Terakhir diperbarui: September 2020

Bisa mendapatkan uang banyak dalam sehari adalah impian hampir setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan impian tersebut.

Entah karena faktor malas berusaha, kurangnya kesempatan, kondisi yang tidak mendukung, ataupun karena tidak tahu bagaimana caranya.

Kalau mau jujur, sebetulnya, ada banyak sekali cara mendapatkan banyak uang dalam sehari yang bisa dilakukan. Pertanyaannya tinggal apakah kita memiliki enough resource (skills, waktu, serta modal yang memadai) dan will (kemauan) untuk melakukannya atau tidak.

Jika iya, berikut adalah 23 cara yang saya pikir, bila dilakukan dengan benar, dapat menghasilkan kita duit yang cukup banyak dalam sehari.

Baca juga: 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Strateginya, Panduan Lengkap!

1. Kerja

Tidak semua jenis pekerjaan bisa menghasilkan kamu uang yang banyak dalam sehari. Dilansir dari Jakarta Post, rata-rata pekerjaan dengan bayaran tinggi di Indonesia adalah pekerjaan level eksekutif seperti CEO dan direktur dengan gaji di kisaran Rp900 juta – Rp3 miliar per tahun atau setara dengan Rp2,4 – 8,2 juta sehari.

Walau tidak rutin setiap hari, kamu juga sebetulnya bisa menghasilkan uang sebesar itu dengan cara kerja part-time atau full time, terutama di bidang marketing dan penjualan. Ini juga pernah saya alami sendiri sewaktu bekerja sebagai marketing di sebuah lembaga penyedia jasa pendidikan.

Waktu itu, saya pernah mendapat komisi sebesar Rp500 ribu – Rp2 juta dalam sehari karena berhasil merekrut sejumlah siswa yang membayar dalam jumlah tertentu (meskipun yang 2 juta uangnya tidak saya terima karena satu dan lain hal).

Selain bekerja di bidang pemasaran dan penjualan, ada juga beberapa jenis pekerjaan lain yang membayar cukup tinggi dalam sehari seperti dokter, pengacara, konsultan pajak/konstruksi, perencana keuangan, artis, penyanyi, dan lain-lain.

Penasaran apa saja pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2020? Berikut infonya  sebagaimana dilansir dari Michael Page:

  • C-level (CEO, CFO, COO, dll)
  • Direktur Pemasaran
  • Direktur Pemasaran Digital
  • Direktur Manajemen Risiko
  • Direktur Keuangan
  • Direktur Penjualan 
  • Direktur Sumber Daya Manusia
  • Direktur Hukum/Legal

2. Berdagang

Jika kamu melihat daftar 100 orang terkaya di dunia, kamu akan menemukan bahwa kurang lebih 95% di antara mereka adalah seorang pengusaha, pemilik bisnis, pedagang. Sedangkan 5% sisanya berasal dari kalangan investor seperti Warren Buffet, Jim Simons, dan Carl Icahn.

Ini menandakan bahwa berdagang merupakan salah satu cara terbukti yang bisa menuntun kamu untuk mendapatkan uang banyak dalam sehari. Memang, tidak semua orang cocok menjadi seorang pedagang/pebisnis, tapi kamu hanya akan tahu itu apabila sudah pernah mencobanya. 

Ada banyak sekali pilihan barang yang bisa kamu jual untuk menghasilkan duit yang lumayan, misalnya jual makanan, minuman, produk elektronik, kendaraan, aksesoris, pulsa, dan lain sebagainya. Sewaktu SMA, saya sendiri pernah menjual es mambo di asrama dengan penghasilan rata-rata sehari bisa Rp30-50 ribuan.

Selain itu, saya juga pernah menjual pulsa, speaker bekas, Playstation, sepeda, alat elektronik, dan produk minuman dan mendapatkan uang mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika beruntung, kamu barangkali bisa mendapatkan omset ratusan juta hingga miliaran rupiah.

3. Jualan online

Jualan online pada prinsipnya sama dengan berdagang. Bedanya, jualan online dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Sementara berdagang umumnya merujuk pada aktivitas berjualan yang dilakukan secara offline seperti di pasar, mall, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Saat ini, berjualan online bisa kamu lakukan dengan mudah dan gratis lewat berbagai medium. Misalnya, marketplace terpercaya di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dll, media sosial (cth: Facebook dan Instagram), serta blog dan website. Saya ingat produk jualan online pertama saya yang berhasil dibeli orang lain adalah tema bajakan seharga Rp100 ribu.

4. Dropship

Ingin jualan online tapi gak punya produk untuk dijual? gunakan metode dropshipping. Dropshipping adalah metode yang memungkinkan kamu untuk menjual produk orang lain di internet atas nama toko kamu tanpa diketahui oleh konsumen yang membeli.

Dropshipping mirip seperti reseller. Bedanya, di dropshipping, kamu tidak harus membeli barang dulu dari pihak ketiga lalu menjualnya kembali. Melainkan, kamu cukup meneruskan pesanan dari calon pembeli ke pihak ketiga (supplier).

Setelah itu, pihak ketiga akan memproses pesanan tersebut; melakukan packaging dan mengirim produk ke alamat konsumen atas nama toko kamu. (Cari tahu lebih lanjut tentang dropshipping di sini)

Di Indonesia ada beberapa platform dropship terpercaya yang bisa kamu coba, di antaranya Sahabat Dropshipper, Reseller Dropship, Bandros, dan Dropship Aja.

5. Google Adsense

Google Adsense adalah program periklanan dari Google yang memungkinkan publisher seperti saya bisa menghasilkan uang lewat konten yang diterbitkan di situs blog/website atau channel youtube pribadi.

Secara umum, potensi penghasilan yang bisa diperoleh dari Google Adsense adalah tidak terbatas. Tergantung dari seberapa banyak trafik dan klik iklan yang bisa kamu datangkan ke situs blog atau channel youtube-mu.

Sebagai contoh saja, mastimon.com, situs blog milik salah satu blogger senior di Indonesia, diestimasikan mampu menghasilkan uang dari Adsense senilai US $24.20 atau setara dengan Rp338.000 dalam sehari. (sumber: statshow) Bagaimana dengan saya? masih butuh banyak belajar. -_-

Baca juga: 5 Cara agar Blog Diterima Adsense, Khusus untuk Pemula (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

6. Sponsored Post

Sponsored post adalah konten yang disponsori oleh brand tertentu untuk diterbitkan di situs blog/website kamu. Di blog Zaipad, awalnya saya hanya mengenakan tarif Rp150 ribu – Rp300 ribu per sponsored post.

Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai menaikkan tarif tersebut hingga saat ini berada di angka Rp500 ribu – Rp1 juta per sponsored post di blog Zaipad (tergantung skema kerjasamanya bagaimana). Blogger lain bahkan jauh lebih tinggi dari itu.

Untuk setiap sponsored post, rata-rata saya membutuhkan waktu 1-3 hari untuk menulis dan menerbitkannya di blog. Jadi, kalau dibagi antara upah dan waktu pengerjaan yang dibutuhkan, maka dalam sehari kira-kira saya bisa mendapatkan uang sekitar Rp160 ribu – Rp1 juta dari sponsored post. Jumlah yang lumayan banyak buat saya.

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran di internet yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan komisi atas setiap orang yang berhasil kamu ajak untuk membeli atau menggunakan produk/jasa dari suatu perusahaan. 

Contoh penerapan affiliate marketing adalah program referral yang saat ini banyak diaplikasikan oleh sejumlah perusahaan. Sejauh ini, jumlah penghasilan referral tertinggi yang pernah saya terima berasal dari program referral Ajaib sebesar Rp280.000.

Jika dihitung-hitung, total penghasilan yang saya dapatkan dari mengikuti berbagai program affiliate marketing selama ini terbilang sangat lumayan.

8. Penulis Lepas

Bagi kamu yang terbiasa menulis, sebaiknya manfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang banyak dalam sehari. Caranya adalah dengan menjadi seorang penulis lepas, baik untuk klien individu maupun perusahaan.

Meskipun rata-rata bayaran untuk jasa penulis lepas di Indonesia terbilang rendah, namun jika kamu beruntung mendapatkan klien perusahaan sama seperti saya, biasanya komisi yang akan kamu terima lumayan tinggi. Saya sendiri pernah menulis 3 artikel (masing-masing 500-800 kata) dalam sehari dan mendapatkan komisi sebesar Rp450.000.  Lumayan buat beli boba. 

Baca juga: Cara Menjadi Penulis Lepas Profesional: 6 Langkah Terbukti Berdasarkan Pengalaman Pribadi

9. Tutor/Guru

Jika kamu memiliki latar belakang pernah atau sedang bersekolah di salah satu universitas bergengsi di Indonesia, maka gunakanlah privilege tersebut untuk menjadi seorang tutor/guru dengan bayaran tinggi.

Kenalan saya, anak Fisika UI, dulu pernah bilang ke saya bahwa di sela-sela kesibukannya menjadi mahasiswa UI dan main DOTA, ia meluangkan waktu untuk mengajar siswa(i) SMA  dengan bayaran Rp150 ribu per siswa per jam. Kalau muridnya ada sepuluh, berarti udah Rp1,5 juta yang ia dapat dari satu jam mengajar. 

