Belakangan ini istilah gaya hidup minimalis menjadi begitu populer di kalangan milenial. Istilah yang lahir dari teori “less is more” kini telah memiliki banyak pengikut di seluruh dunia. Ada yang memahaminya secara moderat dan ada pula yang membawa pemahaman ini hingga ke tingkat yang ekstrem.

Seiring waktu filosofi dari gaya hidup minimalis jelas telah banyak memberikan manfaat bagi banyak penganutnya. Meskipun saya baru berada pada tahap keinginan untuk mempraktekkannya, secara teori, menerapkan gaya hidup minimalis merupakan langkah yang masuk akal untuk diambil pada era seperti sekarang ini.

Mari coba kita bahas lebih jauh kenapa dan apa manfaatnya bagi kita …

Alasan Kenapa Gaya Hidup Minimalis Begitu Penting untuk Diterapkan Saat Ini

Perlu kamu sadari bahwa saat ini kita hidup di era gangguan.

Dimana-mana pasti ada gangguan. Dan ironisnya, bukan lagi gangguan yang datang menghampiri kita, tetapi kitalah yang mengetuk pintu terlebih dahulu.

Internet adalah salah satu contoh dari gangguan yang saya maksud. Perhatikan saja bagaimana perubahan pada budaya masyarakat kita saat sebelum dan sesudah mengenal internet.

Dulu, waktu luang seseorang digunakan untuk mempererat hubungan dengan orang lain.

Kini, jangankan waktu luang, waktu kerja pun digunakan untuk mengakses hal-hal yang tidak penting di internet.

Ya, saya tahu ada sebagian orang yang menggunakan internet untuk mendapatkan penghasilan dan mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik. Tetapi, itu hanya sebagian kecil saja.

Mayoritasnya hilang masuk ke dalam spiral gangguan yang diciptakan oleh internet.

Masalah banyaknya gangguan inilah yang kemudian menjadikan minimalis sebagai gaya hidup yang penting dan tepat untuk diterapkan saat ini.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat apa saja manfaat dari menerapkan gaya hidup minimalis.

Membuat Kamu Fokus

Gaya hidup minimalis

Minimalis diartikan sebagai gaya hidup yang fokus pada hal-hal yang penting atau dibutuhkan saja. Ini berarti semua hal yang kelebihan atau tidak memberikan pengaruh penting bagi hidup seseorang adalah sesuatu yang perlu untuk disingkirkan.

Jika akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain tidak banyak memberikan pengaruh positif bagi kamu, maka nonaktifkanlah akun kamu atau hapus aplikasinya. Dengan begini, pikiran kamu akan jauh lebih fokus saat bekerja karena tidak akan ada lagi dorongan untuk mengecek pemberitahuan terbaru di sosial media.

Hal yang sama berlaku untuk contoh lainnya.

Memberikan Kamu Ruang yang Lebih Banyak

Coba kamu hitung berapa jumlah seluruh pakaian kamu saat ini. Dan perhatikan berapa jumlah baju yang sering kamu gunakan. Kemungkinan besar kamu akan menemukan bahwa kamu menyimpan banyak pakaian yang sudah tidak lagi kamu gunakan.

Jika demikian, apa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari terus menyimpan barang tersebut? Jauh lebih baik bila kamu mendonasikannya kepada orang yang lebih membutuhkan atau menjualnya secara online.

Selain bisa memberikan kamu uang tambahan, menjual barang yang tidak kamu butuhkan juga akan menyisakan lebih banyak ruang untuk digunakan pada hal-hal yang jauh lebih penting.

Menjadi lebih hemat

Gaya hidup minimalis

Salah satu prinsip dari gaya hidup minimalis adalah mengeluarkan uang hanya pada hal-hal yang dibutuhkan. Artinya adalah satu bulan setelah menjalani gaya hidup ini, kamu akan menyadari bahwa kamu sebenarnya tidak perlu mengeluarkan budget yang begitu besar setiap bulannya.

Hasilnya, kamu pun akan hidup jauh lebih hemat.

Uang akan Cenderung Tersalurkan pada Instrumen yang Memberikan Hasil

Tidak perlu dijelaskan lagi. Menjadi hemat pada akhirnya memungkinkan kamu untuk menyalurkan kelebihan uang tersebut pada instrumen yang bisa menghasilkan.

Membeli sawah, tanah, properti, saham, surat berharga, dan logam mulia adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Jauh dari stress

Gaya hidup minimalis

Menjalani gaya hidup minimalis berarti sama dengan menghindari kepemilikan barang yang berlebihan.

Dengan demikian, kamu akan jauh dari stress memikirkan tagihan kartu kredit, rumah, internet, mobil, televisi, mesin cuci, kulkas, dan sejumlah tagihan lain setiap bulannya. Padahal, mungkin saja ada beberapa barang diatas yang tidak begitu sering kamu gunakan.

Kesimpulan

Gaya hidup minimalis apabila diterapkan bisa memberikan kamu sejumlah manfaat berharga. Hanya saja pastikan kamu tidak mengimplementasikan gaya hidup minimalis ini ke arah yang terlalu jauh (ekstrim).

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link