Review PINA – Aplikasi Personal Finance Terlengkap (Daftar early Access)

Ketika mengulas suatu aplikasi keuangan di blog ini, biasanya saya pasti sudah mencoba aplikasi tersebut lebih dulu agar ulasan yang saya tulis bisa lebih menyeluruh dan (hopefully) lebih objektif. Akan tetapi, kali ini berbeda! Pasalnya, aplikasi yang akan saya ulas adalah aplikasi PINA yang belum rilis saar artikel ini ditulis.

📢 Daftar early access aplikasi PINA di sini, ajak teman-temanmu, dan menangkan hadiah hingga Rp25 Juta Rupiah.

Apa itu PINA?

PT PINA Aplikasi Bersama (PINA) adalah aplikasi finansial yang menyediakan layanan untuk kelola dan otomatisasi pengeluaran, tabungan, serta investasi kamu dalam satu aplikasi.

Secara umum, PINA kurang lebih mempunyai konsep layanan yang mirip dengan aplikasi Finansialku. Dimana kamu bisa mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran kamu tiap bulan, buat anggaran, berinvestasi reksadana, hingga konsultasi dengan financial planner langsung via aplikasi.

Adapun yang membuat aplikasi PINA ini berbeda dengan Finansialku adalah (dugaan saya) dari segi layananannya yang bakal jauh lebih komprehensif dan terhubung satu sama lain. Sehingga pengguna bakal bisa memantau kondisi keuangannya secara lengkap langsung di satu aplikasi.

Mulai dari total ekuitas dan liabilitas (utang) saat ini, saldo tabungan di rekening, saldo investasi, hingga terintegrasi juga dengan akun BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mengetahui gambaran besar layanan yang disediakan oleh aplikasi PINA, maka saya coba menghubungi CEO-nya dan bertanya apakah PINA akan dikembangkan seperti Mint dan berikut jawabannya:

Yes, user will be able to connect their bank accounts to manage and automate their budget and get real-time view of their spend and cashflow. We believe that for people to get their money right they need to be able to manage every aspect of their finances in one place. So aside from offering powerful money management tools to help people save, we help them grow their money through active and automated investing solutions.

Dan van Leeuwen, Co-founder & CEO PINA Indonesia

Yang intinya adalah iya, aplikasi PINA kurang lebih akan dikembangkan seperti Mint. Jadi, kayak super app khusus untuk pantau dan kelola keuangan pribadi.

Fyi, Mint adalah aplikasi personal finance terlengkap saat ini untuk pantau semua informasi keuangan pribadi. Sayangnya, aplikasi Mint hanya optimal jika dipakai oleh warga US dan Canada.

Siapa dibalik Aplikasi PINA?

Satu hal menarik yang saya temukan dari aplikasi PINA adalah orang-orang dibaliknya. PINA didirikan oleh Daniel Van Leuuwen, mantan eksekutif Grab Indonesia dan Christian Hermawan, presiden direktur Trust Sekuritas, pada pertengahan tahun 2021.

Kombinasi antara pengetahuan finansial dan pemasaran dari keduanya membuat saya optimis dengan masa depan aplikasi PINA di Indonesia. Terlebih setelah PINA berhasil menyelesaikan putaran investasi pertama mereka dari 1982 Ventures, iSeed, PT Prasetia Dwidharma, Oberyn Capital, dan beberapa angel investor lainnya dengan nominal yang tidak disebutkan.

Fitur PINA

Jika melihat website resminya, saat ini ada tiga fitur yang ditawarkan oleh aplikasi PINA, yaitu:

1.   PinaSave

Fitur PinaSave - review PINA

Ini adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk melihat kondisi keuangan pribadi secara menyeluruh (360o view), serta menabung lebih cerdas dengan anggaran yang dirancang khusus untuk kamu. Pada fitur PinaSave, kamu dapat menghubungkan rekening bank dan akun BPJS untuk memudahkan pemantauan saldo.

2.   PinaInvest

Fitur PinaInvest - review aplikasi PINA

Sesuai nama, fitur PinaInvest menawarkan layanan investasi reksadana dan saham bagi pengguna. Pada fitur ini, kamu dapat berinvestasi pada instrumen reksadana dan saham baik secara aktif (manual) atau otomatis untuk capai tujuan finansial tertentu. Dalam menghadirkan layanan ini, PINA bekerjasama dengan PT Trust Sekuritas yang telah resmi terdaftar dan diawasi OJK.

3.   PinaClassroom

Fitur PinaClassroom - review PINA aplikasi manajemen keuangan terlengkap

Terakhir, ada fitur PinaClassroom yang menyajikan artikel-artikel seputar keuangan dan investasi untuk dibaca kapan saja.

Kelebihan dan Kekurangan aplikasi PINA

Di bawah ini adalah pendapat saya tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi PINA berdasarkan yang terlihat pada website resminya.

Kelebihan:

  • UI dan UX aplikasi (tampak) sederhana dan mudah dioperasikan
  • Aplikasi dapat terhubung langsung ke BPJS Ketenagakerjaan

Kekurangan:

  • Hanya ada pilihan untuk investasi saham dan reksadana
  • Fitus masih terbatas

Customer Service PINA

Apabila ada pertanyaan, kamu dapat menghubungi tim customer service PINA di alamat email ini:

Kesimpulan

Untuk sementara ini, baru beberapa hal di atas saja yang bisa saya ulas tentang aplikasi PINA. Selanjutnya, saya akan mengupdate artikel ini setelah aplikasi PINA resmi meluncur dan sudah saya coba sendiri fitur-fiturnya. In the meantime, kamu bisa daftar early access PINA untuk mendapatkan informasi peluncuran aplikasinya lebih cepat daripada yang lain.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar