Saham merupakan salah satu pilihan investasi menarik, menguntungkan dan memiliki banyak jenis yang bisa dipilih untuk investasi jangka panjang. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui metode terbaik atas pilihan investasi saham paling aman ini, apalagi untuk para pemula.

Jadi, untuk bisa mendapatkan keuntungan apalagi untuk menginvestasikan modal di dunia saham dalam jangka waktu lama, kita harus memahaminya terlebih dahulu. Berikut penjelasan singkat beserta pilihan investasi saham paling aman.

7 Pilihan Investasi Saham Paling Aman

Untuk memudahkan kita memilih dan mengetahui mana saja jenis saham yang aman digunakan di awal investasi, maka berikut 7 pilihan rekomendasi, yaitu:

1. KRAS

Salah satu tempat investasi saham yang tentunya aman karena dikelola oleh BUMN ini sudah dibuka semenjak tahun 2010. Saham KRAS yang merupakan milik PT. Krakatau Steel Persero Tbk ini, dimiliki oleh pemerintah sebanyak 80% sisanya adalah saham yang bisa dimiliki dan diperjual belikan untuk masyarakat umum.

Harga saham KRAS ini juga tergolong rendah dan terjangkau apalagi untuk para investor pemula. Bahkan, dengan batasan harga saham per lot yang lumayan rendah ini, penjualan saham KRAS juga dinyatakan akan ditingkatkan lagi.

2. BBCA

Pada akhir tahun 2019 silam, BBCA yang merupakan kode saham dari bank BCA memegang kapitalisasi saham paling besar di BEI. Tentu saja kita sudah bisa mengetahui bagaimana perkembangan saham yang satu ini, bukan?

Menginvestasikan modal di perusahaan dengan kapitalisasi saham terbesar akan memberikan keuntungan lebih banyak dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Prestasi ini diraih BCA sebab kinerjanya yang memang patut diacungi jempol. Sebagai salah satu bank terbesar, BCA juga mampu menghasilkan profit atau keuntungan yang banyak.

Walaupun profit terbesar masih dipegang oleh bank BRI dan aset terbesar masih jatuh ditangan bank Mandiri, nyatanya BCA mampu bersaing dengan baik. BCA dinyatakan sebagai salah satu bank unggulan yang bisa memberikan profit terbanyak bagi investor saham yang bekerja sama dengan mereka.

Hal ini bisa dilihat dari tingginya loan growth BCA yang bahkan bisa lebih konsisten setiap waktunya. Keberhasilan ini juga bisa kita lihat melalui kenaikan dari ROA yang terlihat lebih konsisten dan tinggi jika dibandingkan bank lainnya. tentu saja keberhasilan ini juga ditunjang dengan adanya manajemen pimpinan bank BCA yang sangat baik.

3. ASII

ASII yang merupakan kode saham milik PT. Astra International Tbk ini juga menjadi salah satu tempat pilihan investasi saham paling aman. ASII ini merupakan jenis saham di sektor manufaktur yang kian berkembang dengan pesatnya.

Astra sendiri merupakan brand lama yang sudah dikenal banyak orang di Indonesia. Sebab, PT ini memang sudah didirikan semenjak tahun 1957 silam. Hingga kini, Astra sudah berubah menjadi salah satu perusahaan besar multinasional dengan banyak anak perusahaan yang tersebar di Indonesia.

Artikel terkait:

ASII sendiri merupakan salah satu produk Astra di bagian saham yang setidaknya sudah memiliki 10.680.600 volume yang tersedia.  Ketersediaan saham ASII ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk berusaha menjadi salah satu investor mereka. Sebagi pemilik dan mengelola saham, tentunya Astra juga akan memberikan dividen kepada pihak investor yang bekerja sama dengan baik ini.

4. GIAA

investasi saham paling aman

GIAA bukan lagi jenis emiten saham yang asing ditelinga investor saham Indonesia. Saham yang satu ini dimiliki oleh BUMN yakni PT. Garuda Indonesia Persero Tbk. Saham GIAA ini boleh dinyatakan sebagai salah satu jenis saham yang memiliki konsistensi profit signifikan dari masa ke masa.

Walaupun persenan saham yang diperuntukkan untuk masyarakat tergolong rendah yakni hanya 14 % saja. Sisanya dipegang oleh PT Trans Airways sebanyak 25 % dan 61% dipegang oleh badan pemerintahan negara.

Namun, pergerakan dari GIAA ini juga sudah tergolong lama. Dimana pencatatan GIAA sudah semenjak tahun 2011 di BEI. GIAA menjadi salah satu saham terbaik dan sudah lama merajalela di dunia bursa saham. Harga saham yang dipatok oleh Garuda ini juga tergolong murah dan terjangkau untuk masyarakat umum.

5. BBRI

investasi saham paling aman

Sebelumnya kita sudah membahas tentang saham bank swasta yakni bank BCA yang mendapatkan peringkat terbaik di dunia saham, bank milik negara BRI ini juga tak kalah bagus.

BBRI merupakan saham yang dimiliki oleh bank plat merah bank BRI. Bank ini sudah dikenal dengan kemampuannya yang bisa menghasilkan profit terbanyak. Tentu saja dengan beragam rangkaian produk UMKM dan kredit mikro yang susah untuk disaingi oleh pihak lainnya.

Bank plat merah yang berhasil meraih kesuksesan ini sudah dikelola dan berdiri semenjak tahun 1895 silam. Jadi, tidak heran jika lembaran saham bank BRI sudah mencapai 93,849,800 yang bisa difungsikan dengan baik.

Sebagai salah satu bank milik pemerintah yang mengembangkan saham, BRI juga memberikan nilai jual saham yang stabil. Tentu saja pilihan pembelian saham di sini akan menguntungkan dan aman bagi investor pemula sekalipun.

6. PGAS

PGAS atau saham blue chip yang dikelola oleh PT. Perusahaan Gas Negara Tbk ini juga tergolong pilihan investasi saham paling aman apalagi untuk para pemula.  

PGN sendiri merupakan perusahaan negara yang sudah lama bergerak di bidang energi, yang mana telah didirikan semenjak tahun 1965. PGN merupakan anak cabang dari Pertamina. Saham PGAS ini diminati investor akibat prospek yang cerah dan sangat potensial.

Sebagai salah satu pemilik saham blue chip yang ramai digunakan, PGN ini memiliki jumlah total saham yang mencapai 30.098.100 lembar. Dimana harga saham yang ditawarkan oleh PGN tidaklah mahal dan cenderung terjangkau untuk umum.

PGAS yang merupakan saham dari PGN ini juga akan membagikan dividen tunai terhadap investor yang menanamkan modal mereka. Bahkan, total dividen yang dibagian mencapai angka triliunan.

7. PTBA

investasi saham paling aman

PTBA yang dikelola oleh PT. Bukit Asam tbk ini juga menjadi salah satu pilihan investasi saham paling aman dan sekaligus menguntungkan. Sebab, Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan ini selalu mendapatkan profit luar biasa dan tergolong stabil.

Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor kenapa saham PTBA ini tergolong digemari dan menjadi incaran di bursa saham. Perusahaan ini sendiri sudah memiliki banyak anak cabang yang memperkuat kejayaannya.

Bahkan, jumlah volume saham yang sudah mencapai 11.964. 400 lembar ini juga memiliki harga yang terjangkau dan stabil di pasaran.

Walaupun, jenis industri utama perusahaan ini yakni di sektor batu bara merupakan sumber daya alam terbatas dan tidak bisa diperbaharui. Namun tetap saja saham ini memiliki dividen yang tinggi dan menguntungkan bagi para investor yang bergabung.

Demikianlah 7 pilihan investasi saham paling aman yang bisa kita pilih diantara banyak pilihan investasi menguntungkan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Author

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link