Artikel ini merupakan jawaban atas pertanyaan dari salah satu pembaca blog Zaipad. Punya pertanyaan? submit pertanyaan kamu di laman ask me anything.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebelumnya, saya ingin menyampaikan bahwa saya mungkin bukanlah orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini. Sebab saya bukanlah seorang translator, tidak pernah bekerja sebagai translator, apalagi menjadi translator yang berpenghasilan dari internet.

Walau begitu, saya akan tetap mencoba menjawab pertanyaan ini berdasarkan pengalaman saya yang kebetulan bisa berpenghasilan dari internet karena menjalani profesi sebagai seorang content writer.

So, here it goes.

Pahami cara kerja di Internet

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai mencari penghasilan dari internet, kamu harus tahu dulu fakta bahwa mendapatkan penghasilan dari internetitu tidaklah mudah.

Hal ini karena pertama, saingannya banyak. (lihat saja situs freelancer.co.id, sribulancer.com, projects.co.id, upwork.com, dan lain-lain.)

kedua, pendapatan yang diperoleh umumnya tidak tetap. (kadang satu bulan pendapatannya bisa banyak, sedangkan di bulan lain sedikit, sangat sedikit, atau bahkan tidak ada pemasukan sama sekali.)

ketiga, kamu harus jadi orang yang beruntung untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.  (sebagai seorang penulis konten, tidak jarang lho saya melihat ada teman-teman saya seprofesi yang memiliki skill jauh di atas saya, tapi hanya mendapat bayaran yang lebih rendah. Bahkan, terkadang tidak manusiawi. Jadi, bagaimanapun faktor *luck* itu tetap ada.)

terakhir, harus mau bekerja keras. (jangan pernah berpikir kalau mendapatkan penghasilan dari internet itu mudah ya guys. It also takes hard work and dedication. Ya kurang lebih sama seperti jenis pekerjaan lainnya.)

Mendapatkan penghasilan dari internet itu baru bisa dibilang mudah ketika kamu sudah cukup populer (jadi influencer ternama) atau saat kamu sudah memiliki bisnis online yang sudah tersistem dengan baik, dengan profit yang banyak dan juga rutin.

Perlu dicatat bahwa saya mengatakan ini semua bukan untuk men-discourage atau menghilangkan semangat kamu untuk mencari penghasilan di internet. No!

Justru sebaliknya, saya mengatakan ini semua supaya kamu paham bagaimana medan yang akan kamu lalui nanti ketika mulai mencoba peruntungan untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya.

Selain itu, pernyataan saya ini juga bisa kamu jadikan sebagai penyeimbang atas informasi-informasi hoax di luar sana yang mengklaim bahwa mencari uang di internet itu mudah.

Logikanya, kalau memang mudah, kenapa sih hanya sebagian kecil saja yang berhasil?

Got it?

Sekarang, mari kita lanjut ke inti dari artikel kali ini…

Cara menjadi translator yang berpenghasilan dari internet

Sama halnya dengan content writer, menjadi translator yang berpenghasilan dari internet umumnya juga tergolong sebagai salah satu jenis pekerjaan lepas atau freelance.

Oleh karena itu, kuncinya pun hanya satu, yaitu portofolio.

Semakin banyak dan berkualitas portofolio hasil kerja translation yang kamu miliki, maka akan semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Utamanya, dari hasil kerja kamu menerjemahkan tulisan/artikel/dokumen tertentu.

Jadi, berikut ini beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi translator berpenghasilan dari internet.

1. Buat dan perbanyak portofolio

Meskipun tidak selalu, tapi umumnya sebagian besar orang akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan freelance yang pertama tanpa memiliki sebuah portofolio.

Jadi, kalau kamu ingin menjadi translator yang berpenghasilan dari internet, maka kamu juga harus memiliki portfolio terlebih dulu.

Caranya, mulai dengan menerjemahkan sesuatu secara gratis. Misalnya, kamu bisa menerjemahkan artikel-artikel dari situs luar negeri, subtitle film, dan naskah berbahasa asing ke dalam bahasa Indonesia, kemudian posting di blog pribadi kamu sebagai portofolio.

Atau, kamu juga bisa menerjemahkan pertanyaan dan jawaban berbahasa asing yang terdapat di Quora ke dalam bahasa Indonesia. Nantinya, koleksi terjemahan kamu yang ada di quora juga akan bertindak sebagai portofolio yang dapat diandalkan untuk menarik calon klien.

Pada langkah pertama ini kamu mungkin tidak akan menerima bayaran sama sekali. Tetapi, hal ini bukanlah masalah. Karena yang terpenting adalah kamu bisa mendapatkan portofolio.

Setelah itu, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya, yakni….

2. Daftar di satu atau beberapa situs freelancer

Misalnya:

  • Projects.co.id
  • Sribulancer.com
  • Freelancer.co.id
  • Upwork.com
  • dll

3. Mulai dari tarif rendah, tapi jangan kerendahan

Karena kamu masih awal, sebaiknya mulai dari memasang tarif jasa penerjemahan yang lebih murah untuk menarik klien.

Tetapi jangan juga memasang harga terlalu murah karena akan merugikan kamu (sudah capek2 kerja, tapi bayarannya cuman segini) atau bahkan merusak harga pasar.

Dulu, awal saya memulai karir sebagai penulis lepas, saya hanya mendapatkan bayaran per artikel bahasa Indonesia senilai 0 rupiah. Setelah itu, berkembang menjadi ratusan perak per artikel, lalu berkembang lagi menjadi ribuan dan puluhan ribu rupiah per artikel, sampai terakhir menjadi ratusan ribu rupiah per artikel. (ini terjadi dalam kurun waktu 1-2 tahun)

Baca juga: Cara menjadi penulis lepas profesional: 6 langkah terbukti berdasarkan pengalaman pribadi

Ini adalah penghasilan saya waktu menulis di Shopback dulu. Perhatikan ada satu artikel dimana saya hanya dibayar Rp645 perak saja. Padahal tulisan saya itu mencapai 500-800 kata lho.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi, bersabarlah!

Tapi ingat bahwa faktor koneksi dan keberuntungan juga sangat berpengaruh.

4. Bersikap profesional dan jangan mengecewakan klien

Kalau kerjamu bagus, peluang ke depan akan semakin banyak. Ini adalah logika yang semua orang tahu.

Jadi, selalu bersikap profesional dan jangan pernah mengecewakan klien.

Buatlah kualitas terjemahan yang baik. Kerjakan proyek tepat pada waktunya. Selalu.

Kalau memang kamu tidak bisa memenuhi deadline, sebaiknya jangan bilang kamu bisa. Sebab ini hanya akan merusak kepercayaan dari klien, menyebabkan stress, burnout dan meningkatkan risiko kamu terkena berbagai penyakit.

5. Bikin Akun LinkedIn

Terakhir, kalau kamu sudah memiliki cukup banyak portofolio dan sudah pernah atau bahkan sering mendapat pekerjaan dari klien tertentu, maka sangat disarankan kamu untuk membuat akun Linkedin.

Tulis bio kamu di Linkedin secara profesional, upload foto yang rapi, masukkan riwayat pengalaman kerjamu, dan lampirkan pula sejumlah portofolio hasil terjemahan kamu di Linkedin.

Linkedin adalah tempatnya para profesional berkumpul. Juga menjadi tempatnya para business owner, CEO, dan HRD mencari talent-talent yang berpotensi. Bisa jadi itu kamu.

Jadi, jangan sia-siakan.

Apakah saya punya akun Linkedin ? Belum sih, tapi dalam waktu dekat ini, akan segera saya buat. Rencananya.     

Kesimpulan

Cara menjadi translator yang bisa berpenghasilan dari internet itu bisa dibilang susah-susah gampang. Susahnya itu saat di awal-awal mencari klien. Sedangkan gampangnya itu ketika kamu sudah pernah mendapat klien dan memiliki portofolio.

Karena klien yang sudah pernah menggunakan jasa kamu, kemungkinan besar akan pesan lagi atau repeat order. Tentunya, ini bertujuan untuk menghemat biaya dan waktu yang dikeluarkan.

Daripada cari translator yang baru lagi, mendingan pesan di kamu saja. Lebih hemat waktu juga lebih hemat kuota internet.

Kunci untuk menjadi translator yang bisa berpenghasilan dari internet adalah portofolio portofolio dan portofolio.  

Setelah itu, faktor koneksi dan keberuntungan.

Demikian.

Semoga menjawab pertanyaan.

Punya pertanyaan? submit pertanyaan kamu di laman Ask Me Anything.

Author

Don't work for money. Instead, let your money work for you. Just sayin..

2 Comments

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Subscribe ke Blog Zaipad

Agar kamu selalu mendapat update terbaru dari blog saya dan info menarik lainnya
Subscribe
Zaipad menjamin 100% kerahasiaan data pribadi kamu. Cek kebijakan privasi
close-link