Setelah beberapa minggu vakum menulis blog karena urusan kerjaan, kali ini saya ingin menyempatkan diri untuk membahas tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet.

Saya yakin diantara kalian pasti masih ada yang merasa ragu dan bertanya-tanya; Apakah iya saya bisa menghasilkan uang dari internet, apalagi dengan tanpa modal sepersenpun?

Jawabannya adalah iya. Sangat bisa!

Saya, kamu, dia, kalian, dan kita semua pasti bisa menghasilkan uang dari internet asalkan tahu bagaimana cara dan strateginya.

Oleh karena itu, berikut saya berikan panduan lengkap tentang 53 cara mendapatkan uang dari internet beserta strateginya. Semoga bermanfaat!

Daftar isi: tampilkan

Apa yang Perlu Kamu Siapkan?

Sebelum langsung menyentuh ke pokok pembahasan, saya ingin terlebih dahulu memberikan kamu penjelasan tentang apa saja hal yang perlu kamu siapkan untuk mulai mendapatkan uang dari internet.

Setidaknya terdapat 7 hal yang perlu kamu siapkan, yaitu:

Tujuan

Berapa banyak uang yang ingin kamu hasilkan dari internet, dan untuk apa?

Misal, saya ingin mendapatkan penghasilan rutin Rp5 juta per/bulan dari internet untuk keperluan:

  • Tambahan modal usaha
  • Alokasi dana untuk investasi saham, atau reksadana.
  • Tabungan untuk membeli rumah
  • Dan lain-lain

Perhatian: Artikel ini lumayan panjang (lebih dari 10.000 kata). Jadi, saya sangat tidak menyarankan kamu untuk membacanya dalam sekali waktu. Jika tertarik, kamu bisa berlangganan (subscribe) melalui form di bawah ini untuk mendapatkan artikel ini dalam bentuk file pdf yang bisa kamu download.

Rencana/Strategi

Kondisi 1:

Apakah saat ini kamu sudah memiliki pekerjaan utama, dan ingin mendapatkan uang dari internet sebagai tambahan penghasilan? Jika iya, apakah kamu benar-benar bisa mengatur waktu kamu dengan baik? Apa saja strategi yang akan kamu terapkan?

Jawablah pertanyaan tersebut untuk memastikan apakah rencana side hustle ini akan mengganggu pekerjaan utama kamu atau tidak. Apabila mengganggu, sebaiknya ganti dengan cara mendapatkan uang dari internet yang lain yang ringan dan tidak mengganggu. Ingat, masih banyak tagihan dan hutang yang harus kamu bayar.

Hal yang sama juga berlaku untuk kalangan pelajar dan/atau mahasiswa. Jangan sampai kegiatan sampingan kamu di internet malah menganggu prioritas utama kamu, yaitu belajar.    

*side hustle = pekerjaan sampingan.

Kondisi 2:

Jika kamu adalah seorang pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan sama sekali setelah berulang kali melamar pekerjaan, dan ingin mencoba peruntungan di dunia maya, maka tanyakanlah pertanyaan berikut ini:

  • Berapa target penghasilan yang ingin kamu dapatkan dari internet?
  • Apa saja cara mendapatkan uang dari internet yang akan kamu lakukan? Sebaiknya pilih cara yang paling menguntungkan serta sesuai dengan kondisi dan kemampuan (keahlian) kamu saat ini.
  • Bagaimana rencana kamu agar bisa memperoleh pendapatan dari internet sesuai dengan target yang sudah kamu tetapkan sebelumnya? Apa yang akan kamu lakukan pertama kali? Kemudian, setelah itu apa? Sebaiknya tulis langkah-langkah rencana kamu dengan jelas. Tetapi tidak perlu juga terlalu kaku.

Fokus

Sama seperti hal yang lainnya dalam hidup, kamu juga membutuhkan “Fokus” untuk bisa mendapatkan uang dari internet secara maksimal.

Saat ini, saya tergabung ke dalam program mitra quora yang memungkinkan saya untuk menghasilkan uang dollar yang lumayan hanya dengan bertanya. Namun, berhubung saya tidak fokus dengan peluang ini (dan memang saya juga tidak mau karena ada jenis pekerjaan lain yang lebih menghasilkan dan bersifat jangka panjang), alhasil saya pun hanya bisa mendapatkan sekitar $10-20 per bulan. Sedangkan mereka yang fokus, menghasilkan ratusan hingga ribuan dollar per bulan.

“Konsentrasikan semua pikiran Anda pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Sinar matahari tidak akan membakar kecuali jika difokuskan.” – Alexander Graham Bell

Komitmen & Disiplin yang Tinggi

Pada beberapa cara mendapatkan uang dari Internet, kamu membutuhkan dua karakter ini supaya bisa berhasil. Menjadi seorang blogger, misalnya, kamu dituntut untuk bisa mempublikasikan artikel baru secara rutin di blog kamu, selama blog tersebut masih beroperasi. Hal yang sama juga berlaku untuk para youtuber. Imagine that!  

Smartphone/Laptop atau Keduanya

Saya pikir ini tidak perlu dijelaskan lagi..

Alamat Email

Ini penting untuk keperluan pendaftaran, komunikasi dengan klien, hingga menerima notifikasi pembayaran dari aplikasi/website tertentu.

Rekening Bank / Paypal

This is the best part – yaitu rekening bank. Yap, kamu membutuhkan rekening bank untuk menerima pembayaran dari klien, aplikasi/website tertentu, maupun dari pelanggan produk dan jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, buatlah juga akun paypal untuk menerima pembayaran yang berasal dari klien luar negeri.   

53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Terdapat banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan. Berikut 53 cara diantaranya:

Ingat:  Tidak semua cara mendapatkan uang dari internet berikut ini layak untuk kamu coba. Sebagian sangat menguntungkan, sebagian lagi terkesan seperti buang-buang waktu saja. Untuk itu, sebaiknya pelajari dan hitung terlebih dahulu (untung-rugi) sebelum memilih satu atau lebih cara mendapatkan uang dari internet yang nantinya akan kamu coba. 

1. Membuat Blog dan Menjadi Seorang Blogger

cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi blogger

Pertama, kamu bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara membuat blog dan menjadi seorang blogger.

Apa itu blog?

Blog adalah sebuah platform untuk menulis dan membagikan suatu konten untuk kemudian dilihat (dibaca) oleh orang banyak. Seseorang yang memiliki blog dan aktif menerbitkan konten di dalamnya disebut sebagai seorang blogger.

Contoh: Saya adalah seorang blogger. Kenapa? karena saya memiliki sebuah blog (cms wordpress) dengan nama domain zaipad.  Selain itu, saya juga aktif menerbitkan konten artikel di blog ini.

Apa perbedaaan antara blog dan website?

Blog merupakan singkatan dari web (website) log.

Jadi, bisa pula dikatakan bahwa semua blog adalah website, tetapi tidak semua website adalah blog.

Pendapat umum mengatakan blog adalah website yang banyak update tulisannya. Sementara website adalah yang sedikit tulisan (artikel) tetapi lebih fokus pada menawarkan produk maupun jasa tertentu.

Bagaimana cara membuat blog?

Tergantung, kamu mau membuat blog yang versi gratis (blogspot & wordpress.com) atau mau yang versi berbayar dengan menyewa hosting dan membeli domain.

Kalau kamu ingin membuat blog yang gratisan, kamu bisa baca artikel berikut:

Tetapi, kalau kamu ingin membuat blog yang premium & professional, kamu bisa baca tulisan saya tentang tutorial membuat blog yang sangat lengkap di sini: Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress di Dewaweb.

Apakah membuat blog versi berbayar lebih baik daripada yang gratisan?

Tergantung.

Kalau dari segi potensi penghasilan yang bisa diperoleh, dua-duanya sama saja.

Seorang blogger yang menyewa hosting sendiri (berbayar) bisa saja memiliki penghasilan yang lebih banyak daripada blogger lain yang hanya mengandalkan platform blog gratisan (blogspot, wordpress.com, dll).

Begitu pun sebaliknya.

Seorang blogger yang hanya mengandalkan platform blog gratisan bisa saja memiliki penghasilan yang lebih banyak daripada blogger lain yang menyewa hosting sendiri.

Semua tergantung pada strategi, kerja keras, ketekunan, hingga keberuntungan yang dimiliki oleh masing-masing blogger.

Tetapi, kalau dari segi fitur, kenyamanan, dan lain-lain, jelas blog versi berbayar lebih baik daripada yang gratisan.

Berikut tiga kelebihan di antaranya:

  • Kamu memiliki sepenuhnya blog/website tersebut. Hal ini berbeda jika kamu hanya menggunakan platform blogspot atau wordpress.com , dimana apabila kamu secara tidak sengaja melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku, maka situs blog/website kamu dapat dihapus begitu saja oleh pihak Google maupun WordPress, plus secara permanen.
  • Mendapatkan lebih banyak fitur. Berbeda dengan platform blogspot, wordpress, dll, yang cenderung terbatas. Baik dari segi pilihan tema (tampilan) blog/website yang bisa dipakai, maupun hingga pilihan plugin tertentu (khusus wordpress) untuk performa blog/website.
  • Memiliki kontrol sepenuhnya. Sedangkan untuk platform blogspot, wordpress, dll, kontrol yang kamu miliki cenderung terbatas. Gak bisa inilah, gak bisa itulah, dan seterusnya.

Tip:

  1. Gunakan platform blog gratis apabila kamu hanya sekadar iseng menulis di blog, dan tidak berniat membuat blog sebagai salah satu sumber penghasilan yang bisa diandalkan.
  2. Gunakan blog premium dengan hosting sendiri, jika kamu benar-benar sudah yakin ingin menjadi seorang blogger dan meraup penghasilan yang lumayan dari kegiatan ini.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog?

Kamu bisa mendapatkan uang dari blog, melalui cara-cara berikut ini:

  • Memasang iklan adsense – saya akan jelaskan lebih jauh tentang ini di poin ke-5.
  • Content Placement – singkatnya kamu akan dibayar oleh pihak perusahaan yang bekerjasama untuk menayangkan konten mereka di blog kamu.
  • Menjual Produk – bisa berupa produk fisik (baju, topi, alat elektronik) maupun digital (e-book, software, dll)
  • Review Produk/Jasa – memiliki cara kerja yang kurang lebih sama seperti content placement. Hanya saja dalam bentuk kerjasama review produk/jasa, kamu diharuskan untuk membuat konten sendiri versi kamu. Sementara kalau di content placement, tugas kamu hanya menayangkan artikel yang sudah disiapkan oleh pihak perusahaan/brand
  • Afiliasi – Ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Cukup promosikan suatu produk/jasa perusahaan melalui sebuah link/banner di blog kamu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan sejumlah komisi apabila ada yang membeli lewat link/banner di blog tersebut.   
  • Lomba blog
  • dan masih banyak lagi

Artikel terkait:

2. Menjadi Youtuber

cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi youtuber

Kreatif, percaya diri, dan senang tampil di depan kamera? Cobalah menjadi seorang youtuber.

Youtuber adalah salah satu jenis profesi zaman now yang terbukti sangat menjanjikan, apabila diseriusi.

Untuk menjadi seorang youtuber, kamu membutuhkan:

  1. Ide konten video yang menarik
  2. Segala perangkat teknologi yang mendukung, seperti kamera (bisa juga dengan kamera smartphone), tripod/gorillapod, microphone, komputer/laptop (untuk keperluan editing), dll
  3. Software khusus untuk mengedit video, contoh: Adobe Premier Pro.
  4. Kepercayaan diri yang tinggi. Kalau minder, mending gak usah.
  5. Mental baja. Ingat, netizen itu maha benar. Sekali video kamu dianggap salah atau “sampah” oleh mereka, maka siap-siap lah kena bully yang maha dahsyat. Haha xD. Untuk itu, diperlukan kesiapan mental sekeras baja agar kamu bisa tetap tabah dan terus berkarya di youtube sekalipun ribuan “nama-nama hewan” datang silih berganti
  6. Keberuntungan. Berdoalah supaya ada salah satu di antara video kamu yang menjadi viral, karena itu akan sangat sangat sangat membantu.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube?

  • Melalui penempatan iklan adsense – Biasanya hampir setiap video di youtube terdapat iklan yang tayang di sela-sela pemutaran. Itulah iklan adsense. (Sekali lagi, saya akan menjelaskan lebih jauh tentang adsense di poin ke-5)
  • Melalui endorse (promosi) – Ini adalah jenis video di youtube yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk/jasa tertentu. Cth: lihat video di bawah ini:
  • Melalui subscriber youtube red

Secara umum, hanya tiga itulah cara mendapatkan uang dari youtube yang bisa kamu lakukan. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya channel youtube kamu dan popularitas kamu pula, maka pastinya akan ada banyak tawaran dan peluang yang menanti kamu di depan sana. Beberapa di antaranya seperti  diundang sebagai narasumber, ditawari kontrak iklan, diajak bermain film, otomatis menjadi selebgram dengan banyak pengikut, serta kamu juga bisa memanfaatkan popularitas tersebut untuk menjual produk/jasa kamu sendiri.

Bagaimana cara menjadi seorang youtuber yang sukses?

Saya bukan seorang youtuber. Apalagi youtuber yang sukses. So, please don’t ask me this question. Berat!

Tetapi jika saya boleh berpendapat, setidaknya ada lima hal yang membedakan antara youtuber sukses dan yang tidak:

  • Keberuntungan – Youtuber yang memiliki paras tampan/cantik, berasal dari keluarga kaya raya atau dikenal (cth: Atta Halilintar), punya relasi dengan tokoh2 publik (artis, politisi, dll), anak presiden (sorry, Kaesang), atau adalah seorang artis/publik figur, pastinya memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk sukses dibandingkan dengan mereka yang benar-benar mulai dari nol.
  • Kerja keras
  • Tekun
  • Fokus
  • Konsisten

Quick Fact: Menurut situs Socialblade, Atta Halilintar diestimasi memiliki penghasilan sekitar $343K – $5.5M per tahun atau sama dengan Rp4,8 – Rp7,7 miliar (Kurs: $1 = Rp14.000).

3. Menjadi Selebgram

Cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi selebgram
Selebgram Anya Geraldine – Sumber: Liputan 6
*Foto hanya sekedar pemanis

Selebgram atau selebriti instagram merupakan salah satu jenis pekerjaan masa kini yang terbilang mudah, namun menjanjikan.

Cukup dengan memposting sebuah postingan gambar di Instagram atau di Instastories, yang disertai dengan tambahan caption promosi tertentu, kamu sudah bisa mendapatkan bayaran dengan nominal yang lumayan tergantung dari kesepakatan. Easy, right?  

Walaupun mudah, terdapat satu syarat untuk bisa menjadi selebgram yang harus kamu penuhi, yaitu terkenal alias populer. Dan hal ini ditandai dari banyaknya jumlah follower yang kamu miliki.

Semakin banyak jumlah follower, umumnya akan semakin tinggi pula bayaran yang akan kamu terima dari pihak perusahaan atau brand yang menawarkan endorsement.

Quick fact: Syahrini mengenakan tarif Rp100 juta untuk sekali posting endorse di akun instagramnya dalam waktu satu hari saja. Serta tarif Rp1 miliar untuk permintaan menjadi ikon dari suatu produk/jasa tertentu.  – sumber: Tribunnews   

4. Menjadi Selebtwit

Cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi selebtwit
Selebtwit Arief Muhammad alias Pocong – Sumber: TribunStyle

Cara kerjanya sama seperti selebgram – dibayar untuk sebuah postingan promosi atau endorsement. Perbedaannya hanya terletak pada jenis sosial media yang digunakan (twitter) saja, serta bayaran endorse-nya juga yang cenderung lebih murah daripada selebgram, menurut saya.  

5. Menjadi Publisher Google Adsense

Cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi publisher google adsense
Google Adsense – Sumber: Udemy

Berikutnya, kamu bisa mendapatkan uang dari internet dengan cara mengikuti program periklanan adsense dari Google.

Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah sebuah program periklanan dari google yang akan memberikan kamu sejumlah penghasilan hanya dengan menayangkan iklan mereka di website/blog kamu (termasuk channel youtube).

Adapun iklan tersebut berasal dari para individu atau perusahaan tertentu yang ingin beriklan di google melalui program Google Adwords.

Berapa potensi penghasilan yang bisa kamu peroleh?

Tergantung.

Google adsense merupakan salah satu jenis bisnis dengan model PTC atau paid to click. Artinya, kamu akan memperoleh bayaran setiap ada orang yang mengklik iklan google adsense di website/blog kamu.

Meskipun begitu, kamu juga tetap dibayar untuk iklan yang telah mencapai penayangan 1000 kali dan ketika ada orang yang terlibat dengan iklan secara aktif sekalipun tidak mengklik.

Ada tiga 3 cara penghasilan dari adsense:

  1. BPK – ini adalah biaya per klik yang akan kamu terima ketika ada pengunjung yang mengklik tayangan google adsense di blog/website kamu.
  2. BPS – ini adalah biaya per seribu kali tayang yang akan kamu terima ketika jumlah tayangan iklan di blog/website kamu telah mencapai 1000 kali.
  3. BPKt – ini adalah biaya biaya per keterlibatan yang akan kamu terima ketika ada orang yang terlibat secara aktif dengan iklan google adsense yang tayang di blog/website kamu.

Jadi, berapa potensi penghasilan yang bisa kamu peroleh dari Adsense? Sejujurnya, tidak terbatas. Semuanya tergantung dari berapa jumlah pengunjung yang bisa kamu peroleh, dan berapa di antara mereka yang melakukan klik iklan. That simple

Bagaimana cara mendaftar adsense?

Untuk blog/website dengan hosting sendiri: Cara membuat akun Google Adsense via Google

Untuk platform youtube: Cara mudah mendaftar Google Adsense dengan Youtube via Febriyan Lukito

Untuk platform blogspot: Cara mendaftar Google Adsense dari Blogspot via Blogooblok

Bagaimana tips agar diterima Google Adsense?

Silakan baca tulisan saya di sini: 5 cara agar blog kamu diterima Adsense, Khusus untuk Pemula! (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

6. Mengikuti program afiliasi Accesstrade

Mendapatkan uang dari internet dengan mengikuti program afiliasi accesstrade
Cara kerja Accesstrade – Sumber: Portal Investasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang patut kamu coba adalah dengan mengikuti program afiliasi. Contohnya, seperti pada Accesstrade.

Apa itu Program Afiliasi?

Program afiliasi kurang lebih sama seperti kamu bekerja sebagai seorang marketing. Artinya, kamu mempromosikan sebuah produk/jasa dari perusahaan tertentu.

Hanya saja di program afiliasi, kamu tidak perlu bertemu dengan calon pelanggan secara langsung, apalagi menghubungi orang per orang untuk menawarkan sebuah produk/jasa.

Kendati itu bisa saja dilakukan, namun dalam model bisnis afiliasi prosesnya jauh lebih sederhana. Yakni, cukup dengan menyebarkan sebuah “link” (yang mengarah ke laman produk/jasa dari situs perusahaan tertentu) ke berbagai macam postingan, baik itu di artikel yang kamu buat, di sebuah postingan sosial media, di dalam isi email, maupun di bio twitter kamu.

Setelah  itu, jika ada seseorang yang mengklik link tersebut, kemudian melakukan transaksi pembelian setelahnya, maka kamu akan memperoleh sejumlah komisi dari hasil transaksi tersebut.

Misal, kamu menyisipkan sebuah link yang mengarah ke laman produk A di dalam sebuah artikel. Seseorang mengklik link tersebut. Setelah dilihat-lihat, ternyata dia tertarik dengan produk A. Dia pun memutuskan untuk membelinya.

Apabila transaksi pembeliannya berhasil, kamu akan segera menerima komisi dari pihak perusahaan,  karena telah membantu menjual produk/jasa mereka.

Adapun soal besaran komisinya, tentu bergantung pada kesepakatan yang diberlakukan oleh masing-masing perusahaan. Namun, umumnya berada di rentang 2-10% dari hasil penjualan.

Mudah, bukan?

Apa itu Accestrade?

Accesstrade adalah sebuah situs jaringan periklanan afiliasi CPA (bayar tiap transaksi) yang berasal dari Jepang dan berdiri sejak tahun 1999. Di Accesstrade, tersedia beragam pilihan campaign/iklan afiliasi dari sejumlah brand atau perusahaan yang bisa kamu pilih.

Kenapa mengikuti program afiliasi Accesstrade?

Karena terdapat banyak pilihan program afiliasi yang bisa kita ikuti. Mulai dari yang bertemakan e-commerce, kesehatan, fashion, keuangan, travel/perjalanan, hingga otomotif sekalipun juga ada.

Alhasil, kamu tidak perlu lagi harus mendaftar di masing-masing situs perusahaan/brand tertentu hanya untuk mengikuti program afiliasi mereka. Melainkan, cukup mendaftar di Accestrade saja, kamu sudah bisa sekaligus mengikuti beberapa program afiliasi dari berbagai perusahaan yang terdaftar di Accesstrade.

Cara kerja Accestrade

  1. Buat akun publisher terlebih dahulu – klik di sini: Accesstrade (ingat, kamu harus punya blog/website untuk mendaftar sebagai publisher di Accesstrade)
  2. Temukan campaign/iklan afilasi yang ingin kamu ikuti (bisa lebih dari satu), lalu daftar
  3. Tunggu beberapa waktu (biasanya 1-2 hari kerja) sampai pendaftaran program afiliasi kamu diterima/ditolak
  4. Jika diterima, kamu bisa langsung memulai promosi iklan afiliasi di blog kamu. Baik dalam bentuk banner, quick link, product feed, maupun link teks.
  5. Apabila terjadi klik & transaksi, maka kamu harus menunggu beberapa hari terlebih dahulu (biasanya 30 – 45 hari) untuk mereka lakukan proses validasi
  6. Kalau dinyatakan valid, komisi akan segera masuk ke akun kamu

Bagaimana dan kapan komisi akan dibayarkan?

Komisi akan dibayarkan di antara tanggal 15 – 30/31 setiap bulan apabila jumlah “komisi disetujui” kamu telah mencapai minimal Rp200.000

7. Mengikuti Program Afiliasi Amartha

Amartha merupakan salah satu platform P2P (Peer to Peer) Lending di Indonesia yang juga memiliki program afiliasi yang bisa kamu ikuti.

Di program afiliasi ini, jika kamu berhasil mengajak 1 orang untuk bergabung dan berinvestasi di Amarta, maka kamu akan memperoleh komisi sebesar Rp100.000 yang hanya bisa digunakan sebagai dana untuk berinvestasi. Jadi, tidak bisa dilakukan penarikan sama sekali, baik via pulsa maupun via transfer bank.

Meski begitu, kamu tetaplah untung sebab dananya real dan bisa digunakan untuk berinvestasi. Selain itu, apabila dananya sudah dipakai berinvestasi (maksudnya, sudah dipakai untuk mendanai salah satu produk pinjaman di Amartha) lalu dana pengembalian pinjaman + komisi bagi hasil dari pinjaman tersebut juga sudah kamu terima, maka kamu bisa kok melakukan penarikan atas dana hasil investasi tersebut.

Adapun untuk orang yang berhasil kamu ajak berinvestasi menggunakan link afiliasi kamu, mereka juga akan mendapatkan Rp100.000 yang bisa digunakan pula untuk tambahan modal berinvestasi. Jadi, ini adalah win-win solution.

Apa Syarat Menjadi Afiliator di Program Amartha?

Hanya satu, yaitu resmi terdaftar sebagai pendana di program Amartha terlebih dahulu. Kalau tidak, ya tidak bisa.  

Klik di sini untuk mendaftar.

Di samping Amartha, ada juga beberapa perusahaan P2P (Peer to Peer) Lending di Indonesia yang memberlakukan program afiliasi, seperti berikut ini:

  • Koinworks
  • Danasyariah
  • Crowde

8. Ikut Afiliasi Perusahaan Hosting

Jenis perusahaan yang paling gencar menawarkan program afiliasi adalah perusahaan penyedia layanan hosting.

Berikut daftar 10 perusahaan di antaranya:

  1. Dewaweb
  2. Niagahoster
  3. Hostinger
  4. IDcloudhost
  5. Domainesia
  6. IDwebhost
  7. Exabytes
  8. Dewabiz
  9. Ardhosting
  10. Qwords

Nah, buat kamu yang tertarik menjadi seorang blogger, bisnis afiliasi hosting ini sangat cocok untuk kamu jalankan.

9. Mendaftar di Program Afiliasi Toko Online

Sama seperti perusahaan hosting, pada umumnya, perusahaan toko online juga menawarkan program afiliasi buat mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Beberapa contoh di antaranya seperti Tokopedia, JD.ID, Bli-bli, dan Bukalapak.

Jika kamu adalah seorang blogger yang sering menulis review tentang kualitas dari berbagai macam produk tertentu (misalnya hp, laptop, kamera, aksesoris smartphone, produk fashion, dll), maka kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan mudah.

10. Ikut Afiliasi Toko Buku Online

Apakah kamu hobi membaca? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan uang dari internet.

Pertama, buatlah akun di satu atau beberapa toko buku online yang memberlakukan program afiliasi. Kedua, carilah buku-buku yang sudah pernah kamu baca dan kamu anggap menarik, yang juga dijual di toko buku online tersebut.  

Jika ada, kamu bisa menulis artikel tentang review beberapa buku itu di blog kamu sambil menyisipkan link afiliasi yang mengarah ke situs toko buku online tersebut.

Setelah itu, berdoalah agar ada transaksi pembelian yang terekam lewat link afiliasi yang telah kamu sisipkan tadi.

Nah, buat kamu yang tertarik, kamu bisa mengikuti program afiliasi dari beberapa toko buku online berikut ini:

11. Trading Forex Online

Trading Forex adalah suatu kegiatan perdagangan mata uang dari berbagai negara dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Forex sendiri merupakan gabungan dari dua kata bahasa Inggris, yaitu “Foreign” dan “Exchange”, yang berarti pertukaran valuta asing (valas).

Memang, trading Forex bukanlah cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan tanpa modal layaknya bisnis afiliasi. Walau demikian, potensi pendapatan yang bisa kamu peroleh dari trading forex online ini sangatlah besar, asal tahu caranya.

Pun begitu, risikonya juga tak kalah besar.

Oleh karenanya, saya sangat menyarankan kamu untuk tidak terjun ke bisnis ini, kecuali kamu betul-betul paham dengan cara kerjanya dan mampu menanggung risiko yang timbul dari aktivitas trading forex.

Apakah saya juga melakukan trading forex?

Tidak. Terlalu berisiko.

12. Mendaftar di Program Afiliasi Forex

Untuk menarik lebih banyak trader yang bergabung, umumnya perusahaan broker forex juga menerapkan program afiliasi.

Nah, buat kamu yang tertarik, kamu bisa mendaftar di program afiliasi forex dari tiga perusahaan broker forex terpercaya berikut ini:

13. Menjadi Freelancer

Freelance atau pekerjaan lepas adalah suatu jenis pekerjaan dimana kamu tidak terikat oleh waktu, kontrak, maupun aturan tertentu ketika bekerja.

Hal ini karena dalam pekerjaan freelance, hasil akhir adalah prioritas yang paling diutamakan. Sedangkan soal kapan atau bagaimana kamu bekerja, itu semua dikembalikan kepada keinginan dan kondisi dari si freelancer itu sendiri. (Freelancer adalah orang yang melakukan pekerjaan lepas)

Adapun untuk jenis-jenis pekerjaan freelance umumnya seperti berikut ini:

  • Membuat desain (logo, grafis, dll)
  • Membuat blog/website
  • Jasa konsultan SEO
  • Data entry
  • Membuat aplikasi Android/ iOS
  • Jasa konsultan keuangan
  • Translator/penerjemah
  • Menulis artikel dan copy writing
  • Jasa riset pasar (market research)
  • Dan masih banyak lagi

Bagaimana cara menjadi seorang freelancer?

Mudah saja.

  • Pertama, pastikan kamu punya suatu keahlian yang bisa dijual/ditawarkan terlebih dahulu. Seandainya belum ada, maka kamu bisa mencari jenis pekerjaan freelance yang terbilang mudah dan tidak membutuhkan skill tertentu. Misalnya, pekerjaan data entry.  
  • Kedua, buatlah akun di satu atau beberapa situs khusus freelancer. Contohnya seperti Upwork.com, 99designs.com, Crowdsource.com, Freelancer.co.id, Sribulancer.com, Projects.co.id, Sribu.com, dan Fastwork.id
  • Terakhir, lengkapi profil dan mulai tawarkan jasa kamu beserta harganya di situs tersebut.

Apa Tips Sukses Menjadi Seorang Freelancer?

  1. Jangan malu-malu memberikan informasi tentang keahlian dan keunggulan yang kamu miliki.  Tetapi jangan juga terlalu lebay dan mengada-ngada. Keep it real.
  2. Bekerjalah professional dan tepat waktu
  3. Jangan pernah menjual murah jasa kamu. Sebab hal ini akan merusak harga pasar, dan pada dasarnya juga akan membuat kamu merugi karena mengerjakan sesuatu untuk harga yang tidak seberapa
  4. Jalin komunikasi yang baik dengan klien  

14. Mendaftar di Pomona

Jika sebelumnya kamu selalu membuang atau membiarkan struk belanja begitu saja setelah selesai berbelanja, mulai hari ini tinggalkan lah kebiasaan tersebut!

Soalnya, sekarang kamu juga bisamendapatkan uang gratis dari struk belanja kamu.  Caranya adalah pertama, foto struk belanja kamu. Kedua, upload foto struk belanja tersebut di web atau aplikasi Pomona (sementara ini baru tersedia di Google Play). Terakhir, biarkan tim Pomona melakukan review terhadap foto struk belanja tersebut.

Catatan: Struk belanja di sini maksudnya adalah struk belanja untuk berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Jadi, untuk struk belanja hasil membeli produk fashion, furnitur, kecantikan, dan lain-lain, tidak termasuk.

Apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, kamu akan mendapatkan sejumlah uang (cashback) dari hasil foto struk belanja tadi. Biasanya Rp500 – Rp1000 per satu unit produk yang kamu beli.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa membaca tulisan saya berikut ini: Review: Pengalaman Mendapatkan Cashback dari Aplikasi Pomona

Sekilas, kamu terkesan seolah harus berbelanja terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan uang dari Pomona. Namun, sebetulnya kamu bisa saja tidak melakukan aktivitas belanja sama sekali untuk mendapatkan uang.

Caranya? Kumpulkan saja struk belanja milik orang lain, lalu foto deh. Hehe

Saya sendiri seringkali mengambil struk belanja milik orang lain yang biasanya tergeletak begitu saja di meja kasir Indomaret, ketika hendak membayar belanjaan saya di sana.

Ketika hendak membayar belanjaan saya di Indomaret, seringkali saya juga sering mengambil struk belanja miliki orang lain yang tergeletak begitu saja di meja kasir. (sorry)

Tertarik? Daftar di Pomona sekarang juga!

15. Mendaftar di Shopback

Jika di Pomona kamu akan mendapatkan cashback dari kegiatan belanja offline kamu, di Shopback kamu akan mendapatkan cashback untuk setiap belanja online yang kamu lakukan melalui situs mereka. Mulai dari produk-produk fashion, elektronik, hingga pembelian tiket pesawat, maupun pulsa dan pembayaran tagihan listrik.

Memang sih dari segi nominalnya tidak seberapa. Tetapi jika kamu termasuk orang yang sering belanja online, maka platform Shopback ini wajib untuk digunakan karena dapat menghemat pengeluaran kamu. 

Selain itu, di platform Shopback juga sering ada promo-promo menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Cara Mendapatkan Cashback dari Shopback

  • Pertama, buat akun Shopback terlebih dahulu. Klik di sini untuk mendapatkan bonus cashback Rp25.000
  • Kedua, pilih situs toko online di Indonesia yang akan kamu jadikan tempat untuk berbelanja. Di Shopback, terdapat berbagai macam toko online yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh cashback ketika berbelanja. Contohnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.ID, Shopee, Bhinneka, Traveloka, Tiket.com, dan masih banyak lagi.
  • Ketiga, klik situs toko online tersebut, lalu berbelanjalah seperti biasa. (Ingat! Untuk mendapatkan cashback, kamu wajib membuka sebuah situs toko online melalui link yang terdapat di Shopback)
  • Terakhir, tunggu proses perekaman dan validasi cashback yang kamu peroleh dari aktivitas belanja tersebut. (Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama)
  • Apabila memenuhi persyaratan, kamu akan mendapatkan cashback. Adapun cashback yang kamu peroleh hanya bisa ditarik ketika jumlahnya menyentuh minimal Rp25.000 untuk penarikan via pulsa, dan Rp50.000 untuk penarikan via ATM.  

Kelebihan Shopback

  1. Pertama, belanja online bisa lebih hemat
  2. Proses pendaftaran mudah. Cukup masukkan email, nama, nomor telpon, password, dan voila. You’re done! (buat kamu yang ingin mendaftar, silakan klik di sini)
  3. Sering memberikan promo dan kode kupon menarik yang sayang untuk dilewatkan.
  4. Aplikasinya ringan (16mb)

Kekurangan Shopback

  1. Proses validasi cashback memakan waktu yang sangat lama. Bahkan bisa berbulan-bulan. But hey, it’s free money. No need to complain.
  2. Cashback akan otomatis hangus jika tidak terdapat transaksi yang dilakukan di Shopback dalam kurun waktu 1 tahun

Apakah saya juga menggunakan Shopback?

Ya, tentu saja.

Kamu bisa membaca review dan pengalaman saya menggunakan Shopback di sini – Review Shopback: Belanja Online Dikasih Duit

16. Berinvestasi Saham secara Online

Saham diartikan sebagai sebuah tanda/bukti kepemillikan dari suatu perusahaan. Dengan demikian, berinvestasi saham berarti sama dengan membeli sebuah perusahaan, walaupun hanya sebagian kepemilikannya saja.

Mengapa Berinvestasi Saham?

Karena berinvestasi saham dapat memberikan kamu penghasilan pasif yang lumayan besar seiring dengan naiknya harga saham.

Tapi ingat, saham merupakan salah satu instrumen investasi berisiko tinggi. Jadi, hindari asal nyemplung begitu saja tanpa mempelajari seluk beluk investasi saham terlebih dahulu.

Berapa Harga Saham?

Tergantung.

Apakah Berinvestasi Saham itu tergolong Haram?

Tidak!

Selama kamu hanya berinvestasi pada jenis saham yang tergolong syariah, maka tidak ada yang haram dengan berinvestasi saham.

Masih kurang yakin? Silakan baca 14 fatwa DSN-MUI soal investasi saham syariah di link berikut ini: Fatwa DSN MUI

Bagaimana Cara Berinvestasi Saham?

  1. Buka akun rekening efek terlebih dahulu. Saya merekomendasikan kamu untuk mendaftar di Indopremier atau Stockbit.
  2. Siapkan sejumlah modal untuk berinvestasi saham
  3. Pilih saham perusahaan yang ingin kamu beli. Untuk pemula, saya sarankan untuk membeli saham perusahaan blue chip terlebih dahulu karena pergerakan harganya yang tergolong stabil. Misalnya, seperti saham perusahaan Unilever Indonesia (UNVR), Telekomunikasi Indonesia (TLKM), Bank BCA (BBCA), Bank BRI (BBRI), Indofood Sukses Makmur (INDF), Jasa Marga (JSMR), dan lain-lain.  
  4. Beli saham yang ingin kamu beli. Pembelian minimal 1 lot atau 100 lembar saham, dan hanya bisa dilakukan pada hari bursa, yaitu:
    1. Senin – Kamis: Sesi I (09.00 s/d 12.00 WIB), Sesi II (13:30:00 s/d 15:49:59 WIB)
    1. Jumat: Sesi I (09.00 s/d 11.30 WIB), Sesi II (14.00 s/d 15:49:59 WIB)
  5. Setelah itu, kamu bisa menunggu sampai harga saham yang kamu beli tersebut naik lalu menjualnya untuk memperoleh capital gain (selisih antara harga jual dan harga beli).Atau tidak dijual dalam jangka waktu yang lama untuk mendapatkan dividen atau bagi hasil keuntungan perusahaan yang biasanya dibagikan setiap 1-2 kali dalam setahun.

Apakah investasi saham itu aman?

Aman, karena diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia.

Apakah Saya juga Berinvestasi Saham?

Iya, dulu pernah.

Sekarang, sudah tidak lagi karena sadar ilmu masih cetek dan modal juga masih minim. Sehingga kalaupun saya berinvestasi saham, penghasilannya tidak akan terlalu “terasa”.

Apakah Saya Berencana untuk kembali Berinvestasi Saham?

Tentu saja.

Salam cuan!

17. Berinvestasi Reksadana online

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet di samping berinvestasi saham adalah dengan berinvestasi reksadana.

Menurut Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 tahun 1995, reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Beberapa contoh portofolio efek yang dijadikan sebagai objek investasi antara lain berupa saham, obligasi, dan pasar uang.

Jenis-jenis Reksadana

Umumnya, terdapat 4 jenis investasi reksadana yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Reksadana Saham (Equity Fund)
  2. Reksadana Campuran (Balanced Fund)
  3. Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income)
  4. Reksadana Pasar Uang (Money Market)

Bagaimana cara berinvestasi reksadana?

  1. Siapkan modal untuk berinvestasi reksadana terlebih dahulu
  2. Tentukan pilihan untuk membeli produk reksadana. Bisa via Manajer Investasi langsung, via Bank, ataupun lewat berbagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang telah terdaftar di OJK (cth: Ipotfund (Indopremier), Bareksa, Bibit, dll).
  3. Sebagai rekomendasi, saya menyarankan kamu untuk membeli reksadana melalui aplikasi Bibit (tersedia di Google Play atau App Store). Soalnya, di Bibit kamu bisa berinvestasi reksadana mulai dari Rp10.000 saja (sangat murah), plus terdapat juga fitur robo advisor yang dapat menyesuaikan rasio alokasi investasi reksadana kamu secara otomatis supaya optimal. Sehingga mampu memberikan keuntungan yang maksimal namun dengan risiko yang tetap terjaga.
  4. Pilih jenis reksadana yang ingin kamu beli. Ada reksadana saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang.
  5. Pilih produk reksadananya. Misal, kalau di jenis reksadana saham, ada produk reksadana Sucorinvest Equity Fund, Simas Saham Unggulan, Trim Syariah Saham, dan masih banyak lagi.
  6. Setelah itu, masukkan berapa total dana yang ingin kamu investasikan di produk reksadana tersebut. Misal, Rp5 Juta.
  7. Lakukan pembayaran.
  8. Setelah pembayaran diverifikasi, nantinya kamu akan menerima sejumlah unit penyertaan (UP) yang jumlahnya sesuai dengan total dana yang kamu investasikan dibagi dengan NAB/UP reksadana pada hari itu. Contoh, jika NAB/UP reksadana pada hari itu adalah Rp2.000, maka kamu akan menerima 2.500 unit penyertaan (UP) dari dana investasi reksadana kamu yang senilai 5 juta tersebut. (kalkulasi: Rp5.000.000/2.000 = 2.500 UP). *NAB = Nilai Aktiva Bersih

Tips: Buat kamu yang ingin berinvestasi reksadana di Bibit, saya sarankan untuk menggunakan kode referral saya: “zaipad50” (tanpa tanda kutip) untuk mendapatkan bonus reksadana senilai Rp50.000 secara gratis. Caranya, cukup masukkan kode referral “zaipad50” pada tahap ke-2 proses pendaftaran, tepatnya setelah kamu memasukkan nomor HP. (Lihat gambar di bawah)

kode referral di aplikasi bibit reksadana

Perhatian: Apabila kamu secara tidak sengaja melewati tahap ini tanpa memasukkan kode referral, maka kesempatan kamu untuk mendapatkan bonus reksadana Rp50.000 pun otomatis hangus dengan sendirinya. Hal ini karena di Bibit, kamu tidak bisa mengulangi proses pendaftaran dari awal maupun mengisi kode referral setelah selesai mendaftar.

Namun, jika kamu tetap kekeuh ingin mendapatkan bonus, maka satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftar lagi menggunakan nomor HP yang lain.

Artikel terkait:

18. Berinvestasi Emas Online

Kendati pertumbuhan nilai investasinya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan investasi saham maupun reksadana, emas tetap menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, kamu pun disarankan untuk berinvestasi emas apabila ingin menambah sumber penghasilan lain di samping pekerjaan utama kamu.

Terlebih di era internet sekarang ini di mana kamu sudah bisa melakukan investasi emas secara online. Bahkan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar (mulai dari Rp100-an perak) ataupun memiliki emas dalam bentuk fisiknya.

Tertarik? kamu bisa mulai berinvestasi emas secara online lewat beberapa agen penjual emas berikut ini:

19. Membuat website e-commerce (toko online)

Apakah kamu memiliki produk tertentu yang bisa dijual? Jika iya, sebaiknya buatlah website toko online kamu sendiri, lalu mulailah berjualan secara online.

Pertama, buatlah sebuah website dengan membeli sebuah domain (misal, www.tokoonlinekamu.com) dan menyewa paket hosting tertentu. Untuk paket hosting, sebaiknya pilih paket hosting yang memiliki space memori lebih besar dan fitur yang lebih unggul agar situs toko online kamu bisa selalu up-time setiap saat.

Contohnya, seperti paket cloud hosting Warrior di Dewaweb yang memiliki alokasi Physical RAM 512MB dan 1 Core resource CPU Intel Xeon. Selain itu, dengan membeli paket cloud hosting warrior di Dewaweb, kamu juga akan memperoleh tema premium gratis dari Lapakinstan.com yang mana tema tersebut sangatlah cocok digunakan sebagai tema untuk situs toko online yang akan kamu buat.

Hal ini karena pada tema premium Lapakinstan.com, semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat sebuah toko online yang bisa beroperasi sepenuhnya, sudah disediakan semua. Sehingga, kamu tinggal menggunakannya saja, tidak perlu lagi mengurus hal-hal teknis ini dan itu. 

Adapun beberapa fitur yang sudah otomatis tersedia pada tema premium Lapakinstan.com antara lain:

  • Whatsapp Chat
  • Landingpage
  • Sales Notify
  • Halaman Cek Ongkir
  • API Ongkir JNE, JNT, Wahana, Tiki, POS, Sicepat
  • Payment Gateway
  • Panel Laporan Penjualan
  • Halaman Checkout
  • Input Manual Penjualan
  • Dan masih banyak lagi

Klik di sini untuk melihat demo tema premium Lapak Instan.

Bagaimana jika saya tidak memiliki produk sama sekali untuk dijual? Apakah saya tetap bisa menjalankan bisnis toko online untuk mendapatkan penghasilan dari Internet?

Tentu saja.

Kamu tetap bisa memiliki bisnis toko online yang sukses walau tanpa mempunyai produk sama sekali untuk dijual. Caranya adalah dengan menjual produk orang lain menggunakan metode dropshipping.

Percaya atau tidak, di luar sana ada banyak sekali pelaku bisnis dropshipping yang berhasil meraup keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Apa itu Dropshipping?

Dropshipping adalah metode bisnis dimana kamu menjual produk orang lain namun dengan menggunakan brand/merk kamu sendiri yang bertindak sebagai perusahaan pengirim.

Contoh, kamu memiliki sebuah toko online dengan brand “Sepatu Bagus”. Di toko online ini kamu menjual berbagai macam merk sepatu pria dan wanita buatan Indonesia yang berkualitas. Akan tetapi, kamu sebetulnya tidak memproduksi sepatu-sepatu tersebut, melainkan hanya mengambil dari pihak produsen sepatu A.

Nah, apabila ada orang yang memesan sepatu di situs toko online “Sepatu Bagus” milikmu, kamu cukup meneruskan pesanan tersebut ke produsen sepatu A. Setelah itu, pihak produsen sepatu A lah yang akan mengurus seluruh proses packaging dan pengirimannya ke alamat pemesan sepatu tersebut. Namun, dengan catatan tetap menaruh nama brand toko online“Sepatu Bagus” milikmu sebagai pihak pengirim.

Alhasil, proses pengelolaannya pun menjadi lebih sederhana (karena tidak perlu lagi mengurus packaging dan pengiriman barang) serta tetap menguntungkan brand toko online milikmu (karena konsumen hanya mengetahui bahwa toko online kamu lah yang mengirim produk ke mereka dengan baik dan cepat)

Darimana keuntungan bisnis Dropshipping?

Dari selisih harga jual produk yang kamu berlakukan di toko online kamu dan harga sebetulnya yang kamu beli dari pihak produsen.

Misal, kamu membeli produk sepatu pria dengan harga Rp150.000 di pihak produsen sepatu A. Kemudian menjualnya kembali dengan harga Rp250.000 di toko online milikmu.

Keuntungan? Rp100 ribu per penjualan.  

20. Menjadi penjual di marketplace online

Tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dan tenaga untuk membuat/mengelola toko online? Kamu bisa mendaftar menjadi penjual di beberapa marketplace online terpercaya di Indonesia.

Contohnya seperti di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.ID, Shopee, dan lain-lain. Cukup ikuti petunjuk cara mendaftar sebagai penjual di masing-masing marketplace online tersebut, lengkapi seluruh persyaratannya, lalu mulailah berjualan.

21. Membuat kursus online

Apakah kamu memiliki pengetahuan atau keahlian tertentu yang diminati oleh banyak orang? Jika iya, kamu bisa membuat kursus online di blog/website kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Bagaimana Cara Memulainya?

  1. Pertama, buatlah sebuah blog atau website. Tidak tahu caranya? Baca panduan lengkap saya di sini.
  2. Install tema dan plugin wordpress yang khusus untuk keperluan membuat situs kursus online. Contohnya, seperti:
    1. Tema: Reptro, WordPress LMS Course Builder, Efor, dll
    1. Plugin: Learndash, Lifter LMS, Learnpress, Sensei, dll
  3. Berikutnya, mengatur metode pembayaran. Pastikan kamu tetap menggunakan bank transfer sebagai salah satu metode pembayaran di samping metode e-wallet, kartu kredit, dan lain sebagainya.
  4. Buat konten kursus online kamu
  5. Promosikan

Contoh situs kursus online di Indonesia

Apakah boleh saya membuat kursus online tanpa memiliki sebuah blog/website?

Tentu saja.

Caranya adalah dengan mendaftar menjadi pengajar/instruktur di salah satu situs kursus online di atas, seperti Kelaskita, Ruanguru, SekolahPintar, dll.

22. Membuat situs dengan program keanggotaan (membership)

Jika kamu mempunyai sebuah situs dengan konten yang menurutmu bernilai premium, maka kamu bisa menerapkan program keanggotaan (membership) pada situs tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Contoh, jika kamu adalah seorang blogger yang membahas tentang hal-hal seputar psikologi, kamu bisa membuat program keanggotaan (berbayar) untuk mereka yang ingin mengakses tulisan-tulisan kamu.

Kalau kamu memiliki kursus online, kamu juga bisa menambahkan akses ke program kursus online tersebut, agar mereka lebih tertarik.

Bagaimana Cara Membuat Situs dengan Program Keanggotaan (membership)?

  • Buatlah sebuah situs wordpress
  • Aktifkan layanan registrasi di pengaturan wordpress. Pada laman dashboard, klik tab Settings > General. Setelah itu, cari opsi Membership, lalu klik (centang) checkbox dengan label Anyone can register.
  • Install tema dan plugin tertentu yang khusus untuk keperluan pembuatan situs membership. Contoh, Divi (tema) dan membership & content restriction (plugin).
  • Buat paket keanggotaan. Tentukan berapa lama durasi keanggotaan dan berapa harganya?
  • Atur metode pembayaran biaya keanggotaan yang akan digunakan (transfer bank, paypal, dll)
  • Batasi akses ke konten-konten premium di situs kamu. Hal ini untuk memastikan agar hanya member terdaftar saja yang boleh mengakses konten tersebut.
  • Lakukan promosi

Contoh situs dengan program keanggotaan (membership)

Markmanson.net dan semua situs kursus online.

23. Buat website lowongan pekerjaan

situs lowongan kerja
Sumber: Jobs.id

Setiap hari pasti selalu saja ada orang yang membutuhkan pekerjaan. Untuk itu, membuat website tentang informasi lowongan kerja merupakan sebuah peluang bisnis yang sayang untuk kamu lewatkan.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa website lowongan kerja yang tayang dan beroperasi lumayan lama. Beberapa diantaranya seperti Jobs.id, Karir.com, Qerja.com, Loker.id, dan lain-lain.

Meskipun telah banyak saingan, peluang bisnis website lowongan pekerjaan ini tetaplah potensial untuk digarap. Terlebih jika kamu membuat sebuah website lowongan kerja yang khusus untuk jenis pekerjaan tertentu. Misal, hanya menayangkan iklan lowongan kerja di bidang teknik informatika, desain grafis, perminyakan, atau bidang tertentu lainnya. 

Darimana sumber pemasukan website lowongan pekerjaan?

  • Biaya iklan lowongan kerja yang dibayar oleh perusahaan/pribadi yang ingin mengiklankan lowongan kerja di situs kamu.
  • Iklan adsense. Beberapa situs lowongan kerja terkenal juga memanfaatkan adsense untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari situs mereka.
  • Biaya tertentu yang dikenakan kepada pencari kerja. Hal ini memang tidak umum, tetapi beberapa website lowongan kerja ada yang saya tahu mengenakan biaya kepada para pencari kerja untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur tertentu. Contoh, Linkedin, Doostang, Tennisjobs, dll.
  • Biaya sewa space iklan mandiri dari pihak yang beriklan di situs kamu.

24. Membuat situs direktori online

Situs direktori adalah sejenis situs yang menyediakan listing (biasanya untuk kategori tertentu) bagi pihak-pihak yang membutuhkannya, baik secara gratis maupun berbayar.

Salah satu contoh situs direktori adalah website lowongan pekerjaan dimana perusahaan umumnya akan dimintai bayaran bila ingin memposting info lowongan kerja di website tersebut.

Selain itu, beberapa contoh jenis website direktori online lainnya adalah:

25. Menjual website/blog

Berikutnya, salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang patut kamu coba adalah dengan menjual website atau blog yang kamu miliki.

Pertama, lakukan estimasi terhadap nilai dari sebuah website/blog yang ingin kamu jual. Untuk memudahkan, coba pertimbangkan website/blog tersebut dari sisi:

  1. Umur website/blog – Semakin berumur semakin mahal.
  2. Traffic yang diterima website/blog – Berapa kisaran traffic pengunjung yang diterima oleh website/blog kamu setiap bulan? Apakah terus meningkat, stabil, jalan di tempat, atau justru malah berkurang?
  3. Pendapatan website/blog – Berapa jumlahnya? Darimana saja sumbernya? Stabil atau tidak?

Atau kamu bisa mengecek harga website/blog kamu di Empire Flipper listings

Terakhir, jual website/blog kamu di situs khusus jual beli website/blog seperti Flippa atau di platform jual beli online lainnya.

26. Membeli dan Menjual domain

Di samping menjual website/blog, kamu juga bisa mendapatkan uang dari internet dengan cara membeli dan menjual kembali domain.

Pertama, belilah nama domain yang unik dan memiliki potensi untuk dijual kembali di Dewaweb. Kedua, daftarkan ulang nama domain untuk dijual dengan harga tinggi di beberapa situs jual beli domain online seperti Sedo.com maupun Flippa.com.

Terakhir, tunggu sampai ada calon pembeli yang tertarik dengan nama domain tersebut, lalu jual dan dapatkan keuntungan.

27. Berinvestasi di Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan jenis mata uang digital yang akhir-akhir ini semakin populer digunakan oleh masyarakat di berbagai negara.

Meskipun Indonesia belum mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah, namun trend menunjukkan bahwa penggunaan cryptocurrency ini akan semakin berkembang dan diterima oleh masyarakat luas di seluruh dunia.

Buktinya, penduduk di negara-negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Finlandia, Rusia, dan Amerika sudah menggunakan cryptocurrency ini untuk membeli dan menerima pembayaran.

Maka dari itu, berinvestasi di cryptocurrency bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang layak untuk kamu coba.

Bitcoin (BTC), Ethereum (BTH), Ripple (XRP), Litecoin (LTC), Bitcoin Cash (BCH) merupakan beberapa contoh cryptocurrency yang layak kamu beli sekarang untuk dijual kembali di harga yang lebih tinggi.

Jika tertarik, kamu bisa melakukan transaksi jual beli cryptocurrency di situs Indodax. Situs ini merupakan tempat jual beli aset digital terpercaya dan terbesar di Indonesia yang beroperasi sejak tahun 2014 (dulunya bernama Bitcoin Indonesia dengan alamat web bitcoin.co.id).

*berhubung belum adanya institusi/lembaga resmi di dunia yang mengatur tentang peredaran cryptocurrency di masyarakat, maka pergerakan nilai dari cryptocurrency inipun bisa menjadi sangat liar dan berisiko. Untuk itu, dibutuhkan penelusuran informasi lebih lanjut buat kamu yang ingin berinvestasi cryptocurrency.

28. Melakukan email marketing

Email marketing adalah suatu metode pemasaran via email yang sering digunakan oleh para pemilik website/blog untuk membangun koneksi dengan calon pelanggannya.

Sebagai seorang blogger, saya menggunakan email marketing untuk lebih terhubung dengan pembaca blog saya. Sebuah opt-in form  yang terletak di bagian sidebar blog ini adalah bukti bahwa saya memang menggunakan email marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Jadi, apakah dengan melakukan email marketing, kamu bisa mendapatkan uang dari internet? Jawabannya adalah tentu saja.

Kamu bisa mendapatkan uang dari internet lewat metode email marketing dengan cara:

  1. Mempromosikan produk fisik/digital yang sedang kamu jual
  2. Menawarkan jasa tertentu kepada pelanggan email kamu
  3. Memberikan informasi tips menarik dengan sisipan link afiliasi di dalamnya
  4. Menawarkan email subscriber untuk mengikuti program kursus online yang kamu buat
  5. Menawarkan kerjasama
  6. Sponsorship
  7. Dan lain sebagainya

Namun, ingat! Ketika menggunakan metode email marketing ini, sangat disarankan kamu untuk tidak melakukan spam atau mengirim email dalam jumlah dan frekuensi yang berlebihan kepara pelanggan email kamu.

Sebab hal ini nantinya akan mendorong mereka untuk berhenti berlangganan dari email kamu. Dengan demikian, membuat kamu kehilangan sejumlah pelanggan potensial.

Bagaimana cara menerapkan email marketing di sebuah situs wordpress?

  1. Buatlah sebuah website/blog dengan CMS wordpress. Sekali lagi, kamu bisa membaca panduannya di sini.
  2. Buatlah akun di salah satu penyedia layanan email marketing. Contoh, Mailchimp, Kirim.email, Aweber, dll. 
  3. Download dan aktifkan plugin opt-in form di wordpress. Misalnya, WP Subscribe, Thrive Leads, Bloom, Convert Pro, dll.  Saya sendiri saat ini menggunakan plugin Bloom dari Elegantthemes untuk keperluan opt-in form.    
  4. Hubungkan plugin opt-in form dengan situs penyedia layanan email marketing yang kamu gunakan.
  5. Terakhir, mulailah mengoleksi email pelanggan, lalu kirimlah email kepada mereka secara rutin namun tidak berlebihan.

29. Menjadi contributor di situs Microstock

Apakah kamu suka membuat berbagai macam desain, ilustrasi, vector, hingga memotret dan membuat video singkat? Jika iya, kamu bisa mengupload berbagai hasil karya kamu tersebut ke sebuah situs microstock.

Setelah itu, jika ada user yang tertarik dengan hasil karyamu tersebut, mereka bisa membelinya dengan mudah dan kamu pun akan mendapatkan uang dari hasil penjualan tersebut.

Menariknya, uang dari situs microstock akan kamu peroleh setiap kali ada karya kamu yang berhasil terjual di situs tersebut. Sekalipun itu merupakan karya yang sama yang berulang kali terjual.

Nah, untuk bisa mengupload karya di situs microstock, kamu diwajibkan untuk mendaftar menjadi contributor terlebih dahulu. Beberapa contoh situs microstock terpercaya antara lain:

30. Menawarkan jasa desain grafis

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat desain grafis, baik itu desain logo, poster, kartu nama, branding perusahaan, dan lain-lain, maka kamu bisa menawarkan keahlian kamu tersebut kepada para potensial klien di internet.

Caranya bisa dengan menawarkan melalui berbagai situs freelancer seperti Upwork.com, freelancer.co.id, fastwork.id, sribulancer.com, dan lain-lain, atau membuat blog/website sendiri lalu menawarkannya melalu website tersebut, atau bisa juga dengan mengirimkan penawaran langsung kepada beberapa orang via email, yang menurutmu adalah potensial klien.

31. Menjadi reseller hosting

Sesuai namanya, menjadi reseller hosting berarti kamu menjual kembali paket hosting dari penyedia layanan web hosting tertentu kepada klien kamu atau orang lain yang sedang mencari layanan web hosting.

Ada beberapa kelebihan menjadi reseller hosting, yaitu:

  • Kamu tidak perlu memiliki server sendiri dan semua peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi penyedia hosting, semuanya akan diurus/dikelola oleh perusahaan hosting tempat kamu menjadi reseller hosting
  • Kamu tidak perlu mengurus hal-hal teknis terkait dengan pengaturan hosting. Sebab sekali lagi, itu semua akan diurus oleh perusahaan hosting tersebut
  • Mendapatkan harga paket hosting yang lebih murah
  • Bisa menggunakan brand/merk web hosting sendiri
  • Bebas melakukan markup harga paket sesuai dengan keinginan kamu
  • Dan lain sebagainya

Sementara untuk panduan lengkap menjadi reseller hosting, bisa kamu baca di sini.

32. Berinvestasi di P2P lending

P2P (Peer to Peer) Lending merupakan salah satu platform investasi yang memungkinkan kamu untuk meminjamkan dana kepada pihak individu atau perusahaan tertentu dengan imbalan bunga atau bagi hasil (bila menggunakan prinsip syariah).

Di Indonesia, terdapat berbagai macam platform P2P Lending yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Beberapa contoh di antaranya seperti:

  • Investree
  • Koinworks
  • Amartha
  • Ammana
  • DanaSyariah
  • Dan lain-lain

Bagaimana cara kerja P2P Lending?

Bagi pihak pendana:

  1. Pendana mendaftar di salah satu atau beberapa akun P2P Lending sebagai pihak yang mendanai. Misalnya, mendaftar di P2P Lending Amartha.
  2. Setelah itu, pendana melihat dan mempelajari berbagai macam produk pinjaman (individu atau perusahaan tertentu yang sedang mengajukan pinjaman) yang tersedia di platform P2P Lending tersebut.
  3. Jika pendana tertarik, pendana bisa memberikan sejumlah dana kepada pihak peminjam tersebut sesuai dengan kemampuan dari pendana dan ketentuan yang berlaku di platform P2P Lending yang digunakan. 
  4. Lakukan transfer dana sesuai dengan petunjuk yang tertera di aplikasi/web P2P Lending.
  5. Terakhir, tunggu pihak peminjam membayar pokok pinjamannya beserta bunga atau bagi hasil pinjaman pada periode waktu dan dengan nominal tertentu sesuai dengan kesepakatan (biasanya dibayarkan tiap bulan).

Bagi pihak peminjam:

  1. Peminjam mendaftar di salah satu atau beberapa akun P2P Lending sebagai pihak peminjam (borrower). Misalnya, di Koinworks.
  2. Penuhi seluruh persyaratan dan mekanisme mengajukan pinjaman yang berlaku di platform P2P Lending tersebut
  3. Jika disetujui, permintaan pinjaman pihak borrower akan segera ditayangkan di aplikasi/web P2P Lending
  4. Pihak borrower menunggu sejumlah dana dari pihak investor yang tertarik dengan produk pinjaman yang diajukan
  5. Setelah pinjaman 100% terdanai, maka seluruh dana pinjaman akan segera dicairkan oleh pihak P2P Lending ke rekening bank pihak peminjam
  6. Terakhir, pihak peminjam membayar pokok pinjaman beserta bunga/bagi hasil pada periode waktu dan dengan nominal tertentu sesuai dengan kesepakatan

Catatan: Tiap platform P2P Lending memiliki cara kerja yang berbeda dalam proses pengajuan pinjaman oleh pihak peminjam. Untuk itu, penelusuran informasi lebih lanjut sangat disarankan.

33. Menjual hasil kerajinan tangan di Etsy

Hobi membuat kerajinan tangan atau berbagai karya kreatif lainnya dalam bentuk fisik? Kamu bisa menjual hasil karyamu tersebut di marketplace online khusus untuk produk-produk kerajinan, yaitu Etsy.com.

34. Menjual produk di Amazon

Berdiri sejak tahun 1995, Amazon sukses menjadi situs toko online terbesar dan terpercaya di dunia dengan lebih dari 200 juta pengunjung unik tiap bulan.

Nah, dengan trafik yang segede itu, rasanya sayang bila hanya kamu lewatkan begitu saja. Maka itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjual berbagai macam produk di Amazon, baik itu produk yang kamu produksi sendiri, reseller, ataupun melalui metode drosphipping.

Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi tautan Sell on Amazon untuk mendaftar sebagai penjual di Amazon.

35. Menjadi asisten virtual

Asisten virtual merupakan salah satu jenis pekerjaan freelance yang populer dan mudah dilakukan dimana saja karena sifatnya yang fleksibel.

Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan oleh seorang virtual asisten biasanya tergolong ringan dan seringkali tidak membutuhkan keahlian tertentu untuk mengerjakannya. Beberapa contoh diantaranya seperti:

  • Data Entry
  • Telemarketing
  • Customer Service
  • Administrasi
  • Mengelola akun sosial media perusahaan/bisnis
  • Membantu pemilik blog/website mengurus situs mereka
  • Dan lain sebagainya

Apabila kamu tertarik, kamu bisa mendaftar sebagai freelancer di satu atau beberapa situs freelancer terpercaya seperti yang sudah saya sebutkan di poin ke-13. Setelah itu, tawarkan jasamu di situs tersebut setiap kali ada pihak yang membutuhkan jasa seorang virtual asisten.

Semoga beruntung!

36. Menjual tema/plugin premium wordpress

Buat kamu yang punya keahlian dalam bidang programming, kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuat tema atau plugin wordpress premium, lalu menjualnya.

Bila ada yang tertarik, kamu bisa mendapatkan passive income yang lumayan besar dari hasil penjualan tema/plugin tersebut.

Beberapa contoh tema/plugin premium wordpress yang sejak dulu laris manis hingga sekarang antara lain:

  • Yoast SEO Premium (plugin)
  • Genesis Framework by Studiopress (tema)
  • Sejumlah add on plugin Woocommerce (plugin)
  • Divi by Elegantthemes (tema)

37. Menjadi tester untuk website atau aplikasi

Apakah kamu suka menilai suatu website atau aplikasi secara kesuluruhan, kemudian memberikan masukan untuk perkembangan aplikasi/website tersebut? Jika iya, kamu bisa menjadi seorang website/aplikasi tester.

Di internet, ada banyak pemilik website/aplikasi tertentu yang bersedia membayar kamu untuk mengetes, menilai, dan memberikan masukan untuk situs mereka. Beberapa contoh diantaranya seperti:

  1. Userfeel
  2. Ubertesters
  3. TryMyUI
  4. UserTesting
  5. Userlytics
  6. Testbirds

38. Menjadi developer website

Di era internet seperti sekarang ini, permintaan akan seorang ahli pemrograman sangatlah tinggi. Baik itu untuk keperluan membuat website, aplikasi, maupun untuk mengembangkan sebuah game RPG di ponsel.

Nah, jika kamu adalah salah satu diantara mereka, manfaatkanlah keahlian tersebut! Salah satunya adalah dengan cara menjadi seorang developer website, dimana kamu akan dibayar setiap kali menyelesaikan permintaan klien (individu/perusahaan) untuk membuat/mengembangkan website mereka.

Untuk memulainya, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu di beberapa situs freelancer, seperti Upwork.com, Freelancer.co.id, Sribulancer.com, dan lain sebagainya.

39. Buat Aplikasi atau Games di Android/iOS

Tidak ingin menjadi website developer karena merasa kurang sesuai dengan passion kamu? Jika demikian, kamu bisa beralih menjadi seorang Mobile App/Game Developer, baik untuk sistem operasiAndroid maupun iOS.

Meski pekerjaannya relatif lebih sulit, tetapi jika memang inilah bidang spesialisasi yang sesuai dengan minat kamu, kenapa tidak?

Terlebih jika potensi penghasilannya juga lebih besar daripada seorang website developer. Lagipula, sekarang kan trendnya adalah mobile, bukan lagi desktop.

40. Menawarkan jasa SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti suatu teknik mengoptimasi situs website/blog agar ramah terhadap mesin pencari (cth: Google).

Tujuan utama dari melakukan teknik SEO adalah untuk membuat konten/artikel tertentu tampil di halaman pertama pencarian Google, bahkan kalau bisa peringkat pertama.

Hal ini karena mesin pencari merupakan salah satu sumber trafik terbesar dan gratis yang paling bisa diandalkan oleh suatu website/blog tertentu.

Semakin banyak trafik, otomatis semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan pelanggan baru di situs website/blog tersebut.

Nah, jika kamu merasa ahli dalam SEO, kamu bisa menggunakan keahlian tersebut untuk membuka jasa SEO bagi pihak individu/perusahaan yang ingin mengembangkan situs mereka.

Berapa rata-rata harga jasa SEO di Indonesia?

Rp500.000 – Rp10.000.000 per bulan, namun ada juga yang lebih dari itu.

41. Mengelola akun sosial media

Sekarang ini platform sosial media telah menjadi salah satu channel pemasaran yang efektif dan kerap diandalkan oleh para pelaku usaha/bisnis tertentu. Apalagi buat mereka yang bergerak di industri fashion dan makanan.

Berangkat dari populernya trend pemakaian sosial media di kalangan para pelaku usaha, kamu pun bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan uang dari internet.

Caranya adalah dengan menawarkan jasa mengelola akun sosial media kepada para pemilik bisnis/usaha tersebut. Karena aktivitas mereka yang padat, pastinya mereka juga akan lebih terbantu dengan jasa yang kamu tawarkan. 

Untuk memulai, kamu bisa mendaftar di berbagai situs freelancer seperti Upwork.com, Sribulancer.com, Projects.co.id, dan lain-lain.

42. Menjadi penulis lepas

Seiring dengan banyaknya perusahaan yang sadar akan kekuatan dari sebuah konten tulisan dalam mempromosikan produk/jasa mereka, otomatis permintaan terhadap penulis lepas pun akan semakin tinggi.

Seorang penulis lepas memiliki tanggung jawab untuk menulis artikel dengan berbagai topik (atau bisa juga hanya topik-topik tertentu) di sebuah blog individu/perusahaan.

Adapun untuk bayarannya sangat tergantung dari kesepakatan yang kamu buat dengan pihak klien (individu/perusahaan) itu sendiri.

Kalau berdasarkan pengalaman pribadi, dulu bayaran saya sebagai seorang freelance writer sangat tidak menentu. Kadang-kadang bisa Rp20.000/artikel, namun lebih sering dibawah Rp5.000, bahkan pernah di bawah Rp1.000 perak per artikel.

Hal ini karena pada waktu itu sistem perhitungan komisi/artikel-nya masih didasari oleh jumlah view yang diperoleh. Jadi semakin banyak view, semakin banyak pula bayaran yang saya peroleh.

Nah, buat kalian yang tertarik menjadi seorang freelance writer, saya sarankan untuk tidak mengambil proyek dengan sistem perhitungan komisi/artikel seperti ini. Soalnya akan sangat merugikan kamu mengingat usaha yang dikeluarkan untuk membuat artikel tetap sama, sementara bayaran yang diperoleh berbeda.

Selain itu, the ugly truth yang juga perlu kamu ketahui adalah membuat artikel yang dapat memperoleh banyak view itu sulit sekali.  Terlebih jika situs tempat kamu menulis artikel tersebut bukan merupakan situs media dengan infrastruktur promosi yang kuat.

Bagaimana cara menjadi seorang penulis lepas?

  1. Asah kemampuan kamu dalam menulis
  2. Buatlah akun di satu atau beberapa situs freelancer. Kalau kamu mampu menulis artikel bahasa inggris dengan baik, kamu bisa mendaftar di situs Upwork.com. Tetapi, kalau kamu baru bisa menulis artikel bahasa Indonesia, maka kamu bisa mendaftar di situs Sribulancer.com, Fastwork.id, atau Projects.co.id
  3. Terakhir, lengkapi profil kamu di situs tersebut, lalu mulailah menawarkan jasa penulis lepas kepada para calon klien yang sedang membutuhkannya

Apa tips bagi penulis lepas?

Jangan pernah menjual murah jasa kamu.

Karena ini akan sangat merusak harga pasar dan membuat para penulis lepas lainnya menjadi sulit hidup dari profesi mereka.

Ingatlah! Tidak semua penulis lepas itu adalah anak muda yang tidak memiliki tanggungan apa-apa, serta bebas dari membayar tagihan ini dan itu seperti kamu.

Berapa harga per artikel yang wajar yang sebaiknya kamu terima atas jasa menulis lepas?

Saya pikir ini sangat tergantung dengan kondisi, keahlian, dan portofolio yang kamu miliki. Umumya, semakin tinggi jam terbang, semakin tinggi pula bayaran yang harus kamu terima.

Sebagai contoh, dengan pengalaman kurang lebih 2 tahun sebagai freelance writer, saat ini saya dibayar dengan harga per artikel bahasa Indonesia:

  • 500 kata = 50rb
  • 800 kata = 75rb
  • 1000 kata = 100rb

Sementara untuk teman-teman freelance writer yang lain ada yang bayarannya lebih tinggi dari itu.

Dimana situs yang memberikan bayaran tinggi bagi para penulis lepas?

Setahu saya, baru tiga situs ini yang bersedia memberikan bayaran tinggi (200-350ribu/artikel) bagi para penulis lepas (kontributor) di situs mereka, yaitu:

  • Mojok.co
  • Basabasi.co
  • Voxpop.id

Namun, sayangnya, kamu hanya akan dibayar untuk setiap artikel/tulisan yang berhasil terbit di situs mereka. Jadi, sekalipun kamu sudah membuat dan men-submit 10 tulisan, tetapi kalau yang berhasil terbit cuman satu, yaa otomatis hanya bayaran untuk artikel tersebut lah yang akan kamu terima.

43. Membuat podcast

Sekarang ini podcast sedang booming di Indonesia.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk menghasilkan uang dari internet. Memang, caranya tidak mudah, terlebih jika kamu memulainya dari awal dengan background nobody. Alias bukan siapa-siapa, bukan seorang artis, bukan selebgram, bukan youtuber, bahkan bukan seseorang yang memiliki koneksi ke tokoh publik tersebut.

Walau demikian, nothing is impossible. Artinya, selama kamu mampu menghasilkan konten podcast yang berkualitas dan disenangi oleh audience, maka bukan tidak mungkin kamu juga bisa bersaing dengan para podcaster lainnya yang memiliki privilege segudang.        

Darimana sumber uang yang bisa dihasilkan dari podcast?

  • Iklan/sponsorship
  • Promosi produk/jasa yang kamu jual
  • Donasi

Untuk informasi lebih lanjut tentang podcast, kamu bisa membaca dua tulisan saya berikut ini:

44. Menyelesaikan survey online

Sedang mencari bagaimana cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula? Selesaikanlah survey online!

Dengan menyelesaikan survey online, kamu akan mendapatkan sejumlah reward dari pihak penyelanggara. Baik itu berupa uang tunai, voucher potongan harga, merchandise, kupon, hingga gift cards atau kartu hadiah.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mendaftar dan menyelesaikan survey online yang tersedia di situs survey online terpercaya dan terbukti membayar berikut ini:

  1. i-Say
  2. Pinecone Research
  3. SendEarnings
  4. Pro Opinion

45. Menjual e-book

Jika kamu adalah seorang blogger sama seperti saya, maka cara yang paling umum untuk mendapatkan uang dari internet yang bisa kita lakukan adalah dengan menjual e-book.

Adapun soal topiknya bisa apa saja, tergantung dari niche blog yang kita kelola. Dalam kasus blog saya, misalnya, e-book yang paling cocok untuk saya jual barangkali adalah e-book tentang dunia finansial, investasi, ataupun cara menghasilkan uang dari internet.

Jika kamu adalah seorang travel blogger, pastinya e-book yang paling cocok untuk kamu jual adalah e-book tentang tips2 ketika melakukan perjalanan atau travelling. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Apakah strategi menjual e-book hanya boleh dan cocok dilakukan oleh seorang blogger?   

Tentu saja tidak.

Kamu, dia (lk), dia (pr), dan kalian semua bisa menggunakan cara “menjual e-book” ini untuk mendapatkan uang dari internet.

Asalkan kamu percaya diri dengan kemampuan kamu, serta mau berbagai dengan orang lain, lantas kenapa tidak? Just do it!

Satu-satunya alasan kenapa saya membuka bagian ini dengan kalimat “jika kamu adalah seorang blogger….” adalah karena pada faktanya, menjual e-book dari dulu merupakan strategi yang paling umum dilakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan uang.

Bagaimana cara menjual e-book?

  1. Buatlah e-book – Tentukan apa topik da nisi yang akan dibahas di e-book kamu, tulis, edit, lalu sempurnakan
  2. Jual – bisa lewat blog (kalau punya) atau sosial media (keterlaluan kalau tidak punya)

46. Ikut program PTC (Paid to Click)

Mengikuti progam PTC adalah cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang paling mudah dilakukan, namun tidak saya rekomendasikan.

Mudah, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah meng-klik iklan setiap harinya.

Tidak saya rekomendasikan, karena bayaran per klik iklan tersebut sangatlah kecil ($0,001- $0,01 per klik). Pun stok iklan yang tersedia setiap harinya juga cuman sedikit.

Jadi, sama seperti buang-buang waktu saja.

Walau demikian, saya tahu di luar sana sudah ada beberapa orang yang berhasil mendapatkan $50/hari bahkan lebih dari mengikuti program PTC ini.  

Apa tips supaya bisa menghasilkan $50/hari dari PTC?

Well, saya tidak tahu.

Namun yang pasti adalah kamu akan membutuhkan banyak referral yang aktif melakukan klik iklan untuk bisa mendapatkan penghasilan seperti itu. Tips ini saya peroleh dari hasil membaca artikel maupun postingan yang terdapat di forum-forum situs PTC, yang umumnya ditulis oleh para senior.

Dimana situs PTC yang terpercaya?

Namun, yang paling saya rekomendasikan adalah Neobux atau Clixsense.

Catatan: Selain klik iklan, kamu juga bisa mendapatkan uang dari situs PTC dengan bermain game, mengejarkan task, download aplikasi tertentu, hingga menyelesaikan survey online yang tersedia pada situs tersebut.

47. Menggunakan aplikasi tertentu di Android/iOS

Mungkin kamu tidak memperhatikan, tetapi sejatinya ada beberapa aplikasi tertentu di Android/iOS yang bisa menghasilkan uang untuk kamu hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • Make Money
  • Baca Plus
  • Cash for Apps
  • WHAFF Rewards
  • Make Money
  • Foap
  • Grab Points

48. Mengajukan Pertanyaan di Quora

Sekilas, cara ini mungkin terkesan seperti too good to be true.

Dalam arti, sejak kapan sih mengajukan pertanyaan bisa dapat duit (kecuali kalau sedang di kegiatan lomba, sosialisasi, atau pameran/festival tertentu)? Logikanya dari mana?

Namun, ya begitulah.

Di Quora, kamu akan dibayar untuk setiap pertanyaan yang kamu ajukan selama pertanyaan tersebut ada yang menjawab dan mendapatkan banyak tayangan.

Selain itu, kamu juga harus terdaftar terlebih dahulu di program mitra Quora untuk bisa mendapatkan bayaran dari setiap pertanyaan yang kamu ajukan.

Sampai tulisan ini ditulis, saya sudah mendapatkan $55,41 dari Quora.

Buat kamu yang penasaran dengan apa itu program mitra Quora dan bagaimana cara kerjanya, bisa membaca tulisan saya di sini.

49. Menjadi Narator Audiobook

Seiring dengan meningkatnya popularitas audiobook di mata para pecinta buku, otomatis permintaan terhadap seorang narrator audiobook pun menjadi semakin tinggi pula.

Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara menjadi seorang narrator audiobook.

Bila tertarik, kamu bisa menjunjungi dua situs berikut ini untuk memulai karir sebagai narrator audiobook:

50. Sewakan rumah atau ruangan kamu di Airbnb

Apakah kamu memiliki rumah, apartemen, atau ruangan/kamar yang kosong karena tidak digunakan? Jika iya, kamu bisa menyewakannya melalui situs Airbnb.

Dengan menyewakan aset properti di Airbnb, nantinya kamu akan berpeluang mendapatkan sejumlah penghasilan setiap kali ada turis yang menggunakan tempat tersebut. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada membiarkan properti kamu kosong begitu saja tanpa dihuni oleh siapapun.

Jika tertarik, kamu bisa mulai mendaftarkan aset properti kamu melalui link berikut: Menjadi Host di Airbnb

51. Ikut kompetisi online

Di internet, biasanya sering ada kompetisi online yang diadakan oleh perusahaan, brand, pemerintah, maupun individu tertentu untuk keperluan promosi, sayembara, syukuran, dan lain-lain.

Sedangkan untuk jenis kompetisi online yang sering diselenggarakan, biasanya seperti lomba menulis, membuat proposal bisnis, membuat video, desain, kompetisi SEO, dan masih banyak lagi.

Sekedar informasi, biasanya kompetisi online sering diadakan pada hari-hari peringatan tertentu, seperti hari kemerdekaan, hari raya idul fitri/adha, hari pendidikan, hari pancasila, bulan ramadhan, hari ulang tahun perusahaan, dan lain sebagainya.

52. Ikut giveaway

Di samping tidak membutuhkan modal, mengikuti program giveaway juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang patut dicoba, terutama karena mudah dalam menerima hadiah/pembayaran sekalipun tanpa memiliki rekening paypal.

Supaya bisa terus mengikuti program giveaway, pastikan kamu selalu memantau akun-akun sosial media dari pihak perusahaan, brand, atau selebriti tanah air (termasuk Youtuber, Blogger, Selebgram, dan Selebtwit yang populer).

53. Jual barang bekas

Apakah kamu memiliki barang bekas yang masih bisa digunakan, misalnya hp, kulkas, ac, atau bahkan sepeda motor? Jika iya, kamu bisa menjual barang bekas tersebut di berbagai situs jual beli barang bekas online untuk mendapatkan uang.

Beberapa situs jual beli barang bekas yang bisa kamu coba adalah OLX.co.id, Jualo.com, dan Belanjabekas.com. Selain itu, kamu juga bisa menjual barang bekas kamu di berbagai situs marketplace online, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Buat kamu yang ingin menjual buku bekas, bisa mengunjungi situs Prelo.co.id

Kesimpulan

Cara mendapatkan uang dari internet itu sebetulnya ada banyak sekali, dan saya rasa cara ini akan terus bertambah jumlahnya seiring dengan berjalannya waktu.

Maka dari itu, jangan pernah berhenti mencari berbagai alternatif cara mendapatkan uang dari internet lainnya untuk memperoleh cara yang paling menguntungkan dan sesuai dengan kondisi kamu.

Akan tetapi, jangan juga terlalu banyak mencari dan menggali informasi tanpa mulai benar-benar berusaha untuk mendapatkan uang dari internet.

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa menjawab rasa penasaran kamu, dan jangan lupa untuk selalu membagikannya ke orang lain jika dirasa bermanfaat.

Apakah ada cara mendapatkan uang dari internet lainnya yang tidak sempat saya masukkan di artikel ini? Bagikan caranya dengan berkomentar melalui kolom di bawah ini.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

9 Comments

  1. Wih Pajang Bener tulisannya mas, manteb 🙂

    Kalau saya Adsens saja mas, di Tlateni, walau penghasilan masih kecil, semoga suatu saat bisa membesar hehe

    Dan Masih berusaha cari peluang penghasilan lewat Instagram 🙂

  2. Cara lain untuk mendapatkan uang dari internet:
    Dari blog:
    – Bikin post: cari pacar / sewa pacar
    – Pasang foto diri
    – Tentukan Tarif

    Hehe ☺️

  3. Hah, aku baru tau di Quora bisa dapat uang. WAAAAAAAA!!
    Ooiya, aku dulu pernah ikutan data entry, ya… enak sih bisa kerja di mana aja. Dikirim lewat email hari ini, ada tenggat waktunya harus dikirim via email juga sebelum tenggat waktu tapi PUSINGNYA YA ALLAH…. musti teliti banget. Kadang udah sampe di bawah, kok hasilnya gak sama… eeeaaaa ulang lagi dari atas daripada nyari kesalahannya di mana, diurutin satu2… tapi ya mayan sih hasilnya.

  4. wahhh ini mantep nih buat yang pengen nyoba serius mencari penghasilan melalui internet, saya udah nyoba beberapa, seperti p2p lending, blogger, dan afiliasi amartha.

    Next step mau nyoba jadi youtuber, buat nambah2 penghasilan 😀

  5. Wahhh mantep banget nih, panduangnya panjang bangett, dari awal hingga akhir. Terima kasih ilmunya yang sudah di sharee, bermanfaat banget. Apalagi perihal mencari uang di internet memang idaman setiap orang, pastilah orang yang bekerja di internet ingin mendapatkan uang didalamnya.. Saya juga pengennn wueheheh mantap

Write A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 

Pendaftaran Berhasil! Silakan cek Inbox kamu untuk Konfirmasi Email.