Penjelasan singkat: Tulisan ini berangkat dari salah satu pertanyaan yang ada di Quora Indonesia

Setiap manusia pasti pernah mengalami masa sulit. Tidak mungkin ada manusia dewasa yang hidup saat ini tetapi belum pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya.

Jadi, pertama-tama kita harus yakini bahwa masa sulit yang terjadi pada diri kita adalah yang normal. Sebab semua orang pasti pernah mengalaminya.

Sehingga persoalannya disini adalah bukan menolak fakta bahwa kamu saat ini sedang mengalami masa sulit, tetapi bagaimana cara untuk tetap terus termotivasi dalam berbagai situasi yang tidak mendukung (masa sulit).

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya memiliki 5 tips yang bisa kamu praktekkan saat ini juga.

5 Cara Memotivasi Diri selama Masa Sulit

1. Menerima kenyataan bahwa kamu sedang mengalami masa sulit

Tidak ada hal yang lebih bijak daripada mengakui kesalahan kita dan meminta maaf kepada orang lain saat kita berbuat salah.

Sama seperti halnya mengakui bahwa saat ini kamu sedang berada dalam masa-masa yang sulit. Tidak ada gunanya berusaha menolak kenyataan dengan berpikiran positif seperti ‘Ini adalah momen terbaik dalam hidup saya, saya bisa mendapatkan banyak pelajaran’ atau ‘Lingkungan tidak bisa mempengaruhi saya, saya tidak dalam keadaan sulit, saya senang dan bahagia saat ini’

Pasalnya, solusi diatas sama sekali tidak bisa membantu kamu keluar dari masa sulit. Apakah dengan kamu berpikiran positif seperti tadi, lantas masa sulit kamu bisa berakhir? Sangat tidak mungkin.

Makanya, jauh lebih baik apabila kamu menerima kenyataan saat ini kamu sedang dalam keadaan sulit. Bukan menolak apalagi lari dari kenyataan. Sikap penerimaan seperti ini akan menuntun kamu pada pertanyaan seperti ‘bagaimana cara saya keluar dari masalah ini?’, dan mulai termotivasi untuk mencari solusinya.

2. Lakukan Meditasi

Untuk apa? Begini, sejatinya kamu tidak pernah tahu kapan masa sulit yang sedang kamu alami bisa segera berakhir. Atau berapa lama masa sulit ini akan terus ada.

Karena ketidakpastian inilah makanya meditasi dibutuhkan. Meditasi akan berperan sebagai filter. Ia akan menyaring pikiran kamu dari segala pikiran negatif yang dihasilkan selama kamu masih berada dalam masa sulit.

Baca juga: Ikuti tantangan menulis minimal 1 artikel per hari selama satu tahun

Meditasi juga bertindak sebagai pengingat untuk tidak terburu-buru dalam menyelesaikan masalah. Sehingga kamu akan lebih luwes, tetap termovitasi, dan yang paling penting menikmati proses demi proses yang kamu lewati dalam rangka mengusahakan perubahan.

3. Cari teman buat curhat atau lakukan konsultasi

Saat sedang kesulitan, manusia cenderung memiliki banyak pikiran. Terutama pikiran negatif. Sehingga jika dibiarkan terus menerus bisa berujung pada turunnya motivasi seseorang untuk menyelesaikan masalah.

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk melepaskan beban pikiran yang kamu tanggung selama berada dalam keadaan sulit. Hal ini bisa diwujudkan dengan berkonsultasi (istilahnya curhat) pada orang yang kamu percaya atau pada mereka dari kalangan profesional.

Dengan melakukan hal tersebut, motivasi kamu akan terjaga dan juga menurut penelitian dapat membuat kamu lebih bahagia.

4. Berhenti mengenang kesalahan di masa lalu

Tak bisa dipungkiri, seringkali dalam keadaan sulit, seseorang kembali mengenang kesalahan yang ia lakukan di masa lalu. Alhasil, ia pun hanyut dalam memori tersebut, tenggelam dalam rasa penyesalan, hingga memperburuk motivasi dan mentalnya.

Padahal, motivasi dan kondisi mental yang sehat sangat dibutuhkan untuk keluar dari situasi-situasi sulit yang datang menghampiri.

Daripada mengenang masa lalu yang kelam, jauh lebih baik jika kamu berdamai dengan masa lalu dan berhenti memikirkannya.

5. Selalu aktif dan hindari berdiam diri

Ada ungkapan dari seorang motivator dunia, Tony Robbins, yang berbunyi
‘Motion creates Emotion’ atau dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti gerak mempengaruhi emosi.

Artinya bila kamu ingin bisa terus memotivasi diri kamu saat sedang mengalami masa sulit, pastikan dirimu untuk terus aktif. Bisa dengan berolahraga, bekerja, melakukan hal yang kamu sukai, jalan-jalan, bersepeda, dan lain-lain.

Hal ini memang tidak bisa menyelesaikan masalah, tetapi ini akan cukup membantu kamu agar tetap termotivasi untuk keluar dari masa sulit.

Pastikan untuk terus aktif bergerak, dan hindari berdiam diri merenung. Karena hanya akan memicu pikiran negatif muncul di kepalamu.

Kesimpulan

Masa sulit pasti pernah dialami setiap orang. Tantangannya adalah bagaimana cara memotivasi diri selama masa sulit. 5 hal diatas adalah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk menjawab tantangan tersebut.

Jika kamu punya tips lain yang bisa membantu, silahkan beri komentar dibawah ini.

Author

I write, therefore I Am | Blog ini saya gunakan untuk menulis tentang opini, pengalaman, maupun tips2 yang berkaitan dengan topik finansial dan blogging. Buat kamu yang ingin bertanya (request artikel), silahkan langsung melalui halaman Ask ME . Sosial media: Twitter | Instagram Business inquiries: Kontak

Write A Comment