Review Akulaku – Fasilitas Pinjaman Online dan Paylater dalam Satu Aplikasi [Terdaftar/Berizin OJK]

Tulisan ini akan membahas selengkapnya tentang Akulaku, produk pinjaman online yang ditawarkan Akulaku, dan bagaimana pengalaman saya saat mengajukan pinjaman online KTA di Akulaku.

TLDR:

  • Akulaku adalah aplikasi fintek resmi terdaftar dan berizin OJK
  • Akulaku punya tiga layanan pinjaman online berbeda, yakni KTA, paylater, dan pinjaman cicilan dengan limit hingga Rp15 juta dan tenor maksimal 12 bulan
  • Bunga pinjaman di Akulaku berkisar antara 3% sampai dengan 24% per bulan tergantung jenis pinjaman yang diajukan
  • Proses pendaftaran dan pengajuan pinjaman di Akulaku mudah dan cepat

📢 Ingin pinjam uang atau kredit barang online di Akulaku? Daftar lewat tautan ini agar dapat bonus voucher senilai Rp115 ribu, GRATIS!

Apa itu Akulaku?

Akulaku pada dasarnya adalah sebuah grup bisnis yang bergerak di sektor jasa keuangan dan teknologi. Akulaku menaungi tiga perusahaan berbeda, yaitu PT. Pintar Inovasi Digital (perusahaan P2P Lending Asetku), PT. Akulaku Silvrr Indonesia (perusahaan e-commerce), dan PT. Akulaku Finance Indonesia (perusahaan penyedia jasa pinjaman dan kredit online).

Namun, khusus untuk layanan pinjaman online, sebetulnya nasabah hanya bersinggungan dengan dua perusahaan ini, yaitu PT. Pintar Inovasi Digital dan PT. Akulaku Finance Indonesia.

Jadi, kalau kamu beli barang di Akulaku secara kredit, barangnya itu di-supply oleh PT. Akulaku Silvrr Indonesia namun jasa pembiayaannya disediakan oleh dua perusahaan Akulaku tadi.

Untuk PT. Pintar Inovasi Digital (Asetku) sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK sebagai perusahaan P2P Lending legal dan terpercaya di Indonesia dengan nomor terdaftar S-1110/NB.213/2018.

Sementara untuk PT. Akulaku Finance Indonesia , mereka bahkan sudah resmi mendapatkan izin OJK dengan nomor KEP-436/NB.11/2018. Dengan demikian, kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin membeli barang secara kredit atau meminjam uang tunai di aplikasi Akulaku.

Saat ini layanan Akulaku sudah dapat diakses di 4 negara berbeda, yaitu Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Alamat Kantor Akulaku

PT Akulaku Silvrr Indonesia
Sahid Sudirman center lantai 18 Unit A-H
Jl. Jend. Sudirman No.86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250, Indonesia

Call Center: 1500921
Whatsapp: 0811 1350 8161
Email: [email protected]

Syarat Mengajukan Pinjaman di Akulaku

Akulaku tidak menyebutkan secara jelas apa saja syarat mengajukan pinjaman di Akulaku. Namun, berdasarkan pengalaman pribadi, syaratnya tidak jauh dari beberapa hal di bawah ini:

  • WNI
  • Memiliki KTP
  • Memiliki rekening bank dengan nama sesuai KTP
  • Berdomisili di Indonesia
  • Beberapa data penunjang lainnya seperti informasi pribadi, nama ibu kandung, foto KTP, foto Selfie + KTP, data pekerjaan dan penghasilan, kontak darurat, akun Facebook, BPJS Ketenagakerjaan, serta verifikasi suara

Proses Pendaftaran dan Cara Mengajukan Pinjaman di Akulaku

  1. Download aplikasi Akulaku di Google Play atau App Store , atau bisa juga daftar langsung lewat tautan ini
  2. Daftar dengan memasukkan no. HP kamu dan lakukan verifikasi OTP
  3. Isi formulir data pribadi, rekening bank, dan unggah semua data yang dibutuhkan
  4. Tunggu sampai proses verifikasi selesai
  5. Jika sudah, ajukan pinjaman pada produk yang tersedia (ada KTA Asetku, AkuCicil, dan Dana Cicil). Proses ini biasanya membutuhkan verifikasi lagi namun tidak lama.
  6. Apabila memenuhi syarat, uang tunai akan segera cair ke rekening pribadi kamu dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.
  7. Cek saldo di rekening  dan pemberitahuan terbaru di aplikasi Akulaku untuk memastikan bahwa dana pinjamanmu telah cair

Untuk tata cara selengkapnya, silakan tonton video tutorial cara mendaftar dan mengajukan pinjaman online di Akulaku berikut ini:

Produk dan Simulasi Bunga Pinjaman Akulaku

1. KTA Asetku

KTA Asetku adalah produk pinjaman online tanpa jaminan dari Akulaku yang proses pengajuan dan pencairan dananya terbilang cepat. Bahkan, tidak sampai 10 menit setelah lolos verifikasi.

