Per 7 Agustus 2019 yang lalu, saya resmi terdaftar sebagai salah satu nasabah dari bank BTPN lewat produk baru mereka “Jenius”. Akhir-akhir ini, jenius memang lagi trend di kalangan anak muda milenial, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Selain karena bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan transaksi, Jenius juga dilengkapi dengan fitur tertentu yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengatur keuangan pribadi. Nah, buat kamu yang tertarik, berikut ini cara mendaftar Jenius dari bank BTPN berdasarkan pengalaman saya ±1 bulan yang lalu.

Baca juga: 14 Keuntungan Menggunakan Jenius, Wajib Tahu!

Cara Mendaftar Tabungan Jenius BTPN

1. Download Aplikasi Jenius

Bisa download di Google Play maupun App Store

2. Buka Aplikasi Jenius, lalu Klik Tombol Register

3. Pilih Bahasa

Pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses registrasi, bisa pilih Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, klik Lanjut. Setelah itu, kamu akan masuk ke jendela “Tentang Kamu”, dimana kamu akan diminta untuk mengisi informasi pribadimu sebagai syarat pembuatan akun Jenius. Klik Mulai.

4. Isi Alamat Email dan Nomor Handphone

Selanjutnya, masukkan alamat email dan nomor handphone kamu yang aktif pada kolom “E-mail” dan “Nomor handphone” yang tersedia. Klik Lanjut.

5. Verifikasi Nomor Handphone

Setelah itu, Jenius akan mengirimkan kamu kode verifikasi via SMS ke nomor handphone yang sudah kamu input sebelumnya. Masukkan kode verifikasi tersebut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Upload Dokumen

Di tahap ini, kamu diminta untuk mengupload Foto KTP, Foto Selfie + KTP, dan Foto Tanda Tangan. Kirim semua dokumen yang dibutuhkan, lalu klik Lanjut.

7. Isi Data Pribadi

Masukkan informasi Nama Lengkap (sesuai KTP), Tanggal Lahir, dan Nomor KTP kamu pada kolom yang sudah disediakan. Klik Lanjut.

8. Masukkan informasi Alamat Korespondensi

Yaitu alamat tempat tinggal kamu atau yang akan digunakan pihak Jenius untuk keperluan mengirim kartu debit m-Card maupun x-Card. Klik Lanjut.

9. Lengkapi Data Pribadi Kamu

Setelah itu, isi data pribadi kamu lainnya, seperti tujuan pembuatan rekening Jenius, data penghasilan kamu setiap bulan, sumbernya darimana, apa profesi kamu, nama perusahaan/instansi tempat kamu bekerja, hingga foto NPWP.  Klik Lanjut.

*Bagian upload foto NPWP ini bisa dilewati apabila kebetulan kamu tidak membawa kartu NPWP di saat melakukan pendaftaran. Akan tetapi, dokumen NPWP ini sifatnya wajib diupload maksimal 14 hari  setelah pendaftaran agar rekening kamu bisa tetap aktif. Jika belum memiliki kartu NPWP (biasanya pelajar/mahasiswa), maka kamu bisa menggunakan kartu NPWP orangtuamu, atau hubungi pihak Jenius untuk meminta Surat Keterangan Tidak Memiliki NPWP.

Baca juga: 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet (Panduan Lengkap)

10. Baca dan Pelajari seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku di Jenius BTPN

Jika sudah, centang seluruh kolom persetujuan di bawahnya. Klik Lanjut.

11. Personalisasi Akun Jenius

Di tahap ini, kamu bisa membuat $cashtag untuk keperluan terima dan transfer uang dengan cepat antar sesama pengguna Jenius. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk memberikan nama tertentu (bisa dipilih) yang nantinya akan dicetak pada kartu debit m-Card Jenius milikmu. Klik Lanjut.

12. Buat Password

Password ini nantinya digunakan untuk mengonfirmasi setiap transaksi yang hendak dilakukan di rekening tabungan Jenius milikmu. Demi keamanan. Klik Lanjut.

