Cara Verifikasi Paypal dengan Kartu Debit Jenius (Update 2021)

Tulisan ini akan menjelaskan tentang cara verifikasi Paypal dengan Jenius, layanan perbankan digital milik Bank BTPN. Cara ini mudah diikuti dan gratis, serta dapat memverifikasi akun Paypal-mu hingga 5 tahun lamanya.  

Apa itu Paypal?

Paypal adalah perusahaan teknologi finansial (fintech) asal Amerika Serikat yang menyediakan layanan sistem pembayaran online aman dan terpercaya.

Paypal sangat populer di luar negeri karena menjadi salah satu metode pembayaran digital yang paling disukai oleh pelanggan ketika belanja online. Misalnya, di Amazon, eBay, dan lain-lain.

Bukan cuma untuk keperluan belanja online saja, Paypal juga dapat digunakan untuk menerima dana dari pengguna Paypal lain. Misal, ketika kamu bekerja sebagai freelancer di situs luar negeri, kamu dapat menggunakan Paypal untuk menerima pembayaran dengan mudah tanpa potongan.

Keuntungan verifikasi Paypal

Jika sudah mendaftar Paypal, berikutnya kamu perlu memverifikasi akun agar bisa menikmati semua fasilitas Paypal yang tersedia. Contohnya, tarik dana lebih banyak ke bank Pribadi dalam sekali waktu. Selain itu, keuntungan verifikasi Paypal yang lain adalah membuat ekosistem pembayaran di Paypal menjadi lebih aman bagi semua orang (pembeli atau penjual).

3 pilihan metode verifikasi Paypal

Verifikasi Paypal dibutuhkan bila kamu ingin melakukan transfer dana dengan limit yang lebih tinggi lewat Paypal atau melakukan penarikan (withdraw) dana dari akun Paypal ke rekening pribadi.

Resminya, terdapat tiga cara untuk verifikasi akun Paypal, yaitu dengan menggunakan:

  • Kartu kredit
  • Kartu debit
  • VCC (virtual credit card)

Verifikasi dengan kartu kredit sulit karena hanya segilintir orang saja yang punya. Sedangkan verifikasi dengan VCC berarti kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar jasa si pembuat VCC tersebut.

Cara terakhir adalah verifikasi dengan kartu debit. Khususnya kartu debit yang telah berlogo Visa, Mastercard, atau American Express, serta bisa dipakai untuk transaksi online.

Contoh kartu debit yang bisa dipakai untuk verifikasi Paypal adalah kartu debit Jenius BTPN.

Baca juga: 16 Keuntungan Tabungan Jenius BTPN, Digital Banking Terbaik!

Cara verifikasi Paypal dengan Kartu Debit Jenius BTPN

Ingin tahu bagaimana cara verifikasi Paypal dengan Jenius? Simak caranya di bawah ini:

  1. Log in ke akun Paypal kamu
Cara verifikasi Paypal dengan Jenius langkah 1
  1. Pilih menu Setting (icon roda gigi) di bagian kanan atas lalu klik Pengaturan Rekening
Cara verifikasi Paypal dengan Jenius langkah 2
  1. Pada bagian Profil Bisnis, pilih Dana, Bank, dan Kartu
Cara verifikasi Paypal dengan Jenius e-Card langkah 3
  1. Pada bagian Kartu, klik Hubungkan kartu baru
Cara verifikasi Paypal dengan Jenius BTPN langkah 4
  1. Isi formulir dengan informasi kartu debit Jenius yang ingin kamu hubungkan ke Paypal (contoh e-Card Jenius), lalu klik Hubungkan Kartu
Cara verifikasi Paypal dengan kartu e-Card Jenius  langkah 5
  1. Akan muncul pemberitahuan berhasil hubungkan kartu, klik tombol Selesai
Cara verifikasi Paypal dengan kartu debit Jenius langkah 6
  1. Setelah itu kamu akan otomatis diarahkan kembali ke laman Pengaturan Rekening. Lihat pada bagian Kartu, kemudian klik Edit untuk lanjut verifikasi
Cara verifikasi Paypal dengan e-Card Jenius langkah 7
  1. Klik Konfirmasikan kartu Anda
Langkah 8 cara verifikasi Paypal dengan Jenius BTPN
  1. Untuk keperluan verifikasi, pihak Paypal akan menagih rekening Jenius-mu sebesar US $1,95 atau sekitar Rp28.000-an. Jadi sebelum melanjutkan proses ini, sebaiknya pastikan dulu saldo Jenius kamu cukup, khususnya saldo pada kartu debit yang telah dihubungkan tadi, agar proses verifikasi dapat berjalan lancar. Jika sudah siap semuanya, klik Dapatkan Kode
Cara verifikasi Paypal dengan kartu debit Jenius BTPN langkah 9
  1. Klik tombol Selesai yang muncul setelah langkah tadi, lalu pilih Masukkan kode untuk mengonfirmasi kartu
Langkah 10 cara verifikasi Paypal dengan rekening Jenius
  1. Buka aplikasi Jenius, pilih menu Cards -> e-Card -> Transaksi, kemudian cek transaksi terakhir dengan informasi penagih PPxxxxCODE, klik transaksi tersebut

Sebagai contoh, punya saya, info penagihnya adalah PP1146CODE dengan jumlah transaksi sebesar Rp28.906.

Kok kena biaya? Tenang aja, saldo yang dipotong tersebut nantinya juga akan dikembalikan lagi oleh Paypal dalam kurun waktu 1×24 jam.

Cara verifikasi rekening Paypal dengan Jenius BTPN langkah 11
  1. Kembali ke halaman Paypal tadi, masukkan 4 angka yang terdapat pada informasi penagih tersebut. Setelah itu, klik Konfirmasikan
Step 12 - Cara verifikasi rekening Paypal dengan Jenius
  1. Klik tombol Selesai untuk mengakhiri proses verifikasi Paypal dengan Jenius BTPN
Cara verifikasi rekening Paypal dengan Jenius e-Card langkah 13 (terakhir)

FAQ

1. Apa itu Jenius?

Jenius adalah aplikasi perbankan digital dari Bank BTPN yang menawarkan sejumlah keuntungan bagi nasabah. Contoh, buka rekening secara online, gratis transfer antar bank, buku harian keuangan (Moneytory), dan lain-lain.

2. Bisakah verifikasi Paypal dengan kartu debit Jenius selain e-Card?

Bisa, yang penting ada logo Visa-nya. Jadi, andaikan kamu tidak ingin pakai e-Card, kamu masih bisa pakai kartu m-Card atau x-Card Jenius untuk verifikasi Paypal.

3. Apakah verifikasi Paypal dengan kartu e-Card, m-Card, dan x-Card Jenius aman?

Aman-aman saja. Cuma sebaiknya verifikasi Paypal tetap dilakukan dengan kartu e-Card atau x-Card Jenius. Hindari pakai m-Card karena saldo utama kamu tersimpan di sini.

4. Bagaimana cara mengetahui akun Paypal kamu sudah terverifikasi atau belum?

Kesimpulan

Verifikasi Paypal wajib dilakukan bila kamu ingin menikmati semua fasilitas yang tersedia di Paypal. Selain pakai kartu kredit atau VCC, rekening Paypal juga bisa  diverifikasi dengan menggunakan Kartu Debit Jenius sebagaimana yang sudah saya jelaskan pada tutorial di atas.

Akhir kata, semoga informasi cara verifikasi Paypal dengan Jenius e-Card ini bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikutnya.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar