Review PINA – Aplikasi Personal Finance dan Investasi Terlengkap 2022

Artikel review PINA ini pertama kali tayang di blog pada awal bulan Oktober tahun lalu, atau satu bulan sebelum aplikasinya resmi meluncur di pertengahan November 2021. Kini setelah kurang lebih satu tahun berlalu, kira-kira bagaimana review saya tentang aplikasi PINA? Simak berikut ini.

📢 Dapatkan bonus RDN hingga Rp1.050.000 GRATIS dari PINA. Daftar dengan kode referral -> ZAIALAM49

Apa itu PINA?

PT PINA Aplikasi Bersama (PINA) adalah aplikasi finansial yang menyediakan layanan untuk kelola dan otomatisasi pengeluaran, tabungan, serta investasi kamu dalam satu aplikasi.

Melalui aplikasi PINA, kamu bisa mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, membuat anggaran, berinvestasi reksadana dan saham, hingga konsultasi dengan financial planner langsung via aplikasi.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan akun finansial kamu seperti rekening bank dan e-wallet ke aplikasi PINA untuk memudahkan pemantauan total aset yang dimiliki. Bahkan, kamu juga bisa konek akun BPJS ketenagakerjaan kamu di aplikasi PINA lho untuk melihat saldo tabungan sementara.

Bagaimana soal keamanan? Tidak perlu khawatir sebab PINA tidak menyimpan data login kamu pada akun finansial tersebut serta koneksi juga dilidungi dengan enkripsi 256-bit sehingga aman.

Fitur PINA

Terdapat beragam fitur menarik di aplikasi PINA yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola keuangan lebih bijak, antara lain:

1. PINA Save

Ini adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk melihat kondisi keuangan pribadi secara menyeluruh (360o view), serta menabung lebih cerdas dengan anggaran yang dirancang khusus untuk kamu.

Pada fitur PINA Save, kamu dapat menghubungkan rekening bank, e-wallet, serta akun BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan pemantauan saldo aset tanpa perlu ribet pindah-pindah aplikasi.

Review PINA – Aplikasi Personal Finance dan Investasi Terlengkap 2022 1
PINA Save

2. PINA Invest

Sesuai nama, fitur PinaInvest menawarkan layanan investasi reksadana dan saham bagi pengguna. Pada fitur ini, kamu dapat berinvestasi pada instrumen reksadana dan saham baik secara aktif (manual) atau otomatis (melalui fitur PINA Goal) untuk capai tujuan finansial tertentu. Dalam menghadirkan layanan ini, PINA bekerjasama dengan PT Trust Sekuritas yang telah resmi terdaftar dan diawasi OJK.

Review PINA – Aplikasi Personal Finance dan Investasi Terlengkap 2022 2
PINA Invest

3. PINA Goal

PINA Goal adalah fitur investasi reksadana secara otomatis dari PINA yang mengandalkan teknologi robo-advisor kurang lebih sama seperti aplikasi Bibit. Jadi, supaya fitur ini bekerja, kamu akan dicek dulu apa profil risikonya (konservatif, moderat, atau agresif) melalui sejumlah pertanyaan.

Baca juga: Aplikasi reksadana terbaik 2022

Setelah itu, kamu dapat memilih tujuan finansial yang ingin dicapai berdasarkan pilihan yang tersedia di aplikasi, lalu PINA akan merekomendasikan portofolio investasi terdiversifikasi yang tepat sesuai dengan target dan profil risiko. Sehingga tugas kamu tinggal menyiapkan saja dana investasinya agar investasi dapat dilakukan secara rutin sesuai rekomendasi PINA.

Saat artikel ini ditulis, baru ada 8 pilihan goal finansial yang bisa kamu pilih pada fitur PINA Goal, yaitu:

  • Mempersiapkan dana darurat
  • Investasi umum
  • Membeli rumah idaman
  • Mempersiapkan dana pensiun
  • Memiliki kendaraan pribadi
  • Mempersiapkan pendidikan anak
  • Renovasi rumah
  • Persiapan pernikahan
Review PINA – Aplikasi Personal Finance dan Investasi Terlengkap 2022 3
Keuntungan fitur PINA Goal

4. Investasi Aktif

Investasi reksadana dan saham di aplikasi PINA juga bisa dilakukan secara mandiri tanpa memanfaatkan fitur PINA Goal sebelumnya. Jadi, kalau kamu lebih suka membangun portofolio investasi saham dan reksadana sendiri, ya kamu juga bisa melakukannya di aplikasi PINA ini dengan modal investasi yang terjangkau, mulai dari Rp10.000.

Review PINA – Aplikasi Personal Finance dan Investasi Terlengkap 2022 4
Investasi reksadana dan saham mandiri di aplikasi PINA

5. PINA Goal Planner

Fitur ini memungkinkan kamu untuk berkonsultasi soal perencanaan keuangan bersama tim Financial Planner PINA secara gratis.

Review PINA – Aplikasi Personal Finance dan Investasi Terlengkap 2022 5

6. PINA Classroom

PINA Classroom adalah fitur yang menyajikan artikel seputar keuangan dan investasi di aplikasi PINA yang bisa kamu baca kapan saja untuk menambah ilmu.

Fitur PinaClassroom - review PINA aplikasi manajemen keuangan terlengkap

Cara Daftar Aplikasi PINA

  1. Download aplikasi PINA di App Store atau Play Store di smartphone
  2. Daftar akun dengan memasukkan alamat email, password, dan kode referral (bisa pakai punya saya -> ZAIALAM49) lalu klik Buat Akun
Daftar aplikasi PINA dengan kode referral
  1. Lengkapi data diri kamu pada kolom yang telah disediakan
  2. Unggah dokumen persyaratan seperti foto e-KTP, NPWP, foto diri bersama e-KTP serta tanda tangan di aplikasi
  3. Isi dengan lengkap formulir RDN Bank BNI
  4. Proses selesai. Soft copy formulir pembukaan rekening efek yang disetujui akan dikirim kepada Anda melalui email yang didaftarkan

Program referral PINA

Setiap pengguna yang berhasil mengajak orang lain mendaftar dan berinvestasi di aplikasi PINA melalui link/kode referral akan mendapat bonus saldo RDN senilai Rp50 ribu – Rp100 ribu per orang yang diajak (tergantung level).

Tingkatan reward untuk program referral PINA
Tingkatan reward untuk Pengajak (referrer)

Sementara bagi orang yang diajak juga akan memperoleh bonus saldo RDN senilai Rp50 ribu selama dia mendaftar di aplikasi PINA lewat link atau kode referral orang lain.

Namun, untuk mendapatkan bonus tersebut terdapat dua syarat yang harus dipenuhi oleh pengajak (referrer) maupun orang yang diajak (referee), yaitu:

  • Kedua pihak wajib berinvestasi minimal Rp500.000 di salah satu jenis investasi PINA, yaitu reksadana, saham, atau investasi otomatis goal
  • Kedua pihak juga wajib mempertahankan saldo investasi tersebut minimal selama 1 bulan sejak melakukan investasi

Apabila sudah memenuhi kedua syarat di atas, rewards saldo RDN akan kamu terima setiap akhir bulan dan bersifat kumulatif.

Catatan: Bonus referral ini dapat digabungkan dengan promo First Time Investor PINA untuk mendapatkan total bonus hingga Rp1,05 juta. (promo berlaku sampai 30 September 2022)

Bagi kamu yang tertarik mendaftar di aplikasi PINA dapat menggunakan kode referral saya berikut ini -> ZAIALAM49 untuk mendapatkan bonus.

Kode referral PINA

Kelebihan dan Kekurangan aplikasi PINA

Kelebihan:

  • PINA menyediakan berbagai fitur yang memudahkan dalam pengelolaan keuangan
  • Aplikasi dapat terhubung langsung dengan akun bank, e-wallet, dan BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah pemantauan aset
  • Fitur PINA Goal dapat memberitahu pengguna berapa nominal dana yang harus ditabung/diinvestasikan setiap bulan agar target finansialnya tercapai. Selain itu, diberikan juga rekomendasi rancangan portofolio investasi yang tepat sesuai dengan target dan profil risiko
  • Fitur rebalancing portofolio pada PINA Goal juga dapat membantu pengguna memiliki portofolio investasi yang optimal karena selalu disesuaikan dengan perubahan profil risiko dan kondisi pasar
  • Pengguna bisa memilih produk reksadana dan saham sendiri
  • Biaya trading saham di PINA terbilang murah, yaitu 0,1500% untuk fee beli dan 0,2500% untuk fee jual
  • Gratis konsultasi dengan financial planner

Kekurangan:

  • Aplikasi berjalan agak lambat
  • UI dan UX aplikasi PINA (menurut saya) masih kurang mulus dan agak membingungkan
  • Fitur yang tersedia khusus untuk keperluan trading atau investasi saham masih sangat terbatas

Promo First Time Investor PINA

Untuk menggaet lebih banyak pengguna baru, saat ini PINA sedang menawarkan promo First Time Investor dengan bonus tambahan hingga Rp1 juta. Syaratnya:

  • Khusus untuk pengguna baru yang belum pernah melakukan investasi di PINA
  • Pengguna wajib berinvestasi pada salah satu produk PINA, yaitu reksadana, saham, atau PINA Goals dengan nominal investasi pertama Rp5 juta atau Rp10 juta
  • Pengguna wajib mempertahankan saldo investasi tersebut selama masa holding period (2 bulan) agar bisa mendapatkan bonus

Pengguna yang memenuhi semua syarat di atas berhak mendapatkan hadiah promo yang akan ditransfer ke dalam RDN investor pada hari jumat setiap akhir bulan setelah masa holding period.

*jumlah bonus yang diterima tergantung pada tier investasi yang dilakukan pertama kali (cek gambar di bawah)
*promo berlaku hingga 30 September 2022

Promo first time investor PINA
Tier hadiah promo First Time Investor PINA

Customer Service PINA

Apabila ada pertanyaan, kamu dapat menghubungi tim customer service PINA di alamat email ini:

Kesimpulan

Secara keseluruhan, saya menilai aplikasi PINA lebih cocok digunakan oleh pemula yang baru mulai belajar investasi atau mereka yang tidak ingin ribet dalam mengelola keuangan karena di PINA fitur-fitur yang memudahkan pengelolaan keuangan tersedia cukup lengkap.

Sementara kalau fokus kamu adalah untuk mencari cuan sebanyak-banyaknya dari investasi, lebih baik pilih aplikasi yang menyediakan layanan investasi saham dan reksadana dengan fitur yang jauh lebih lengkap. Dua rekomendasi saya adalah aplikasi Ajaib atau Stockbit.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar