Artikel ini dibuat berdasarkan pertanyaan dari salah satu pembaca blog Zaipad. Apabila kamu juga ingin bertanya sesuatu kepada saya tentang blogging, investasi, atau berbagai hal lain yang menyangkut bagaimana keseharian saya, pandangan politik, hingga daftar situs/alat yang saya rekomendasikan, kamu pun bisa melakukannya dengan mengunjungi laman ask me anything. Saya akan sangat menanti pertanyaan kamu dan menjawabnya dengan sepenuh hati 🙂

Bagaimana cara mudah mendapatkan backlink berkualitas

Email: “Halo bang Zai, saya gama, pastinya dulu Kakak adalah seorang blogger yang pernah mengawali perjalanan seo yang cukup rumit, saya sekarang ada pada fase tersebut, saya ingin bertanya bagaimana saya bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan cara yang tidak terlalu rumit karena saya adalah seorang pekerja pada sebuah perusahaan swasta sehingga kehidupan saya tidak bisa selalu melakukan optimasi ataupun update suatu konten pada blog saya, selain itu adakah pesan yang bisa Abang berikan kepada saya agar blog saya dapat lebih baik lagi, berikut url blog saya http://penalytics.com/


Berbicara tentang dunia blog, pastinya kita tidak akan lepas dengan yang namanya SEO atau Search Engine Optimization.

Buat kalian yang belum tahu, SEO adalah suatu teknik yang digunakan oleh para pemilik website/blog agar setiap artikel yang terbit di situs mereka bisa muncul di halaman pertama mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, DuckDuckGo, dll), bahkan di peringkat pertama untuk kata kunci tertentu.

Tujuannya, supaya web/blog tersebut bisa dapat traffic yang tinggi.

Sebab semakin tinggi traffic suatu web, maka semakin besar pula potensi penghasilan yang bisa diperoleh.

Traffic web yang tinggi berarti lebih banyak individu yang berpotensi:

1. Mengklik iklan Adsense yang terpasang di blog

2. Membeli produk yang kita rekomendasikan (afiliasi)

3. Membeli atau memesan produk/jasa yang kita jual di situs kita

4. Menarik minat perusahaan/brand untuk bekerjasama (sponsorship/content placement)

5. Dan lain-lain yang intinya bermuara pada CUAN

Ambil contoh, detik.com. Menurut Similarweb, situs berita yang populer di Indonesia ini memiliki pengunjung mulai dari 165 – 235 juta per bulan untuk 6 bulan terakhir.

Artinya dengan estimasi 1% saja dari 165 juta pengunjung per bulan atau 1.650.000 yang mengklik iklan adsense di situs detik.com dengan estimasi nilai 500 rupiah per klik iklan, maka pengasilannya bisa 825.000.000 per bulan.

Artinya, jika hanya ada 1% saja dari 165 juta pengunjung detik.com yang melakukan klik iklan adsense setiap bulannya dengan estimasi nilai BPK (biaya per klik iklan) sebesar 500 perak, detik.com sudah bisa mendapatkan penghasilan senilai Rp825.000.000 per bulan.

Nah, itu baru hitungan kasarnya saja lho dan yang paling rendah menurut saya. Soalnya, kalau dipikir-pikir secara wajar, kemungkinan besar penghasilan detik.com bisa mencapai ratusan milyar per bulan (dari berbagai sumber), dengan puluhan milyar sebagai penghasilan bersih atau net profit

Jadi, itulah alasan kenapa setiap blogger wajib belajar SEO: untuk meningkatkan traffic web, yang harapannya bisa menambah angka net penghasilan yang diperoleh.

SEO dan Backlink

Nah, berbicara tentang SEO, salah satu indikator yang sejak dulu dipercaya memiliki pengaruh lumayan besar dalam menaikkan peringkat situs kita di halaman hasil pencarian (SERP) adalah jumlah backlink yang dimiliki, khususnya backlink berkualitas.

Apa itu backlink? Backlink adalah link atau tautan hidup (tidak menggunakan rel = “nofollow”) yang menuju ke situs web/blog kita, yang berasal dari situs lain.

Misal, jika saya menaruh link ke laman situsfiktif.com, maka ini berarti Situs Fiktif memiliki satu backlink dari saya.

Sebaliknya, jika situs Situs Fiktif menaruh satu backlink ke laman situs Zaipad.com (situs blog saya ini), maka ini berarti  saya mendapatkan satu backlink dari Situs Fiktif.

Tapi ingat, backlink baru bisa dikatakan backlink apabila link atau tautan tersebut merupakan link hidup yang tidak memiliki rel = “nofollow”.

