Rasanya percuma hidup sukses punya banyak harta, pekerjaan/bisnis yang moncer, banyak relasi, dan sebagainya, tetapi di satu sisi, pikiran dan hati selalu dalam keadaan yang tidak tenang dan was-was. Senantiasa dirundung stress, bahkan depresi a.k.a tidak bisa menikmati hidup ini dengan baik.

Pasti semua hal diatas akan terasa menjadi tidak begitu menarik lagi untuk dimiliki. Toh kekayaan juga pada akhirnya tidak menjamin seseorang dapat memperoleh ketenangan batin. Lantas, apakah ini berarti bahwa harta itu sebetulnya tidak begitu penting? Tentu saja jawabannya tidak.

Materi (harta) tetaplah penting. Sebab ia memiliki peran yang krusial dalam hidup, yakni berfungsi untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari. Supaya kita tidak hidup miskin, serba kekurangan, dan menjadi beban bagi orang lain. Namun untuk mencapai kehidupan bahagia dan tenang, kita sedianya butuh lebih dari sekedar harta untuk memenuhinya. Salah satunya adalah dengan mengetahui dan mempraktekkan sejumlah cara menikmati hidup berikut ini.

1. Fokus pada Masa Sekarang

fokus pada masa sekarang - cara menikmati hidup

Kadangkala yang menjadi pemicu utama seseorang merasa tidak bahagia atau ‘kurang’ bisa menikmati hidup adalah karena sebetulnya ia terlalu sibuk memikirkan sesuatu yang tidak terjadi di masa sekarang. Entah itu akibat terus membayangi masa lalu ataupun terlalu khawatir dengan masa depan yang masih penuh dengan misteri. Perilaku ini bila dibiasakan akan dapat sangat mengurangi tingkat kebahagiaan seseorang.

Setiap kali seseorang terbayang akan pengalaman masa lalunya yang kelam atau menjadi begitu khawatir akan kehidupan masa depannya yang bisa saja suram (padahal belum tentu seperti itu), secara tidak langsung akan mengakibatkan keadaan psikologis dari individu tersebut di masa sekarang menjadi terganggu.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk senantiasa memfokuskan perhatian kita hanya pada masa saat ini saja. Caranya adalah dengan menjalankan beberapa tips berikut ini.

  • Tinggalkan masa lalu pada tempatnya: Segala kejadian yang sudah terjadi (entah itu hal yang baik ataupun buruk) yang mana merupakan masa lalumu, sebaiknya tinggalkanlah saja pada tempatnya. Lupakanlah Jangan biarkan hal tersebut sampai mempengaruhi hidupmu di masa kini. Apalagi sampai membuatmu bersedih kembali atas kejadian buruk yang sebetulnya sudah berlalu. Alamak, sudah sedih di masa lalu, masak mau merasa sedih pula di zaman now? Gak asik ah!
  • Biarkan masa depan terjadi dengan sendirinya: Yakinlah bahwa di dunia ini tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui bagaimana nasib seseorang di masa depan. Tidak juga kamu. Masa depan bisa saja menjadi kabar baik ataupun kabar buruk bagi kamu. Cuman dua kemungkinan itu saja. Tidak lebih. Jadi, ngapain lagi repot-repot khawatir? Daripada khawatir, mendingkan kamu fokus saja bekerja, berproduksi, dan mengurus masalah-masalah yang ada di depan mata. Just it. Soal hasil biarkan itu jadi urusan Tuhan.
  • Focus your attention only on things you can control: Di dunia ini ada hal-hal yang berada dalam kendali kita dan adapula yang tidak. Nah, daripada sibuk memikirkan sesuatu yang tidak bisa kamu kontrol, seperti kapan terjadinya bencana, kematian, penghianatan seseorang, dan sebagainya, lebih baik fokuskan saja perhatianmu pada hal-hal yang bisa kamu kontrol seperti mengubah nasib, membentuk tubuh yang atletis, menjadi ahli dalam bidang tertentu, dan lain-lain. Lepaskanlah segala sesuatu yang tidak bisa kamu kontrol, dan niscaya hidupmu akan menjadi lebih tenang.
  • Bersikaplah se-realistis mungkin: Artinya janganlah terlalu tinggi dalam menaruh harapan (berekspektasi) pada sesuatu hal. Sebab ini hanya akan mengakibatkan hidup kamu menjadi lebih terbebani, menjadi sedih, malu, bahkan depresi di kala seandainya kamu tidak berhasil mewujudkan ekspektasi yang sudah kamu buat terlampau tinggi.
  • Lakukan Meditasi: Memfokuskan perhatian kita sebisa mungkin hanya pada masa sekarang (saat ini), barangkali terkesan mudah buat kamu. Namun pada kenyataannya, berfokus termasuk pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Cobalah sendiri kalau tidak percaya. Makanya, disini kadangkala kita butuh melakukan latihan meditasi agar kemampuan kita dalam berfokus semakin meningkat dan memiliki daya tahan yang tinggi.

