GoTo IPO, Begini Langkah Mudah Pesan Sahamnya via IPOT

Setelah cukup lama dinanti, GoTo akhirnya resmi memulai proses initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan gabungan antara Gojek dan Tokopedia ini memulai masa penawaran awal saham GoTo pada 15 – 21 Maret mendatang dengan kisaran harga Rp316 – Rp346 per lembar saham.

Bagi investor yang ingin membeli saham GoTo di kisaran harga tersebut dapat melakukan pemesanan lewat fitur e-IPO yang tersedia di berbagai aplikasi saham online. Salah satunya di aplikasi IPOT EZ dari PT Indo Premier Sekuritas.

Sekilas tentang GoTo

PT GoTo Gojek Tokopedia atau GoTo Group adalah perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di berbagai lini usaha digital dengan fokus bisnis utama meliputi on-demand services, e-commerce, serta layanan financial technology (fintech).

Sebagai salah satu grup perusahaan teknologi dengan ekosistem digital terdepan di Asia Tenggara, layanan GoTo hingga kini telah digunakan oleh lebih dari 55 juta pengguna, lebih dari 14 juta pedagang, dan lebih dari 2,5 juta pengemudi.

GoTo Group berdiri pada 17 Mei 2021 sebagai hasil gabungan (merger) dari dua perusahaan teknologi Gojek dan Tokopedia. Meskipun belum genap setahun berdiri, GoTo Group memutuskan untuk go public dengan melepas sebanyak-banyaknya 52 miliar saham seri A kepada investor (individual dan institusi) di kisaran harga Rp316 – Rp346 per lembar saham melalui skema initial public offering (IPO) di BEI.

Keseluruhan proses IPO saham GoTo direncanakan bakal berlangsung selama 21 hari, mulai 15 Maret hingga 4 April 2022 dengan indikasi jadwal lengkap sebagai berikut:

  • Masa penawaran awal (bookbuilding) = 15 – 21 Maret 2022
  • Perkiraan tanggal efektif = 25 Maret 2022
  • Perkiraan masa penawaran umum perdana saham = 29 – 31 Maret 2022
  • Perkiraan tanggal penjatahan = 31 Maret 2022
  • Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik = 1 April 2022
  • Perkiraan tanggal pencatatan pada BEI = 4 April 2022

Adapun untuk menyukseskan aksi korporasi ini, GoTo telah menunjuk tiga perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi (underwriter), salah satunya adalah PT Indo Premier Sekuritas.

Prospektus awal saham GOTO IPO
Prospektus awal GoTo

Pesan Saham GoTo di Underwriter (Indo Premier Sekuritas)

Seperti yang umum diketahui, proses jual beli saham hanya bisa dilakukan melalui perusahaan sekuritas resmi yang sudah terdaftar dan berizin OJK.

Proses jual beli saham dapat dilakukan secara online melalui aplikasi trading saham yang disediakan oleh perusahaan sekuritas.

Salah satu contoh perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi trading saham bagi investor adalah PT Indo Premier Sekuritas melalui aplikasi IPOT yang bisa kamu unduh secara gratis di App Store maupun Google Play.

Di aplikasi IPOT, kamu tidak hanya bisa melakukan transaksi jual beli saham emiten yang sudah terdaftar di BEI secara online, tetapi juga melakukan pemesanan saham IPO melalui fitur e-IPO yang tersedia.

Sebagai salah satu official lead underwriter yang ditunjuk langsung oleh GoTo untuk membantu proses IPO decacorn tersebut, memesan saham IPO GoTo lewat aplikasi IPOT pastinya sangat aman.

Selain itu, Indo Premier Sekuritas juga telah memiliki banyak pengalaman dan prestasi sebagai underwriter, hingga tahun 2021 lalu Indo Premier telah membantu mencatatkan 28 saham di Bursa Efek Indonesia dengan total dana terhimpun mencapai Rp18 triliun.

Tidak heran kalau Indo Premier sering mendapat penghargaan internasional sebagai underwriter terbaik untuk saham dan obligasi. Salah satu yang terbaru adalah Indonesia’s Best Securities House 2021 oleh Asiamoney.

Kenapa Pesan Saham IPO di IPOT?

Dibandingkan aplikasi trading saham lain, pesan saham IPO di aplikasi IPOT jauh lebih praktis karena beberapa alasan, diantaranya:

  • Pertama di Indonesia, ekosistem investasi yang terintegrasi dengan website e-IPO
  • Cukup log in pake akun IPOT kamu, tanpa perlu registrasi lagi
  • Gak pake ribet, langsung order kayak kamu beli saham biasa
  • Lengkap udah ada terms dan prospektusnya
  • Bebas edit order kapan saja
  • Bisa auto adjust harga (strike price)

Catatan: Strike price adalah persetujuan penyesuaian harga dan kuantitas pesanan jika harga pesanan kamu berbeda dengan harga final, jadi pesananmu tidak akan di drop jika pesan di bawah harga IPO

Tampilan fitur e-IPO di aplikasi IPOT
Tampilan fitur e-IPO di aplikasi IPOT

3 Langkah Pesan Saham GoTo di Aplikasi IPOT

Bagi kamu yang sudah memiliki akun Indo Premier Sekuritas, memesan saham GoTo di aplikasi IPOT sangatlah mudah karena terdiri dari tiga langkah saja. Berikut ini caranya:

  • Pilih GOTO di menu e-IPO, lalu klik Order
Step 1 pesan saham GoTo via IPOT
  • Masukkan order saham kamu (tentukan berapa jumlah lot saham GoTo yang ingin dibeli dan di harga berapa), lalu checklist ketentuan yang ada
Step 2 pesan saham GoTo via aplikasi IPOT
  • Swipe kanan untuk menyelesaikan proses pemesanan. Order berhasil!
Swipe kanan untuk pesan saham GoTo IPO via aplikasi IPOT
Pemesanan saham GoTo berhasil di aplikasi IPOT

Bagaimana, mudah bukan? Jika masih bingung, kamu bisa menonton video di bawah ini tentang penjelasan cara beli saham IPO di aplikasi IPOT EZ:

Apabila kamu ingin memesan saham GoTo tetapi belum punya akun IPOT, kamu dapat melakukan registrasi terlebih dulu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Download dan install aplikasi IPOT terbaru di Google Play atau App Store
  • Pilih registration, siapkan e-KTP, akun bank pribadi & NPWP (jika ada)
  • Lakukan registrasi dan isi data diri kamu. Semuanya full online!
  • Verifikasi data diri dengan foto selfie dan tanda tangan kamu
  • Pendaftaran berhasil dan akunmu siap digunakan untuk investasi dan beli saham IPO

#GoToIPOgotoIPOT #BeliIPOdiUnderwriter

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar