Terakhir diperbarui: Juni 2020

Saat ini permintaan akan penulis lepas atau freelance writer terbilang cukup tinggi, baik dari individu maupun perusahaan.

Sebagai salah seorang yang memiliki pengalaman bekerja sebagai penulis lepas, kali ini saya akan memberikan sejumlah tips tentang bagaimana cara menjadi penulis lepas yang dibayar hingga jutaan rupiah berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Just fyi, saat artikel ini ditulis, saya bekerja sebagai penulis lepas di beberapa perusahaan startup dengan deskripsi pekerjaan berbeda-beda. Sehingga, bisa dibilang saya cukup kredibel untuk menulis artikel ini.

Apa itu penulis lepas atau freelance writer?

Penulis lepas adalah seseorang yang dibayar untuk menyediakan konten dalam bentuk artikel pada situs blog individu atau perusahaan tertentu.

Keuntungan menjadi penulis lepas

Ada enam keuntungan menjadi penulis lepas, yaitu:

  • Fleksibel

Artinya, kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja selama proyek artikel yang dikerjakan selesai sesuai deadline, serta memenuhi ekspektasi klien.

  • Bisa jadi pekerjaan sampingan

Kalau kamu butuh tambahan duit untuk kebutuhan sehari-hari, bisa nih melirik profesi penulis lepas sambil tetap mempertahankan pekerjaan utama kamu.

  • Bisa jadi pekerjaan utama juga

Kalau emang klien-nya banyak dan bayarannya juga sesuai,  mengapa tidak? Hanya saja, jangan lupa untuk terus mengembangkan diri, berinvestasi, dan mengelola keuangan dengan baik agar suatu saat pekerjaannya bisa naik level atau malah bisa jadi orang yang membuka lapangan pekerjaan untuk orang banyak. 

Jangan sampai terjebak dalam rat race.

  • Dapat bayaran yang lumayan

Kalau masih ada yang bilang penghasilan freelance writer itu kecil, yaa kemungkinan besar mainnya kurang jauh.

Intinya, itu ada di strategi, menjalin hubungan baik, dan yang paling penting faktor keberuntungan

  • Bisa bekerja untuk banyak klien

Keuntungan menjadi online freelance writer adalah kamu bebas bekerja untuk beberapa klien. Tidak ada ikatan kontrak sama sekali.

Jadi, silakan saja bila kamu ingin menerima banyak proyek dari beberapa klien. Yang penting jangan berlebihan aja. Karena bisa stress.

Trus, duit yang didapat malah dipake mabok, foya-foya untuk ngilangin stress. Habis duit. Kerja lagi, stress, foya-foya lagi, begitu seterusnya seperti lingkaran setan.

  • Bebas memilih proyek yang akan dikerjakan

Misalnya, klien menyuruh kamu menulis artikel tentang teknologi. Tapi kamu merasa kurang suka menulis artikel dengan tema ini, maka kamu bebas untuk menolaknya.

Lain ceritanya kalau kamu kerja sebagai penulis tetap di perusahaan. Apa yang bos bilang, harus dikerjain. Mau nolak, susah. Takut dipecat.

Macam penulis lepas

Menurut pandangan saya pribadi, ada empat macam penulis lepas dengan deskripsi pekerjaan berbeda-beda, yakni:

  • Content writer, tugasnya menulis artikel informatif sesuai brief dari klien. Contoh, artikel tutorial, informasi, pengertian tentang sesuatu hal, dan lain-lain.
  • Copywriter, tugasnya menulis artikel dengan call to action yang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan tindakan tertentu. Bisa itu membeli produk/jasa, berlangganan email, download ebook, dan lain sebagainya.
  • SEO writer, tugasnya menulis artikel yang tidak hanya bermanfaat bagi pembaca namun juga teroptimasi dengan baik untuk mesin pencari. Sehingga artikel yang dibuat bisa bersaing dan masuk di halaman pertama mesin pencari, seperti Google.
  • All-in-one writer, ini jenis penulis lepas yang bisa semuanya. Haha
macam penulis lepas - cara menjadi penulis lepas

Dari segi bayaran, umumnya seorang Copywriter dihargai lebih mahal dibanding Content writer ataupun SEO writer.

Oh ya, beda antara Content Writer dan SEO Writer adalah content writer bisa menulis tentang topik apa saja tanpa mementingkan SEO.

Sedangkan, SEO writer tidak dibebaskan menulis sembarang topik, melainkan harus didahului riset keyword terlebih dulu dan artikelnya pun wajib teroptimasi SEO dengan baik.

Syarat menjadi penulis lepas

Punya skill menulis yang baik.

That’s it.

Bagaimana cara mengetahuinya?  Tbh, Saya tidak tahu.

Namun, sederhananya, kualitas tulisan kamu bisa dibilang baik apabila ada orang yang tertarik menyewa kamu sebagai penulis lepas.

Tapi, ini tidak berarti tulisan kamu jelek yaa sekalipun gak ada orang yang menggunakan jasa menulis artikel dari kamu.

I mean, I don’t know how to explain it right.

Makanya, saya tadi bilang saya tidak tahu.

Apakah gelar sarjana diperlukan?

Tidak perlu.

Saya sendiri tidak memiliki gelar sarjana, namun tetap di-hire perusahaan startup.

Pun begitu, tetap aja masih ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan gelar sarjana tertentu (cth: sarjana ilmu komunikasi) agar diterima menjadi penulis di situs mereka, baik lepas maupun tetap.

Berapa potensi penghasilan penulis freelance?

Bisa dibilang lumayan, tergantung dari sepak terjang kamu.

Kalau masih baru memulai, biasanya masih akan dihargai murah per projek artikel. Contoh, dibayar 25 – 50 ribu per artikel 1.000 kata.

Dulu, saya bahkan dibayar jauh lebih rendah lho. Di bawah lima ribu perak ada. …. old days.

Tapi, seiring waktu, tarif saya meningkat secara perlahan sampai sekarang sudah bisa beli beberapa barang bagus dari menulis.    

Langkah menjadi freelance writer profesional

Setidaknya, ada 6 tahap yang perlu kamu lewati untuk menjadi seorang penulis lepas profesional, antara lain:

1. Kuasai 5 skill utama

– Menulis

Seorang penulis lepas profesional sebaiknya tahu tentang:

  • Teknik dasar menulis, terutama ngerti bagaimana cara meramu kalimat sehingga mudah dipahami, sesuai EYD, dan tidak bertele-tele.
  • Menulis dengan berbagai Gaya Penulisan, baik itu gaya santai, semi-formal, ataupun formal.
  • Struktur penulisan, maksudnya artikel dibuat terstruktur, ada poin-poinnya, seperti heading 2, heading 3, sub bab, dan lain-lain. Hindari asal menulis tanpa ada bagian-bagian poin pentingnya karena akan menyulitkan pembaca. 
  • Perbanyak kosa kata, agar hasil tulisan lebih menarik dan bisa dipahami semua kalangan.

– Riset

Sebagai penulis lepas, kamu harus pandai-pandai meriset bahan tulisan. Pasalnya, tidak semua proyek artikel yang diberi klien itu sesuai dengan bidang kita.

Malah seringkali  klien menyuruh kita untuk mengerjakan artikel yang topiknya sama sekali tidak kita pahami.

Contohnya, saya beberapa kali diminta menulis tentang topik kecantikan, make up, perabotan rumah tangga, tempat wisata, kesehatan, dan lain-lain, yang mana bukanlah bidang yang saya sukai apalagi saya kuasai.

Namun berhubung ini pekerjaan, jadi ya saya harus profesional. Sehingga tetap saya lakukan.

Selain riset bahan tulisan, mengetahui cara riset keyword yang potensial untuk dijadikan sebagai topik artikel juga penting bagi seorang freelance writer.

Pasalnya, beberapa klien mungkin saja akan meminta kamu untuk melakukan hal tersebut (meskipun saya belum pernah sih).

Karena itu, kamu pun sebaiknya paham bagaimana cara riset keyword yang benar. Bagaimana caranya? Silakan baca artikel dari kang Taufik berikut ini: Cara Riset Keyword dan Kata Kunci Potensial (Tutorial Lengkap)

Satu hal yang perlu diingat saat klien meminta kamu untuk riset keyword artikel adalah kamu wajib mematok tarif yang lebih tinggi ya guys.

Jangan mau dibayar murah!

– Bahasa Inggris

Tidak semua bahan tulisan bisa kamu peroleh dari blog atau website berbahasa Indonesia.

Ada kalanya, kamu harus mengulik situs-situs berbahasa inggris untuk mendalami suatu topik sebelum menuliskannya dalam artikel bahasa Indonesia.

Karena itu, skill bahasa inggris juga penting. Meskipun gak harus jago banget atau dapet nilai TOEFL minimal 550, dll. Gak perlu!

Yang penting paham sedikit untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan saat kamu melakukan riset bahan tulisan pada artikel-artikel berbahasa inggris.

Tapi, kalau kamu berniat menjadi freelance writer di situs-situs berbahasa inggris, supaya dapat bayaran dollar, maka kamu wajib memiliki kemampuan menulis bahasa inggris yang baik.

Jangan tanya saya soal ini, karena kemampuan menulis bahasa inggris saya masih di bawah rata-rata.

– SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya optimasi website sehingga kontennya dapat muncul di peringkat teratas pada hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

Walau tidak wajib, belajar menulis artikel SEO dapat menjadi nilai plus buat kamu yang tertarik menjadi freelance writer.

Adapun beberapa ilmu SEO yang perlu kamu pelajari, seperti penempatan keyword di artikel, penggunaan LSI keywords, dan Alt Teks pada gambar yang disematkan di artikel.

– Copywriting

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Copywriting adalah teknik menulis artikel yang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. Bisa itu membeli produk/jasa, berlangganan email, ikut webinar, dan lain sebagainya.

Sama seperti SEO, memiliki kemampuan Copywriting juga dapat menjadi nilai plus buat kamu.

Untuk membantu kamu belajar tentang Copywriting, berikut ini adalah dua kursus Copywriting yang pernah saya ikuti dan rekomendasikan untuk kamu:

  1. The Complete Copywriting Course: Write to Sell Like a Pro via Udemy
  2. Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan via Skill Academy

2. Tentukan berapa tarif jasa kamu

Kalau masih pemula, sebaiknya mulai dari harga yang murah dulu, misalnya Rp25.000 per artikel 1.000  kata. Atau kamu bisa googling aja berapa standar harga untuk jasa menulis artikel bahasa Indonesia saat ini.

Nanti kamu ikut menyesuaikan saja dengan standar harga tersebut.

Perlahan, seiring dengan banyaknya pengalaman dan portofolio kamu, kamu bisa kok mulai menaikkan harganya.

Pelan tapi pasti.

Yang penting adalah jangan mau dibayar murah terus menerus! Prinsipnya, tarif meningkat sesuai pengalaman kerja.

Satu hal lagi, jangan lupa siapkan rekening bank pribadi untuk menerima pembayaran honor tulisan.

Hindari menggunakan rekening orang lain, karena merepotkan.

3. Bangun Portfolio

Kunci untuk menjadi penulis lepas profesional dengan bayaran yang lumayan terletak pada portofolio.

Idealnya, semakin banyak portofolio kamu, maka semakin tinggi bayarannya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua portofolio menulis itu sama nilainya.

Menulis di beberapa blog atau website biasa mungkin tidak akan memberikan nilai tambah yang seberapa pada portofolio menulis kamu. Sebaliknya, memiliki satu atau beberapa portfolio menulis di situs besar saya percaya akan memberi kamu nilai tambah yang tinggi.

Karena itu, usahakan cari pengalaman menulis di website-website besar untuk berbagai kategori.

Misalnya, untuk kategori situs media dan berita, cari peluang menulis di Detik.com, Liputan 6, Kompas, dll. Kalau e-commerce, bisa di blog Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll.

Kalau traveling, di blog Traveloka, Pegipegi, Tiket.com, dll. Sementara kalau di bidang kesehatan, bisa pengalaman menulis di blog atau aplikasi Alodokter, Hellosehat, Good Doctor, dll.

Intinya, sebisa mungkin dapatkan pengalaman menulis di situs-situs besar karena ini akan sangat membantu karir kamu sebagai freelance writer ke depannya.

Saya sendiri baru bisa mendapatkan bayaran per artikel yang lumayan setelah resmi bergabung menjadi freelance writer di Shopback Indonesia.

