10 Pinjaman Online Bunga Rendah Selain Kredivo, Cek Di Sini!

Tulisan kali ini membahas tentang alternatif pinjaman online bunga rendah selain Kredivo sekaligus informasi limit pinjaman, bunga, tenor, hingga sekilas tentang syarat mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut.

Seperti yang kita tahu, Kredivo merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terbaik di Indonesia yang melayani pinjaman cicilan tanpa kartu kredit di berbagai merchants online serta pinjaman tunai cepat dengan bunga yang relatif rendah, yaitu 2,6% per bulan.

Dengan catatan, khusus pinjaman tunai Kredivo dikenakan biaya tambahan sebesar 6% dari nominal pinjaman sehingga kalau dihitung-hitung, total biaya bunga efektifnya bisa berbeda tergantung tenor pinjaman yang diambil.

Contoh, kalau pinjam 3 bulan, total bunga efektif yang harus dibayar jadi 4,6% per bulan [2,6% + (6%/3 bulan)]. Sementara kalau pinjam selama 6 bulan, total bunga efektifnya jadi 3,6% per bulan dan begitu seterusnya.

Sehingga, kalau disimpulkan, bunga pinjaman cicilan dan tunai di Kredivo berkisar antara 2,6% s.d. 4,6% per bulan. Jika dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lain yang memberikan bunga hingga 12% per bulan atau 0,4% per hari, tingkat suku bunga pinjaman Kredivo tersebut tentu tergolong jauh lebih rendah.

Nah, selain Kredivo, apakah ada aplikasi pinjaman online lain yang sudah resmi terdaftar di OJK dan menawarkan bunga pinjaman di kisaran 2,6% – 4,6% per bulan? Tentu ada. Berikut daftar 10 aplikasi pinjaman online bunga rendah selain Kredivo yang patut kamu coba.

1. Digibank KTA

Pertama, ada pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) online cepat cair dari aplikasi bank digital Digibank. Pinjaman KTA Digibank memiliki limit Rp30 – Rp80 juta dengan tenor mulai dari 6 bulan sampai dengan 36 bulan. Adapun suku bunga pinjaman yang diberikan berkisar antara 0,95% s.d. 3,29% per bulan

Kendati bunganya tergolong rendah, biaya-biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah atas pengajuan pinjaman tersebut terbilang banyak. Mulai dari biaya administrasi awal Rp200.000 – Rp399.000, biaya tahun ke-1 senilai 1.75% dari nominal pinjaman, hingga biaya pelunasan dipercepat sebesar 8% dari sisa pinjaman. Berikut tabel bunga dan biaya pinjaman KTA Digibank selengkapnya.

Suku bunga dan biaya pinjaman Digibank KTA - artikel pinjaman online bunga rendah selain kredivo

Saat ini, Digibank hanya melayani pengajuan pinjaman untuk nasabah yang berdomisili di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya,dan Semarang. Jika tertarik, syarat pengajuan pinjaman KTA Digibank antara lain:

  • WNI usia 21 – 55 tahun
  • Minimal penghasilan kotor Rp10.000.000
  • Minimal limit kartu kredit Digibank atau bank lain (jika ada) Rp15.000.000
  • Minimal masa aktif kartu kredit bank lain 3 tahun
  • Bekerja dengan status pegawai/karyawan tetap selama 3 tahun atau punya usaha sendiri yang berdiri minimal selama 3 tahun

Download aplikasi Digibank di:

2. PINANG (Pinjam Tenang)

Kedua, ada aplikasi pinjaman online PINANG atau “Pinjam Tenang” dari Bank Raya Indonesia (dulunya bernama BRI AGRO). Aplikasi PINANG menawarkan pinjaman tunai tanpa agunan dengan limit Rp500 ribu – Rp20 juta dan tenor pinjaman mulai dari 1 sampai 12 bulan.

Suku bunga pinjaman yang dikenakan adalah flat 1,24% per bulan serta tanpa biaya administrasi. Pengajuan pinjaman dilakukan sepenuhnya secara online lewat aplikasi PINANG yang bisa kamu download di Play Store. Berbeda dengan Digibank, layanan PINANG terbuka untuk semua nasabah BRI dan BRI Agro di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi debitur yang pengajuan pinjamannya disetujui, dana pinjaman akan lansung dicairkan ke rekening BRI atau BRI Agro yang dimiliki (tidak bisa ke bank lain). Apabila tertarik, berikut syarat pengajuan pinjaman online KTA cepat cari di aplikasi PINANG:

  • WNI usia 21 tahun/sudah menikah dan maks usia 55 tahun
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki penghasilan tetap atau usaha yang menghasilkan
  • Punya handphone android yang terkoneksi dengan jaringan internet dan nomor GSM atau CDMA yang terdaftar

3. BRI Ceria

Selanjutnya, aplikasi pinjaman online bunga rendah selain Kredivo yang patut kamu coba adalah BRI Ceria. Aplikasi ini memang tidak memberikan layanan pinjaman KTA seperti dua aplikasi sebelumnya, melainkan hanya pinjaman cicilan tanpa kartu kredit saja yang bisa dipakai belanja di Tokopedia, BliBli, Bukalapak, dan berbagai merchants online lainnya.

Walau tidak menyediakan pinjaman KTA, limit pinjaman BRI Ceria yang diberikan cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp500 ribu – Rp20 juta dengan jangka waktu pinjaman 1 sampai 12 bulan. Selain itu, bunganya juga tergolong rendah hanya 1,42% per bulan dan gratis biaya admin bulanan.

Saat ini, aplikasi Ceria hanya tersedia di Play Store. Apabila tertarik, kamu bisa mendaftar dan mengajukan limit pinjaman cicilan tanpa kartu kredit langsung di aplikasi Ceria atau lewat aplikasi pihak ketiga seperti Tokopedia. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya simak dulu syarat mengajukan pinjaman online Pay Later di aplikasi Ceria berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia usia 21 – 50 tahun
  • Nasabah individu
  • Nasabah memiliki rekening simpanan di BRI
  • Memiliki bukti identitas diri elektronik KTP
  • Melakukan swafoto di aplikasi Ceria

4. Flexi Cash Jenius

Flexi Cash adalah produk pinjaman online dari bank Jenius BTPN. Flexi Cash menawarkan pinjaman tunai tanpa agunan dengan limit Rp500.000 s.d. Rp50.000.000 untuk jangka waktu pinjaman mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan.

Bunga pinjaman Flexi Cash Jenius berbeda-berbeda tergantung profil risiko tiap nasabah. Menurut website resminya, bunga Flexi Cash Jenius paling rendah adalah 1.75% per bulan. Saat ini, hanya nasabah terpilih saja yang bisa mengajukan pinjaman Flexi Cash Jenius.

Cara tahunya gampang. Kamu tinggal cek saja apa ada email masuk dari Jenius yang menawarkan pinjaman Flexi Cash. Kalau ada, berarti kamu adalah nasabah terpilih dan dapat mulai mengajukan pinjaman Flexi Cash di aplikasi Jenius.

Tapi ingat, limit dan tingkat suku bunga pinjaman yang kamu dapat bisa saja berbeda dengan apa yang ditampilkan di website resmi Jenius. Saya sendiri dapat limitnya cuma Rp2 juta dengan bunga sekitar 2,7% per bulan. Limit dan bunga pinjaman Flexi Cash nasabah akan disesuaikan oleh pihak Jenius seiring waktu menyesuaikan riwayat pemakaian nasabah.

Hanya ada dua syarat yang harus kamu penuhi jika ingin menikmati fitur pinjaman Flexi Cash Jenius. Pertama, wajib buka rekening Jenius terlebih dulu. Kedua, kamu harus dapat email penawaran Flexi Cash dari Jenius.  

Artikel terkait:

5. PermataKTA

Sesuai nama, PermataKTA adalah layanan pinjaman online dari Bank Permata. Pinjaman tanpa agunan ini dapat diajukan secara konvensional dengan mengunjungi kantor cabang Bank Permata atau bisa juga lewat aplikasi digital banking PermataMobile X yang dapat diunduh di App Store atau Google Play.

Pinjaman online PermataKTA memiliki suku bunga flat mulai dari 0,88% hingga 1.99% per bulan dengan limit pinjaman minimal Rp5 juta s.d. maksimum Rp300 juta. Sementara untuk tenor pinjaman dapat dipilih mulai dari 3 bulan sampai dengan 5 tahun (syarat dan ketentuan berlaku).  

Selain bunga, terdapat biaya-biaya lainnya yang wajib kamu tahu sebelum mengajukan pinjaman PermataKTA antara lain biaya administrasi 1% – 4% dari jumlah pinjaman yang disetujui atau minimal Rp150.000, biaya pelunasan dipercepat sebesar 7% dari sisa pinjaman ditambah bunga berjalan, serta biaya keterlambatan sebesar 5% dari cicilan per bulan atau minimal Rp150.000 (mana yang paling besar).

Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman KTA Permata, berikut ini sejumlah syarat yang harus kamu penuhi antara lain:

  • WNI usia 21 tahun dan maksimum 65 tahun saat pelunasan kredit
  • Mempunyai KTP atau e-KTP yang masih berlaku
  • Khusus nasabah yang mengajukan pinjaman di atas Rp50 juta, wajib punya NPWP
  • Memiliki penghasilan tetap minimum Rp3 juta per bulan
  • Nasabah berdomisili di area yang termasuk area cakupan penjualan PermataKTA yaitu di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, dan Medan

Info selengkapnya, baca syarat dan ketentuan umum PermataKTA dan tabel suku bunga PermataKTA 2021

6. Tunaiku by Amar Bank

Pinjaman online bunga rendah selain Kredivo yang juga layak kamu coba adalah Tunaiku by Amar Bank. Aplikasi pinjol resmi OJK ini menawarkan limit pinjaman KTA minimal Rp2 juta sampai Rp20 juta dengan lama jangka waktu pinjaman 6 -20 bulan.

Bagi nasabah yang pengajuan pinjamannya disetujui oleh Tunaiku akan dibebankan biaya suku bunga flat 2 – 5% per bulan, biaya administrasi sebesar Rp540.000, dan biaya denda keterlambatan sebesar Rp150.000/bulan.

Pengajuan pinjaman online KTA Tunaiku dapat dilakukan langsung via website resminya maupun lewat aplikasi. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya pastikan kamu sudah memenuhi beberapa syarat di bawah ini terlebih dulu agar peluang pinjamanmu disetujui lebih tinggi, antara lain:

  • WNI usia 21 – 55 tahun
  • Memiliki KTP dan rekening bank pribadi
  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan tetap
  • Nasabah berdomisili di area layanan Tunaiku (lihat gambar di bawah)
Area layanan pinjaman online Tunaiku by Amar Bank - artikel pinjaman online bunga rendah selain Kredivo

7. Akulaku

Akulaku adalah aplikasi fintech resmi OJK yang juga menyediakan layanan pinjaman online bunga rendah bagi masyarakat Indonesia. Akulaku punya tiga produk pinjaman online yang bisa kamu ajukan, yakni cicilan tanpa kartu kredit (AkuCicil), KTA Asetku, dan pinjaman tunai Dana Cicil. (Baca review pinjaman online Akulaku)

Cicilan tanpa kartu kredit Akulaku bunganya sekitar 3% – 5% per bulan tergantung lama tenor cicilan yang kamu ambil. Di Akulaku, kamu dapat membeli barang secara cicil dengan limit maksimum hingga Rp15 juta dan jangka waktu cicilan mulai dari 3 bulan s.d 12 bulan. Kalau kamu beli pulsa di Akulaku, pembayarannya juga bisa ditunda ke bulan berikutnya atau Pay Later 30 hari.

Sementara untuk pinjaman tunai KTA Asetku tidak saya sarankan karena memiliki bunga yang relatif tinggi yaitu 0,4% per hari atau sekitar 12% per bulan. Kalau mau pinjaman tunai di Akulaku, lebih baik ajukan pinjaman Dana Cicil sebab bunganya masih masuk akal sekitar 4% per bulan dengan tenor maksimal sampai 12 bulan.

Apabila tertarik menggunakan layanan pinjol dan Pay Later Akulaku, pastikan kamu memenuhi dulu beberapa syarat di bawah ini antara lain:

  • WNI
  • Memiliki KTP
  • Memiliki rekening bank dengan nama sesuai KTP
  • Berdomisili di Indonesia
  • Beberapa data penunjang lainnya seperti informasi pribadi, nama ibu kandung, foto KTP, foto Selfie + KTP, data pekerjaan dan penghasilan, kontak darurat, akun Facebook, BPJS Ketenagakerjaan, serta verifikasi suara

📢 Ingin pinjam uang atau kredit barang online di Akulaku? Daftar lewat tautan ini agar dapat bonus voucher senilai Rp115 ribu, GRATIS!

8. GoPayLater

GoPayLater atau Gopay PayLater adalah pinjaman online bunga rendah selain Kredivo yang paling saya rekomendasikan. Pasalnya, Gopay Paylater hanya mengenakan biaya admin saja ke nasabah alias tidak ada bunga sama sekali.

Biaya admin Gopay Paylater tergantung nominal pinjaman yang kamu ajukan. Sebagai contoh, kalau di aplikasi Gojek saya, terdapat enam opsi limit pinjaman yang bisa dipilih dengan biaya administrasi berbeda-beda antara lain:

  • Limit Rp100.000, biaya admin -> Rp7.500
  • Limit Rp200.000, biaya admin -> Rp10.000
  • Limit Rp300.000, Rp400.000, dan Rp500.000, biaya admin -> Rp12.500
  • Limit Rp600.000, biaya admin -> Rp15.000
  • Limit Rp700.000, biaya admin -> Rp17.500
  • Limit Rp800.000, biaya admin -> Rp20.000

Berdasarkan info terbaru yang saya terima, secara keseluruhan limit pinjaman Gopay Paylater mulai dari Rp100 ribu sampai Rp3 juta dengan tenor pinjaman 1 bulan saja untuk semua limit.

Meskipun secara resmi Gopay Paylater hanya bisa dipakai untuk pembelian layanan di aplikasi Gojek dan merchants tertentu yang bekerjasama dengan Gojek, faktanya limit Gopay Paylater tetap bisa dicairkan ke rekening pribadi melalui dua cara, yaitu lewat aplikasi Akulaku + Bank Neo Commerce dan Blibli + Pluang. (Baca 2 cara mudah mencairkan limit GoPayLater ke rekening pribadi)

Saat ini, fasilitas pinjaman online Gopay Paylater hanya tersedia untuk pengguna aplikasi Gojek terpilih saja. Jadi, kamu tidak bisa mengajukan pinjaman secara manual seperti di aplikasi Kredivo. Untuk info selengkapnya, silakan baca tulisan saya tentang review Gopay Paylater.

9. SPaylater dan SPinjam

Shopee Paylater dan Shopee Pinjam adalah layanan pinjol bunga rendah resmi terdaftar OJK yang dihadirkan oleh aplikasi belanja online Shopee. Keduanya memiliki fungsi berbeda dimana SPaylater khusus untuk cicilan barang di Shopee tanpa kartu kredit sedangkan SPinjam khusus untuk jenis pinjaman tunai.

Saat ini, hanya pengguna tertentu saja yang bisa menikmati fasilitas pinjaman online dari Shopee, baik itu SPaylater maupun SPinjam. Limit pinjaman SPaylater mulai dari Rp750 ribu sampai Rp15 juta dengan jangka waktu pinjaman 1 sampai 12 bulan. Sementara untuk suku bunga yang dikenakanminimal 2,95% per bulan dari total pembayaran ditambah biaya administrasi 1%.

Bagaimana dengan SPinjam? SPinjam menawarkan limit pinjaman tunai mulai dari Rp600 ribu hingga lebih dari Rp15 juta tergantung dari sistem penilaian Shopee. Untuk suku bunga sebesar 2,45% per bulan dengan biaya administrasi sebesar 3% dari nominal pinjaman yang dicairkan.

Apabila kamu telat membayar tagihan SPaylater atau SPinjam, kamu akan dikenakan biaya denda sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo.

10. Indodana

Terakhir, aplikasi pinjaman online bunga rendah selain Kredivo yang juga layak untuk dicoba adalah Indodana. Terdapat dua jenis pinjaman online yang ditawarkan oleh Indodana, yaitu cicilan tanpa kartu kredit (Indodana PayLater) dan pinjaman tunai cepat cair tanpa agunan.

Untuk Indodana PayLater, limit pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta sampai Rp25 juta dengan pilihan jangka waktu cicilan 1, 3, 6, dan 12 bulan. Adapun untuk biaya layanan yang dikenakan sebesar 1% dari nominal transaksi.

Sedangkan untuk pinjaman KTA Indodana, plafon pinjaman yang disediakan mulai dari Rp1 juta sampai Rp12 juta dengan pilihan tenor 3 – 6 bulan. Sementara untuk suku bunga pinjaman KTA Indodana terbilang cukup tinggi, mencapai 9% per bulan (sudah termasuk biaya provisi).

Apabila tertarik mengajukan pinjaman online di Indodana, berikut adalah beberapa syarat yang mesti kamu penuhi:

  • WNI usia 20 tahun dan maksimum 65 tahun
  • Mempunyai KTP yang sah
  • Memiliki penghasilan minimum Rp3.500.000,-
  • Memberikan informasi data diri yang benar, akurat, dan lengkap
  • Membayar cicilan tepat waktu setiap 30 hari sesuai tanggal peminjaman
  • Berdomisili dan bekerja di daerah layanan Indodana (cek gambar di bawah)
Area layanan pinjaman online Indodana
Cakupan area layanan Indodana

Download aplikasi Indodana di:

Kesimpulan

Makin hari jumlah platform dan aplikasi yang menawarkan pinjaman online (KTA & cicilan) cepat cair di Indonesia makin banyak. Supaya tidak gali lubang tutup lubang, sebaiknya hanya gunakan aplikasi pinjaman online yang menawarkan bunga terendah, baik itu cicilan Pay Later ataupun pinjaman tunai.

Selain itu, yang lebih penting lagi hindari berhutang untuk sesuatu yang tidak perlu. Sebab penting untuk diketahui bahwa hampir semua platform pinjaman online legal OJK sudah terkoneksi dengan SLIK OJK.Jadi, kalau sampai kamu mempunyai riwayat telat atau gagal bayar tagihan di aplikasi pinjol tersebut, nantinya itu bakal merusak nama kamu di SLIK OJK dan menyebabkan kamu kesulitan untuk pinjam uang di institusi keuangan lain yang ada di Indonesia.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar