Ada dua alasan kenapa kamu memutuskan untuk membaca artikel ini, yaitu:

  1. Kamu merasa penasaran
  2. Kamu sedang mengalaminya saat ini dan berusaha untuk mencari jalan keluar

Jika nomor dua adalah alasan kamu, maka izinkan saya mengatakan bahwa kamu tidak sendirian. Dan bahwa saya juga pernah merasakan hal yang sama.

Oleh karena itu, disini saya akan coba sepenuh hati untuk membantu kamu keluar dari belenggu situasi tersebut.

Mari kita mulai pada tahap pertama.

Sadari bahwa Perasaan Bingung dan Takut adalah Hal yang Normal

Perasaan bingung dan takut adalah dua contoh emosi yang ada pada diri setiap manusia. Sehingga adalah hal yang normal bila kamu pun merasakan dua emosi diatas.

Adalah hal yang wajar bila kamu merasa bingung dan takut akan ketidakpastian masa depan.

Sebab semua orang pernah mengalaminya. Termasuk itu saya.

Saya ingat pertama kali saya mengalami situasi ini adalah ketika saya baru saja lulus dari SMA. Dan kala itu saya baru saja mendapatkan pengumuman tidak lulus dari ujian SBMPTN yang saya ikuti.

Perasaan bingung dan takut itu kemudian perlahan-lahan muncul dan menghantui pikiran saya setiap saat.

  • Bagaimana nanti masa depan saya kelak?
  • Apa kata keluarga yang menaruh harapan tinggi pada saya?
  • Apakah saya harus ikut tes lagi tahun depan?
  • Lantas, bagaimana jika kemudian saya gagal lagi?
  • Wah, saya bisa-bisa diejek dan dihina teman-teman seangkatan nih.

Terus-menerus pikiran seperti diatas muncul beriringan dengan perasaan bingung dan takut. Hingga keduanya menguasai diri saya saat itu dan membuat keyakinan dan rasa percaya diri saya rusak kala itu.

Lantas, sekarang bagaimana? Secara fisik dan mental saya cukup sehat. Peristiwa suram yang pernah saya alami dulu tidak lagi begitu mempengaruhi kehidupan saya saat ini.

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyadari bahwa perasaan bingung dan takut akan ketidakpastian masa depan adalah hal yang normal.

Yakinlah bahwa setiap orang pasti pernah mengalami hal ini.

Dengan begitu kamu akan menghimpun rasa percaya diri awal yang dibutuhkan untuk masuk ke tahap berikut, yaitu mengatasi masalah tersebut.

Dan untuk itu, saya telah membuatkan daftar beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Alasan ilmiah kenapa nasihat temukan passionmu bisa menyesatkan

Cara Mengatasi Perasaan Bingung dan Takut akan Ketidakpastian Masa Depan

perasaan bingung dan takut

1. Mengakui perasaan tersebut – saat perasaan itu muncul dan mulai mempengaruhi pikiranmu, akuilah. Sadari bahwa saat itu kamu tengah merasakan dua emosi yang bergejolak yaitu bingung dan takut. Jangan pernah mencoba untuk menyangkalnya. Karena itu justru akan lebih menyulitkan kamu dalam mengendalikannya. Jauh lebih baik bila kamu mengakui perasaan tersebut dan berdamai dengan mereka.

2. Kembalikan kesadaranmu pada momen saat ini – kadangkala perasaan bingung dan takut dapat menjadi begitu bergejolak sehingga kamu ikut terbawa larut di dalamnya. Sehingga penampakannya sama seperti ketika kamu melihat orang yang tengah berkhayal. Berwajah idiot. Saat hal ini terjadi sama kamu, dan kamu mulai menyadarinya, segeralah kembalikan kesadaranmu sepenuhnya pada momen sekarang. Perhatikan apa yang sedang kamu pikirkan saat ini. Lihat sekelilingmu. Dengarkan suara-suara yang ada secara lebih saksama lagi. Hiduplah di dunia nyata dan nikmatilah momen sekarang ini. Bukan masa lalu atau masa depan yang belum tentu ada.

3. Meditasi – tarik napas dalam-dalam dan fokuskan pikiran pada udara yang keluar masuk sistem pernapasan kamu.

4.. Berdamai dengan masa lalu – seringkali perasaan bingung dan takut akan ketidakpastian masa depan dipicu oleh kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu. Sehingga kamu beranggapan bahwa masa depanmu otomatis akan menjadi suram. Padahal, belum tentu begitu. Bisa jadi situasi kamu di masa depan nanti begitu baik, terlepas dari semua hal buruk yang pernah kamu lakukan di masa lalu. Tidak ada seorangpun yang tahu akan masa depan. Maka dari itu, mulai sekarang, berdamailah dengan masa lalumu. Dan percayalah bahwa seburuk apapun kesalahanmu di masa lalu, masa depanmu masih sangat suci.

5. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain – nasihat ini mungkin terkesan klise. Tetapi memiliki pengaruh yang besar dalam mengatasi perasaan bingung dan takut terhadap ketidakpastian. Pasalnya ini akan memudahkan kamu dalam mengendalikan diri di kala perasaan itu muncul. Sekarang cobalah introspeksi diri kamu dan hitung berapa kali dalam sehari kamu coba membandingkan dirimu dengan orang lain. Teman saya sekarang sudah jadi arsitek, dokter, polisi, pengusaha sukses, sementara saya begini-begini saja. Adik saya sekarang sudah pergi melancong ke sejumlah negara, sementara saya masih stuck di kota yang ini ini saja. Jika kamu sering berpikiran seperti contoh tadi, jangan heran bila kamu dilanda perasaan bingung dan takut yang tak terkendali. Mulai sekarang, berhentilah untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Berdamailah dengan dirimu dan percaya bahwa setiap orang ada masanya. Sekarang mungkin kehidupan kamu masih jauh dari ekspektasi, tapi siapa tahu kehidupanmu di 10 tahun yang akan datang justru melebihi harapan terbesarmu selama ini.

Praktekkan kelima hal diatas secara konsisten di kala kamu mulai larut dalam perasaan bingung dan takut terhadap ketidakpastian.

Bila dipraktekkan, saya yakin kamu akan mampu melewati ombak perasaan tersebut dengan baik. Bahkan buka saja melewati, tetapi ikut berselancar bersamanya.

Catatan: Sibukkan dirimu dengan senantiasa melakukan pekerjaan yang positif untuk meminimalisir kembalinya perasaan bingung dan takut terhadap ketidakpastian di dalam pikiran.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 

Pendaftaran Berhasil! Silakan cek Inbox kamu untuk Konfirmasi Email.