Terakhir diperbarui: September 2020

Tabungan Jenius BTPN merupakan salah satu unit bisnis dari PT Bank BTPN Tbk yang belakangan ini tengah naik daun, khususnya di kalangan generasi milenial dan generasi Z.

Mengusung konsep Banking Reinvented, Jenius menawarkan beragam kemudahan bagi setiap nasabahnya dalam mengatur keuangan pribadi.

Sebagai salah satu pengguna setia Jenius, saya merasa sangat terbantu dengan fitur-fitur yang mereka hadirkan. Terutama fitur e-card yang memudahkan saya untuk berlangganan Spotify dan Netflix walau tanpa memiliki kartu kredit.

Baca juga: Review Ipotpay – Tabungan Online Return Tinggi & Gratis Transfer ke Semua Bank

Buat kamu yang masih ragu membuka rekening Jenius, berikut 16 keuntungan tabungan Jenius yang wajib kamu tahu !!

Keuntungan Tabungan Jenius BTPN

1. Proses Pendaftaran yang Mudah

Untuk menjadi nasabah Jenius, kamu tidak perlu repot mengantri di bank BTPN atau pergi ke lokasi tertentu (misal, booth Jenius) dan melakukan pendaftaran secara manual. Akan tetapi, seluruh proses pendaftarannya sudah bisa dilakukan secara online via aplikasi Jenius yang bisa kamu download di Google Play atau App Store.

Selain itu, proses verifikasinya juga bisa dilakukan melalui video call lho, tanpa perlu melipir lagi ke kantor cabang BTPN. Berbeda dengan tabungan Digibank by DBS yang masih mewajibkan calon nasabahnya untuk melakukan verifikasi di booth Digibank atau bertemu dengan agennya langsung. Hmm..

Tonton video singkat cara registrasi akun Jenius berikut ini:

2. Bebas Biaya Perbankan

Pada bank konvensional, umumnya kamu akan dikenakan biaya tertentu ketika ingin mendaftar untuk menjadi seorang nasabah. Misalnya, biaya administrasi, pembuatan kartu atm, biaya materai, setoran awal tabungan, dan lain-lain.

Berbeda dengan bank pada umumnya, Jenius justru membebaskan seluruh biaya tersebut (setidaknya untuk saat ini) bagi para calon nasabah yang ingin membuka rekening Jenius.

Bahkan, Jenius juga membebaskan kamu dari segala biaya administrasi bulanan dan biaya penutupan rekening lho.

3. Cek Histori Transaksi dengan Mudah

Di Jenius, kamu bisa mengecek riwayat transaksi, transfer, dll dengan mudah via aplikasi, tanpa perlu pergi ke kantor cabang BTPN dan meminta teller untuk mencetak buku tabungan. Lagipula, untuk apa buku tabungan kalau kamu sudah punya “Jenius”?

4. Bebas Biaya Tarik Tunai dan Transfer (Menurut Saldo)

Melakukan tarik tunai di lokasi ATM yang sama dengan brand kartu atm yang kita miliki memang tidak akan dipungut biaya. Namun, bagaimana jika kita ingin melakukan tarik tunai di ATM bank lain? Pastinya, kita akan dikenakan biaya tertentu, bukan?

Nah, di Jenius, biaya tersebut tetap ada, tetapi NOL alias Gratis. Artinya, dengan memiliki kartu Jenius, kamu bebas melakukan tarik tunai di ATM mana saja (gak harus di ATM BTPN) tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu, kamu juga dibebaskan dari biaya transfer antar bank kalau menggunakan rekening Jenius. Gila!

Bebas biaya tarik tunai dan transfer antar bank hanya diberikan kepada nasabah dengan jumlah saldo rata-rata per bulan sesuai ketentuan berikut:

5. Split Bill

Berikutnya, salah satu keuntungan tabungan Jenius BTPN adalah fitur Split Bill. Fitur ini memungkinkan setiap nasabah Jenius untuk membagi tagihan secara adil dengan teman-temannya yang lain, yang juga menggunakan Jenius.

Misal, kamu dan teman-temanmu makan di sebuah restoran. Selesai makan, tentunya ada tagihan yang harus dibayar. Nah, tagihan ini bisa dibagi secara adil antara kamu dan teman-temanmu, sehingga masing-masing orang otomatis akan mendapatkan jumlah tagihan dengan nominal yang sama. Mantul, kan?

6. Fitur e-Card rasa Kartu Kredit

Ingin belanja di situs luar negeri tapi terkendala karena tidak memiliki kartu kredit? Itu sih dulu. Sekarang, dengan hadirnya Jenius, kamu jadi bisa belanja di situs luar negeri manapun walau tanpa memiliki kartu kredit. Caranya adalah dengan menggunakan e-Card Jenius.

Kartu ini merupakan kartu debit, tetapi bisa digunakan sebagai kartu kredit. Sehingga bisa digunakan untuk belanja di situs Amazon, berlangganan Netflix, Spotify, dan lain sebagainya. Selain itu, e-Card Jenius juga bisa digunakan sebagai kartu untuk mengaktivasi akun Paypal. Awesome!

Baca juga: Review Shopback – Belanja Online Dikasih Duit

7. Bisa Atur Keuangan dengan Mudah

Di Jenius, kamu bisa memiliki 5 kartu debit sekaligus, yang terdiri dari 1 kartu utama (m-Card), 1 kartu virtual (e-Card), dan 3 kartu tambahan lainnya (x-Card). Kartu ini bisa kamu gunakan untuk keperluan budgeting atau mengatur alokasi pengeluaran tertentu setiap bulan.

kartu tabungan jenius btpn

Jadi, untuk keperluan shopping ada kartunya sendiri, buat makan.. ada, buat travelling juga ada. Keren, kan? 

8. Top Up e-Wallet dengan Mudah

Punya akun Gopay, Dana, OVO, LinkAja, M-Tix, dll? Well, kamu bisa mengisi saldo dari masing-masing e-Wallet tersebut dengan mudah di aplikasi Jenius. Caranya, buka menu e-Wallet Center di aplikasi Jenius, pilih e-Wallet yang ingin diisi, kemudian lakukan top up saldo. Easy!

9. Transfer Uang tanpa Perlu Nomor Rekening

Lazimnya, nomor rekening memang susah dihapal. Makanya, Jenius menghadirkan inovasi baru di dunia perbankan, yaitu $Cashtag. 

$Cashtag berfungsi sebagai pengganti nomor rekening yang bisa digunakan untuk keperluan transfer antar sesama pengguna Jenius. Atau untuk keperluan membayar di situs e-commerce tertentu yang sudah menggunakan metode pembayaran Jenius Pay.

10. Tabungan Bunga Tinggi

Bagi yang tidak masalah dengan “Riba”, di Jenius ada fitur bunga tinggi yang bisa dimanfaatkan oleh setiap nasabahnya. Fitur tersebut bernama Flexi Saver dan Maxi Saver.

Flexi Saver adalah tabungan fleksibel dari Jenius yang bisa memberikan kamu bunga setara deposito (5% per tahun), dan tanpa saldo Minimum. Selain itu, kamu juga bisa menarik dana dari tabungan Flexi Saver ini kapan saja tanpa dikenai denda sepersenpun. Sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan dana darurat.

Baca juga: Review Bibit – Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik

Sedangkan, Maxi Saver adalah jenis tabungan deposito milik Jenius yang menawarkan bunga hingga 6.75% per tahun dengan saldo minimum Rp10 juta. Kalau dipikir-pikir, tabungan Maxi Saver inilah yang sebetulnya serupa dengan tabungan deposito di bank pada umumnya.

Walau demikian, di tabungan Maxi Saver kamu tetap tidak akan dikenakan denda apabila menarik dana sebelum periode jatuh tempo. Sayangnya, jumlah dana yang bisa kamu peroleh hanya pokoknya saja, tanpa ditambahkan dengan bunga deposito yang telah berjalan.

Oh ya, ada satu lagi fitur tabungan Jenius dengan bunga besar, yaitu Dream Saver. Nilai bunganya sama seperti Flexi Saver: 5% per tahun.

11. Banyak Promo

Setiap bulannya, Jenius selalu menawarkan berbagai macam promo yang bisa kamu lihat informasinya di halaman ini. Manfaatkan!

12. Bayar Tagihan Mudah

Bukan cuma Bukalapak dan Tokopedia yang punya fitur bayar tagihan, tetapi di Jenius juga ada. Mulai dari bayar pulsa, tagihan listrik, air, kartu kredit, telepon, hingga zakat, semuanya ada. Dan ini bisa kamu akses di menu Send It pada aplikasi Jenius, kemudian klik Tagihan.

Fitur Send It (Tagihan) Tabungan Jenius BTPN

13. Aman, diawasi oleh OJK dan dijamin LPS

Jenius adalah produk dari PT. Bank BTPN Tbk yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia, serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga kamu tidak perlu khawatir. #bukankalengkaleng

14. Menabung dengan Mata Uang Asing

Terakhir, Jenius juga punya fitur menabung dengan uang asing (USD, SGD, EURO, JPY, dll) dimana akan sangat berguna buat kamu yang sering travelling atau jalan-jalan ke luar negeri. Menarik!

15. Moneytory

Belum lama ini, Bank BTPN meluncurkan fitur terbaru tabungan Jenius bernama Moneytory.

Lewat fitur Moneytory, kamu dapat mengecek ringkasan transaksi dan trend pengeluaranmu dalam kurun waktu tertentu berdasarkan kategori.

Secara umum, fitur Moneytory mirip seperti aplikasi expense tracker di luar sana namun ini lebih canggih, terintegrasi, dan otomatis.

16. Akun Bisnis

Terakhir, ada fitur Jenius Bisnis yang dapat membantu kamu memisahkan antara duit pribadi dan duit bisnis dengan mudah tanpa perlu repot membuka rekening baru lagi.

Caranya, cukup buka aplikasi Jenius, swipe ke Bisnis, lalu aktifkan akun bisnismu sehingga kamu bisa memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis ke dalam dua akun berbeda.

Kesimpulan

Tabungan Jenius BTPN merupakan salah satu layanan digital banking terbaik dan terpopuler di Indonesia saat ini. Dengan semua keunggulan yang dimilikinya, saya percaya tabungan Jenius dapat menjadi salah satu pemain utama di industri perbankan dalam negeri.

Terlebih mengingat trend industri fintech saat ini yang semakin hari semakin meningkat pesat.

Author

Carpe diem

Write A Comment

Dapatkan Ilmu dan Tips Cuan dari Investasi Eksklusif setiap hari Selasa! 
Daftar dan bergabunglah dengan 1200+ subscribers lainnya
Subscribe
No spam. Unsubscribe kapan saja.
close-link