Memiliki uang banyak sangatlah menyenangkan. Pasalnya, ini dapat memberikan kamu kebebasan untuk melakukan apa saja. Mulai dari membeli barang favorit, kendaraan, atau rumah yang selama ini kamu impikan, berlibur di daerah atau negara mana saja, hingga makan berbagai menu mahal tanpa takut kantong bolong.

Untuk bisa memiliki duit yang banyak, seseorang semestinya juga harus bisa atau setidaknya memiliki skill tertentu yang dapat memberikan ia penghasilan tinggi. Baik itu per bulan, per minggu, atau lebih baik lagi per hari.

Lantas, bagaimana cara agar kita bisa menghasilkan uang banyak dalam sehari? Baca artikel ini sampai selesai.

Berapakah uang banyak itu?

Saya percaya semua orang memiliki standar yang berbeda-beda.

Saat ini, saya sendiri menganggap Rp150.000 sebagai “uang banyak” yang bisa dihasilkan dalam sehari. Namun, orang lain bisa saja memiliki pendapat yang berbeda.

Kamu bisa saja menganggap uang Rp150.000 per hari itu sangat kecil, atau justru sebaliknya.  Semua tergantung situasi.

“Kamu tinggal dimana, pengeluaran per bulan berapa, gaya hidup bagaimana, dan lain-lain”

Maka itu, supaya tidak ambigu, mari kita menentukan standar terlebih dulu.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2019 jumlah pendapatan per kapita Indonesia tercatat US$4.174,9 atau setara dengan Rp59,1 juta.

Sumber: databoks dari katadata.co.id

Dengan menggunakan asumsi Pendapatan Per Kapita tahun 2019 di atas, maka penghasilan rata-rata masyarakat Indonesia setiap bulan adalah kurang lebih Rp4.925.000 (59,1 juta/12 bulan) atau setara dengan Rp164.000 per hari (4,9 juta/30 hari).

Nah, Rp164.000 ini adalah pendapatan rata-rata, sehingga bisa dibilang masih belum layak untuk dimasukkan ke dalam kategori “uang banyak”.

Untuk bisa dikatakan “uang banyak”, seseorang harus bisa menghasilkan pendapatan dalam sehari minimal 2x dari pendapatan rata-rata.

Jadi, 2 x Rp164.000 adalah Rp328.000 per hari.

9 Cara Mendapatkan Uang Banyak Dalam Sehari

Setelah kita setuju dengan standar tersebut, maka berikutnya saya akan membagikan beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu mendapatkan banyak duit dalam sehari. Simak di bawah ini!

1. Berdagang/Berjualan

cara mendapatkan uang banyak dalam sehari dengan berjualan

Rata-rata orang terkaya di dunia adalah seorang entrepreneur atau pedagang.

Walau tidak semua orang memiliki kemampuan berdagang/berjualan yang baik, namun kamu tidak pernah tahu sebelum mencobanya, bukan?

Sekarang ini, berdagang bisa dilakukan baik secara offline maupun online.

Buat kamu yang tertarik berjualan online, kamu bisa mencoba berjualan di berbagai marketplace terpercaya di Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Atau kamu juga bisa berjualan melalui media sosial Instagram, Facebook, atau website toko online buatan sendiri.

Tidak punya barang yang bisa dijual? Well, kamu bisa manfaatkan metode dropshipping !!

Dengan metode ini, kamu bisa mulai berjualan online tanpa perlu menyimpan stok barang sama sekali, tetapi cukup meneruskan order dari pemesan ke produsen atau supplier rekanan kamu. (Cari tahu lebih lanjut tentang dropshipping di sini)

2. Freelance

Pekerja lepas atau freelancer adalah trend pekerjaan di abad ke-21. Thanks to the internet!

Menjadi seorang pekerja lepas berarti kamu tidak perlu bekerja di kantor atau mengikuti waktu kerja sebagaimana orang lain pada umumnya.

Seorang freelancer dapat bekerja dimana saja dan kapan saja selama apa yang dikerjakannya selesai. 

Selain itu, penghasilannya juga tidak kalah dengan orang yang kerja kantoran seperti biasa. Bahkan pada beberapa kasus, seseorang yang bekerja secara freelance terbukti bisa menghasilkan pendapatan yang jauh lebih banyak daripada mereka yang bekerja secara kantoran.

Tertarik menjadi seorang freelancer? Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance, seperti:

  • Menulis konten blog/web
  • Copywriter
  • Konsultan SEO
  • Membuat logo, desain web, dsb
  • Membuat aplikasi, web, dll
  • Menerjemahkan dokumen
  • Jasa fotografi
  • Jasa riset pasar
  • Membuat atau mengedit video
  • Dan masih banyak lagi..

Apabila kamu memiliki salah satu atau beberapa skill di atas, kamu bisa menawarkan jasa freelance kamu secara online di beberapa situs marketplace freelance, di antaranya:

Luar negeri:

Dalam negeri:

  • Sribulancer
  • Sribu (khusus untuk jasa desain grafis)
  • Fastwork
  • Projects (Kalau tidak kepepet, sebaiknya hindari mendaftar di situs ini karena rate bayarannya yang terlalu murah)

Apakah bisa menghasilkan banyak uang dengan bekerja sebagai freelancer?

Jawabannya bisa saja.

Saat artikel ini ditulis, saya sendiri sedang bekerja sebagai seorang penulis lepas di tiga perusahaan yang bergerak di bidang media, e-commerce, dan kesehatan.

Baca: Panduan lengkap cara menjadi penulis lepas profesional, dibayar jutaan rupiah

Meski penghasilan saya tidak menentu setiap bulannya, namun seringkali saya bisa menghasilkan lebih dari Rp380.000 dalam sehari.

Jadi, ya, kamu memang bisa menghasilkan banyak uang dari menjadi seorang freelancer.

3. Menjadi Driver Ojek Online

driver online - cara mendapatkan uang banyak dalam sehari

Saya belum pernah menjadi driver ojek online, tapi saya seringkali berbicara dengan mereka yang menjalani profesi ini ketika saya menggunakan jasa mereka.

Seingat saya, beberapa orang yang berprofesi sebagai driver ojek online, baik itu yang menggunakan motor atau mobil, yang pernah saya temui mengatakan bahwa mereka bisa mendapatkan penghasilan bersih mulai dari Rp400 – 900 ribu per hari.

Tapi ingat, itu waktu jaman-jamannya masih bagus. Masih kurang driver. Masih sedikit peraturan.

Gak tahu deh sekarang bagaimana.

Cuman ya, secara logika, driver ojek online yang menggunakan mobil itu kemungkinan besar bisa lah dapat penghasilan bersih minimal Rp400 ribu dalam sehari.

Berita terkait: Hasilkan Rp600.000 per hari dari “Go-Car”, Emy Tinggalkan Bisnis Butiknya

4. Investasi

Salah satu topik utama blog zaipad adalah investasi.

Kenapa? karena berinvestasi merupakan salah satu cara terbaik untuk menjadi kaya.

Ada berbagai pilihan instrumen investasi yang bisa kamu ikuti untuk menghasilkan banyak uang dan menjadi kaya, seperti:

  • Reksadana
  • Saham
  • Peer to Peer (P2P) Lending
  • Emas
  • Properti

Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam berbagai portofolio efek oleh Manajer Investasi, seperti deposito, saham, obligasi, atau surat utang.

Berdasarkan jenisnya, reksadana terbagi atas 6, yaitu reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana campuran, reksadana pasar uang, reksadana indeks, dan reksadana terproteksi. (Pelajari lebih lanjut tentang reksadana)

Tertarik berinvestasi reksadana? Daftar di Bibit dan gunakan kode referral “zaipad50” untuk mendapatkan bonus reksadana senilai Rp25.000 secara gratis.

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jadi, jika kamu memiliki lembar saham dari suatu perusahaan, maka ini berarti kamu pun turut memiliki perusahaan tersebut. (Pelajari lebih lanjut tentang saham)

Peer to Peer (P2P) Lending adalah layanan fintech yang berfungsi untuk mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. Melalui instrumen P2P lending, seseorang dapat meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan tertentu dengan harapan memperoleh imbalan bunga atau imbal hasil sesuai kesepakatan.

Di Indonesia sendiri, ada lebih dari 160 perusahaan P2P Lending yang telah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa diantaranya bahkan juga sudah ada yang mendapatkan izin resmi dari OJK. (Pelajari lebih lanjut tentang P2P lending)

Tertarik berinvestasi di P2P Lending? Ada beberapa platform P2P Lending yang saya rekomendasikan untuk kamu coba, yaitu Investree, Cashwagon, dan Akseleran.

Baca juga: Review Cashwagon – P2P Lending Konsumtif Bunga Tinggi

Saran saya, pilih Akseleran jika kamu ingin mencoba berinvestasi di instrumen P2P Lending tanpa takut rugi kehilangan duit pribadi.

Caranya gunakan kode referral “AKSLZAIFHUL306209” saat mendaftar di Akseleran. Setelah pendaftaran berhasil, kamu akan mendapatkan bonus Rp100.000 secara gratis yang bisa langsung kamu gunakan untuk mendanai pertama kali di Akseleran. (Baca review saya tentang Akseleran)

Emas adalah instrumen investasi berisiko rendah-menengah. Kamu bisa membeli emas baik secara offline ataupun online, seperti di Indogold. Adapun keuntungan berinvestasi emas berasal dari kenaikan harga seiring waktu (meskipun lambat) dan dari selisih harga jual dan beli.  

Properti, hingga saat ini saya belum pernah sekalipun berinvestasi di properti. Namun, berdasarkan buku yang saya baca, berinvestasi properti dapat memberikan seseorang tiga keuntungan utama, yaitu kenaikan harga properti seiring waktu (walau tidak menjamin), keuntungan capital gain yang didapat ketika investor berhasil menjual propertinya di atas harga beli, dan keuntungan cashflow yang didapat dari properti yang disewakan atau dikontrakkan.

5. Menjadi Publisher Google Adsense

Google Adsense adalah program periklanan dari Google yang memungkinkan publisher seperti saya bisa menghasilkan uang dengan menempatkan iklan di situs blog/website atau channel youtube pribadi.

Secara garis besar, potensi penghasilan yang bisa diperoleh seseorang dari Google Adsense adalah tidak terbatas. Tergantung dari seberapa banyak trafik dan klik iklan yang bisa ia datangkan ke situs atau channel youtube nya tersebut.

Rumusnya, semakin banyak trafik atau klik iklan, maka semakin tinggi pula penghasilan.

Namun, ingat, saya tidak menjual mimpi di sini.

Maksud saya, mendapatkan trafik dan klik iklan ke situs blog atau channel youtube itu sulit pake banget.

Apalagi di zaman sekarang, dimana para artis dengan popularitas dan modal gede juga pada ikut-ikutan ngambil potongan kue “rezeki”-nya orang-orang yang tidak seberuntung seperti mereka.

Saat tulisan ini ditulis, saya sendiri sudah menjadi publisher Google Adsense selama lebih dari 1 tahun tapi nyentuh ambang batasnya, Rp1.300.000, aja belum bisa.

Boro-boro ambang batas pembayaran, Rp500 ribu aja belum nyampe. Bad business, right?

Karena itu, di blog Zaipad, saya tidak hanya bergantung pada penghasilan dari Google Adsense saja, melainkan juga dari sponsored post, job review, dan lain-lain yang mana kalau dihitung-hitung hasilnya juga lumayan.

Apakah mungkin publisher Google Adsense menghasilkan banyak uang dalam sehari?

Sangat mungkin.

Tapi sekali lagi, tidak mudah.  

Apa syarat menjadi publisher Google Adsense?

Untuk menjadi publisher di Google Adsense, kamu harus memiliki situs blog/website (hosted atau self-hosted), aplikasi mobile, atau channel youtube pribadi, lalu tinggal mendaftar aja di situs Google Adsense.

6. Sewa Barang atau Kendaraan

Punya barang atau kendaraan yang jarang dipakai atau sering dibiarkan nggangur begitu saja? Lebih baik disewakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

Jika kamu memiliki kamera yang masih bisa dipakai, kamu bisa menyewakannya kepada orang lain dengan harga mulai dari Rp100 ribu sampai dengan jutaan rupiah per hari tergantung spesifikasi dari kamera yang kamu miliki.

Semakin bagus spesifikasi kameranya, maka semakin mahal pula harga sewanya.

Begitu pun jika kamu memiliki kendaraan seperti motor atau mobil pribadi yang jarang dipakai.

Daripada nganggur di garasi begitu saja, mending disewakan saja ke orang lain, misalnya dengan menawarkan jasa rental motor/mobil.

Untuk jasa rental motor, biasanya harga normal yang dikenakan mulai dari Rp50 ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah per hari tergantung jenis motornya.

Sementara untuk jasa rental mobil, biasanya harga sewa yang dikenakan lebih tinggi mulai dari Rp300 ribu hingga jutaan rupiah per hari tergantung dari jenis mobil yang dipakai dan apakah menggunakan jasa sopir atau tidak.