Dari situ, kemudian saya dapat koneksi, sehingga bisa bergabung menjadi penulis freelance di Good Doctor Technology Indonesia dengan bayaran per artikel yang lebih tinggi lagi.

4. Buat blog/website sebagai Portofolio

Tidak perlu sewa hosting yang mahal-mahal. Cukup mulai dengan menggunakan platform hosting gratisan seperti blogger.com (blogspot) atau wordpress.com (disarankan wordpress.com)

Kemudian, beli nama domain supaya kelihatan lebih profesional. Kamu bisa membeli nama domain di berbagai perusahaan hosting terpercaya, baik di luar negeri atau di Indonesia.

Kalau saya sendiri belinya di Dewaweb sekaligus dengan paket hosting. Kalau ada yang lebih murah, silakan kamu beli di tempat lain. Misalnya, di Niagahoster.

Nanti setelah karir menulis kamu perlahan mengalami kemajuan, kamu bisa mulai meng-update situs blog kamu menjadi situs wordpress self­-hosted seperti zaipad.com dengan ikut juga membeli paket hosting alih-alih hanya membeli domain.

Tujuannya apa?

Let’s face it. Karir sebagai penulis lepas itu sama seperti ombak di laut. Pasang surut. Kadangkala, bisa banyak proyek. Tapi, tidak jarang juga sepi kayak kuburan.

Nah, untuk mengakalinya, kamu bisa nyambi menjadi seorang blogger dengan menulis artikel secara rutin mengenai topik yang kamu sukai. Bisa itu tentang travelling, review buku favorit, drama korea, finansial, berbagai resep makanan, dan lain sebagainya. 

Seiring waktu, blog yang kamu buat tersebut bisa dipasangi Google Adsense, diikutkan program affiliate marketing, hingga membuka peluang kerjasama dengan berbagai brand untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Belakangan, saya menerapkan strategi ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai penulis lepas. Dan strategi ini lumayan bekerja untuk saya.

Anyway, kamu tidak perlu mengikuti strategi sama persis seperti apa yang saya lakukan di atas yaa. Artinya, kalau kamu punya cara lain yang mungkin menurut kamu lebih menguntungkan, silakan pakai cara kamu saja.

Ingin buat blog/website untuk portofolio penulisan tapi tidak punya modal?

Tidak apa-apa.

Kamu bisa memanfaatkan situs seperti medium.com untuk menampung portofolio tulisan-tulisan kamu.

5. Daftar dan tawarkan jasa menulis kamu di berbagai situs Freelance

Contohnya kalau di luar negeri, bisa bergabung di situs:

Sementara kalau di dalam negeri, bisa bergabung di situs:

Saat menawarkan jasa di situs marketplace freelance, pastikan kamu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Tulis biografi dirimu dengan baik, termasuk latar belakang pendidikan dan pengalaman kamu di dunia penulisan
  • Sematkan link ke situs pribadi kamu atau ke laman medium.com milikmu supaya potensial klien bisa langsung melihat beberapa portofolio tulisan kamu.
  • Saat melakukan bid , tawarkan harga jasa menulis yang rasional sesuai dengan skill dan pengalaman kamu di dunia penulisan. Hindari mematok tarif jasa yang tinggi saat baru memulai. Sebaliknya, jangan juga memasang tarif yang murah apabila kamu memang sudah cukup berpengalaman.
  • Deskripsikan layanan kamu secara detail. Misalnya, artikel original, 100% lolos cek plagiarisme, gambar bebas copyright, gratis revisi sekian kali, tepat waktu, dan lain-lain
  • Bersikap ramah dan gunakan bahasa yang sopan saat berbicara dengan potensial klien
  • Selalu selesaikan projek artikel tepat pada waktunya, atau lebih baik lagi sebelum deadline
  • Bersikaplah terbuka dengan klien dengan selalu mengomunikasikan apabila terdapat kendala saat mengerjakan proyek artikel atau artikel tidak bisa selesai tepat waktu karena satu dan lain hal

6. Perbanyak koneksi

Dalam bisnis & pekerjaan, koneksi yang luas akan mendatangkan banyak rezeki. Karena itu, perbanyaklah koneksimu mulai dari sekarang. Baik dengan sesama penulis lepas, para headhunter, potensial klien, hingga siapapun itu.

Jika kamu belum memiliki akun LinkedIn, sebaiknya buat terlebih dulu. Karena umumnya dari sinilah tawaran pekerjaan itu datang. Dan dengan bayaran yang masuk akal.

Hal ini berbeda dengan kebanyakan situs freelance Indonesia yang lebih sering tidak menghargai jasa seorang freelance writer. Emang sih dibayar, but mostly it’s cheap.

Bangun portofolio di situs yang terbukti membayar penulisnya

Bagi pemula, mengumpulkan portofolio tulisan untuk pertama kali bisa jadi proses yang amat melelahkan plus tidak dibayar alias unpaid work.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bangun portofolio kamu dengan menulis di berbagai situs yang terbukti membayar penulisnya.

Memang sih capek pasti ada, namun setidaknya kamu masih akan mendapatkan bayaran untuk setiap tulisan kamu yang berhasil terbit di situs tersebut.

Hingga saat ini, saya menemukan ada 5 situs di Indonesia yang terbukti membayar penulisnya, yaitu:

  1. IDNTimes.com – bayaran tergantung view artikel dan poin yang berhasil dikumpulkan
  2. Mojok.co – honornya gede. Kalau tidak salah Rp300ribu per tulisan. Tapi lumayan sulit untuk bisa lolos review
  3. Basabasi.co – sama seperti Mojok, honor per tulisan di situs Basabasi.co juga lumayan gede dan bervariasi tergantung kategori tulisan
  4. Nulis.co.id – bayaran tergantung jumlah klik iklan yang tertanam dalam setiap tulisan yang berhasil terbit di situs nulis.co.id
  5. UC News – penghasilan yang diperoleh berdasarkan bagi hasil tayangan dan klik iklan yang tercantum pada setiap tulisanmu yang berhasil terbit di situs UC News

Pengalaman pribadi saya saat merintis karir sebagai penulis lepas hingga di-hire perusahaan startup

Saat ini, saya sedang menulis sebuah e-book singkat yang menceritakan tentang bagaimana pengalaman saya merintis karir hingga menjadi seorang penulis lepas seperti sekarang ini.

Dalam e-book ini, saya akan menulis sejumlah tips dan strategi rahasia yang saya aplikasikan sehingga bisa mendapatkan klien tetap, dan penghasilan rutin setiap bulannya.  

Jika kamu tertarik, masukkan nama dan alamat e-mail kamu di bawah ini, agar saya bisa langsung mengabari kamu ketika e-booknya selesai.

Mau saya kabari kapan E-booknya selesai? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
YES, PLEASE !
No spam. Unsubscribe kapan saja.

P.S. E-book ini berbayar dan rencananya akan saya jual murah di harga Rp25.000 saja.

FAQ

1. Apakah menjadi freelance writer adalah pilihan karir yang menjanjikan?

Bisa iya, bisa tidak. Tergantung siapa klien kamu, berapa bayarannya, dan apakah ia rutin memberikan proyek atau tidak.

2. Apakah ada kekurangan menjadi penulis lepas?

Tentu saja ada. Contohnya, kalau lagi banyak proyek, tidur bisa jadi tidak beraturan. Stress juga umum terjadi saat mengalami writer’s block atau ketika dituntut untuk menulis artikel dengan tema yang tidak kita kuasai. Penghasilan tidak menentu.

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, menjadi penulis lepas mungkin bukanlah pilihan karir yang tepat. Namun, jika ditekuni, profesi ini bisa saja menghasilkan lebih banyak uang daripada pekerjaan utama kamu.

Apabila keadaan lagi susah, atau kamu belum memiliki pekerjaan tetap, tidak ada salahnya mencoba peruntungan menjadi freelance writer. Siapa tahu dari sini kamu bisa mengumpulkan cukup modal untuk dipakai mengembangkan diri, buka usaha, ataupun disisihkan sebagian untuk berinvestasi.  

Author

I'm currently working as a Freelance Content Writer, Copywriter, and SEO Writer for various companies, like Shopback Indonesia and Good Doctor Technology. I also am an investor (small one) who like to share my personal view and experience about investing and making money. Want to use my service or collaborate? Please, visit here

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Mau saya kabari kapan E-booknya selesai? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
YES, PLEASE !
No spam. Unsubscribe kapan saja.