu lalu klik Lihat Semua

cara membeli reksadana syariah di bukalapak

5. Geser bagian pilihan menu yang terdapat di atas dan klik menu Syariah

cara membeli reksadana syariah di bukalapak

6. Pilih salah satu produk reksadana syariah yang ingin kamu beli. Pada kasus ini, saya mengambil contoh produk reksadana Mandiri Investa Dana Syariah

7. Lihat riwayat kinerja dari produk reksadana tersebut dan baca informasi produknya dengan baik sebelum membeli. Jika sudah yakin, klik tombol Beli

cara membeli reksadana syariah di bukalapak

8. Setelah itu, akan muncul pop up pemberitahun bahwa kamu harus mendaftar BukaReksa terlebih dulu. Klik tombol Daftar BukaReksa

cara membeli reksadana syariah di bukalapak

9. Terakhir, lakukan pendaftaran dan pembayaran sesuai petunjuk yang tersedia

Kesimpulan

Cara membeli reksadana syariah antara satu platform dengan platform lainnya tentu saja berbeda. Namun, selama kamu melakukan pembelian reksadana sesuai dengan petunjuk yang ada pada platform tersebut, maka seharusnya kamu tidak akan menemukan masalah apapun yang  berarti.

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah SWT daripada Mukmin yang lemah. Salah satu ciri mukmin yang kuat adalah mereka yang memiliki kondisi finansial yang solid. Dengan kata lain, adalah mereka yang punya banyak aset. Atau adalah mereka yang berinvestasi. Misalnya, berinvestasi di produk reksadana syariah.   

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Investasi Reksadana dapat cashback Rp50.000 GRATIS dari Bibit, Mau?

Masukkan kode referral "zaipad50" saat  pendaftaran
PERHATIAN:  PROMO TERBATAS !!!
close-link
EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link