2. Perhatikanlah dirimu sendiri

perhatikan dirimu sendiri - cara menikmati hidup

Yup, tidak perlu lagi jauh-jauh mencari bagaimana cara menikmati hidup yang singkat ini. Cukup dengan berbaik hati (menjadi lebih perhatian) pada keadaan dirimu sendiri, kamu sudah bisa sedikit banyak mendapatkan perasaan tenang dan bahagia dalam menjalani hidup. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih perhatian kepada dirimu sendiri.

  • Miliki hobi: Berenang, bersepeda, mendaki gunung, berselancar, bermain paralayang, berlatih panah atau menembak, dan lain sebagainya adalah jenis-jenis hobi yang bisa kamu tekuni dan lakukan di waktu luang. Dengan memiliki satu atau beberapa hobi, kamu akan merasa bahwa hidup ini tidak hanya sekedar monoton saja – hanya sebatas kerja pulang, kerja pulang semata. Tetapi lebih dari itu, dan mengasyikkan.
  • Biarkan orang lain berpendapat: Mau sebaik atau seburuk apapun yang kita lakukan pasti akan selalu ada orang yang membenci dan mengkritik kita. Jadi biarkanlah mereka berpendapat.
  • ‘Cut’ hubungan dengan orang lain yang hanya bikin hidupmu menderita: Hidup ini hanya sekali. Jadi, ngapain sih kamu harus repot-repot mempertahankan hubungan yang hanya menghasilkan kesedihan dan derita semata bagi kamu? Berpura-pura ‘sok kuat’ padahal sebetulnya sangat tersakiti. Berhentilah berperilaku demikian dan segeralah melakukan CUT terhadap jenis hubungan yang seperti itu. Kemudian bangunlah hubungan-hubungan baru yang lebih harmonis dan membahagiakan.
  • Beri dirimu penghargaan/hadiah atas pencapaian yang sudah kamu raih: bisa dengan membeli pakaian/sepatu yang kamu sukai, berlibur ke Bali, nge-date bareng mantan (wuih, sadees), hingga pergi berenang di pantai maladewa. Intinya, hargailah dan cintailah dirimu sendiri.
  • Lakukan olahraga rutin: Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat memicu keluarnya hormon dopamin yang membuat seseorang merasa bahagia. Artinya semakin rutin kamu berolahraga maka semakin sering pula kamu merasa bahagia dan menikmati hidupmu.
  • Cicipi ragam hidangan enak yang kamu sukai: Salah satu cara mudah menikmati hidup ini adalah dengan pergi menyantap berbagai jenis makanan yang kamu suka atau yang selama ini telah begitu kamu idam-idamkan untuk dinikmati. Ajaklah keluarga, saudara, kerabat atau beberapa teman dekatmu untuk pergi menyantap makanan bersama-sama. Percayalah, setiap kali kamu bisa menyantap hidangan yang kamu favoritkan, kamu akan merasa bahagia. Sebab pada dasarnya, makan dapat membuat orang bahagia.
  • Nikmati menjadi diri sendiri: Melakukan segala hal dan aktivitas yang kamu suka, berani bersikap aneh, dan tampil beda sesuai dengan karakter kamu sendiri pastinya akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan nyaman dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Untuk itu, nikmatilah menjadi diri sendiri.

3. Persiapkan masa depanmu

persiapkan masa depanmu - cara menikmati hidup

Masa depan memang tidak baik bila terlalu dikhawatirkan hingga membuat kita paranoid dan takut menghadapinya. Namun, masa depan tetaplah harus kita persiapkan dari sekarang. Karena jika tidak, kedepannya, kualitas kehidupan kita akan menjadi sangat rentan. Bisa-bisa di masa depan kita berakhir miskin, gagal, tidak punya pekerjaan, dan sebagainya. Jika sudah demikian, maka bagaimana cara kita bisa menikmati hidup ini?

Baca juga: Apa itu Mental Gratisan? Dan Kenapa Selalu Ada Orang Seperti itu?

Oke. memang ada sih beberapa yang bisa, cuman jika keadaan terus menerus seperti itu ya repot juga. Rasanya mustahil bisa terus menikmati keadaan seperti itu.

Oleh karenanya, masa depan juga perlu untuk diperhatikan. Perlu dipersiapkan dengan baik. Dengan matang. Supaya, harapannya, kita akan bisa terus menikmati hidup ini dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya dalam tempo waktu yang sebentar saja. Nah, di bawah ini dijelaskan beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan masa depan yang gemilang sambil menikmati hidup ini.

  • Ikuti passion kamu: Cobalah mencari tahu apa hasrat (passion) kamu dalam hidup ini, lalu identifikasi apakah passion tersebut bisa menghasilkan secara ekonomi atau tidak. Jika iya, maka teruskanlah. Sebab apa sih yang lebih baik daripada fakta bahwa kamu dibayar karena melakukan sesuatu yang kamu sukai?
  • Bekerjalah: sejumlah studi dan penelitian menunjukkan bahwa bekerja dapat membuat seseorang menjadi bahagia dan tersembuh dari berbagai macam penyakit. Jadi, jika kamu ingin menjalani hidup ini dengan bahagia, maka senantiasalah bekerja. Jangan nganggur.
  • Miliki rencana: Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai rencana. Namun, itu bukanlah alasan bagi kamu untuk tidak membuatnya. Bahkan, justru sebaliknya, buatlah rencana! Buatlah daftar hal-hal yang ingin kamu lakukan di dunia ini dan tuliskan bagaimana cara dan strategi konkret untuk mencapainya. Dengan adanya rencana, kamu akan menjadi tahu apa yang harus kamu lakukan dan terhindar dari situasi linglung dan kebingungan yang mana dapat menyurutkan tingkat kebahagiaan kamu sendiri.
  • Cintai pekerjaanmu: Terimalah, tidak semua orang dapat bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang disukainya. Namun, jangan biarkan itu menjadi alasan bagi kamu untuk bersedih dan merasa tidak rela dengan kenyataan yang kamu jalani. Sebaliknya, jalanilah saja pekerjaanmu yang sekarang ini dengan senang hati. Cintailah pekerjaan itu.

Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do

Steve Jobs
  • Fokus pada tujuan: memiliki tujuan yang jelas dalam hidup serta fokus dalam mewujudkannya merupakan salah satu cara menikmati hidup yang juga bisa kamu tempuh. Dengan fokus pada tujuan, kamu akan terhindar dari hal-hal yang tidak penting, yang hanya menyita perhatian dan membuat urusanmu menjadi semakin lebih rumit saja. Alhasil, kebahagiaanmu pun berkurang.

4. Bermasyarakatlah

bermasyarakatlah - cara menikmati hidup

Manusia adalah makhlul sosial. Artinya, dalam proses menjalani kehidupan ini, kita pasti akan senantiasa membutuhkan peran dari orang lain agar sesuatu bisa berjalan lancar dan ringan. Termasuk agar kita bisa lebih menikmati hidup ini. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menikmati hidup dengan menjadi individu yang lebih bermasyarakat atau dalam istilah demokrasinya disebut ‘merakyat’.

  • Membantu sesama: Menawarkan bantuan kepada orang lain, memberikan pertolongan, hingga melakukan aktivitas berbagi kepada mereka yang miskin, yatim piatu, dan yang lagi menjadi korban bencana alam dapat menimbulkan perasaaan bahagia tersendiri dalam hati kamu. Kamu akan merasa hidupmu berguna, bermanfaat buat orang lain, dan akhirnya akan membuat kamu jadi orang yang sering tersenyum dan lebih menikmati hidup ini.
  • Banyak-banyak bersilaturrahim (networking): Tidak akan bisa seseorang menikmati hidup ini bila ia hanya sendirian dan mengurung dirinya dari dunia luar (jarang berinteraksi dengan orang disekitarnya). Bukannya bahagia, orang seperti ini justru akan cenderung mengalami depresi dan hilang motivasi hidup. Maka, janganlah kamu ikut-ikutan menjadi model individu yang seperti itu. Sering-seringlah berinteraksi dengan orang lain. Sapalah teman, saudara, keluarga, kerabat kamu, bahkan orang asing yang kamu temui dengan wajah yang santun dan ramah. Bercanda dan berbicaralah dengan mereka. Bahaslah topik-topik yang kalian sukai. Tersenyum dan tertawalah bersama dengan mereka yang kamu sayangi. Niscaya kamu akan berkata “Ohh, Tuhan, betapa nikmatnya hidup ini”

5. Bersyukur

bersyukur - cara menikmati hidup

Terakhir, cara yang paling simpel dalam meraih kedamaian, ketenangan hati dan pikiran adalah dengan senantiasa bersyukur atas segala nikmat kesehatan, rezeki, pengetahuan, dan pengalaman yang kamu miliki. Hindari membanding-bandingkan dirimu dengan kelebihan yang ada pada orang lain. Merasa cukup dan bersyukurlah dengan segala hal yang kamu terima. Niscaya kamu akan jadi lebih ‘adem’ dalam menjalani hidup ini.

Baca juga: 6 + 1 Cara Melatih Kesabaran dalam Menjalani Segala Situasi Kehidupan


Demikianlah tadi penjelasan mengenai cara menikmati hidup melalui 5 langkah sederhana. Ingatlah bahwa hidup adalah pilihan, maka pilihlah untuk berbahagia, damai, dan tenang.

Author

I write, therefore I Am | Blog ini saya gunakan untuk menulis tentang opini, pengalaman, maupun tips2 yang berkaitan dengan topik finansial dan blogging. Buat kamu yang ingin bertanya (request artikel), silahkan langsung melalui halaman Ask ME . Sosial media: Twitter | Instagram Business inquiries: Kontak

1 Comment

Write A Comment