Pada artikel ini saya akan memberikan review mengenai pengalaman saya ketika berinvestasi di platform peer to peer lending (P2P) Akseleran.

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah banyak sekali platform P2P Lending yang bermunculan di Indonesia. Mulai dari yang menggunakan sistem konvensional, syariah, berfokus menyasar pelaku UKM, bisnis properti, hingga ada jenis P2P Lending yang hanya fokus memberikan pendanaan untuk pelaku bisnis di bidang pertanian dan peternakan.

Nah, di antara sekian banyak perusahaan P2P Lending yang beroperasi di Indonesia saat ini, PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau Akseleran adalah salah satunya. Akseleran berdiri sejak tahun 2017 dan merupakan jenis Peer to Peer Lending yang fokus memberikan pinjaman untuk para pelaku UKM.

Setelah lebih dari 2 tahun beroperasi, Akseleran tercatat telah menyalurkan total pinjaman mencapai Rp945 miliar kepada lebih dari 2000 peminjam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Secara statistik, pencapaian tersebut mungkin sudah bisa dianggap sebagai sebuah keberhasilan. Artinya, Akseleran telah menunjukkan suatu visinya yang kuat untuk mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas di Indonesia.

Review Akseleran

Tampilan web/aplikasi

Secara keseluruhan, saya menilai tampilan antarmuka dari website atau aplikasi Akseleran ini terbilang sederhana atau mudah digunakan dan memiliki navigasi yang baik. Setiap pengguna Akseleran baik calon peminjam (borrower) maupun calon pemberi pinjaman (lender) dapat melihat informasi lengkap tentang kampanye pinjaman yang sedang berlangsung di Akseleran dengan mudah tanpa harus pindah-pindah halaman lebih sering.

Selain itu, sebagai investor, kita juga bisa menyaring jenis kampanye pinjaman yang terdapat di Akseleran berdasarkan kategori (industri), tipe kampanye, lama tenor, besaran bunga efektif, ada tidaknya agunan, maupun sampai mengurutkannya berdasarkan jumlah pinjaman yang diminta.

Tampilan website Akseleran:

Tampilan aplikasi Akseleran:

review akseleran - Contoh pinjaman di Akseleran

2. Jumlah kampanye pinjaman

Campaign-campaign di Akseleran sangat beragam, karena tersedia berbagai industri. Sehingga kamu pun bisa bebas memilih campaign sesuai pilihan kamu, baik dari sisi credit scoring, jenis industri, maupun tingkat bunga atau imbal hasil yang ditawarkan. Selain itu, campaign-campaign yang ditawarkan Akseleran memiliki asuransi kredit, sehingga mampu memberikan proteksi lebih terhadap dana Anda yang dipinjamkan. Proteksi asuransi kredit ini bisa meng-cover dana kamu hingga 85% dari nilai pokok investasi yang kamu pinjamkan.

Untuk memudahkan dalam mengembangkan dana, kamu bisa menggunakan fitur auto lending. Lewat fitur ini, kamu bisa langsung berinvestasi di Akseleran secara otomatis tanpa harus menghabiskan waktu mencari peluang pemberian pinjaman yang sesuai dengan preferensi. Kamu bisa bebas memilih campaign sesuai kriteria yang kamu inginkan baik dari imbal hasil, credit scoring dan nominal dana yang ingin kamu pinjamkan. Selengkapnya bisa lihat syarat dan ketentuan fitur auto lending di sini.

Baca juga:

3. Likuiditas

P2P Lending Akseleran menggunakan sistem pinjaman lump sum dimana cicilan pokok modal yang kamu pinjamkan akan dibayar nanti di akhir tenor. Hal ini secara tidak langsung membuat tingkat likuiditas dana kamu di Akseleran menjadi relatif lebih rendah dibandingkan dengan P2P Lending lainnya yang membayar cicilan pokok dan bunga secara sekaligus setiap minggu/bulan.

Namun ada juga beberapa campaign yang mengembalikan dana pinjaman plus pokok dicicil setiap bulannya.

Perlu diketahui, likuiditas berarti kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban atau melunasi utang-utang jangka pendeknya. Nah, dalam contoh kasus ini, likuiditas berarti seberapa cepat kamu bisa mendapatkan uangmu kembali setelah dipinjamkan (ditaruh) di Akseleran.

4. Jumlah minimal investasi

Di Akseleran, kamu bisa mulai berinvestasi dengan nominal dana mulai dari Rp100.000 sehingga cukup terjangkau. Selain itu,  jumlah investasinya juga tidak berlaku kelipatan lho. Artinya, kalau kamu mau investasi Rp101.500 pun bisa. Gak harus Rp100.000, Rp200.000, Rp300.000, dan seterusnya.

5. Persentase NPL (Non Performing Loan)

Dilansir dari situs Bisnis.com, angka Non Performing Loan (NPL) Akseleran di akhir Desember 2019 tercatat cukup rendah, yaitu hanya 0,76% dari total pembiayaan yang telah disalurkan. Selain itu, untuk TKB90 dan TKB Total Akseleran juga sejauh ini masih terpantau aman dengan nilai masing-masing 96,37% dan 99,2% (per Januari 2020). Artinya, jumlah kredit yang bermasalah di Akseleran masih terbilang sangat-sangat sedikit.

Perlu diketahui, Non Performing Loan (NPL) adalah persentase perbandingan jumlah kredit yang bermasalah (gagal bayar) dengan total kredit yang disalurkan. Semakin kecil NPL, semakin bagus.

6. Imbal Hasil

Berdasarkan info yang terlihat di beranda websitenya, pembiayaan pinjaman di Akseleran dapat memberikan investor potensi imbal hasil 18 – 21% per tahun. Namun, jumlah imbal hasil yang dapat lender peroleh bisa lebih kurang atau lebih banyak dari itu. Tergantung dari kesepakatan kontrak pinjaman yang tersedia di Akseleran.

7. Adanya perlindungan asuransi dan agunan


Beberapa proyek pinjaman yang terdapat di Akseleran memiliki perlindungan asuransi. Kendati hal ini tidak menjamin dana kamu kembali 100% jika terjadi gagal bayar, namun setidaknya dana yang bisa kembali masih mencapai 85% dari nilai total pinjaman yang diberikan.

Selain itu, beberapa proyek pinjaman di Akseleran juga memiliki agunan sehingga apabila terjadi gagal bayar, agunan tersebut dapat dicairkan untuk membayar hutang kepada lender

Pengalaman investasi di Akseleran

Saya mendaftar di Akseleran pada tanggal 9 Januari 2020 kemarin, dan saat itu juga saya langsung melakukan pendanaan senilai Rp100.000 pada proyek pinjaman yang bergerak di bidang jasa.

review akseleran - Pemberian pinjaman dan ekspektasi imbal hasil

Apabila dihitung, potensi pengembalian dana yang akan saya dapat pada akhir tenor adalah Rp102.666. 

Nilai ini terbilang sangat menguntungkan, jika dibandingkan kamu menyimpan dana Rp100.000 di lembaga keuangan konvensional. Dalam dua bulan pasti dana kamu akan berkurang karena terpotong biaya administrasi yang lebih besar dibandingkan bunga yang kamu dapatkan.

1. Proses registrasi dan verifikasi akun di Akseleran

Proses registrasi dan verifikasi akun di Akseleran terbilang mudah. Pendaftaran bisa dilakukan via website ataupun aplikasi Akseleran yang bisa kamu download di Google Play maupun App Store.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen KTP dan NPWP (jika ada). Setelah itu, lakukan proses registrasi sesuai petunjuk dengan mengisi sejumlah data pribadi pada formulir yang telah disediakan.

review akseleran - dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran di P2P Akseleran

Apabila proses registrasi telah selesai, nantinya dari pihak Akseleran akan segera memverifikasi akun kamu. Menurut pengalaman, proses verifikasi akun ini hanya akan memakan waktu beberapa menit saja.

Terakhir, kamu akan diminta untuk menandatangani dokumen perjanjian keanggotaan melalui platform PrivyID. Baca dokumen perjanjiannya baik-baik kemudian tandatangani jika kamu setuju.

Selesai! Sekarang, kamu sudah bisa melakukan pendanaan di beberapa proyek pinjaman yang ada di Akseleran.

2. Kode Referral Akseleran, bonus cuma-cuma dari Akseleran

Salah satu keuntungan mendaftar menjadi pendana di Akseleran adalah kesempatan untuk memperoleh bonus awal senilai Rp100.000 secara gratis. Bonus ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma tanpa harus melakukan top up dana di akun Akseleran terlebih dulu.

Caranya pun sangat mudah, yaitu kamu cukup memasukkan kode referral AKSLZAIFHUL306209 saat mendaftar di Akseleran. Tepatnya, saat kamu masuk di tahap ke-2 proses pendaftaran di Akseleran sebagaimana yang tertera pada gambar di bawah ini:

Jika sudah, nantinya setelah proses registrasi selesai dan setelah akun kamu berhasil diverifikasi, kamu akan memperoleh dana segar senilai Rp100.000. Dana ini bisa langsung kamu gunakan untuk berinvestasi di berbagai proyek pinjaman yang terdapat di Akseleran tanpa harus kamu melakukan top up dana terlebih dahulu.

Jadi, bisa dibilang kamu mendapatkan bonus Rp100.000 tersebut secara gratis hanya dengan mendaftar di Akseleran menggunakan kode referral AKSLZAIFHUL306209.

It’s free money. So, sayang banget deh kalau sampai kamu lewatkan !!

Selain itu, berhubung ini sifatnya free money, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu patuhi sebelum mendapatkan bonus Rp100.000 tersebut.

Pertama, bonus Rp100.000 tersebut hanya bisa ditarik setelah kamu melakukan pendanaan terlebih dulu di proyek pinjaman yang terdapat di Akseleran. Nanti, setelah proyek pinjaman yang didanai tersebut selesai baru kamu bisa menarik bonus tersebut plus bunga yang didapat dari hasil mendanai proyek pinjaman.

Kedua,  apabila kamu tidak menggunakan bonus Rp100.000 tersebut untuk mendanai proyek pinjaman di Akseleran dalam kurun waktu 7 hari setelah hari pendaftaran, maka bonus tersebut secara otomatis akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, sebaiknya kamu cepat-cepat ya melakukan pendanaan di Akseleran.

Mengutip perkataan pak Jusuf Kalla, Lebih Cepat Lebih Baik !!!

Catatan: AKSLZAIFHUL306209 adalah kode referral saya di Akseleran. Saat kamu mendaftar menggunakan kode referral tersebut, kamu akan mendapatkan bonus senilai Rp100.000. Sementara saya, sebagai pemberi referral, akan memperoleh komisi dari Akseleran senilai 0,5% dari total pendanaan yang kamu lakukan di Akseleran selama 6 bulan ke depan tanpa memengaruhi (memotong atau mengurangi) hasil investasi yang kamu peroleh di Akseleran selama periode tersebut. 

Apakah Akseleran Penipu?

Tentu saja tidak.

PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (disingkat Akseleran) adalah salah satu perusahaan fintech legal yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Bahkan, lebih dari itu, per 13 Desember 2019 kemarin, Akseleran akhirnya resmi mendapatkan izin dari OJK sebagai perusahaan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi tersebut tertuang dalam keputusan OJK dalam surat tanda berizin KEP-122/D.05/2019.

Jadi, Akseleran jelas bukan penipu ya guys.

Berinvestasi di Akseleran mungkin dapat membuat seorang investor kehilangan sebagian modal atau seluruh dana yang diinvestasikan. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa Akseleran adalah penipu. Melainkan, hanya memberikan contoh risiko yang mungkin terjadi saat seseorang berinvestasi di instrumen P2P Lending.

Artikel terkait:

Kesimpulan

Selain berinvestasi di reksadana dan saham, berinvestasi di platform P2P Lending juga tergolong layak untuk dilakukan saat ini. Pasalnya, di samping bisa memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dan stabil, rutin berinvestasi di P2P Lending juga secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan perekonomian rakyat kecil dan inklusi keuangan di Indonesia. 

Bagi kamu yang tertarik berinvestasi di Peer to Peer (P2P ) Lending, kamu bisa memasukkan  investasi ini ke dalam jenis investasi jangka pendek karena memiliki durasi investasi yang tidak terlalu lama, seperti saat kamu berinvestasi di instrumen reksadana saham ataupun saham (khusus untuk penganut aliran value investing).

 Nah, di antara sekian banyak platform P2P Lending yang beroperasi di Indonesia saat ini, Akseleran adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat kamu andalkan. Di Akseleran pendaftarannya sangat mudah dan praktis, serta tidak membutuhkan waktu verifikasi yang lama.

Selain itu, jumlah minimal investasi di Akseleran pun hanya Rp100.000 saja, sehingga sangatlah terjangkau. Apabila kamu masih ragu dengan Akseleran, kamu bisa mendaftar menggunakan kode referral AKSLZAIFHUL306209 untuk mendapatkan bonus Rp100.000 secara gratis yang bisa kamu gunakan langsung sebagai modal awal berinvestasi di Akseleran.

Selamat berinvestasi dan salam cuan!

Author

Pengamat orang kaya | Blog ini saya buat untuk berbagi tips investasi, perencanaan keuangan, dan berbagai cara menghasilkan uang dari internet. Hubungi halo@zaipad.com untuk pertanyaan dan kerjasama.

2 Comments

  1. Sejauh ini paling suka akseleran karena investasi bisa 100k, dan yang paling disuka memang bagian referalnya, hehe, karena bisa dapat 100k untuk pendaftar yang memasukkan kode referal. saya ug audah beberapa bulan investasi di akseleran dan hasilnya lumayan,

    • Zai Reply

      Betul. Sistem referral di Akseleran sangat menarik. Selain itu, saya juga suka fitur asuransinya. Adapun kekurangan Akseleran satu, yakni auto withdrawal. hehe

Write A Comment

EBOOK GRATIS

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link
Ikuti Blog Zaipad via Email
---------
close-link

Mau Informasi GRATIS tentang Tips Finansial dan How to Make Money Online dari Zaipad?

*Bonus E-Book 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet khusus untuk kamu yang mendaftar hari ini. 
IYA, SAYA MAU
Zaipad.com menjamin 100% kerahasiaan informasi nama dan email kamu. Selengkapnya, baca kebijakan privasi.
close-link

Download Ebook

Masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini  untuk mendapat akses mendownload Ebook 53 Cara Mendapatkan Uang dari Internet secara GRATIS.
close-link