Di era sekarang, jumlah blog dan blogger itu sudah seperti semut. Ada saja dimana-dimana. Walaupun memang mustahil dikenali pemilik atau orangnya satu per satu, percayalah bahwa jumlah mereka itu bejibun.

Kemudian muncul pertanyaan: Jika jumlahnya sudah sedemikian banyak, lantas buat apa saya membuat blog lagi?. Biarkanlah yang sudah-sudah itu fokus menekuni kegiatan mereka. Tidak perlu saya mengusik dan bersikap rese. Menjadi saingan baru supaya potensi penghasilan yang mereka dapatkan dari blog bisa berkurang.

Jadi, untuk apa ngeblog? Pentingkah itu bagi saya?

Jawaban atas pertanyaan tersebut tentu adalah “Tergantung”. Tergantung dari kondisi dan prioritas masing-masing orang. Bagi sebagian ngeblog merupakan sesuatu yang penting. Karena itulah pekerjaan utama mereka. Sementara yang lain bisa saja menganggap kegiatan ngeblog sebagai aktivitas yang membuang-buang waktu saja dan tidak memiliki faedah sama sekali.

Toh setiap orang punya urusan masing-masing dan bebas memiliki pendapat yang berbeda-beda, jadi apalah guna berdebat akan hal ini.

Akan tetapi, bila kamu menujukan pertanyaan itu kepada saya, maka jawabannya adalah jelas penting. Setidaknya untuk saat ini.

Ngeblog penting bagi saya karena sekarang saya sedang dalam proses melatih konsistensi saya. Melalui tantangan menulis minimal satu artikel per hari selama satu tahun, saya harap bisa terbentuk karakter konsisten dalam diri saya. Sebab, jujur, selama ini saya merasa mudah menyerah, bosan, dan berhenti dalam hal usaha berkelanjutan.

Selain itu, ngeblog juga penting bagi saya sebab melalui aktivitas blogging, saya bisa berlatih menulis. Mempelajari dan menemukan gaya tulisan saya sendiri. Serta moga-moga kedepannya bisa menjadi seorang penulis. Tak perlu terkenal. Sudah bisa menerbitkan sebuah buku saja itu sudah lumayan. Makanya beberapa waktu yang lalu, saya sempat mempublikasikan tantangan kedua saya, yakni tantangan menulis buku pertama saya yang Insha Allah bakalan terbit pada awal Januari 2019.

Ngeblog itu penting karena blog bisa dijadikan sebagai portofolio yang mungkin dapat membantu nasib saya kelak di masa depan.

Ngeblog juga penting karena bila dikelola dengan baik, mampu memberikan penghasilan yang melebihi gaji pegawai negeri atau swasta pada umumnya.

Jadi, ngeblog itu penting. Bagi saya.

Menurut kamu, bagaimana?

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!