Saat ini, jumlah platform P2P lending di Indonesia terbilang cukup banyak. Faktanya, per Januari 2020 kemarin, sudah ada total 164 platform P2P lending yang telah resmi terdaftar di OJK, dimana 25 diantaranya bahkan sudah mendapatkan izin.

Silakan lihat data selengkapnya di link berikut: Perkembangan Fintech Lending Periode Desember 2019 atau kamu bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang daftar P2P Lending di Indonesia.

Nah, diantara sekian banyak P2P lending yang beroperasi di Indonesia, kali ini saya akan mengulas perbandingan antara 5 P2P lending yang cukup populer, yaitu Akseleran, Amartha, Investree, Asetku, dan Cashwagon. 

Saya akan membahas tentang perbandingan kelima P2P Lending ini seobjektif mungkin meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi sedikit bias. Berikut ulasannya:

P.S. Peer to Peer (P2P) Lending merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan namun berisiko. Sebaiknya siapkan dana darurat yang cukup sebelum mulai mendanai di instrumen P2P Lending.

Akseleran

Kemudahan mendaftar

Proses mendaftar di Akseleran terbilang mudah. Semua tahap pendaftaran dapat dilakukan secara online baik via web maupun aplikasi.

Hanya saja, untuk keperluan tanda tangan digital Akseleran masih menggunakan layanan pihak ketiga, yaitu Privy.id yang mana menurut saya menambah ribet saja karena mau tidak mau kita juga dipaksa untuk mendaftar di layanan tersebut.

Minimum Pendanaan

Minimum pendanaan di Akseleran adalah Rp100.000 . Sangat terjangkau. Menariknya lagi, kamu bahkan tidak perlu menggunakan dana pribadi bila ingin mencoba mendanai di P2P Lending Akseleran.

Cukup gunakan kode referral saya -> AKSLZAIFHUL306209 saat mendaftar di Akseleran, maka kamu akan mendapatkan bonus dana awal sebesar Rp100 ribu yang bisa kamu gunakan untuk mendanai di berbagai proyek pendanaan yang tersedia.

Tak hanya bisa dipakai untuk mendanai pinjaman, bonus Rp100 ribu tersebut juga bisa kamu tarik dalam bentuk uang tunai.

Jangka Waktu Pendanaan

Tenor pendanaan di Akseleran bervariasi, mulai dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan. Sejak adanya pandemi Corona, rata-rata jangka waktu pendanaan di Akseleran menjadi antara 2 – 3 bulan.

Adapun terkait dengan sistem pengembalian uang Lender di Akseleran dilakukan dengan cara lump sum dimana Lender hanya akan mendapat pokok pendanaan-nya di akhir tenor. Sementara bunga pendanaan tetap dibayarkan rutin setiap bulan.

Kuantitas Produk Pendanaan

Lumayan banyak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dana nganggur atau kehabisan proyek untuk didanai di Akseleran.

Tingkat Bunga/Imbal Hasil

Rata-rata proyek pendanaan di Akseleran menawarkan tingkat bunga atau imbal hasil antara 10 – 22% per tahun. Semakin rendah risiko pendanaan semakin kecil tingkat bunga yang diberikan. Begitu pun sebaliknya.

Tipe Pendanaan

Akseleran hanya menawarkan tipe pendanaan produktif bagi para Lender. Sejauh ini, saya belum  mendengar ada rencana mereka untuk masuk ke tipe pendanaan untuk pinjaman konsumtif seperti P2P lending Asetku dan Cashwagon.

TKB90

TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan dari penyelenggara peer to peer lending dalam menyediakan fasilitas penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu 90 hari sejak tanggal jatuh tempo. Semakin tinggi nilai TKB90 menandakan semakin bagus platform P2P lending tersebut.

Saat artikel ini ditulis, TKB90 Akseleran berada di angka 98,43%. Hal ini menandakan bahwa manajemen Akseleran memiliki kinerja yang lumayan bagus dalam mencegah dan menangani kredit bermasalah sekalipun di tengah situasi yang kurang menguntungkan.

Konvensional atau Syariah?

Konvensional.

Punya Program Referral?

Iya. Akseleran memiliki program referral yang menguntungkan dengan aturan; bonus saldo pendanaan sebesar Rp100 ribu bagi orang yang mendaftar menggunakan kode referral.

Dan bonus sebesar 0,5% dari total pendanaan teman selama 6 bulan bagi pengguna lama Askeleran yang berhasil mengajak orang lain untuk bergabung dan mendanai di Akseleran.

Tertarik berinvestasi di Akseleran? Jangan lupa gunakan kode referral -> AKSLZAIFHUL306209 untuk mendapatkan bonus.

Lain-lain

Ingin tahu lebih lanjut? baca tulisan saya tentang review akseleran.

Amartha

Kemudahan Mendaftar

Proses pendaftaran di Amartha terbilang mudah. Calon investor dapat melakukan pendaftaran melalui website Amartha atau aplikasinya (bisa didownload di Google Play dan App Store). Meski begitu, lebih disarankan kamu mendaftar melalui website Amartha daripada aplikasinya.

Minimum Pendanaan

Minimum pendanaan di Amartha bervariasi. Namun, umumnya, diatas Rp3 juta. Tentu saja, ini menjadi salah satu kekurangan Amartha karena tidak terjangkau untuk seluruh kalangan investor.

Selain itu, risiko pendanaannya juga tidak tersebar mengingat di Amartha satu borrower  hanya boleh didanai oleh satu lender.

Jangka Waktu Pendanaan

Tenor pendanaan di Amartha bervariasi, namun umumnya selama 50 minggu (satu tahun) atau lebih.

Meski begitu, pengembalian pokok pinjaman dan bunga pinjaman dilakukan setiap minggu sehingga kamu bisa memanfaatkan ini dengan menginvestasikan kembali pengembaliannya pada produk pendanaan lain untuk memperoleh imbal hasil yang lebih banyak (compound interest).

Kuantitas Produk Pendanaan

Saat ini jumlah pendanaan yang tersedia di Amartha terbilang cukup banyak. Hal ini jauh lebih baik daripada waktu-waktu sebelumnya dimana jumlah proyek pendanaannya terbilang sangat sedikit. Selain itu, Amartha juga selalu melakukan update proyek pendanaan baru secara berkala.  

Tingkat Bunga/Imbal Hasil

Amartha menawarkan tingkat bunga pendanaan up to 15% flat per tahun. Meski begitu, tingkat bunga yang kamu peroleh bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi tergantung dari risiko kredit masing-masing proyek pendanaan.

Tipe Pendanaan

Amartha hanya menawarkan tipe pendanaan untuk keperluan produktif seperti tambahan modal usaha. Selain itu, Amartha juga berfokus menyasar kalangan UMKM sehingga dampak sosial yang diperoleh juga mestinya lebih baik.

TKB90

Saat artikel ini ditulis, nilai TKB90 Amartha adalah 92,20% (padahal sebelumnya ada di angka 98 – 99%). Penurunan yang cukup drastis ini terjadi akibat dari dampak pandemi virus corona.

Konvensional atau Syariah?

Saat ini Amartha baru menyediakan jenis pinjaman konvensional. Namun, dengar-dengar, di tahun 2020 ini Amartha akan segera meluncurkan produk syariah. Kita tunggu saja!

Punya Program Referral?

Iya. Amartha memiliki program referral yang memberikan bonus diskon sebesar Rp100 ribu kepada orang yang berhasil mengajak (referrer) maupun orang yang diajak (referral).

Ingat, bonus ini hanya berupa kupon diskon yang bisa digunakan saat kamu melakukan pendanaan di Amartha. Dengan kata lain, bonus yang didapat tidak bisa kamu cairkan dalam bentuk uang tunai.

Tidak sama seperti skema bonus referral yang dimiliki P2P Lending Akseleran dan Asetku.

Tertarik mendanai di Amartha? Daftar menggunakan link berikut: Register to Amartha  untuk mendapatkan bonus atau masukkan kode referral saya -> AM041529 bila diminta.  

Investree

Kemudahan mendaftar


Proses pendaftaran di Investree terbilang mudah. Calon investor dapat melakukan pendaftaran melalui website investree atau aplikasinya (bisa didownload di Google Play dan App Store).

Meski begitu, lebih disarankan kamu mendaftar melalui website Investree daripada aplikasinya. Soalnya masih sering ditemukan bug dan kendala tertentu saat mendaftar menggunakan aplikasi.

Minimum Pendanaan

Investree memberlakukan kebijakan minimum pendanaan senilai Rp1 juta. Bagi saya, ini adalah salah satu kelemahan investree mengingat tidak semua investor memiliki dana atau berani memberikan pinjaman dengan nominal tersebut.

Padahal, di luar sana telah banyak platform P2P lending dengan nominal pendanaan mulai dari Rp50rb – 100rb seperti, Ammana, Akseleran, dan lain sebagainya.

Jangka Waktu Pendanaan

Investree menawarkan tenor pendanaan bervariasi tergantung dari jenis pinjaman yang diajukan. Namun, umumnya jangka waktu pendanaan di investree melebihi 45 hari. Hal ini otomatis memengaruhi tingkat likuiditas pinjaman serta meningkatkan risiko.

Kuantitas Produk Pendanaan

Jumlah pinjaman di investree terbilang cukup banyak dan terus diperbarui secara berkala. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kekurangan pinjaman untuk didanai di Investree.

Tingka Bunga/Imbal Hasil

Rata-rata proyek pendanaan di investree menawarkan bunga pinjaman 16% per tahun. Namun, angkanya bisa lebih tinggi lagi tergantung dari nilai kredit dan risikonya. Untuk bunga pinjaman tertinggi bisa mencapai 20% per tahun.

Tipe Pendanaan

Semua tipe pendanaan yang tersedia di investree adalah pendanaan produktif. Artinya, uang yang kamu pinjamkan akan digunakan untuk keperluan produktif seperti pembiayaan usaha, tambahan modal, dan lain sebagainya.

TKB90

Saat artikel ini ditulis, nilai TKB90 investree adalah 97,7%. Artinya masih sangat aman untuk berinvestasi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berinvestasi

Konvensional atau Syariah?

Investree memiliki produk pendanaan baik untuk pinjaman dengan akad konvensional maupun syariah.

Punya Program Referral?

Iya. Investree memiliki program referral yang hanya memberikan bonus kepada pendana yang berhasil mengajak orang lain bergabung di Investree baik sebagai pendana maupun peminjam.

Adapun bonus yang diberikan sebesar 0,5% dari total nilai pendanaan atau pinjaman orang yang berhasil diajak.

Sementara orang yang diajak (referral) tidak mendapatkan bonus sama sekali dari Investree. Jadi yaa kurang menarik.

Apabila kamu tertarik mendaftar di Investree, gunakan kode referral saya -> HRUMZ atau daftar menggunakan link berikut: Register to Investree untuk mendapatkan pahala.

Saya bersedia membagi bonus yang saya dapatkan dengan kamu, dengan presentase sebesar 30:70. (30 untuk saya, 70 untuk kamu).

Asetku

Kemudahan mendaftar

Asetku adalah P2P lending yang menurut saya paling mudah cara mendaftarnya. Bahkan tidak memerlukan verifikasi email dan tanda tangan digital. Hanya butuh data nomor handphone yang aktif, sedikit data pribadi, dan nomor rekening. Itu aja.

Saat ini, untuk mendaftar di Asetku hanya bisa dilakukan lewat aplikasi yang bisa kamu download di Google Play atau App Store. 

Minimum Pendanaan

Minimum pendanaan di Asetku bervariasi tergantung produk pendanaan yang kamu pilih. Berikut rinciannya:

  • Flexi+ : minimum pendanaan Rp100 ribu
  • Reguler : minimum pendanaan Rp3 juta
  • Advance : minimum pendanaan Rp2 juta
  • Anggota : minimum pendanaan Rp50 juta

Jangka Waktu Pendanaan

Asetku memiliki banyak produk pendanaan dengan jangka waktu yang bervariasi menyesuaikan produk pendanaan yang kamu pilih. Berikut rinciannya:

  • Flexi+ : tidak ada jangka waktu pendanaan, dana bisa ditarik kapan saja. Maksimal 3 kali penarikan dalam sebulan.
  • Reguler : tenor pendanaan 15 hari – 3 bulan
  • Advance : tenor pendanaan 27 hari – 9 bulan
  • Anggota : tenor pendanaan 2 bulan

*kebijakan dapat berganti sewaktu-waktu

Kuantitas Produk Pendanaan

Di Asetku, kamu tidak perlu khawatir kehabisan proyek pendanaan untuk didanai. Ini karena Asektu memiliki banyak sekali produk pendanaan dan kuotanya pun selalu diperbarui setiap hari jam 10 pagi.

Tingkat Bunga/Imbal Hasil

Sangat menarik. Mulai dari 11% – 24% per tahun.

Tipe Pendanaan

Konsumtif. Artinya, memiliki tingkat risiko yang relatif lebih tinggi daripada saat mendanai di P2P Lending produktif.

TKB90

Sejak berdiri sampai sekarang, nilai TKB90 Asetku selalu 100%. Hal ini  tentunya menimbulkan banyak kecurigaan di kalangan para Lender termasuk saya. It sounds too good to be true, kecuali jika mereka memang punya banyak dana provisi.

Walapun cukup mengkhawatirkan, saya tetap mendanai di Asetku mengingat sejauh ini saya belum pernah mengalami gagal bayar. Semua pendanaan saya selalu untung dan dibayar tepat waktu.

Konvensional atau Syariah?

Konvensional.

Punya Program Referral?

Iya. Asetku memiliki program referral dimana baik yang diajak maupun yang mengajak berhak mendapatkan kupon tunai sebesar Rp100 ribu yang bisa dicairkan setelah melakukan pendanaan.

Bagi kamu yang tertarik mendanai di Asetku, jangan lupa gunakan kode referral -> 9DEYI untuk mendapatkan bonus.

Lain-Lain

Ingin tahu lebih lanjut? baca tulisan saya tentang review asetku.

Cashwagon

Kemudahan Mendaftar

Mendaftar di P2P Cashwagon terbilang mudah.  Kamu bisa melakukan pendaftaran langsung secara online melalui website di p2p.cashwagon.id. Sayangnya, hingga saat ini P2P cashwagon belum memiliki versi aplikasinya sehingga untuk proses pendaftaran, pendanaan, dan lain sebagainya hanya bisa dilakukan via website saja.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendanai di P2P Lending Cashwagon

Minimum Pendanaan

Minimum pendanaan di Cashwagon adalah Rp500.000. Nominal ini mungkin tergolong tinggi untuk sebagian investor, namun jelas masih jauh lebih baik daripada Investree dan Amartha.

Tenor Pinjaman

Satu hal yang saya suka dari Cashwagon adalah tenor pinjamannya yang bervariasi dan cenderung singkat, mulai dari 10 hari saja. Di Cashwagon, kamu bisa mendanai pinjaman dengan tenor 10 hari, 30 hari, 60 hari, 90 hari, 180 hari, dan 360 hari.

Untuk pendanaan dengan tenor 180 dan 360 hari, kamu akan mendapat bunga setiap bulannya hingga jatuh tempo dengan pokok dibayar di akhir. Sedangkan untuk pendanaan dengan tenor dibawah 180 hari, pengembalian pokok dan bunga hanya akan kamu terima di akhir tenor (lump sum). 

Kuantitas Produk Pendanaan

Berbeda dengan Investree dan Amartha, jumlah pendanaan yang tersedia di cashwagon bisa dikatakan selalu ada setiap saat. Hal ini mengingat jenis pinjaman yang ditawarkan cashwagon adalah pinjaman konsumtif yang diajukan oleh peminjam dari aplikasi cashwagon – pinjaman online cepat cair.  

Secara singkat, cara kerja P2P Lending Cashwagon kurang lebih sama seperti Asetku.

Tingkat Bunga/Imbal hasil

Cashwagon menawarkan  imbal hasil 14% – 25% per tahun dari pokok pinjaman bagi setiap Lender yang melakukan pendanaan di Cashwagon.  Itupun belum termasuk bonus pendanaan pertama senilai 2 – 5% yang apabila dihitung-hitung tentu sangat menguntungkan.

Update September 2020:  Saat ini bunga yang ditawarkan Cashwagon turun drastis menjadi 4 – 5%. Sehingga tidak lagi menarik seperti dulu.

Tipe Pendanaan

Konsumtif.

TKB90

Tidak tahu. Saya tidak melihat ada info TKB90 di website mereka. Padahal menampilkan TKB90 merupakan aturan wajib dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Konvensional atau Syariah?

Konvensional.

Punya Program Referral?

Iya. Cashwagon memiliki program referral yang memberikan bonus up to 5% dari total nilai pendanaan yang dilakukan oleh setiap orang yang berhasil diajak. Maksimal bonus yang dapat diterima per referral sebesar Rp10 juta dan tidak ada batas jumlah orang yang bisa kamu ajak.

Sementara untuk orang yang diajak, katanya sih akan mendapat bonus bunga tambahan sebesar 2 – 5% pada pendanaan pertama mereka.

Bagi kamu yang tertarik mendanai di Cashwagon, gunakan kode referral -> CWA6Z1  untuk mendapatkan bonus atau daftar melalui link berikut: Register to Cashwagon

Lain-lain

Ingin tahu lebih lanjut? baca tulisan saya tentang review cashwagon.

Mana yang terbaik?

Dalam menentukan P2P lending terbaik, saya biasanya menggunakan 3 indikator utama, yaitu berapa bunga yang ditawarkan (semakin tinggi semakin baik), risiko (semakin rendah semakin baik), dan apakah P2P lending tersebut telah terdaftar di OJK atau tidak.

Berdasarkan tiga indikator ini, saya menyimpulkan P2P lending terbaik menurut saya secara berurutan adalah Asetku, Akseleran, Investree, Amartha, dan terakhir Cashwagon. Bagaimana dengan kamu?

Author

Pekerja teks komersial. Tertarik dengan dunia ekonomi, investasi, dan perencanaan keuangan sejak 2016. Hubungi saya di halo@zaipad.com untuk penawaran kerjasama, konsultasi, pertanyaan, dan lain-lain.

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
cover
close-link
Ingin belajar investasi dan keuangan lebih jauh? Subscribe di blog Zaipad sekarang! 
SUBSCRIBE
No spam. Unsubscribe kapan saja.
Subscribe ke Blog Zaipad

Agar kamu selalu mendapat update terbaru dari blog saya dan info menarik lainnya
Subscribe
Zaipad menjamin 100% kerahasiaan data pribadi kamu. Cek kebijakan privasi
close-link