10. Kerja Lepas / Freelance

Menjadi freelancer atau pekerja lepas berarti kamu tidak perlu bekerja di kantor atau mengikuti waktu kerja sebagaimana orang lain pada umumnya. Seorang freelancer dapat bekerja dimana saja dan kapan saja selama apa yang dikerjakannya selesai. 

Selain itu, dari segi penghasilan, freelancer juga tidak kalah dengan mereka yang bekerja kantoran. Bahkan pada beberapa kasus, orang yang bekerja secara freelance seringkali bisa menghasilkan pendapatan yang jauh lebih banyak daripada mereka yang bekerja 9 to 5.

Ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance, antara lain:

  • Menulis konten blog/web
  • Copywriter
  • Konsultan SEO
  • Membuat logo, desain web, dsb
  • Membuat aplikasi, web, dll
  • Menerjemahkan dokumen
  • Jasa riset pasar
  • Membuat atau mengedit video
  • Dan masih banyak lagi

Tertarik menjadi seorang freelancer? Mulailah dengan menawarkan jasa kamu lewat sejumlah situs marketplace freelance seperti Fiverr, Upwork, Freelancer, Sribulancer, Sribu, Fastwork, dan Projects.

11. Investasi Saham

Menghasilkan uang banyak dalam sehari dari investasi saham itu sangat mungkin bila kamu memiliki modal yang besar dan paham akan ilmunya. Sebagai salah satu instrumen pasar modal, saham mampu memberikan investor potensi keuntungan yang tinggi namun dengan risiko yang tinggi pula.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berinvestasi

Untuk berinvestasi saham, kamu wajib membuka rekening efek di perusahaan sekuritas terlebih dulu. Setelah itu, baru kamu bisa mulai top up dana lalu membeli saham Telkom, BRI, BCA, Unilever, dan lain-lain.

Ada banyak sekali perusahaan sekuritas resmi terdaftar di OJK yang bisa kamu pilih sebagai tempat untuk membuka rekening efek antara lain Ajaib Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Indopremier Sekuritas, dan seterusnya.

12. Investasi Reksadana

Sama seperti investasi saham, investasi pada instrumen reksadana juga dapat memberikan kamu potensi keuntungan tinggi, tergantung jumlah modal yang kamu investasikan, berapa lama jangka waktu investasi kamu, dan apa jenis reksadana yang kamu pilih.

Jika memilih reksadana pasar uang,  potensi imbal hasilnya mungkin kecil, sekitar 4 – 7% per tahun. Tetapi bila kamu memilih reksadana saham, maka potensi keuntungan yang bisa kamu peroleh lumayan tinggi, up to 30% per tahun. Namun, dengan risiko kerugian yang tinggi pula. High risk high return.

Berinvestasi reksadana bisa dilakukan lewat Manajer Investasi langsung maupun lewat Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah resmi terdaftar dan diawasi OJK. Untuk APERD sendiri, ada banyak sekali pilihannya, namun jika harus memilih satu saja, maka saya sangat merekomendasikan kamu untuk mendaftar dan berinvestasi reksadana di aplikasi Bibit.

Bagaimana dengan saya? Saya mendaftar di banyak platform investasi reksadana untuk mengetes dan memberikan review tentang platform tersebut. Nah, dari semua platform yang sudah pernah saya coba, saya sangat merekomendasikan Bibit. Setelah itu, Ajaib, Tanamduit, Bareksa, dan IPOT.

Bagaimana dengan Bareksa, BukaReksa, Tokopedia ReksaDana, dll? Karena saya belum mencobanya, jadi saya belum bisa memberikan penilaian.

13. Investasi Properti

Investasi properti adalah jenis investasi yang tidak likuid alias susah untuk menjualnya. Beda dengan instrumen investasi emas, reksadana, dan saham. Namun, ketika properti berhasil terjual, kamu bakal langsung mengantongi uang yang banyak dalam sehari. Bahkan sampai miliaran tergantung dari berapa harga properti tersebut.

Baca juga: 13 Pilihan Investasi yang Menguntungkan, Cocok untuk Pemula!

Meskipun investasi properti pada umumnya membutuhkan modal yang besar, namun berkat bantuan teknologi dan internet, kini berinvestasi properti sudah bisa dilakukan dengan minimum investasi yang terjangkau.

Caranya, cukup mendaftar dan berinvestasi lewat berbagai platform crowdfunding properti seperti Dana Syariahinvesproperti.id, atau CrowdDana.

14. Mendanai di Peer to Peer Lending

Saya mulai mendanai di Peer to Peer (P2P) Lending sejak tahun 2019 dan saat ini total jumlah keuntungan investasi (bunga) yang saya peroleh terbilang lumayan. Meskipun saya juga tidak akan bohong bahwa saya pernah mengalami beberapa kerugian besar, seperti di platform (gak usah sebut merek lah).

Bagi kamu yang tertarik mendanai di P2P Lending, saat ini saya menyarankan P2P Lending Akseleran, Asetku, Amartha, Investree, dan Cashwagon. Simak perbandingan kelima P2P lending tersebut di sini.

*P2P lending adalah instrumen investasi berisiko tinggi. Harap pelajari terlebih dulu sebelum mulai mendanai

15. Trading Cryptocurrency

Potensi kenaikan harga cryptocurrency (mata uang kripto)seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Litecoin (LTC), dll di masa depan terbilang masih lumayan tinggi. Jadi, masih ada kesempatan untuk membelinya di harga murah dan menjualnya di harga tinggi.

Bagaimana dengan saya? Bisa dibilang, saya masih baru di dunia trading cryptocurrency, mengingat saya juga baru benar-benar membeli Bitcoin awal September lalu di Indodax.

Meskipun saat ini mata uang kripto belum diakui di banyak negara, namun saya percaya suatu saat nanti cryptocurrency bakal menjadi alat pembayaran yang sah yang diterima oleh masyarakat di seluruh dunia.

Selain Indodax, terdapat juga beberapa platform jual beli mata uang kripto lainnya yang patut kamu coba seperti Luno dan Triv.

16. Jual eBook

Jika kamu memiliki pengetahuan atau pengalaman di bidang tertentu dan merasa bahwa hal tersebut bakal bermanfaat bila dibagikan dengan orang lain, maka cobalah untuk menulis eBook tentang itu dan menjualnya.

Saya menerbitkan eBook Typewriter bulan Juli 2020 lalu dan hingga sekarang masih terus dibeli oleh beberapa orang yang tertarik menjadi freelance writer. Satu hal yang saya suka dari menjual eBook adalah kita cuma perlu menulisnya sekali, namun bisa terus menjualnya berulang-ulang kali.

17. Sewa Barang/Kendaraan

Jika kamu memiliki kamera yang masih bisa dipakai, kamu bisa menyewakannya kepada orang lain dengan harga sewa mulai dari Rp100 ribu sampai dengan jutaan rupiah per haritergantung spesifikasinya. Semakin bagus, semakin mahal harga sewanya.

Begitu pun dengan kendaraan seperti motor atau mobil pribadi yang jarang dipakai. Daripada dibiarkan nganggur, mending disewakan saja ke orang lain, misalnya dengan menawarkan jasa rental motor/mobil.

Untuk jasa rental motor, biasanya harga normal yang dikenakan mulai dari Rp50 ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah per hari tergantung merek motornya. Sementara untuk jasa rental mobil, harga sewa yang dikenakan umumnya mulai dari Rp300 ribu s.d. jutaan rupiah per haritergantung dari jenis mobil yang dipakai dan apakah menggunakan jasa sopir atau tidak.

18. Jualan di situs Microstock

Jika kamu memiliki hobi fotografi, membuat desain vektor, musik, ataupun video clip pendek, kamu bisa memanfaatkan situs microstock seperti Shutterstock untuk memperoleh penghasilan tambahan secara pasif.

Caranya pun relatif mudah. Cukup dengan daftar menjadi kontributor di salah satu situs microstock lalu jual berbagai karya kamu di situs tersebut. Nanti, setiap ada orang yang membeli karyamu, kamu akan mendapatkan komisi yang nilainya bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing situs microstock.

Tertarik menjadi kontributor di situs microstock? Di bawah ini adalah beberapa situs microstock terpercaya yang bisa kamu coba, antara lain:  

  • Shutterstock
  • Adobe Stock
  • Getty Images
  • Freepik
  • Alamy
  • 123RF
  • Dreamstime
  • Depositphotos
  • Envato

Bacaan terkaitBerapa banyak yang kamu hasilkan dari menjual foto di situs Shutterstock? via Quora

19. Jadi Influencer

Influencer adalah profesi baru zaman now yang banyak didominasi oleh kalangan generasi milenial dan generasi Z. Menjadi seorang influencer membutuhkan usaha yang konsisten dan faktor keberuntungan yang besar dengan tidak ada jaminan kita bakal berhasil.

Seringkali, influencer adalah mereka yang merupakan anak atau keluarga dari seorang tokoh publik (politikus, artis, dll) dan mereka yang dianugerahi wajah tampan/cantik. Hanya sedikit saja influencer yang berasal dari kalangan yang bukan siapa-siapa (nobody) namun memiliki bakat.

Ironis memang, tapi begitulah adanya dunia. Kadangkala tidak adil. Get used to it.

Ketika kamu berhasil menjadi influencer, jumlah pendapatan dalam sehari yang dapat kamu peroleh bisa sangat banyak. Contohnya, Cristiano Ronaldo yang menurut Forbes dibayar sekitar US $1 juta atau setara dengan Rp14,9 miliar per satu postingan di Instagram.

Di Indonesia, Syahrini juga mengakui bahwa ia dibayar sekitar Rp100 juta untuk satu kali postingan di Instagram.  Hmm..

20. Jual Buku Bekas

Jika kamu memiliki banyak koleksi buku yang sudah pernah dibaca, kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual buku bekas kamu di berbagai situs toko online terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Atau kamu juga bisa menjualnya di situs toko online yang khusus melayani jual beli buku bekas seperti Prelo.co.id.

21. Menjadi Driver Online

Saya belum pernah menjadi driver online, tapi saya seringkali berbicara dengan mereka yang menjalani profesi ini ketika saya menggunakan jasa mereka.

Seingat saya, beberapa orang yang berprofesi sebagai driver online, baik itu yang menggunakan motor atau mobil, yang pernah saya temui mengatakan bahwa mereka bisa mendapatkan penghasilan bersih mulai dari Rp400 – 900 ribu per hari.

Berita terkait: Hasilkan Rp600.000 per hari dari “Go-Car”, Emy Tinggalkan Bisnis Butiknya

22. Kursus Online

Saya tidak memiliki pengalaman dalam membuat dan menjual kursus online, tapi saya tahu beberapa orang yang berhasil melakukannya.

Salah satunya adalah Michelle dari Making Sense of Cents dimana ia berhasil membukukan penjualan dari kursus online pertamanya, Making Sense of Affiliate Marketing, sebesar US $1.1 juta (setara dengan Rp16,4 miliar) hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja.

Jika dihitung-hitung dari total pendapatan tersebut, maka dalam sehari Michelle berhasil mendapatkan penghasilan sekitar Rp18 juta (Rp16,4 miliar : 912 hari). Uang yang lumayan banyak.  

23. Jadi Agen Asuransi atau Properti

Jika kamu orangnya ekstrovert dan memiliki banyak jaringan pertemanan, kamu bisa memanfaatkan modal jaringan tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah yang banyak dalam sehari.

Caranya adalah dengan menjadi agen asuransi atau properti. Untuk agen properti, rentang komisi yang dapat kamu terima berdasarkan peraturan dari Kementerian Perdagangan adalah 2 – 5% dari total nilai transaksi.

Jadi, kalau properti yang berhasil kamu jual nilainya Rp3 miliar, maka jumlah komisi yang akan kamu terima sebesar Rp60 – 150 juta.  Sementara untuk agen asuransi, komisi yang diterima berkisar antara 5 – 30% dari total pendapatan premi per tahun.

Selain komisi yang besar, agen asuransi yang membukukan penjualan tertinggi juga biasanya akan diberikan sejumlah reward , seperti handphone, tablet, laptop, motor/mobil, jalan-jalan ke luar negeri gratis, dan lain sebagainya.

Kebetulan, saya pernah menginap di rumah salah satu agen asuransi perusahaan swasta yang lumayan sukses di Jakarta. Tahu apa yang dia lakukan setiap tahun bersama istrinya? jalan-jalan ke luar negeri gratis saking jagonya dia jualan produk asuransi dan membangun tim agen yang solid.

Kesimpulan

Selain 23 cara di atas, sebetulnya ada banyak lagi cara mendapatkan uang banyak dalam sehari yang bisa kamu lakukan. Sayangnya, cara lain tersebut adalah cara terlarang yang melanggar norma-norma masyarakat, sehingga tidak bisa saya tulis di sini.

Kalau kamu punya cara lain, please share it below ya. Nanti akan saya tambahkan ke artikel ini bila caranya memang menarik. Thanks for reading!

Author

Pekerja teks komersial. Tertarik dengan dunia ekonomi, investasi, dan perencanaan keuangan sejak 2016. Hubungi saya di halo@zaipad.com untuk penawaran kerjasama, konsultasi, pertanyaan, dan lain-lain.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Subscribe ke Blog Zaipad

Agar kamu selalu mendapat update terbaru dari blog saya dan info menarik lainnya
Subscribe
Zaipad menjamin 100% kerahasiaan data pribadi kamu. Cek kebijakan privasi
close-link