Setiap orang pasti ingin kaya. Saya, kamu, dan kita semua tentu menginginkan hidup dengan memiliki harta yang berlimpah. Bisa memenuhi segala kebutuhan dan keinginan kita tanpa harus lagi mikirin ini itu. Andai kita hidup di negeri dongeng, pastilah kondisi yang ideal seperti diatas bisa dengan mudah terwujud. Namun sayang hidup ini bukanlah bak negeri dongeng. Kita boleh bebas berkeinginan dan bermimpi apa saja tetapi itu semua belum cukup.

Kita masih harus berusaha keras dan konsisten serta menyiapkan strategi supaya impian kita berpeluang untuk menjadi kenyataan. Seperti halnya keinginan untuk menjadi kaya dan punya harta berlimpah. Kita butuh strategi yang teruji sebelum langsung berusaha membabi buta melaksanakan segala cara untuk menjadi kaya. Pasalnya, saya yakin sekali orang-orang yang kini telah berhasil dan memiliki segudang harta berlimpah, tidak mencoba banyak cara untuk mencapai posisi mereka saat ini. Mungkin hanya satu atau dua cara saja yang mereka lakukan dengan benar dan konsisten yang berhasil membawa mereka ke puncak kesuksesan.

Untuk itu, belajar kepada mereka yang telah berhasil adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan strategi terbaik. Oleh karena itu, dibawah ini saya tuliskan beberapa tips sederhana untuk membantu kamu mencapai posisi dimana kamu pantas disebut orang lain dengan predikat kaya.

Tips ini saya kemas dalam bentuk perbandingan cara berpikir orang kaya vs orang miskin agar kamu lebih mudah mengerti kenapa muncul istilah orang kaya tambah kaya dan orang miskin tambah miskin. Atau istilah middle income trap alias jebakan pendapatan yang biasa-biasa saja.

Jadi, kita mulai dari perbedaan pola pikir yang pertama ….

1. Orang kaya menggunakan uang orang lain untuk jadi kaya. Sementara orang pada umumnya percaya bahwa untuk menciptakan uang kita butuh uang (pribadi)

Paradigma yang mengatakan bahwa kita butuh uang untuk mendapatkan uang adalah benar. Tetapi tidak harus pribadi kita, bukan? Inilah yang disadari oleh mereka yang kaya. Sebut saja para developer properti yang menggunakan uang bank untuk membangun kawasan perumahan, hotel, dan lain sebagainya. Lalu menggunakan uang hasil penjualan properti tersebut untuk membayar hutang mereka ditambah selisih penghasilan yang gede buat mereka.

Cerdas, bukan?

2. Orang kaya fokus pada menambah penghasilan. Sementara orang pada umumnya fokus untuk menabung

Seseorang yang kaya adalah mereka yang memiliki jumlah uang yang banyak. Dan uang itu didapatkan dari penghasilan. Kita tidak akan menjadi kaya jika penghasilan kita sedikit. Inilah yang benar-benar dipahami oleh orang kaya. Berbeda dengan orang pada umumnya yang mengira bahwa menabung akan membuat mereka kaya. Padahal, bukanlah menabung yang bisa membuat orang kaya, tetapi investasi.

3. Orang pada umumnya berpikir mereka harus memilih antara keluarga dan menjadi kaya. Orang kaya justru beranggapan bahwa mereka bisa mendapatkan semuanya

Keluarga dan menjadi kaya bukanlah hal yang bertolak belakang dan harus dipilih. Hal inilah yang dipahami dengan baik oleh orang kaya. Mereka memiliki anggapan bahwa mereka bisa menjadi kaya sambil memiliki keluarga yang hebat. Contohnya, Bill Gates, Chairul Tanjung, dan lain-lain.

4. Orang pada umumnya suka terhadap kenyamanan. Sementara orang kaya mendapatkan rasa nyaman dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian

Orang kaya sejak awal menyadari bahwa jalan untuk meraih kesuksesan penuh dengan banyak resiko, rintangan dan ketidakpastian. Makanya, mereka melatih diri untuk menemukan kenyamanan dalam situasi seperti itu. Sementara rata-rata orang justru menghindar dari situasi seperti diatas.

5. Orang kaya berani mengambil resiko dengan uangnya. Sedangkan orang pada umumnya justru senang bermain aman

Orang kaya mengerti bahwa mereka harus memanfaatkan setiap peluang yang ada, meskipun itu memiliki resiko tinggi terhadap kondisi keuangan mereka. Asalkan sudah dipelajari dan diteliti dengan baik, mereka tidak akan takut mengambil resiko. Beda dengan rata-rata orang yang pada umumnya bermain aman dan hanya mencari peluang yang minimal atau tanpa resiko.

6. Orang kaya memilih pendidikan dibandingkan hiburan. Sementara orang pada umumnya memilih sebaliknya

Menurut saya ada dua alasan mengapa akhir-akhir ini banyak youtuber Indonesia yang sukses mendulang rupiah dari kanal barunya. Alasan pertama adalah karena orang Indonesia pada umumnya lebih suka menghibur diri dengan tontonan drama, prank, dan aksi bugil orang lain. Tipikal orang pada umumnya. Sementara alasan kedua karena mereka para youtuber Indonesia mulai banyak yang menginvestasikan waktu mereka untuk belajar menciptakan konten yang penuh drama alias yang konten yang ingin ditonton orang. Tipikal jenis orang kaya.

7. Orang pada umumnya melihat masa terbaik mereka di masa lalu. Sedangkan orang kaya percaya hari-hari terbaik mereka ada di masa yang akan datang

Rata-rata orang selalu mengenang masa lalu mereka dan berpikir disitulah hari-hari terbaik mereka serta memimpikan hal itu untuk terjadi lagi. Makanya sebagian besar mereka menderita depresi dan tidak bahagia. Sementara orang kaya beranggapan bahwa hari-hari terbaik mereka masih ada di depan sana dan perlu untuk diperjuangkan. Makanya tipikal orang kaya ini begitu percaya diri dalam menginvestasikan usaha mereka pada ide, gagasan, dan mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan.

8. Orang pada umumnya percaya pendidikan formal adalah jalan untuk menjadi kaya. Sementara orang yang benar-benar kaya percaya pada spesialisasi atau penguasaan kemampuan tertentu saja

Pernyataan ini memang agak sedikit kontroversi. Tetapi begitulah faktanya. Orang kaya atau pengusaha besar tidak diciptakan dari universitas-universitas. Melainkan dari pengalaman dan pembelajaran mereka selama hidup. Kalau universitas itu memang mampu menciptakan orang kaya, sudah pasti semua lulusannya jadi orang yang kaya raya. Bukannya sebagian menjadi sarjana pengangguran.

Makanya, banyak orang kaya dan berhasil saat ini ternyata tidak pernah menjalani pendidikan formal yang cukup. Mereka menjadi kaya karena memiliki kemampuan spesial yang mereka manfaatkan dengan baik untuk menciptakan keran-keran rejeki yang memiliki arus deras.

9. Orang pada umumnya cenderung mengharapkan kejadian yang baik terjadi pada mereka. Orang kaya justru bermental proaktif dan menciptakan keberuntungan mereka sendiri

Rata-rata orang memiliki mental yang bergantung pada situasi atau keadaan tertentu. Semoga saja pemerintah melakukan A, B, dan C, semoga orang tua saya mengizinkan A, B, dan C. Bentuk pengandaian seperti ini adalah contoh mental seseorang yang sulit berhasil. Berbeda dengan cara berpikir orang kaya yang segera bertindak mencari solusi atas permasaalahannya.

10. Orang pada umumnya percaya KEKAYAAAN adalah sumber dari berbagai macam masalah. Sementara orang kaya beranggapan bahwa KEMISKINAN-lah yang menyebabkan hal itu.

Sebagian besar orang saat ini percaya bahwa kekayaan mendatangkan sejumlah masalah besar. Seperti perselingkuhan, perceraian, narkoba, penipuan, kecurangan, dan lain sebagainya. Padahal semua hal tersebut terjadi bukan karena jumlah uang yang dimiliki, melainkan akibat dari ketidakmampuan mengontrol diri sendiri. Kemiskinan di lain pihak jelas mendorong orang-orang untuk melakukan tindak kriminal seperti mencuri, merampok, membunuh, dan lain-lain. Alasannya karena kebutuhan dasar mereka tidak bisa terpenuhi. Dan percayalah orang-orang akan terdorong menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan mereka. Atas fakta inilah kenapa orang kaya memiliki anggapan bahwa uang benar tidak menjamin kebahagiaan, tetapi jelas membuat hidup lebih mudah dan nyaman.

Kesimpulan

Berikanlah masing-masing uang 100 juta pada orang kaya dan orang pada umumnya. Niscaya dalam 5 tahun kedepan kamu akan mendapati peningkatan kualitas hidup yang signifikan pada orang kaya. Dan keadaan hidup yang biasa-biasa saja atau lebih buruk pada jenis orang yang satunya lagi. Alasannya kenapa? Pola pikir.

Jika kamu menyukai artikel ini, kamu mungkin juga suka dengan 5 Cara Menjadi Produktif Menurut Penelitian dan Alasan Kenapa Nasihat [Temukan Passionmu] Bisa Menyesatkan Berdasarkan Penelitian.

Author

Freelance Writer, Blogger, and Finance enthusiast. Blog ini saya buat untuk berbagi tips finansial, investasi, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk perihal pertanyaan dan kerjasama.

Write A Comment

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 

Pendaftaran Berhasil! Silakan cek Inbox kamu untuk Konfirmasi Email.