PT. Telekomunikasi Seluler atau biasa disingkat “Telkomsel” adalah salah satu perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkomsel merupakan anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang sudah go public dan bisa dibeli sahamnya.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli saham telkomsel secara tidak langsung dengan membeli saham perusahaan induknya. Berikut tata cara membeli saham telkomsel yang perlu kamu ketahui.

Cara Membeli Saham Telkomsel

Kamu yang ingin membeli saham telkomsel tidak bisa membeli saham perusahaan ini secara langsung karena telkomsel bukan perusahaan publik. Secara umum, saham telkomsel hanya bisa dibeli masyarakat secara tidak langsung lewat pembelian saham “Telkom” yang merupakan induk perusahaannya.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan Telkom terdaftar dengan kode emiten TLKM. Kamu bisa membeli saham TLKM dengan dua cara, yaitu membeli saham ini secara langsung lewat perusahan sekuritas atau membeli produk reksadana saham tertentu yang memiliki portofolio saham TLKM.

Simak dua cara membeli saham telkom berikut ini:  

Cara Membeli Saham Telkom melalui Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak di bidang transaksi jual beli efek atau surat berharga, dalam hal ini saham atau obligasi.

Di Indonesia, ada berbagai perusahaan sekuritas yang telah lama beroperasi. Salah satunya adalah PT. Indo Premier Sekuritas.  

Selain itu, masih ada banyak lagi, seperti BNI Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Mandiri Sekuritas, dan BCA Sekuritas.

Artikel terkait:

Karena saat ini saya hanya memiliki akun di PT. Indo Premier Sekuritas, otomatis saya hanya bisa menjelaskan tentang cara membeli saham telkomsel via website Indopremier.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka website indopremier.com/ipotgo, kemudian login menggunakan Login ID dan Password kamu

cara membeli saham telkomsel - login ipotgo

2. Klik icon List Saham

cara membeli saham telkomsel - list saham

3. Cari kode saham TLKM, lalu klik icon B yang terdapat di ujung paling kanan, sebelah icon S

beli saham TLKM di Ipotgo

4. Setelah itu, kamu akan disuruh untuk Login Pin, klik tombol OK

5. Di bagian ujung sebelah kiri atas, terdapat menu Member Area. Klik menu tersebut, lalu klik tombol Login Pin

6. Masukkan PIN kamu, lalu klik tombol Confirm

cara membeli saham telkomsel

7. Jika sudah berhasil masuk, ulangi langkah 2 dan 3

8. Setelah itu, akan muncul pop up untuk melakukan pembelian saham TLKM. Silakan atur sesuai keinginan kamu. Namun, untuk contoh ini, mari kita membeli 5 lot (500 lembar) saham TLKM saja

9. Berdasarkan harga hari ini, ternyata 5 lot saham TLKM bernilai Rp1.570.000. Jika kamu setuju dan jumlah saldo yang tersedia juga cukup, silakan klik tombol Submit Buy 

10. Akan muncul pop up lagi untuk mengkonfirmasi pembelian saham TLKM kamu. Jika setuju, klik tombol Confirm Buy

11. Transaksi pembelian saham TLKM kamu dinyatakan berhasil jika ada investor lain yang menjual saham TLKM mereka sesuai harga beli yang kamu tawarkan. Selain itu, transaksinya pun hanya dapat terjadi selama jam perdagangan di hari bursa

P.S. Selain melalui website Indo Premier, kamu juga bisa membeli saham TLKM via aplikasi IPOTGO dan IPOTULTIMA yang bisa didownload di Google Play atau App Store.

Cara Membeli Saham Telkom melalui Pembelian Produk Reksadana Saham Tertentu

Reksadana saham adalah jenis reksadana yang minimal 80% dana kelolaan ditempatkan pada portofolio saham.

Reksadana saham terbagi atas dua jenis, yaitu reksadana saham biasa dan reksadana saham indeks. Reksadana saham biasa maksudnya adalah produk reksadana saham yang dikelola secara aktif oleh manajer investasi dengan tujuan untuk mengalahkan pasar atau beat the market.

Sedangkan reksadana saham indeks merupakan produk reksadana saham yang dikelola secara pasif oleh manajer investasi dan bertujuan untuk menyamai nilai indeks yang dijadikan acuan. (Simak lebih jauh tentang reksadana indeks di pengertian reksadana indeks, sejarah, keuntungan, dan kerugiannya)

Untuk membeli saham telkom melalui produk reksadana saham, kamu wajib mengecek terlebih dulu apakah produk reksadana saham yang akan kamu beli tersebut memiliki saham TLKM dalam portofolio mereka atau tidak.

Sayangnya, hal ini sulit dilakukan jika kamu membeli produk reksadana saham biasa mengingat informasi portofolio termasuk hal yang sensitif bagi pihak Manajer Investasi dan memang sudah seharusnya tidak dibuka ke publik, kecuali beberapa saja sebagai sampel.

Sedangkan jika kamu membeli produk reksadana saham indeks, pengecekan portofolio ini tergolong mudah dilakukan. Caranya, kamu cukup melihat apa indeks yang dijadikan acuan oleh reksadana saham indeks tersebut, kemudian lihat apakah ada saham TLKM didalamnya.

Jika iya, maka bisa dipastikan produk reksadana saham tersebut juga memiliki saham TLKM sebagai salah satu portofolionya.

Baca juga: Daftar 20 Reksadana Indeks di Indonesia, Mana yang Terbaik?

Di bawah ini adalah contoh beberapa indeks acuan yang memiliki saham TLKM:

  • IDX30
  • LQ45
  • SRI KEHATI
  • JII

Dan berikut adalah beberapa produk reksadana saham yang kemungkinan besar memiliki portofolio saham TLKM:

  • BNI AM Indeks IDX30
  • Premier IDX30
  • Batavia LQ45 Plus
  • Kresna Indeks 45
  • Danareksa Indeks Syariah
  • BNP Paribas Sri Kehati

Cara membeli reksadana saham indeks di Bibit:

Cara membeli reksadana saham indesk sejatinya tidak jauh berbeda dengan cara membeli reksadana pendapatan tetap di berbagai platform secara online.

Soalnya, kamu cukup mengganti produk reksadana yang ingin dibeli saja dengan produk reksadana saham indeks.

Berikut tata cara membeli reksadana saham indeks di Bibit. (Lho, kenapa di Bibit? Jadi, ini kebetulan saja yaa guys, karena saya memang selama ini menggunakan Bibit untuk investasi reksadana. Bukan sponsor.)

1. Login di aplikasi/website bibit. Website bibit bisa dikunjungi di app.bibit.id

2. Masuk ke menu Pilih Reksa Dana Sendiri, klik icon Saham

Pilih Reksa Dana Sendiri Bibit

3. Pilih salah satu produk reksadana saham indeks, contoh BNI-AM Indeks IDX30. Klik kolom BNI-AM Indeks IDX30

4. Baca informasi trend, prospektus, fund fact sheet, dan lain sebagainya. Jika sudah yakin, klik tombol Beli

5. Masukkan nilai uang yang ingin kamu investasikan (min. investasi Rp10.000). Sebagai contoh, kita coba investasi Rp1 juta dulu. Klik tombol Beli

6. Centang kolom “saya menyetujui….” , lalu klik tombol Bayar Sekarang

7. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, contoh kita pilih Gopay. Klik Bayar

8. Ikuti proses selanjutnya sesuai petunjuk. Jika transaksi berhasil, akan ada pemberitahuan yang masuk via email yang telah kamu daftarkan di akun kamu tersebut.

Bagaimana, mudah bukan?

Anw, buat kamu yang tertarik berinvestasi di Bibit, kamu bisa menggunakan kode referral saya “zaipad50” untuk mendapatkan Bonus Cashback reksadana senilai Rp50.000 secara gratis.

Mencari kode referral di aplikasi/platform lain? kunjungi laman daftar kode referral dan gunakan kode referral yang ada di situ untuk mendaftar dan mendapatkan bonus tertentu.

Kesimpulan

Cara membeli saham telkomsel hanya bisa dilakukan secara tidak langsung dengan membeli saham perusahaan induknya, yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, berkode saham TLKM.

Sementara untuk membeli saham TLKM bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui perusahaan sekuritas langsung atau dengan membeli produk reksadana saham tertentu (umumnya reksadana saham indeks) yang mengelola portofolio saham TLKM.

Jika ada pertanyaan atau tanggapan, silakan komen di bawah ini. Thanks for reading!

Author

I'm currently working as a Freelance Content Writer, Copywriter, and SEO Writer for various companies, like Shopback Indonesia and Good Doctor Technology. I also am an investor (small one) who like to share my personal view and experience about investing and making money. Want to use my service or collaborate? Please, visit here

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link