Bagaimana cara mengetahuinya? Well, kamu bisa mengeceknya di laman Small Seo Tools. Link yang bertanda F berarti adalah link Dofollow (bisa meningkatkan peringkat situs kamu), sementara link bertanda NF berarti adalah link Nofollow (tidak bisa meningkatkan peringkat situs kamu).

Berikut ini adalah beberapa contoh backlink yang mengarah ke blog Zaipad:

Bagaimana cara mudah mendapatkan backlink berkualitas
Dok. Pribadi

Meskipun backlink yang sifatnya Dofollow lebih baik dibandingkan dengan backlink Nofollow, namun tidak semua backlink Dofollow adalah backlink yang berkualitas.

Backlink Dofollow hanya bisa dikatakan berkualitas apabila backlink tersebut berasal dari situs yang terpercaya (biasanya ditandai dengan nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang tinggi) serta memiliki topik pembahasan yang relevan dengan blog kita.

Jadi, semisal blog kita lebih banyak membahas tentang travelling, maka kita pun sebaiknya lebih berusaha untuk memperoleh backlink dari situs yang membahas soal travelling juga sehingga dia relevan, dan bukannya mencari backlink dari situs seputar teknologi, kesehatan, apalagi olahraga.

Lantas, kalau begitu, apakah backlink yang didapat dari situs dengan topik pembahasan yang tidak relevan dengan tema blog kita merupakan jenis backlink yang tidak berkualitas?

Well, menurut saya, backlink seperti itu mungkin saja tetap berkualitas, namun cenderung lebih sedikit nilainya bila dibandingkan dengan backlink yang berasal dari situs dengan topik yang relevan. Namun, dengan catatan setiap situs yang mereferensi tautan ke blog kita tersebut adalah situs-situs dengan nilai DA dan PA yang sama.

Sekarang, mari kita kembali ke pertanyaan.

Bagaimana Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas?

Selama menjadi seorang blogger, saya tidak pernah menemukan satu pun cara mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas. Semua cara yang saya tahu dan pernah saya lakukan itu kenyataannya masih perlu memeras pikiran, tenaga, dan menghabiskan waktu yang tidak sedikit.

Kecuali kamu menggunakan jasa SEO dari pihak ketiga dimana kamu harus menyiapkan budget lebih untuk itu, kamu mungkin tidak akan pernah bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa melakukan sesuatu yang rumit.

Sebab SEO itu rumit.

Hari ini aturannya A, besok-besok aturannya bisa jadi B, C, D, E…. 

Kita tidak pernah tahu. Dan semua itu tergantung pada si mesin pencari, yaitu Google atau Bing, Yahoo, dan lain sebagainya.

Ini mungkin terdengar kejam, tapi percayalah, jika kamu ingin mendapatkan backlink berkualitas, maka suka tidak suka kamu harus siap ribet.

Setidaknya sedikit ribet lah, karena emang SEO tidak seribet seperti apa yang kamu bayangkan.

Jika saya hanya punya sedikit waktu (karena tuntutan pekerjaan yang tinggi) untuk digunakan mencari backlink berkualitas yang mengarah ke situs blog saya, maka inilah beberapa kemungkinan cara yang akan saya lakukan, antara lain:

1. Guest Blog

Pertama, saya akan melakukan guest blog, yaitu menulis di blognya orang lain demi imbalan sebuah link aktif (dofollow). Sejauh ini, saya sudah melakukan guest blog ke cukup banyak situs blog untuk mendapatkan link, berikut ini beberapa diantaranya:

Tapi kan saya tidak punya waktu? Oke. Kalau begitu, sewalah orang lain untuk menulis! Kemudian gunakan tulisan tersebut untuk di­­-submit ke blog yang menjadi incaran kamu.

2. Buat Konten Berkualitas

Konten adalah raja.

Konten yang berkualitas dapat menarik backlink berkualitas dengan sendirinya, tanpa perlu kita memintanya.

Saya tidak menyebut semua konten saya berkualitas, tetapi postingan saya tentang apa itu podcast mungkin bisa menjadi contoh konten yang mendatangkan backlink berkualitas (dari situs Good News From Indonesia) tanpa perlu saya mencarinya.

Mengutip kata dari Prof. Cal NewportBe (your content) so good that they can’t ignore you”

Be So Good That They Can’t Ignore You

Cal Newport

3. Beli Backlink

Uang bukanlah segalanya. Tetapi uang hampir bisa membeli segala yang kamu inginkan. Salah satunya backlink berkualitas. Jadi, cobalah tawarkan uang yang cukup kepada pemilik blog yang sedang kamu incar itu, agar mereka mau menyisipkan link ke blog kamu. Kalau jumlahnya sesuai, pastilah mereka akan setuju.

Lagipula, blog itu dibuat untuk mendapatkan cuan. Bukan gaya-gayaan.

