Kehadiran internet tak bisa dipungkiri telah memberikan banyak sekali perubahan dalam hidup manusia. Mulai dari bagaimana cara kita berinteraksi hingga munculnya beberapa jenis lapangan pekerjaan baru yang sangat menjanjikan. Yang bahkan sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh manusia.

Dulu, paradigmanya, bila seseorang ingin mendapatkan uang, ia mesti menjadi pekerja atau pegawai di sebuah perusahaan, institusi, atau lembaga pemerintahan. Sekarang, dengan hadirnya internet, seseorang bisa menghasilkan uang tanpa harus lagi bekerja 9 jam per hari 5 hari dalam seminggu.

Sebab kini seseorang sudah sangat bisa menghasilkan uang dari rumah atau dari coffee shop saja. Dan bentuk kerjaannya kebanyakan hanyalah mengurus blog, memposting sesuatu di sosial media mereka, membuat video, menulis artikel, dan sebagainya.

Sesuai dengan judul artikel kali ini, maka fokus bahasan saya adalah tentang bagaimana caranya agar kita bisa menulis artikel dan mendapatkan bayaran darinya.

Pengalaman Menulis Artikel Dibayar  Shopback Ratusan Ribu Rupiah

Sebenarnya kali pertama saya mendapatkan uang dari internet bukanlah dari hasil menulis artikel. Melainkan dari hasil menjual tema premium wordpress kepada seseorang. Waktu itu pun saya hanya menerima bayarannya dalam bentuk pulsa Rp. 100 ribu.

Namun, sejauh ini uang yang paling banyak saya terima itu dihasilkan dari kegiatan menulis artikel di Shopback (The Smarter Way). Yang totalnya itu gak seberapa sih, yakni hanya Rp. 880.000.

Berikut bukti screenshootnya:

Selain di Shopback, diam-diam saya juga menulis artikel di Babe dan IDNTimes. Beberapa artikel yang saya tulis juga sudah pernah diterbitkan. Tapi sayang, sampai saat ini saya belum mendapatkan imbalan apa-apa dari kedua media tersebut.

Kalau di Babe, program penulisnya itu keburu ditutup sebelum hasil uang saya mencapai batas minimum penarikan. Menurut saya wajar sih ditutup, karena memang artikel disana semuanya itu Clickbait. Padahal, isinya rata-rata receh dan gak bermanfaat.

Sementara di IDNTimes, total jumlah view artikel saya itu masih kurang. Alasannya mungkin karena kualitas artikel saya yang kurang menarik perhatian pembaca. Walaupun sudah sering saya melakukan promosi, tetap aja sedikit yang klik.

Sementara kalau mengandalkan trafik dari IDNTimes sendiri, itu sulit sekali. Karena hampir setiap menit itu mereka update terus artikelnya. Sehingga artikel saya jadi cepat tertimbun di bawah dan sulit mendapatkan view lagi.

Cara Menulis Artikel Dibayar Ratusan Ribu Rupiah

cara menulis artikel dibayar ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per bulan

Singkatnya, Ada dua cara supaya kita bisa mendapatkan uang ratusan ribu rupiah dari hasil menulis artikel.

Yang pertama adalah mencari seseorang atau perusahaan yang mau membayar untuk artikel kita.

Alasannya jelas.

Dan yang kedua adalah mengikuti aturan main yang diberikan oleh si Client. Misalkan kalau di Shopback, selain pengetahuan dasar dalam menulis artikel yang baik dan memicu rasa penasaran calon pembaca, kita juga mesti tahu bagaimana cara mengoperasikan wordpress dan mengoptimasi SEO dari artikel yang akan kita buat.

Makanya, selama saya menjadi kontributor di Shopback, tidak ada satupun artikel saya yang ditolak. Semuanya diterbitkan walaupun jumlah viewnya tidak seberapa. Lagipula Shopback memang bukan jenis perusahaan media seperti IDNTimes dan Babe yang gencar sekali melakukan promosi artikel.

Jadi, itulah dua cara sederhana agar tulisan artikel kita bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Pastikan bahwa ada perusahaan atau individu yang mau membayar demi sebuah artikel serta ikuti sistem yang diberlakukan oleh si client.

Demikianlah tips dan cara singkat menulis artikel dibayar ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per bulannya. Semoga membantu.

Author

I write, therefore I Am | Blog ini saya gunakan untuk menulis tentang opini, pengalaman, maupun tips2 yang berkaitan dengan topik finansial dan blogging. Buat kamu yang ingin bertanya (request artikel), silahkan langsung melalui halaman Ask ME . Sosial media: Twitter | Instagram Business inquiries: Kontak

4 Comments

  1. Menarik sekali isi artikelnya. Memang sekarang ini asalkan cukup modal untuk bisa menulis artikel yang bagus, relevan dan dibaca banyak orang, sudah bisa dijadikan profesi. 🙂

    • Zai Z Reply

      Iya, bisa sih bang. Cuman bayarannya itu lho, masih minim. Kalau udah jadi penulis tetap bayarannya lumayan, cuman harus benar-benar peras otak karena mesti menuhin deadline.

      Tapi ya udah emang begitulah resiko kalau jadi penulis. Harus tahan banting, sama kayak pekerjaannya abang. Hehe

  2. wah keren. Untuk bisa menulis artikel di media online seperti itu pasti butuh ketekunan dan daya tahan. Boro-boro nulis untuk orang lain, ngisi blog sendiri aja saya masih suka angin-anginan…

    • Zai Z Reply

      Iseng aja sih, mas. Coba-coba. Btw, lagian mas @nunoorange blognya sudah keren dan sering dapet job. Jadi update sesekali aja gpp lah. Hehe

Write A Comment