12 Kelebihan Bank Jago yang Wajib Kamu Cobain!

Bank Jago adalah bank digital terbaru di Indonesia yang resmi meluncur sejak April 2021 lalu. Meskipun baru, bank digital berkode saham ARTO ini diprediksi kuat bisa mengalahkan pamor bank digital lain yang sudah menawarkan layanannya lebih dulu. Lantas, apa saja kelebihan Bank Jago dibanding bank  konvensional? Simak berikut ini.

📢 Dapatkan bonus cashback Rp25.000 gratis dari Bank Jago! Daftar dengan kode referral -> ZAIF51CB

1. Bebas biaya admin bulanan

Keunggulan pertama Bank Jago adalah bebas biaya admin bulanan. Artinya, nabung di Bank Jago kamu tidak akan kena biaya administrasi bulanan sebesar Rp7.000 – 15.000 per bulan sebagaimana yang umum dikenakan oleh bank konvensional.

Kelebihan bank jago bebas biaya admin bulanan

Beberapa bank digital saingan Jago juga ada yang tidak membebankan biaya administrasi bulanan kepada nasabahnya seperti Bank Neo Commerce dan TWRW by UOB. Namun, untuk Jenius, mereka sudah kenakan biaya admin sebesar Rp10.000 per bulan sejak Januari 2021.   

2. Transfer antar bank gratis

Kelebihan Bank Jago yang berikut adalah gratis transfer antar bank. Dengan rekening Jago, kamu bisa melakukan transfer beda bank secara gratis selama tidak melebihi maksimum kuota 25 kali transfer beda bulannya. Setelah itu, jika kamu masih melakukan transfer antar bank, akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per transfer.

Kuota gratis transfer beda bank - kelebihan bank Jago

Namun tenang saja, sebab apabila sudah masuk bulan baru, kuota gratis transfer tersebut akan dipulihkan kembali secara otomatis oleh sistem Jago. Sehingga kamu bisa kembali melakukan transfer beda bank secara gratis maksimal 25x di bulan berikutnya dan bulan berikutnya lagi dan seterusnya.

Baca juga: Profil Lengkap Pemilik Bank Jago, Siapa Saja?

3. Bisa tarik uang di ATM bank lain tanpa biaya

Tidak hanya gratis transfer antar bank, di Bank Jago kamu juga bisa melakukan penarikan dana di ATM bank lain secara gratis dengan maksimum kuota 5x per bulan. Jika kuotanya habis, biaya Rp7.500 otomatis akan dikenakan untuk setiap transaksi penarikan dana kamu selanjutnya di ATM bank lain.

Kuota gratis tarik uang di atam bank lain  - kelebihan bank Jago

Kuota 5x gratis cash withdrawal di ATM lain tersebut bakal secara otomatis dipulihkan setiap bulannya oleh sistem Jago. Bagaimana kalau saya menarik dana langsung di ATM Bank Jago, apakah ada biaya? Tidak ada. 100% gratis plus tidak berlaku pula sistem kuota.   

4. Personalisasi Tampilan Jago

Satu hal yang saya suka dari Bank Jago adalah nasabah dapat mengubah tampilan menu beranda aplikasi sesuai keinginan. Melalui fitur “Personalisasi” ini, kamu dapat menghilangkan menu yang jarang dipakai pada halaman beranda lalu menggantikannya dengan menu tertentu yang memang sering kamu pakai. Dengan begitu, kamu pun akan semakin mudah dalam menggunakan aplikasi Jago sehari-hari.    

Personalisasi tampilan beranda bank Jago

5. Bisa punya banyak kartu debit Visa dan Kantong Jago

Di Jago, rekening disebut dengan istilah “Kantong”. Setiap pengguna dapat memiliki maksimum 40 Kantong Jago berbeda (20 Kantong Nabung dan 20 Kantong Bayar) untuk berbagai keperluan.

Kantong Jago

Misalnya, kamu bisa bikin “Kantong Tabungan” untuk keperluan menabung secara umum, “Kantong Liburan” untuk menempatkan dana yang khusus dipakai buat liburan, hingga “Kantong Belanja” yang penggunaannya khusus untuk keperluan belanja rumah tangga sehari-hari.

Selain bisa punya banyak Kantong, nasabah Jago juga bisa bikin maksimal 3 kartu debit visa digital dan 3 kartu debit Visa fisik secara gratis. Pembuatan kartu debit dilakukan secara online langsung di aplikasi dan khusus kartu fisik, kartunya akan diantar ke alamat masing-masing nasabah tanpa biaya. Apabila nasabah ingin mengganti atau menambah kartu debit lagi di luar kuota dikenakan biaya Rp40.000/kartu.

Kartu Debit Visa Jago

Baca juga: Cara Daftar Bank Jago Step by Step [Update 2021]

6. Bisa untuk transaksi luar negeri dan verifikasi rekening Paypal

Kartu debit Jago bukan cuma bisa dipakai untuk transaksi dalam negeri saja seperti transfer antar bank, bayar tagihan, dan top up e-wallet, tetapi juga untuk berbagai transaksi luar negeri. Contohnya, buat bayar tagihan langganan Netflix, Spotify, beli barang di Amazon, hingga bisa juga untuk verifikasi rekening Paypal.  

Bayar Netflix pake kartu debit Jago

7. Buat rencana transaksi agar tidak lupa bayar tagihan penting

Kelebihan Bank Jago berikutnya terletak di fitur Plan Ahead. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan pembayaran dengan mudah agar kamu tidak lupa untuk membayar tagihan penting seperti tagihan listrik, cicilan rumah/kendaraan, tagihan wifi, dan lain sebagainya.

12 Kelebihan Bank Jago yang Wajib Kamu Cobain! 1

Pada fitur Plan Ahead, kamu dapat menjadwalkan pembayaran untuk sekali waktu saja atau berkali-kali (recurring) sesuai keinginan.

8. Investasi Fleksibel di Kantong Terkunci

Bagi nasabah yang ingin berinvestasi secara fleksibel di Bank Jago dapat menggunakan fitur “Kantong Terkunci”. Fitur ini merupakan bagian dari “Kantong Nabung” yang memungkinkan nasabah untuk membuka tabungan Jago dengan tingkat bunga 4% per tahun tidak bisa ditarik sebelum jatuh tempo.  

12 Kelebihan Bank Jago yang Wajib Kamu Cobain! 2

Di Jago terdapat fitur “Kantong Terkunci” yang memungkinkan nasabah untuk berinvestasi secara fleksibel dengan tingkat bunga 4% per tahun. Pada fitur ini, kamu dapat membuat “Kantong Nabung” baru di Jago yang terkunci (tidak bisa diambil uangnya) selama periode tertentu, minimal 14 hari dan maksimum 1 tahun.

9. Banyak Promo

Dalam rangka meningkatkan jumlah nasabah, saat ini Bank Jago sedang gencar-gencarnya melakukan promosi yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah cuan. Beberapa promo Jago yang sedang berlangsung antara lain promo #JagoRameRame dan Fintamin Games.

Promo #JagoRameRame
Promo Fintamin Games Jago

#JagoRameRame adalah program referral dari Bank Jago yang memungkinkan kamu untuk mendapat saldo tunai sebesar Rp25.000 setiap kali berhasil mengajak orang lain buka rekening Jago. Info selengkapnya silakan cek di sini.

Sementara untuk Fintamin Games, ini adalah promo terbaru dari Bank Jago yang memungkinkan nasabah mendapat berbagai hadiah menarik setelah berhasil menyelesaikan misi yang tersedia. Daftar hadiahnya beragam mulai dari Apple Watch 6, iPhone 13 Pro, saldo reksadana di Bibit, hingga mobil Mazda CX-3. Info selengkapnya cek di sini.

10. Bisa konek ke akun Bibit dan lihat saldo investasi reksadana langsung via aplikasi Jago

Update terbaru aplikasi Jago memungkinkan kamu untuk menghubungkan rekening Jago dengan akun Bibit. Sehingga kamu dapat melihat portfolio dan jumlah saldo reksadana Bibit kamu langsung di aplikasi Jago.

Hubungkan Jago dengan Bibit

Setelah menghubungkan Jago dengan Bibit, total saldo kamu di rekening Jago akan secara otomatis dihitung berdasarkan jumlah saldo di rekening Jago ditambah dengan jumlah saldo reksadana yang ada di Bibit. Untuk sementara, ini adalah kelebihan Bank Jago yang paling saya favoritkan karena tidak bisa ditemukan di layanan bank digital lain.  

11. Bisa investasi reksadana rutin di Bibit pakai fitur Autodebit Jago

Sesuai nama, fitur ini memungkinkan kamu untuk beli reksadana di Bibit secara rutin dan otomatis dengan fitur Autodebit Jago. Caranya, kamu tinggal buat Nabung Rutin baru di Bibit kemudian pilih Jago Autodebit sebagai metode pembayarannya.  Setelah itu, lanjutkan sesuai petunjuk sampai proses pembuatan nabung rutin dengan Jago Autodebit berhasil.  

Fitur autodebit Jago di Bibit - Kelebihan bank Jago

12. Analisis pengeluaran dengan mudah

Bagi nasabah yang ingin mengecek riwayat pengeluaran di Jago dapat menggunakan fitur Spend Analysis. Fitur ini didesain secara intuitif untuk memudahkan pengguna dalam melihat riwayat pengeluarannya setiap bulan yang dibagi berdasarkan kategori.

Fitur Spend Analysis Jago

Menariknya, total pengeluaran tiap bulan di fitur ini ditampilkan juga menggunakan persentase perbandingan antara total pengeluaran bulan ini dan bulan sebelumnya untuk mengetahui apakah kamu semakin hemat atau boros dalam mengelola keuangan.

Itulah beberapa kelebihan Bank Jago yang bisa saya rangkum saat ini. Apabila kedepan ditambahkan fitur-fitur baru di Bank Jago, saya pasti akan segera mengupdate artikel ini untuk membuatnya lebih relevan.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar