Tanpa target yang jelas, pekerjaan apa pun akan sulit diselesaikan dengan hasil yang diinginkan. Tidak heran jika menentukan target kerja menjadi langkah awal sebelum melakukan pekerjaan apa pun demi tercapai nya tujuan perusahaan. Menilik dari perannya, target kerja dapat memberi petunjuk, membantu perencanaan, memotivasi, hingga membantu mengevaluasi diri dan mengontrol performa.

Agar merasa selalu termotivasi dan memiliki komitmen untuk menyelesaikan apa pun yang jadi tanggung jawabnya, target kerja harus dibuat serealistis mungkin. Caranya dengan menggunakan metode SMART yang didesain khusus untuk memberi petunjuk dan mengidentifikasi target yang ingin dicapai. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini!

Specific

Target kerja harus dibuat jelas dan spesifik mungkin untuk menghindari fokus yang terbagi dalam mencapai hasil yang diinginkan. Saat membuat target kerja, mulai dengan pertanyaan seperti apa yang ingin dicapai, alasan di balik target kerja, siapa saja yang terlibat dan di mana. Contohnya untuk target kerja di bidang pemasaran harus dapat menjual barang 90 unit perbulan.

Measureable

Memiliki target kerja yang terukur pun sangat penting karena semua perkembangan kerja bisa dilihat dan memberikan motivasi tersendiri. Hal ini akan membantu mengingatkan diri untuk tetap fokus, memenuhi deadline, dan merasa makin termotivasi saat mendekati tujuan. Dalam menguku pencapaian target, perlu beberapa aspek yang dievaluasi, misalnya berapa banyak waktu yang dibutuhkan dan apa saja indikator yang mempengaruhi tercapainya target kerja.

Achieveable

Hindari menggantung target setinggi langit, tapi buat serealistis mungkin sehingga lebih mudah digapai. Sesuaikan target kerja dengan perkembangan kemampuan, kesempatan yang dimiliki, dan sumber daya yang dapat mendekatkan tercapainya target kerja. Coba jawab beberapa pertanyaan, seperti bagaimana cara untuk mencapai target kerja yang dipasang dan seberapa realistis target kerja yang dimiliki.

Relevant

Langkah ini tak kalah penting dengan 4 aspek terdahulu karena diperlukan untuk memastikan target kerja memiliki makna yang penting dan disesuaikan dengan target lain. Untuk bisa mencapai target, diperlukan semua dukungan dan bantuan yang bisa didapat.

Tapi yang terpenting untuk mengontrolnya. Minimal, pastikan rencana yang dibuat mampu membuat orang lain mengikuti langkahmu tanpa melupakan tujuanmu untuk mencapai target yang relevan. Sebisa mungkin target yang relevan harus bisa menjawab beberapa keraguan, seperti apakah semua usaha yang dilakukan sudah layak, waktu yang tepat, target kerja yang tak berbenturan dengan kepentingan orang lain hingga target kerja yang bisa diterapkan dalam lingkunganmu saat ini.

Timed atau Time-Bound

Setiap target kerja yang dimiliki tentunya berkaitan dengan waktu. Jadi pastikan untuk membuat batas waktu agar tetap fokus untuk mencapai kesuksesan. Perlu diingat, kriteria waktu yang ditetapkan harus bisa membantu memprioritaskan pekerjaan yang membantumu mencapai target dan menjaga fokus. Oleh karena itu, waktu yang direncanakan harus mencakup pertanyaan seperti kapan, target dalam enam bulan, target dalam enam minggu dan apa yang bisa dilakukan hari ini.

Jika ingin menggunakan metode SMART dalam merencanakan target kerja, bantu pencapaiannya dengan menggunakan Software Goal Management Online dari LinovHR. Dikenal sebagai software HRD ternama di Indonesia yang sangat mendukung proses operasional dan kinerja perusahaan di era digital yang paperless.

Melalui fitur – fitur yang ada di Software Goal Management LinovHR. Perusahaan akan lebih mudah mengelola sasaran target kerja. Bukan hanya untuk karyawan tapi juga unit organisasi dalam perusahaan agar dapat bekerja lebih spesifik dan tentunya lebih tertarget sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link