Rekomendasi

Di halaman ini kamu akan menemukan berbagai informasi produk, jasa dari perusahaan tertentu yang saya gunakan untuk mempermudah kehidupan saya. Baik dalam urusan pekerjaan, finansial, bisnis, maupun hingga keperluan blogging.

Jika kamu sedang mencari resources untuk memudahkan pekerjaan kamu dalam satu atau beberapa bidang tersebut, halaman ini akan membantu kamu menemukannya!

Berikut daftar produk, jasa, perusahaan yang saya rekomendasikan:

*Dari keseluruhan produk dan jasa yang saya tulis di halaman ini, ada sebagian yang memang belum pernah saya gunakan secara pribadi, namun memiliki nilai manfaat yang luar biasa. Oleh karena itu, saya pun tetap memasukkannya dengan anggapan bahwa produk/jasa tersebut barangkali bisa bermanfaat untuk orang lain. Mungkin saja itu kamu. Who knows?

Resources yang Berkaitan dengan Blogging

Dewaweb

Jika kamu menginginkan layanan hosting yang cepat, adil, dan bisa diandalkan, namun dengan harga yang terjangkau, kamu bisa membeli salah satu paket cloud hosting yang ada di Dewaweb. Paket cloud hosting sendiri berbeda dengan paket shared hosting yang seringkali ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan hosting lainnya.

Jika di shared hosting kita berbagi space server dengan para pengguna lainnya tanpa ada pembatasan sumber daya yang boleh digunakan, maka di cloud hosting setiap pengguna ada jatahnya sendiri-sendiri.

Sehingga apabila ada pengguna yang melebihi jatah pemakaian sumber dayanya, maka hanya situsnya-lah yang akan mengalami down. Sementara sejumlah situs lain yang kebetulan juga di hosting pada server yang sama, tidak akan terpengaruh apalagi sampai mengalami down. Nah, pada paket shared hosting, kondisi tersebut justru sering terjadi. Sangat tidak adil, bukan?  

Saya pribadi menggunakan paket cloud hosting “Hunter” di Dewaweb untuk menghosting zaipad.com, dan satu situs saya yang lain. Jika kamu memiliki rencana untuk membuat sebuah situs blog/website, Dewaweb adalah rekomendasi terbaik dari saya untuk kamu.

Pun kalau kamu membutuhkan informasi teknis terkait dengan bagaimana cara pemesanan paket hosting di Dewaweb, hingga tata cara membuat dan menyiapkan blog pertama kamu, kamu bisa membaca tulisan saya di sini yang membahas tentang panduan lengkap bagaimana cara membuat blog wordpress di Dewaweb.  

Bloom

Dalam mengelola zaipad.com, saya menggunakan strategi email marketing untuk meningkatkan konversi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan para pembaca blog saya. Maka dari itu, saya menggunakan plugin Bloom dari Elegantthemes untuk membuat opt-in form dengan desain yang cantik dan dapat terhubung dengan berbagai layanan email marketing yang tersedia.

Plugin Bloom ini sendiri adalah plugin premium yang dijual dengan harga $89/tahun (sudah termasuk produk Divi, Extra, dan Monarch) di website Elegantthemes. Namun, kamu bisa memiliki plugin ini secara gratis dengan cara membeli minimal paket cloud hosting Warrior di Dewaweb. Setelah itu, mintalah admin Dewaweb untuk memberikan kamu plugin premium tersebut bersama dengan kode lisensinya.

Di samping Bloom, ada juga beberapa plugin opt-in yang bisa kamu gunakan secara gratis di wordpress namun dengan fitur yang terbatas, seperti WP Subscribe, Sumo, Genesis e-news extended (wajib punya tema genesis), dll.

Mailpoet (Premium)

Jika untuk keperluan opt-in form saya menggunakan plugin Bloom, khusus pada penyedia layanan email marketing saya menggunakan plugin Mailpoet versi gratis dan Mailpoet Premium. Kedua plugin ini memang harus digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan manfaat dari plugin premium Mailpoet, seperti mengirim email secara otomatis, fitur analitik lanjutan, Mailpoet Sending Service,  dan lain-lain.

Meski premium, kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali sampai jumlah subscriber email kamu menyentuh lebih dari 1.000 subscribers. This is a very good deal, btw.

Yoast SEO (Premium)

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO di WordPress yang memiliki banyak pengguna aktif, termasuk saya sendiri. Apabila kita ingin meningkatkan trafik blog atau website yang kita kelola, maka kita patut menginstall dan menggunakan plugin ini untuk mengoptimasi setiap artikel yang kita terbitkan, sehingga mudah mendapatkan tempat di halaman pertama Google.

Yoast SEO tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Platform untuk Menghasilkan Uang

Google Adsense

Google adsense adalah cara yang paling mainstream yang sering digunakan oleh para blogger Indonesia dalam memonetasi blog mereka. Saya sendiri juga menggunakan Google Adsense di blog zaipad untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari trafik yang saya peroleh. Seandainya kamu melihat ada satu atau beberapa iklan yang tayang di halaman ini, itulah Google Adsense.

Kunjungi laman pendaftaran Google Adsense untuk mulai mendaftarkan blog/website kamu sebagai mitra periklanan Google. Atau baca 5 Cara agar Blog kamu Diterima Adsense, khusus untuk Pemula! (Berdasarkan Pengalaman Pribadi) sebelum mendaftar.

Kendati belum pernah payout samsek dari Google Adsense, tetapi trend pendapatanyang saya peroleh sejauh ini sudah lumayan baik, dan Insya Allah akan saya bagikan buktinya ketika sudah bisa payout. Please be patient! *janji kelingking*

Accesstrade

Di samping memonetasi blog saya dengan Google Adsense, saya juga mengikuti program afiliasi dari beberapa perusahaan tertentu. Salah satunya adalah Accesstrade. Memang, sampai tulisan ini ditulis, saya baru bisa mendapatkan beberapa ratus klik saja dari program afiliasi yang saya ikuti, juga belum pernah mendapatkan konversi sama sekali.

Namun, saya akan tetap mengikuti program afiliasi di Accestrade ini selama 1 -2 tahun ke depan. Seandainya, masih belum juga ada konversi yang tercatat selama periode tersebut, kemungkinan besar saya akan berhenti menjadi publisher di Accesstrade.

Quora

Di Quora, terdapat sebuah program unik yang bernama “mitra Quora”. Program ini dapat memberikan kamu penghasilan yang lumayan dari setiap pertanyaan yang kamu ajukan di situs Quora. Bahkan, kurs yang dipakai untuk pembayarannya adalah Dollar Amerika Serikat. Jadi, sangat menguntungkan.

Pun begitu, hanya orang-orang yang mendapatkan undangan dari Quora saja lah yang bisa mengikuti program mitra Quora ini. Selengkapnya, kamu bisa membaca tulisan saya berikut: Cara Menghasilkan Uang dari Quora

AirBnb

Jika kamu memiliki rumah, apartemen, atau ruangan kamar yang kosong di rumah kamu, kamu bisa memanfaatkan “kekosongan” tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari AirBnb. Caranya, cukup daftarkan dirimu sebagai host melalui link Menjadi Host di AirBnb, ikuti seluruh proses pendaftarannya, lalu mulailah menerima tamu dan menghasilkan uang.

Saya sendiri belum pernah sama sekali menjadi host AirBnb karena memang belum memiliki satu pun aset properti. Tetapi kalaupun ada, dan memang lagi kosong, pastinya saya akan mendaftar menjadi host AirBnb juga.    

Dilansir dari Kompas, rata-rata satu host AirBnb mampu mengantongi penghasilan hingga Rp 28,4 juta/tahun di sepanjang tahun 2017.

Lumayan lah buat beli satu ton cabe.

Sebetulnya, masih banyak lagi platform/situs yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Maka dari itu, saya pun merangkum 53 cara diantaranya pada tulisan saya yang satu ini: 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Strateginya [Panduan Lengkap]

Aplikasi untuk Berhemat

Shopback

Shopback adalah sebuah situs yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan cashback dari setiap belanja online yang kamu lakukan di satu atau beberapa toko online yang telah bekerjasama dengan Shopback.

Saya sendiri pernah menggunakan Shopback untuk membayar tagihan listrik bulanan dan membeli tiket pesawat. Dan yup, saya mendapatkan sejumlah cashback dari hasil transaksi tersebut. Memang, jumlahnya tidak seberapa. Tetapi saya pikir ini akan sangat menghemat pengeluaran, terlebih buat kamu yang sering melakukan belanja online.

Kalau saya sih, berhubung jarang, jadi yaa agak terasa kurang juga manfaatnya. Hehe

Tertarik? Kamu bisa mendaftar melalui link berikut ini: Daftar Shopback untuk mendapatkan bonus pendaftaran senilai Rp25.000.

Selengkapnya, kamu bisa membaca tulisan review saya tentang Shopback di sini.

Pomona

Jika Shopback dapat memberikan kita cashback untuk setiap transaksi belanja online, maka Pomona akan memberikan cashback untuk setiap transaksi belanja yang dilakukan secara offline. Cukup dengan melakukan upload foto struk belanja di aplikasi/web Pomona, kita sudah bisa berpeluang mendapatkan cashback dari hasil upload foto struk tersebut.

Selengkapnya, kamu bisa membaca tulisan saya berikut ini: Review: Pengalaman Mendapatkan Cashback dari Aplikasi Pomona

Platform Rekomendasi untuk Berinvestasi

Bibit

Untuk berinvestasi di reksadana, saya menggunakan aplikasi Bibit karena memiliki fitur yang menarik (Robo Advisor) dan desain UI/UX aplikasi yang modern dan sederhana. Selain itu, minimnya modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi (cuman Rp10.000 saja) juga menjadi alasan kenapa saya lebih memilih Bibit dibandingkan dengan platform investasi reksadana lainnya.

Jika tertarik, kamu bisa mendaftar di Bibit sekarang dan mendapatkan bonus cashback Rp50.000 dengan menyisipkan kode referral “zaipad50” (tanpa tanda kutip) pada tahap ke-2 proses pendaftaran. Atau tepatnya setelah kamu memasukkan nomor HP.  (lihat gambar di bawah)

kode referral di aplikasi bibit reksadana

Informasi selengkapnya, bisa membaca tulisan saya berikut ini:  Review Bibit – Platform Investasi Reksadana Otomatis dan Murah!

Ammana

Di samping berinvestasi reksadana, saya juga ikut berinvestasi di beberapa platform P2P lending, khususnya yang berjenis P2P Lending syariah. Salah satunya adalah di P2P Lending Ammana. Kamu bisa membaca bagaimana pengalaman saya berinvestasi di Ammana pada tulisan berikut ini: Investasi P2P lending di Ammana, Menguntungkan dan Bebas Riba!

*catatan: akhir-akhir ini saya mengalami pengalaman yang buruk dengan platform P2P Lending Ammana karena tidak komunikatifnya pihak Ammana dengan investor. Sejauh ini, ada lebih dari dua produk pinjaman yang saya danai di Ammana, dan tidak memiliki kejelasan terkait proses pengembalian pokok pinjaman dan imbal hasilnya (sudah membayar sebagian, tetapi masih ada 2-3 bulan tunggakan yang tak kunjung selesai). Saya sudah mencoba berkomunikasi, tetapi hanya dibalas dengan email template yang terlalu lip service.

Untuk itu, buat kamu yang merasa ragu berinvestasi di Ammana, sebaiknya tinggalkan lah dan cari P2P Lending yang lain, contohnya seperti Investree. (saya juga sedang merencanakan ini)

IpotGO

IpotGO merupakan salah satu produk dari Indopremier yang melayani para investor saham untuk melakukan transaksi secara online. Pertama kali saya terjun ke dunia pasar modal, saya menggunakan layanan dari IpotGO ini untuk membeli saham, dan layanan dari IpotFund untuk membeli reksadana (Ipotfund juga adalah produk dari Indopremier).

Maka dari itu, saya pun merekomendasikan IpotGO buat kalian yang ingin berinvestasi saham.

Stockbit

Setelah IpotGO, saya juga pernah mencoba aplikasi Stockbit untuk berinvestasi saham. Memang, saya tidak sampai membuka akun untuk berinvestasi real di Stockbit, melainkan hanya akun demo saja. Namun, secara umum, saya sangat menyukai fitur dan desain dari aplikasi Stockbit ini.

Tidak seperti tampilan IpotGO yang so konvensional dan lumayan ribet, Stockbit memiliki tampilan yang jauh lebih modern, bersih, dan fokus. Hanya saja, di Stockbit saya melihat lumayan banyak investor yang suka pom-pom terhadap suatu emiten untuk mempengaruhi keputusan investor lain.  Oleh karenanya, kamu harus hati-hati dengan ini dengan tidak terlalu banyak membaca thread maupun komentar yang ada di Stockbit.

Beli Emas di Tokopedia/Bukalapak

tokopedia emas
bukaemas

Emas menurut saya bukanlah sebuah instrumen investasi, melainkan hanya sebagai alat untuk menjaga nilai uang kita dari terjangan inflasi. Kamu boleh saja memiliki pendapat yang berbeda. Tetapi, jika kita melihat pergerakan harga emas selama ini, saya kok melihatnya seperti tidak “terasa” alias meningkat, tetapi tidak signifikan seperti instrumen investasi lainnya. Maka dari itu, saya pun menyebutnya sebagai alat penjaga nilai uang saja.

Nah, untuk membeli emas, saya biasanya menggunakan platform marketplace online seperti Tokopedia dan Bukalapak. Atau kita juga bisa berinvestasi emas melalui situs pegadaian digital di digital.pegadaian.co.id.

Indodax

bitcoin indodax

Di samping berinvestasi saham, reksadana, P2P Lending, dan emas, saya kini sedang melirik untuk mencoba berinvestasi di cryptocurrency. Awalnya, saya agak skeptis dengan perkembangan cryptocurrency ini. Namun, melihat perkembangan trend dari cryptocurrency yang semakin diminati dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, saya yakin bahwa cryptocurrency ini akan menjadi the next big thing setelah internet.

Oleh karena itu, dalam beberapa waktu ke depan, saya pun akan mulai berinvestasi di salah satu cryptocurrency yang tersedia, seperti Ripple (XRP). Kenapa saya tidak berinvestasi di Bitcoin? Harganya mahal dan terlalu volatile untuk saat ini. Sementara Ripple, pergerakan harganya cenderung stabil dan memiliki trend peningkatan yang lumayan baik.

Nah, apabila modalnya sudah tersedia, saya pasti akan segera mulai berinvestasi cryptocurrency melalui situs Indodax  yang mana dulunya dikenal dengan nama Bitcoin.co.id. Dulu, pertama kali saya mengenal bitcoin semasa SMA kelas 2, saya sering mengunjungui situs Bitcoin.co.id untuk mengecek harga jual Bitcoin, yang pada saat itu masih senilai Rp8 Juta/1 BTC.

Mengatur Keuangan

Ipotpay

Ipotpay

Produk lain dari Indopremier adalah IpotPay. Ipotpay ini merupakan sebuah e-wallet atau dompet online sama seperti Dana, GoPay, dan OVO. Saya otomatis menggunakan Ipotpay karena saya adalah salah satu nasabah dari Indopremier.

Pun begitu, saya termasuk rutin menggunakan IpotPay ini untuk melakukan transfer, menerima pembayaran, dan melakukan belanja online. Salah satu fitur yang saya sukai dari IpotPay adalah tidak dikenakannya biaya administrasi bulanan maupun biaya transfer antar bank yang berbeda.

Selain itu, terdapat juga fitur penempatan dana secara otomatis ke dalam instrumen reksadana (pasar uang) di IpotPay, yang mana memungkinkan saldo dari setiap nasabah IpotPay bisa berkembang lebih banyak lagi. Dengan catatan wajib memiliki saldo idle minimal Rp100.000.

Bersambung….. (saya masih akan mengupdate halaman ini dalam beberapa waktu ke depan)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!