Adapun plafon pinjaman yang diberikan tergantung dari hasil kredit skor masing-masing pengguna yang didapat dari penilaian sistem Akulaku secara otomatis.

Untuk awal, biasanya limit yang diberikan antara Rp500 – Rp800 ribu dengan limit 15 hari dan 22 hari.

Namun, seiring waktu, jika riwayat pembayaran pinjaman kamu lancar, maka plafonnya bisa saja naik. Begitu pun dengan jangka waktu pembayarannya, bisa lebih lama lagi.

Jika mengacu pada halaman FAQ Akulaku, berikut adalah maksimal limit dan tenor pinjaman:

  • Tenor pinjaman: lebih dari 61 hari hingga 90 hari
  • Nominal pinjaman: up to Rp3.000.000

Sementara untuk tingkat bunga pinjaman di Akulaku, berdasarkan pengalaman pribadi, masih sesuai dengan aturan OJK, yaitu di 0,79% per hari. Standar lah.

2. Dana Cicil

Dana Cicil adalah produk pinjaman tunai kedua dari Akulaku. Produk ini memiliki ciri limit pinjaman yang lebih banyak s/d Rp15 juta serta tenor yang lebih panjang hingga 12 bulan.

Untuk tingkat bunga oinjaman Dana Cicil sekitar 4% per bulan. Setiap nasabah mendapatkan limit pinjaman Dana Cicil yang berbeda-beda, tidak langsung mendapatkan limit Rp15 juta. Saat artikel ini ditulis, limit Dana Cicil yang saya dapat di Akulaku baru Rp2 juta saja dengan maksimum tenor 3 bulan.

Dana Cicil Akulaku
Dana Cicil Akulaku

3. AkuCicil

AkuCicil adalah produk pinjaman online bunga rendah dari Akulaku. Pinjaman ini hanya boleh digunakan untuk belanja barang secara kredit di aplikasi Akulaku atau berbagai platfom e-commerce lainnya seperti Shopee dan Bukalapak. Tenor kredit mulai dari 1 bulan s/d 12 bulan dengan suku bunga pinjaman 3% – 4% per bulan.

Berbeda dengan produk Dana Cicil, siapapun bisa menikmati layanan kredit barang online di Akulaku terlepas dari wilayah domisilinya. Bagi pengguna baru yang bertempat tinggal di luar wilayah utama coverage Akulaku namun ingin menikmati layanan AkuCicil, tidak perlu khawatir.

Tipsnya lakukan pinjaman KTA minimal satu kali lalu bayar tepat waktu. Setelah itu, tunggu saja beberapa bulan, pasti layanan AkuCicil bakal tersedia juga.

Pengalaman Mengajukan Pinjaman di Akulaku

Pengalaman saya meminjam uang di Akulaku adalah pada produk KTA Asetku. Jadi, ini adalah produk pinjaman yang sebagian besar pinjamannya didanai oleh Lender (Pendana) yang terdaftar di Asetku, termasuk saya sendiri.

Setelah berhasil mendaftar di Akulaku, saya langsung mencoba mengajukan pinjaman KTA Asetku sebesar Rp800.000 dengan tenor pinjaman 22 hari.

Dari pinjaman ini, saya dibebankan biaya oleh Asetku sebesar Rp140.000 yang terdiri dari biaya admin sebesar Rp105 ribu dan biaya bunga sebesar Rp35 ribu.

Kecil ya bunganya? Cuman Rp35 ribu. Haha. Jangan ketipu, itu mah permainan bahasa doang. Intinya ya total bunga yang dibebankan ke saya adalah Rp140 ribu itu. Atau kalau dihitung sebesar 0,795% per hari.

Jadi, (Rp140 ribu : 22 hari) : Rp800 ribu x 100= 0,795%.