7. Ikut Program Referral

Salah satu sumber penghasilan saya dari blog zaipad berasal dari program referral.

Apa itu program referral?

Singkatnya, program referral adalah program yang akan memberikan seseorang reward setiap kali mereka berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tertentu.

Terus, bagaimana cara melacaknya?

Well, biasanya sih melalui penggunaan sebuah kode, kupon, atau link unik tertentu yang memang dibuatkan khusus untuk kita.  

Sehingga apabila ada seseorang yang menggunakan kode, kupon, atau mendaftar melalui link tersebut, dia akan secara otomatis terdaftar sebagai referral-nya kita yang berhasil kita ajak.

Bukan malah tercatat menjadi referral-nya orang lain.

Sehingga, kamu pun berhak untuk mendapat hadiah atau reward dari perusahaan tersebut.

Adapun reward yang diberikan bisa dalam bentuk macam-macam, mulai dari uang tunai, bonus reksadana, kupon diskon, cashback, dan lain sebagainya. Tergantung dari kebijakan program referral yang kamu ikuti.

Di platform reksadana Bibit, misalnya, apabila ada seseorang yang menggunakan kode referral saya “zaipad50” saat mendaftar di bibit, maka saya otomatis akan memperoleh bonus reksadana senilai Rp25.000. (Baca review tentang aplikasi Bibit Reksadana)

Sementara, setiap orang yang menggunakan kode referral “zaipad50” saat mendaftar di bibit, mereka juga akan mendapatkan bonus reksadana senilai Rp25.000 (dulu Rp50 ribu lho). Sehingga, saling menguntungkan satu sama lain.

Bisakah seseorang mendapatkan banyak uang dalam sehari dari mengikuti program referral?

Kalau hanya mengikuti satu program referral saja, kayaknya bakal sulit.

Tetapi kalau kamu mengikuti lebih dari satu program referral, jawabannya adalah sangat mungkin. (walau tidak menjamin)

Hingga tulisan ini ditulis, saya sendiri belum pernah mendapatkan penghasilan lebih dari Rp125 ribu dalam sehari dari program referral.

Tetapi di luar sana, saya yakin ada banyak kok yang bisa. Terutama mereka yang jago di bidang copywriting dan digital marketing. Hmmm..

Meskipun saya belum bisa mendapatkan uang banyak dalam sehari dari program referral, tetapi setidaknya secara akumulatif, total penghasilan saya selama ini dari beberapa program referral yang saya ikuti itu udah masuk kategori jutaan rupiah kok.

Jadi ya bisa dibilang cukup menjanjikan kalau diseriusi.

8. Menjual Koleksi Foto, Vektor, Musik, atau Video di Situs Microstock

Jika kamu memiliki hobi fotografi, membuat desain vektor, musik, ataupun video clip pendek, kamu bisa memanfaatkan situs microstock seperti Shutterstock untuk memperoleh penghasilan tambahan secara pasif.

Caranya cukup dengan daftar menjadi kontributor di salah satu situs microstock lalu jual berbagai karya kamu di situs tersebut.

Dalam hal ini adalah karya seperti koleksi foto, desain vektor, musik, ataupun video clip pendek.

Nanti, setiap ada orang yang membeli karyamu, kamu akan mendapatkankomisi yang nilainya bervariasi tergantung kebijakan dari masing-masing situs microstock tempat kamu mendaftar.

Tertarik menjadi kontributor di situs microstock? Di bawah ini adalah beberapa situs microstock terpercaya yang bisa kamu coba, antara lain:  

Berapa penghasilan per hari yang bisa diperoleh dari situs Microstock?

Saya tidak tahu karena belum pernah mencobanya.

Tetapi, kalau menurut artikel dari berbagai sumber, penghasilannya cukup bervariasi tergantung dari strategi, kualitas karya, dan keberuntungan masing-masing designer.

Jadi, berapa angkanya?

Mending kamu langsung baca ini aja ya guys: Berapa banyak yang kamu hasilkan dari menjual foto di situs Shutterstock? via Quora

So, Good Luck!

9. Menjadi Influencer

Secara istilah, influencer berarti orang yang bisa memengaruhi orang lain. Dalam hal ini memengaruhi banyak orang.

Walau tidak selamanya, seseorang baru bisa dikatakan sebagai influencer apabila ia memiliki banyak pengikut di media sosial. Entah itu di Instagram, Twitter, Facebook, ataupun di platform berbagi video seperti Youtube dan TikTok.

Karena dapat memengaruhi banyak orang, brand atau perusahaan seringkali mengandalkan influencer sebagai strategi dalam mempromosikan produk/jasa mereka kepada calon konsumen.

Tentunya, dengan tarif tertentu sesuai kesepakatan.

Beberapa contoh influencer adalah artis/selebritis, youtuber, selebgram, dan blogger.

Berapa penghasilan dalam sehari yang bisa diperoleh seorang influencer?

Bervariasi.

Umumnya, semakin terkenal seorang influencer, maka semakin mahal pula tarifnya.

Itupun kalau ada proyek endorse yang masuk yaa.. hehe

Sebagai seorang blogger, saya sendiri pernah beberapa kali diajak kerjasama perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada pembaca blog zaipad, melalui skema sponsored post ataupun job review.

Adapun tarif yang biasa saya patok adalah mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per projek.

Apakah penghasilan Rp328.000 per hari dapat dijadikan sebagai acuan “uang banyak” untuk selamanya? Bagaimana dengan faktor inflasi?

Pertanyaan yang bagus.

Untuk menjawabnya, mari kita melihat grafik laju inflasi di Indonesia selama 20 tahun terakhir ini.

Berdasarkan grafik di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa angka inflasi di Indonesia setiap tahunnya sangat fluktuatif.

Kadang bisa sangat tinggi seperti pada tahun 2005, dengan angka inflasi tahunan 17,11%. Dan kadang pula bisa sangat rendah, seperti pada tahun 2019 kemarin, dimana angka inflasi hanya 2,72% saja, sehingga sulit dijadikan sebagai acuan.

Namun begitu, jika kita melihat data tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, angka inflasi tahunan Indonesia ternyata mulai terlihat stabil di angka rata-rata 3%.

Kendati trend ini tidak bisa menjamin inflasi tahunan Indonesia ke depannya akan terus berada di angka 3%, but let’s just say it is.

Kita asumsikan bahwa inflasi Indonesia akan tetap stabil di angka 3% setiap tahun.

Jika begitu, maka kita harus menyesuaikan kembali dong standar “uang banyak” per hari setiap tahunnya agar dia mengikuti inflasi.

Dan menurut perhitungan kasar saya, kemungkinan pertambahan standar “uang banyak per hari” setiap tahunnya adalah mulai dari Rp4.900-an dan tidak flat.

Alias pertambahannya tidak tetap di angka 4.900-an per tahun, tetapi tahun depan bisa saja bertambah Rp5.000-an, tahun depannya lagi bertambah jadi Rp5.100an, lalu Rp5.200an, begitu seterusnya.

Jadi, apakah Rp328.000 per hari dapat dijadikan sebagai acuan “uang banyak” untuk selamanya?

Jawabannya adalah tidak.

Namun, here is the good news, angkanya cenderung (atau bisa dibilang pasti) bertambah setiap tahun.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana caranya dapat duit banyak dalam sehari dari berinvestasi?

Modal harus gede. Contoh, dengan asumsi keuntungan reksadana pasar uang (RDPU) setiap tahunnya adalah 7%, maka seseorang yang memiliki dana investasi Rp2 miliar di RDPU akan memperoleh sekitar Rp388.888 dalam sehari, setiap hari, secara pasif. Tanpa ngapa-ngapain. I know, being poor is suck, right? Then, work!

Kesimpulan

Tentu selain 9 cara di atas, ada banyak lagi cara mendapatkan uang banyak dalam sehari yang bisa kamu lakukan. Tapi sayangnya, cara lain tersebut adalah cara terlarang yang melanggar norma-norma masyarakat, sehingga tidak saya tulis di sini.

Kalau kamu punya cara lain, please share it below ya. Nanti akan saya tambahkan ke artikel ini kalau emang caranya menarik.   

Thanks for reading!

Terakhir diperbarui: 24 Mei 2020.

Author

I'm currently working as a Freelance Content Writer, Copywriter, and SEO Writer for various companies, like Shopback Indonesia and Good Doctor Technology. I also am an investor (small one) who like to share my personal view and experience about investing and making money. Want to use my service or collaborate? Please, visit here

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Mau saya kabari kapan E-booknya selesai? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
YES, PLEASE !
No spam. Unsubscribe kapan saja.