13.  Buat PIN Perangkat

PIN ini akan diminta setiap kali seseorang ingin mengakses aplikasi Jenius di perangkat (ponsel) yang kamu gunakan untuk mendaftar, kemudian klik Lanjut. Setelah itu, konfirmasi PIN yang sudah kamu masukkan sebelumnya, lalu klik Lanjut.

 14. Pendaftaran Selesai

Di tahap ini kamu sudah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran, namun dengan status rekening “belum aktif”. Nah, untuk mengaktifkannya, silakan klik tombol Aktivasi Sekarang. Lalu, masukkan kode referral untuk mendapatkan promo tertentu (bila ada). Biasanya sih kamu bakal dapat saldo tambahan senilai Rp50.000 jika menggunakan kode referral dan mengisi saldo awal Jenius dalam nominal tertentu.

*Kamu bisa memasukkan kode referral $zaipad di kolom input kode referral

Email berhasil melakukan pendaftaran di Jenius dari artikel Cara Mendaftar Jenius BTPN

15. Aktivasi Akun Jenius

Setelah menginput kode referral, berikutnya kamu bisa mengaktifkan rekening Jenius kamu dengan dua pilihan cara, yaitu:

  • Melakukan Video Call dengan Jenius Crew – Inilah cara yang saya gunakan karena memang mudah dan cepat.
  • Datang ke Jenius Live atau kantor cabang BTPN terdekat. Daftar lokasinya bisa dicek di sini.

Jadi, bagaimana? Mudah bukan cara mendaftar tabungan di Jenius BTPN?

Kalau masih bingung, kamu bisa menonton video Cara Registrasi Akun Jenius berikut ini:

Pengalaman Pribadi saat Membuat Akun Jenius BTPN

Saya membuat akun Jenius pada tanggal 7 Agustus 2019. Pada saat itu, saya mendaftar di rumah dengan hanya menggunakan pakaian alakadarnya berupa kemeja lengan pendek yang lumayan bagus (untuk keperluan video calling) dan celana rumahan yang tidak enak dipandang. Selain itu, saya juga sedikit menata rambut dan wajah saya agar terlihat lebih rapi (sekali lagi, untuk keperluan video calling).

Saat mendaftar, saya tidak menemukan kesulitan ataupun kendala yang berarti. Semuanya berjalan dengan smooth – tidak ada crash aplikasi ataupun error yang terjadi sama sekali. Adapun mengenai hal-hal yang kurang jelas atau yang saya masih merasa ragu pada saat itu, saya sempatkan waktu sebentar untuk mencari informasinya terlebih dahulu di Google.

Dan Alhamdulillah jawabannya juga langsung dapat sih. Jadi, ya benar-benar smooth deh proses pendaftarannya. Bahkan, saat melakukan proses aktivasi akun Jenius melalui video call juga tidak ditemukan kendala sama sekali.

Baca juga: Review Bibit – Platform Investasi Reksadana Otomatis dan Murah

Pada saat itu, saya melakukan video call dengan seorang customer service Jenius (berjenis kelamin perempuan), yang saya lupa namanya siapa. Namun, menurut prediksi saya, nama perempuan itu adalah Maya (ini murni saya karang yaa) dan umurnya mungkin sekitar 28 ke atas atau 30an.

Saat melakukan video call, mba-nya hanya mengajukan beberapa pertanyaan saja yang sifatnya untuk mengonfirmasi data pribadi yang sudah saya masukkan sebelumnya, seperti data KTP (iya gak sih? lupa soalnya), informasi nama ibu kandung, dan lain-lain, yang merupakan pertanyaanstandar”.

Setelah itu, beberapa menit usai melakukan aktivasi akun Jenius via video call, saya langsung menerima email dari pihak Jenius yang menyatakan bahwa akun Jenius saya sudah aktif. Sangat cepat!

Email pemberitahuan akun Jenius sudah aktif, dari artikel Cara Mendaftar Jenius BTPN
Foto kartu debit m-Card dan x-Card, dari artikel cara mendaftar Jenius BTPN
Foto kartu debit m-Card dan x-Card Jenius

Jadi, apakah kamu tertarik membuat akun Jenius? Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 

Pendaftaran Berhasil! Silakan cek Inbox kamu untuk Konfirmasi Email.