Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi

Dapatkan kupon tunai Rp100.000 gratis dari Asetku. Daftar dengan kode referral -> 9DEYI.

Gunakan kode RM -> SAT ketika mendanai agar bisa mendapatkan bonus souvenir dan voucher belanja dari Asetku.

TLDR:

  1. Asetku adalah perusahaan P2P lending terdaftar dan diawasi OJK yang bergerak di sektor pendanaan pinjaman konsumtif.
  2. Sebagian produk pendanaan di Asetku berasal dari pinjaman yang diajukan oleh pengguna Akulaku, namun tidak semua. Hanya peminjam tertentu saja yang lolos kualifikasi kredit dari Asetku.
  3. Terlepas dari kontroversi yang ada, selama ini Asetku terbukti selalu mengembalikan 100% pokok pendanaan Lender beserta bunganya tanpa ada satu pun kasus pengembalian yang macet atau gagal bayar dari sisi Pendana. (Bisa dibilang mereka memiliki mitigasi risiko yang baik)
  4. Jika kamu mencari P2P Lending yang bisa memberikan untung sebesar-besarnya dengan risiko paling kecil, Asetku adalah pilihan yang tepat.

Apa itu Asetku?

Asetku adalah salah satu platform fintech P2P Lending di Indonesia yang bergerak di sektor pembiayaan pinjaman konsumtif atau cash loan sama seperti Cashwagon, Uangme, dan EasyCash.

Asetku merupakan fintech P2P Lending yang berada dibawah naungan PT. Pintar Inovasi Digital yang berdiri sejak tahun 2017 dan resmi terdaftar di OJK pada akhir Desember 2018 dengan nomor registrasi S-1110/NB.213/2018. (Bisa dicek di sini)

Asetku juga merupakan bagian dari Akulaku Group yang sudah sudah terkenal di beberapa negara. Akulaku merupakan perusahaan aplikasi kredit virtual finansial online terbesar di pasar Asia Tenggara; Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Asetku dapat diakses via website dan aplikasi (App Store/Google Play), namun kamu wajib mendownload aplikasinya terlebih dulu bila ingin mendaftar dan mendanai/mengajukan pinjaman.

Kualitas tampilan antarmuka aplikasi Asetku

Aplikasi asetku hadir dengan desain tampilan antarmuka yang sederhana, sedikit tulisan, serta memiliki navigasi yang baik sehingga memudahkan pengguna untuk mengeksplor menu dan fitur–fitur yang tersedia di aplikasi.

Halaman depan aplikasi Asetku:

halaman depan asetku

Kuantitas Produk Pendanaan

Jumlah produk pendanaan yang dapat didanai di asetku terbatas karena terdapat kuota pendanaan yang akan selalu diperbarui setiap hari pada pukul 10.00 WIB.

Untuk memberikan bunga kepada pendana, Asetku akan mempertemukan Lender dengan Borrower terpercaya. Asetku melakukan diversifikasi pendanaan dengan menyebarkan dana Lender ke beberapa peminjam untuk meminimalisasikan risiko pendanaan.

Adapun tingkat bunga yang diberikan kepada pendana terdiri dari bunga tahunan up to 18-22%. Dengan Asetku, pendana dapat menikmati pendanaan mudah dan cepat berserta bunga yang besar.

Asetku menyalurkan dana ke pinjaman yang berasal dari platform Akulaku. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua pinjaman yang ada di Akulaku didanai oleh Asetku; hanya pinjaman dari borrower dengan kredit skor A saja untuk meminimalkan risiko.  

Sebaliknya, pinjaman di Akulaku yang tidak lolos kualifikasi Grade A akan disalurkan ke PT. Akulaku Finance Indonesia, perusahaan pembiayaan lainnya dari grup Akulaku.

Kategori dan Jumlah Minimum Pendanaan

Di Asetku, terdapat empat kategori produk pendanaan yang bisa kamu danai dengan lama tenor pinjaman dan jumlah minimum pendanaan yang berbeda-beda. Berikut klasifikasinya:

1. Special Pendana Baru

Sesuai nama, produk ini khusus untuk pengguna baru Asetku yang belum pernah melakukan pendanaan sama sekali. Produk ini mempunyai tenor 10 hari dengan bunga 12% per tahun dan maksimum pendanaan Rp10 juta. Setiap pengguna hanya memiliki satu kali kesempatan mendanai di produk “Special Pendana Baru” Asetku.

Minimum pendanaan: Rp50.000

2. Reguler

Produk ini menawarkan return bervariasi dengan tenor mulai dari 15 hari sampai maksimal tiga bulan. Semakin lama tenor, semakin tinggi pula tingkat bunga yang diberikan.  

Minimum pendanaan: Rp3.000.000

3. Advance

Produk ini sama seperti Reguler, hanya berbeda dari segi lama tenor pendanaan. Di produk advance, lama tenor pendanaan yang ditawarkan mulai dari 27 s.d. 285 hari.

Minimum pendanaan: Rp2.000.000

4. Anggota

Produk “Anggota” dari Asetku menarik dan hanya diperuntukkan untuk Lender dengan anggota Gold ke atas, yakni pendana dengan skor kekayaan minimal 30 juta ke atas. Saat ini, baru tersedia dua jenis produk pendanaan di kategori “Anggota” dengan tingkat bunga dan lama tenor pendanaan masing-masing 19% p.a untuk 22 hari dan 20,5% p.a. untuk 2 bulan.

Minimum pendanaan: Rp50.000.000

Persentase TKB90

TKB90 adalah indikator yang menunjukkan tingkat keberhasilan P2P Lending dalam menjaga jumlah kredit bermasalah. Semakin tinggi angka TKB90, semakin bagus P2P lending tersebut.

tkb90 asetku

Saat artikel ini ditulis, TKB90 Asetku berada di angka 100% yang menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki satu pun pinjaman yang bermasalah. 

Kok bisa? Salah satu alasannya adalah Asetku mengandalkan asuransi Staco Mandiri untuk menjamin dana pokok Lender tetap cair apabila sewaktu-waktu terjadi risiko gagal bayar.

Program Referral Asetku

Layaknya P2P Lending lain, Asetku juga memiliki program referral menarik yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Untuk setiap teman yang berhasil kamu ajak, kamu akan mendapatkan bonus kupon tunai senilai Rp100.000 yang bisa dicairkan setelah mendanai minimal Rp1.000.000 di salah satu produk pendanaan Asetku.

Sementara, untuk setiap teman yang diajak, mereka juga berhak mendapatkan bonus kupon tunai senilai Rp100.000. Namun, kupon ini hanya bisa dicairkan setelah teman kamu mendanai  minimal Rp2.000.000 di salah satu produk pendanaan Asetku.

Program referral Asetku

Contohnya, jika kamu menggunakan kode referral saya “9DEYI”saat mendaftar di Asetku, saya dan kamu masing-masing akan mendapat bonus kupon tunai senilai Rp100.000.

Kode Referral: 9DEYI
Kode RM: SAT
Relationship Manager: Satria Ramadhan –
082213146096

Namun, bedanya saya bisa menggunakan kupon tersebut untuk mendanai di semua produk di Asetku. Sementara kamu hanya bisa menggunakannya untuk mendanai di produk regular, advance, atau anggota.

Selain kupon tunai Rp100 ribu, setiap pengguna baru Asetku juga akan menerima kupon percobaan pendanaan Rp500 ribu dan kupon tambahan bunga 1% yang memiliki batas waktu tertentu sehingga harus cepat-cepat digunakan.

Kualitas Customer Service Asetku

Asetku memiliki pelayanan konsumen yang baik. Jika kamu memiliki pertanyaan, kamu bisa menghubungi pihak Asetku lewat tiga cara, yaitu:

Untuk mendapatkan pelayanan maksimal, saran saya hubungi RM Asetku karena mereka bisa dikontak langsung via whatsapp dan siap sedia menjawab semua pertanyaan kamu tentang Asetku bahkan di tengah malam sekalipun. Hahaha 😀 maaf ya mas Satria.

Untuk kontak RM, kamu bisa menghubungi RM saya, mas Satria Ramadhan di nomor 0822 1314 6096 atau masukkan kode SAT di aplikasi Asetku. Lihat gambar di bawah.

RM Asetku
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 1
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 2

Kelebihan dan Kekurangan Asetku

Kelebihan Asetku:

  • Aplikasi memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan tidak membingungkan Lender.
  • Meski produk pendanaan terbatas namun kuota selalu diperbarui kembali setiap hari jam 10 pagi karena pinjaman datang terus dari platform Akulaku. Ini berbeda dengan P2P Lending Lain, seperti Modal rakyat atau Akseleran yang kadangkala sering kehabisan kuota pendanaan.
  • Return tinggi up to 21%. Ini sih wajar saja mengingat Asetku bergerak di P2P Lending sektor konsumtif.
  • Punya tim RM yang sangat responsif dan melayani kapan saja setiap kali kamu memiliki pertanyaan/kendala dengan Asetku. Meskipun saya tidak menjamin semua RM Asetku seperti itu. (Iya, mereka punya banyak sekali RM)
  • Bisa mendanai mulai dari Rp501.000.
  • Semua produk pendanaan di Asetku sangat likuid. Artinya, setelah kamu mendanai produk di Asetku, uang kamu akan langsung dikembangkan secepat mungkin yakni setelah ganti hari. Jadi, kalau kamu mendanai hari senin, uang kamu akan langsung dikembangkan pada hari selasa pukul 00.01. Sekalipun kamu baru mendanai di hari senin pukul 23.30. Sangat cepat!
  • Pendanaan di-cover asuransi 100% sehingga kalaupun terjadi gagal bayar modal pokok investasi kamu masih aman.
  • Penarikan dana tidak dikenakan biaya transfer.
  • Banyak memberikan bonus kupon. Ada bonus pendaftaran, ada bonus yang didapat setelah menyelesaikan tugas tertentu, dan ada pula bonus yang didapat berdasarkan tingkat keanggotaan di asetku.  

Kekurangan Asetku:

  • Hanya bisa diakses via aplikasi mobile.
  • Pendanaan berisiko tinggi karena merupakan pinjaman konsumtif
  • Menentang prinsip investasi high risk, high return. Di Asetku, pendana seolah diberikan skema investasi less risk, high return which is menurut saya too good to be true. Untuk meminimalkan risiko, saya sangat menyarankan kamu melakukan diversifikasi pendanaan. Jadi, tidak hanya mendanai di Asetku, tetapi juga di P2P Lending lain atau berinvestasi di instrumen investasi lain rendah risiko seperti deposito, emas, dan reksadana pasar uang.
  • Meski sudah terdaftar dan diawasi OJK, namun Asetku belum berizin OJK, otomatis saya pun belum bisa sepenuhnya percaya dengan angka TKB90 Asetku. Nanti kalau sudah resmi berizin, baru deh saya akan hilangkan bagian ini dari list kekurangan asetku.
  • Saya pernah mengirim email ke Asetku, namun dibalas setelah 2 hari kemudian. Solusi terbaik adalah dengan menghubungi RM.

Update NPL Asetku November 2020

Berdasarkan livestream Youtube tadi malam, 17 November 2020, sekilas kita bisa menyimpulkan kalau P2P Lending Asetku memiliki mitigasi risiko yang sangat baik.

Meskipun TKB90 dari sisi Borrower Asetku mengalami penurunan cukup dalam menjadi 91,73% atau NPL 8,27% selama masa pandemi (lihat video di bawah menit 25:00), Asetku tetap berhasil menjaga TKB90 Pendana di angka 100%.

Jadi, untuk setiap kasus pinjaman yang gagal bayar, Asetku akan mengganti rugi dana Lender menggunakan dana provisi atau lewat klaim asuransi sehingga membuat indikator TKB90 Asetku tetap berada di 100%.

Update pendanaan saya:

Selama mendanai di P2P Lending Asetku sejak bulan April kemarin hingga November 2020 ini, pendanaan saya selalu aman dan tidak pernah mengalami gagal bayar sekalipun. (begitu pun dengan teman-teman saya)

Hadiah Voucher dan Souvenir Eksklusif dari Asetku

Setiap Lender yang melakukan pendanaan minimal Rp50 juta di Asetku, berhak mendapatkan bonus voucher belanja Sodexo/MAP dan souvenir eksklusif yang akan dikirim langsung ke alamat rumah.

Hadiah souvenir Asetku
Hadiah souvenir Asetku

Cara Mendaftar di Asetku

Proses mendaftar di Asetku terbilang mudah dan cepat apalagi jika kamu meminta bantuan RM untuk proses verifikasi data.

Cara mendaftar di Asetku step by step:

Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 3
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 4
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 5
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 6
Cara Mendaftar di Asetku
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 7
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 8
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 9
Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi 10

Tanya jawab seputar Asetku

1. Apakah Asetku Aman?

Tentu saja. Asetku adalah perusahaan P2P Lending yang resmi terdaftar dan diawasi OJK sejak Desember 2018. Saat ini mereka juga sedang dalam proses mengurus perizinan untuk mendapatkan lisensi OJK.

2. Apakah Asetku Penipu?

Tidak. Soalnya, saya belum pernah mendengar ada kasus atau berita buruk tentang Asetku dari teman-teman Lender saya yang juga ikut mendanai di Asetku. Jadi untuk saat ini, Asetku masih bisa dibilang aman.  

3. Asetku Syariah atau Tidak?

Tidak.

4. Apakah pendanaan di Asetku dilindungi asuransi?

Iya.

5. Apakah saya juga ikut mendanai di Asetku?

Tentu saja. Saya tidak mungkin menulis review ini jika sebelumnya saya belum pernah mendanai di Asetku.

6. Bagaimana Pengalaman Saya Berinvestasi di Asetku?

Lancar-lancar saja. Hingga artikel ini ditulis, saya tidak pernah mengalami satu pun kejadian gagal bayar. Semua produk pendanaan yang saya danai di Asetku, saya selalu menerima keuntungan pokok dan bunga tepat jumlah.

Apabila di kemudian hari saya mendapati ada kabar miring atau mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan di Asetku (sulit menarik dana, tkb90 menurun drastis, kredit banyak macet, dll), saya pastikan akan meng-update tulisan ini secepat mungkin dan memberitahukan ke kalian via email.

Kesimpulan

Asetku adalah P2P Lending konsumtif terdaftar dan diawasi OJK yang cocok dijadikan sebagai alternatif investasi karena empat hal, yakni memberikan return tinggi, produk pendanaan ada terus, memiliki jumlah minimal pendanaan kecil, dan mempunyai pilihan tenor pendanaan yang bervariasi.

Bagi kamu yang tertarik mendanai di Asetku, jangan lupa gunakan kode referral saya -> 9DEYI untuk mendapatkan bonus.

Gunakan kode RM: SAT untuk pengalaman pendanaan yang lebih baik dan mendapatkan benefit rewards.

Demikian review saya tentang P2P Lending Asetku. Tulisan ini akan diperbarui secara berkala untuk menjaga relevansinya.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

2 pemikiran pada “Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Populer dengan Perlindungan Asuransi”

  1. Saya sudah pakai Asetku setahun lebih. Menurut saya Asetku masih yang paling oke untuk pengembalian dana dan cuannya

    Balas

Tinggalkan komentar