Review Akulaku – Fasilitas Pinjaman Online dan Paylater dalam Satu Aplikasi [Terdaftar/Berizin OJK] 1

Fitur Akulaku

1. Pinjaman Tunai

Ini adalah fitur utama Akulaku sebagai penyedia jasa pinjaman online tunai. Beberapa produk pinjaman yang ada di Akulaku antara lain KTA Asetku, Dana Cicil, dan Kredit Multiguna jaminan kendaraan yang bekerjasama dengan sejumlah perusahaan leasing seperti BFI, WOM, ADIRA Finance, dll.

2. E-commerce

Tidak hanya menyediakan layanan pinjaman online, Akulaku juga punya toko online sendiri tempat dimana kamu bisa belanja berbagai barang secara tunai atau kredit layaknya di platform lain. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembelian pulsa dan membayar berbagai macam tagihan.

5. Akupoin

Mirip dengan rata-rata aplikasi pinjol, Akulaku juga memiliki sistem pengumpulan poin yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah.

6. Lucky Spin

Fitur lotre Akulaku untuk mendapatkan berbagai hadiah dengan hadiah utama berupa voucher Rp500 ribu. Tidak jelas apakah ini voucher uang tunai yang bisa ditarik atau voucher diskon pembayaran tagihan. Akulaku dapat mengubah hadiahnya setiap saat.

7. Akulaku bagi-bagi rejeki

Ini adalah fitur dimana kamu bisa membeli berbagai barang di Akulaku secara gratis asalkan kamu berhasil mengajak sejumlah orang mendaftar di Akulaku dan mendapatkan limit pinjaman. Cool !

Fitur Akulaku bagi-bagi rejeki

8. BNC

Sebetulnya, ini tidak termasuk fitur Akulaku, tapi lebih ke integrasi layanan saja. Jadi, tahun 2020 kemarin Akulaku Group sempat akuisisi saham mayoritas dari Bank Yudha Bakti dan ubah namanya menjadi BNC atau Bank Neo Commerce.

Nah, kalau kamu punya akun BNC, kamu bisa lebih untung kalau bayar tagihan pake BNC karena lebih praktis dan bisa dapat bonus cashback juga. Berhubung masih baru banget, BNC lagi gembor-gembornya nih nawarin promo dan bonus menggiurkan buat pengguna baru. Saran saya, manfaatkan kesempatan ini selama masih tersedia.

Program Referral Akulaku

Per 8 September 2021, program referral (ajak teman) di Akulaku telah dirubah menjadi skema seperti berikut ini:

  • Pengguna existing yang berhasil mengajak orang lain daftar di Akulaku akan mendapat hadiah uang tunai maksimal Rp31 ribu yang langsung di tambahkan ke saldo Bank Neo Commerce.
  • Bonus uang tunai Rp31 ribu tidak didapat sekaligus, tetapi satu per satu dengan rincian hadiah Rp1 ribu setelah orang yang diajak memasukan info valid, hadiah Rp20 ribu setelah orang yang diajak berhasil mendapatkan limit pinjaman di Akulaku, dan hadiah Rp10 ribu setelah orang yang diajak berhasil menyelesaikan pinjaman tunai/cicilan pertama.
  • Lantas, bagaimana dengan orang yang mendaftar menggunakan kode referral? mereka juga dapat bonus Rp115 ribu dalam bentuk voucher yang bisa digunakan untuk memberli produk fisik maupun virtual di Akulaku.
Program Referral Akulaku
Program Referral Akulaku

Apabila kamu tertarik pinjam uang di Akulaku, silakan daftar lewat tautan ini untuk mendapatkan bonus.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online Akulaku

Kelebihan:

  • Proses pendaftaran dan pengajuan pinjaman relatif mudah dan cepat
  • Aplikasi tergolong mudah dioperasikan
  • Akulaku termasuk salah satu aplikasi Pinjol terpercaya di Indonesia dan paling sering digunakan untuk belanja online cicilan, di samping Kredivo
  • Produk pinjaman yang tersedia beragam dengan limit tinggi up to Rp15 juta dan tenor s/d 12 bulan
  • Ada program referral yang lumayan menjanjikan
  • Limit kredit Akulaku juga bisa digunakan untuk belanja barang di berbagai marketplace terpercaya seperti Shopee dan Bukalapak
  • Fitur Akulaku bagi-bagi rejeki terbilang sangat menguntungkan. Bayangkan, kamu sudah dapat bonus referral dari berhasil mengundang orang plus dikasih hadiah tambahan lagi berupa belanja barang tertentu di Akulaku secara gratis
  • Jarang ada complain pengguna tentang metode penagihan Debt Collector Akulaku yang kasar, tidak seperti Rupiah Cepat dan beberapa aplikasi pinjol lainnya

Kekurangan:

  • Akulaku adalah aplikasi pinjol berizin OJK yang sayangnya masih meminta akses ke data kontak dan panggilan di handphone. Jika kamu sangat concern dengan privasi, sebaiknya jangan pinjam uang di Akulaku sampai RUU Perlindungan Data Pribadi resmi disahkan menjadi Undang-Undang
  • Bunga pinjaman cicilan dan kredit barang di Akulaku terbilang lumayan, tapi untuk bunga pinjaman KTA menurut saya tinggi karena mencapai 0.8% per hari
  • Tidak ada informasi jelas tentang apa alasan dibalik pengajuan pinjaman nasabah ditolak, terutama untuk produk pinjaman Dana Cicil
  • Saya cukup sering membaca komplain dari pengguna Akulaku tentang masalah keamanan sistem di Akulaku
  • Selain itu, sering juga ada komplain tentang kualitas barang yang dijual oleh e-commerce Akulaku. Maka itu, kalau kamu dapat limit kredit Akulaku, mendingan beli aja barang lewat marketplace lain yang telah bekerjasama dengan Akulaku

Download Akulaku Apk

FAQ

1. Bagaimana cara menaikkan limit KTA Akulaku?

Perbanyak melakukan pinjaman di Akulaku dan usahakan untuk selalu bayar pinjaman sebelum jatuh tempo.

2. Berapa denda telat bayar Akulaku?

Berdasarkan pengalaman saya, saat ini dendanya adalah 1% dari pokok pinjaman per hari. Bisa saja nilai dendanya berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya, baca dulu kontrak pinjaman sebelum klik tombol “Ajukan Sekarang”

3. Berapa minimum pembayaran KTA Akulaku?

Tidak ada minimum pembayaran pinjaman. Kamu wajib membayar sesuai dengan apa yang tertulis di kontrak, kalau tidak bakal dikenakan denda.  

4. Bagaimana cara menghapus akun Akulaku secara permanen?

Saat ini akun Akulaku tidak bisa dihapus secara permanen, namun limitnya bisa diblokir untuk mencegah penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Akulaku merupakan salah satu platform pinjaman online terpercaya di Indonesia. Persentase bunga pinjamannya terbilang standar (rata-rata 0,8% per hari). Aplikasinya pun termasuk mudah dioperasikan.

Satu hal yang tidak saya sukai dari Akulaku adalah pengguna wajib memberikan akses data ke kontak dan panggilan agar bisa mengajukan pinjaman di Akulaku. Melanggar ketentuan OJK.

Alternatif

1. Adakami

AdaKami merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya di Indonesia yang sudah mengantongi izin dari OJK. Di AdaKami tersedia produk pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit s/d Rp4 juta dan tenor maksimal 90 hari.

2. Gopay Paylater

Pinjaman online hasil kerjasama Gojek dengan Findaya. Paling saya favoritkan karena bunganya termasuk yang paling rendah di antara semua aplikasi pinjol lainnya. Adapun kekurangan dari Gopay Paylater adalah pengguna tidak bebas mengajukan limit pinjaman. Selain itu, plafon pinjaman juga mayoritas hanya bisa digunakan untuk pembelian di layanan Gojek.

3. Kredit Pintar

Salah satu aplikasi Pinjol terpercaya di Indonesia dan sudah berizin OJK. Pilihan pinjaman yang tersedia beragam, bunga standar sesuai aturan OJK, dan bisa juga dicicil. Satu kekurangan Kredit Pintar adalah mereka memotong biaya layanan yang cukup besar saat pencairan pinjaman.

4. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah aplikasi pinjol yang sudah berizin OJK. Sayangnya, persentase bunga pinjaman Rupiah Cepat tidak sesuai aturan OJK, rata-rata di atas 0,8% s/d 1% per hari. Selain itu, desk collector Rupiah Cepat juga tidak punya etika.

5. TunaiKita

Pinjaman online TunaiKita sudah resmi terdaftar di OJK sejak tahun 2017. TunaiKita menawarkan pinjaman jangka pendek dan cicilan dengan limit dan tenor yang berbeda-beda tergantung kredit skor peminjam. TunaiKita unggul dari segi perlindungan privasi dan fasilitas pembayaran pinjaman sebagian/parsial.

6. UKU

Pinjol resmi terdaftar di OJK. Penyaluran pinjaman bekerjasama dengan aplikasi LinkAja. Menawarkan pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit dan tenor beragam tergantung skor kredit pengguna. UKU mengenakan biaya layanan yang dipotong di awal.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar