Bagi kamu yang ingin memahami internet lebih dalam tentu harus memahami banyak hal, salah satunya mesin pencari.

Pengertian Mesin Pencari

Apa itu mesin pencarian? Mesin pencarian atau Search Engine ialah sebuah mesin yang mengumpulkan dan menyusun dokumen atau website yang terdapat dalam internet sebagai sumber informasi yang dapat diakses oleh para user.

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu cepat, tak bisa dipungkiri kita pun jadi semakin bergantung pada internet.

Bukan tanpa alasan, dunia internet telah menyediakan hampir sebagian besar kebutuhan yang ingin kita penuhi. Dari mulai hiburan, edukasi, informasi, hingga ruang berbelanja semuanya tersedia di internet.

Di samping itu, penyebarannya yang begitu cepat juga membuat pengguna internet makin hari makin bertambah.

Menurut situs Detik, di Indonesia sendiri terhitung pada bulan Mei 2020 ini saja sudah ada 175, 4 juta pengguna internet. Angka yang fantastis, bukan?

Angka tersebut menunjukkan bahwa aktivitas hidup yang kita jalani telah berubah wajah ke dalam dunia internet. Hal inilah, salah satunya, menjadi faktor utama yang mendorong makin menjamurnya aktivitas bisnis online.

Internet telah menjadi ruang baru sekaligus potensial bagi sektor perekonomian masyarakat. 

Bila internet telah menjadi ruang baru bagi aktivitas manusia dalam ruang virtual ini, lalu apa yang menjadi medium untuk dapat menghubungkan orang satu sama lain?

Tentu saja ada banyak medium yang tersedia untuk menghubungkan orang satu sama lain dalam dunia internet. Namun, salah satu medium yang sering kita gunakan ialah mesin pencarian.

Dari mesin pencarian inilah kita akan diantarkan kepada situs-situs penyedia informasi, produk bisnis, atau profil lembaga tertentu yang hendak kita tuju.

Inilah bentuk dari hubungan yang terjalin dalam dunia internet, semisal antara kamu sebagai user dengan saya sebagai penyedia informasi di website ini. Melalui medium mesin pencarian, pada akhirnya kita dapat saling bertemu, yakni dalam bentuk tulisan.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut, di bawah ini kita akan membahas cara kerja dari mesin pencarian.

Cara Kerja Mesin Pencari

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai cara kerja dari mesin pencarian. Kita akan membahas tiga bentuk cara kerja yang dilakukan oleh mesin pencarian.

1. Crawling

crawl mesin pencari google

Pada bagian ini, mesin pencarian akan melakukan penelusuran atau penjelajahan milyaran bahkan triliunan website, konten, serta data-data yang terdapat dalam WWW. 

Bila dalam sebuah website yang masuk dalam kategori tersebut terdapat link-link dari website lain, maka website itu pun akan masuk ke dalam proses crawling Google .

Dan bila dari website yang kedua ini terdapat link ke website berikutnya, maka website ketiga ini juga akan masuk ke dalam indeks Google. Begitu pun dengan website ketiga yang terdapat dalam website sebelumnya.

Aktivitas ini akan berjalan secara terus menerus sejauh masih ditemukan link-link yang akan mengantarkan pada website berikutnya.

Baca juga: Hosting terbaik Untuk SEO

Pada akhirnya proses crawling ini akan membentuk semacam jaring laba-laba. Inilah mengapa proses crawling seringkali disebut sebagai spider program.

Namun proses crawling ini juga bergantung pada izin yang diberikan oleh para pemilik website atau halaman yang terdapat di internet.

Bila si pemilik tidak memberikan izin, maka proses crawling tidak akan berlaku pada website atau dokumen tersebut.

Kemudian dari penelusuran tersebut setiap website dan kontennya akan diidentifikasi berdasarkan kualitas, relevansi, dan seberapa terpercayanya website maupun konten yang terdapat di dalamnya.

2. Indeks

indeks mesin pencari google

Dalam proses ini, data, laman website, maupun dokumen dari hasil penjelajahan tersebut akan disusun menjadi sebuah tumpukan raksasa berdasarkan kategori yang telah ditentukan oleh masing-masing mesin pencari.

Biasanya tumpukan data, website, dan dokumen ini akan disusun membentuk semacam list dalam database mesin pencarian.

Dari situ, mesin pencarian akan menjadikan database tersebut sebagai sumber informasi yang nantinya ditampilkan dalam situs mesin pencari agar dapat diakses oleh para user.

Namun, tidak semua website atau komponen di atas masuk ke dalam proses indeks tersebut. Hanya website atau dokumen yang dianggap relevan, terpercaya, dan berkualitas saja yang akan masuk ke dalam list mesin pencarian.

Jadi optimalisasi website atau dokumen yang kamu masukkan ke dalam WWW sangatlah menentukan apakah ia dapat terindeks atau tidak.

3. Ranking

ranking mesin pencari google

Semua tumpukan website atau dokumen yang telah terindeks oleh mesin pencari ini akan disusun dalam laman web mesin pencarian. Susunan tersebut akan dibentuk berdasarkan urutan.

Bila website atau dokumen dianggap relevan, terpercaya, dan berkualitas maka website atau dokumen tersebut akan masuk dalam laman utama situs mesin pencari.

Namun standar bagi sebuah website atau dokumen masuk dalam laman utama tersebut bersifat sangat rahasia. Artinya sangat bergantung penuh di tangan mesin pencari.

Seperti yang telah disebutkan di atas, mengoptimalkan kualitas website atau dokumen yang kamu miliki akan menentukan dimana posisi website atau dokumen kamu dalam laman situs mesin pencarian.

Selain itu, traffic website juga mempengaruhi hal tersebut. Bila website atau dokumen kamu dapat masuk dalam laman utama maka akan semakin memaksimalkan arus lalu lintas user ke dalam website atau dokumen yang kamu miliki.

Otomatis traffic website kamu pun naik. Sebab para user akan lebih sering mengunjungi website atau dokumen yang berada di halaman pertama situs mesin pencarian.

Bagi kamu yang menjalankan sebuah bisnis online, hal demikian dapat berpotensi meningkatkan jumlah penjualan produk/jasa yang kamu tawarkan di situs web atau blog kamu.

Kesimpulan

Apabila kamu berkecimpung di dunia SEO, tugas utama kamu adalah bagaimana caranya membuat situs blog/website kamu bisa berada di halaman #1 mesin pencari, seperti Google, dan mendapatkan trafik yang banyak dari situ. Secara organik.

Karena ada banyak sekali situs di internet, otomatis persaingannya pun tidak mudah. Mau tidak mau, kamu harus bersaing dengan ribuan situs kompetitor lainnya untuk mendapatkan tempat di halaman pertama mesin pencari untuk kategori kata kunci tertentu. Semoga berhasil.


P.S. Artikel ini disponsori oleh Domainesia dalam bentuk kerjasama Content Placement. Bagi kamu yang tertarik membuat situs self-hosted, Domainesia merupakan salah satu perusahaan hosting di Indonesia yang telah beroperasi selama lebih dari 10 tahun, sehingga patut untuk dipertimbangkan.

Author

I'm currently working as a Freelance Content Writer, Copywriter, and SEO Writer for various companies, like Shopback Indonesia and Good Doctor Technology. I also am an investor (small one) who like to share my personal view and experience about investing and making money. Want to use my service or collaborate? Please, visit here

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Mau saya kabari kapan E-booknya selesai? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
YES, PLEASE !
No spam. Unsubscribe kapan saja.