Ingat, asap di dapur harus tetap ngebul !!

4. Menjalin Kerjasama dengan Blogger lain

Ini mungkin lebih ke arisan backlink. Dimana antara kamu dan beberapa blogger lainnya membentuk sebuah koalisi untuk mengusung calon presiden pada pilpres 2024  saling memberikan backlink.

Meski banyak yang menganggap cara ini sudah tidak bekerja, namun saya tidak berpikir demikian. Cara ini masih efektif asal dilakukan dengan benar, dengan cara:

  1. Tidak menaruh backlink dari banyak situs sekaligus, ini bisa dianggap spam
  2. Hanya menyisipkan backlink dari atau ke situs dengan topik yang relevan saja
  3. Menyisipkan backlink dengan normal

5. Bangun jaringan dengan blogger lain

Memberikan backlink kepada orang yang sudah dikenal jauh lebih mudah daripada memberikan backlink kepada mereka yang baru saja menghubungimu via email.

Jadi, jika kamu ingin mendapatkan backlink yang berkualitas, cobalah untuk membangun jaringan dengan blogger lain sejak awal.

Banyak-banyakin berkomentar pada postingan blognya para senior. Follow akun sosial media mereka. Ajukan pertanyaan ke mereka, baik lewat mention, direct message, maupun email. Beri mereka backlink secara gratis, lalu beritahukan ke mereka via email. Puji mereka. Like & Retweet postingan mereka.

Give first and you shall receive.

…..And you will receive *backlink*.

Membangun jaringan pertemanan dengan orang (termasuk blogger) lain akan memberi kamu banyak manfaat yang tidak terduga.

Melansir ucapan salah satu mentor saya dulu “Kamu tidak akan pernah tahu dari siapa rezeki kamu akan datang. Jadi, sering-seringlah networking

Apa pesan agar blog Penalytics bisa lebih baik lagi?

Saya tidak yakin apakah saya cukup berkualifikasi untuk memberikan saran. Tetapi jika saya yang mengurus blog Penalytics, maka inilah 5 hal yang akan saya lakukan:

  1. Mempersempit topik yang menjadi fokus bahasan blog ke satu atau beberapa topik saja. Misal, topik tentang keuangan dan travelling. Apakah dengan melakukan ini berarti saya tidak boleh membahas tentang hal lain? Boleh saja, asal frekuensinya tidak sebanyak kedua topik tersebut.
  2. Mengganti jasa hosting yang saya gunakan. Sekarang ini, blog Penalytics loadingnya sangat lambat. Jadi, kemungkinan besar saya akan memindahkan seluruh file wordpress saya ke penyedia layanan hosting lain dari yang saya gunakan saat ini. Dan pilihan saya tentunya jatuh ke Dewaweb sebagai penyedia hosting favorit dan andalan saya selama ini. Kebetulan, blog saya yang satunya lagi, zaipad.com, juga menggunakan layanan hosting dari Dewaweb.
  3. Sewa penulis. Berhubung sekarang ini saya lagi banyak pekerjaaan di kantor, dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk menulis dan mengurus blog, jadi ya lebih baik saya sewa penulis saja. Dengan begini, saya bisa tetap fokus bekerja di kantor sambil melihat blog saya tetap update dan terurus dengan baik.
  4. Guest Post. Saat ini blog saya trafiknya masih sangat sedikit. Sementara jika saya hanya mengandalkan SEO saja, pastilah ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Ah, kenapa saya tidak lakukan guest post saja? Lagipula itu ada si “A” yang bisa saya suruh untuk menulis artikel buat guest blog. Hmmm… such a great idea! Remember, LEVERAGE!
  5. Beriklan di FB Ads. Mesin pencari bukanlah satu-satunya sumber trafik. Kalau saya lagi punya budget berlebih, saya pasti akan mencoba beriklan di FB Ads untuk menarik pengunjung datang ke blog saya. Awalnya, saya akan beriklan dengan budget Rp100 – 200 ribu saja. Kalau hasilnya baik, saya mungkin akan menambah budget-nya lebih banyak lagi.

Demikian.

Semoga artikel ini menjawab pertanyaan.

Apakah kamu punya sesuatu hal yang ingin kamu tanyakan kepada saya? Jika iya, silakan submit pertanyaan kamu di laman Ask Me Anything. Percayalah, kamu tidak pernah tahu jawaban hebat apa yang tersimpan di otak saya.

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

2 Comments

  1. Wah bang zai terima kasih banyak informasinya, saya sangat menikmati penulisan artikel yang bang zai buat dan masukan – masukan positif bisa tersampaikan dengan sangat baik. Insyaallah saya bisa lebih baik lagi, terima kasih banyak

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link