Terakhir diperbarui: Novembert 2020

Artikel ini saya tulis untuk memenuhi permintaan pembaca yang mencari tulisan mengenai review BukaReksa.

Jujur, saya tidak suka berinvestasi reksadana di aplikasi pihak ketiga seperti e-commerce karena tidak fokus dan cenderung mengenakan biaya yang lebih mahal.

Namun, demi memenuhi permintaan pembaca, saya putuskan untuk mencobanya dulu dan menuangkan bagaimana penilaian saya di artikel ini.

Apa itu BukaReksa?

BukaReksa merupakan salah satu fitur dari Bukalapak yang menyediakan layanan bagi masyarakat untuk berinvestasi reksadana lewat aplikasi Bukalapak.

Dalam menghadirkan layanan ini, Bukalapak bekerjasama dengan 2 (dua) Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), yaitu Bareksa dan Tanamduit.

Kedua APERD di atas telah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga dari segi keamanan dana investasi kamu di BukaReksa terbilang sudah sangat terjamin.

Kualitas UI dan UX

Kualitas UI dan UX Bukareksa terbilang sederhana dan mudah dipahami pemula. Hal ini wajar saja mengingat Bukalapak adalah perusahaan e-commerce besar yang mampu menyewa orang-orang terbaik untuk membuat BukaReksa menjadi sesederhana dan senyaman mungkin untuk digunakan semua kalangan.

kualitas UI & UX 1 Bukareksa dari artikel review BukaReksa
kualitas UI & UX 3 Bukareksa dari artikel review BukaReksa
kualitas UI & UX 2 Bukareksa dari artikel review BukaReksa
kualitas UI & UX 4 Bukareksa dari artikel review BukaReksa

Kemudahan Mendaftar

Berdasarkan pengalaman saya, cara dan proses daftar BukaReksa termasuk mudah dan cepat, bahkan tidak sampai satu hari kerja.

Selain itu, kamu juga tidak perlu melakukan upload foto selfie + KTP layaknya ketika mendaftar di aplikasi APERD pada umumnya.

Berikut video tutorial daftar di BukaReksa langkah demi langkah:

Baca juga: 13 Investasi Menguntungkan Tahun 2020, Cocok untuk Pemula!

Kualitas Customer Service

BukaReksa tidak memiliki layanan Customer Service sendiriyang terdedikasi. Semua digabung dalam layanan BukaBantuan.

Saya pernah sekali menggunakan BukaBantuan untuk menutup akun Bukalapak. Sejauh ini penilaian saya mengenai layanan BukaBantuan cukup positif. CS mereka menjawab pertanyaan dengan baik serta lumayan cepat.

Meski begitu, saya tidak menjamin apakah respon mereka juga serupa ketika menangani kendala pengguna yang berkaitan dengan BukaReksa.

Minimum investasi di BukaReksa

Minimum investasi di BukaReksa sangat terjangkau, yakni Rp10 ribu saja untuk produk reksadana tertentu.

Layanan investasi reksadana dengan modal terjangkau sebetulnya bukan hal spesial lagi saat ini karena rata-rata aplikasi lain juga memberikan layanan yang serupa.

Meski begitu, hal ini tetap patut diapreasiasi karena membuktikan bahwa Bukalapak juga punya keinginan untuk mewujudkan inklusi keuangan.

Tapi, ingat, kalau kamu berniat investasi reksadana pasar uang, sebaiknya jangan mulai dari modal kecil dan dicicil (metode DCA = Dollar Cost Averaging) karena rugi. Mendingan pake metode lump sum (beli banyak sekali) supaya untung.

Penjelasan lebih lengkap tentang alasannya bisa kamu baca di tulisan saya mengenai Reksadana Pasar Uang, 7 Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu sebelum Berinvestasi.

 “Dalam hal investasi reksadana pasar uang, metode beli banyak sekali (lump sum) lebih menguntungkan daripada beli cicil atau Dollar Cost Averaging (DCA)”

Kelebihan dan Kekurangan Bukareksa

Terdapat sejumlah keuntungan investasi di Bukareksa yang perlu kamu tahu. Begitu pun dengan kekurangannya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kelebihan

  • Proses mendaftar dan verifikasi akun mudah dan cepat
  • Minimum investasi terjangkau, Rp10.000
  • Gratis biaya transaksi jual/beli reksadana
  • Transaksi praktis dan aman
  • Tersedia fitur tujuan investasi dan transaksi rutin
  • Tersedia opsi beli paket investasi (bundling)
  • Banyak promonya (ini adalah keuntungan investasi di BukaReksa yang paling banyak orang incar. Hehe)
  • Ada komunitas investor BukaReksa di Telegram (@Bukainvestasi)
  • Pencairan instan (khusus kamu yang memiliki produk Reksadana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang, kamu bisa mencairkan saldo hasil penjualan secara instan dalam 1 (satu) menit tanpa biaya. Luar biasa! Saya bahkan tidak menemukan ada fitur yang serupa di aplikasi lain)

Baca juga: 10 Investasi Syariah Online Modal Kecil, Menguntungkan, dan Bebas Riba

Kekurangan

  • Produk reksadana yang dapat dibeli relatif sedikit
  • Tidak fokus (bukan tidak mungkin kamu punya niat investasi di BukaReksa, tapi malah beralih jadi belanja)
  • Fitur kurang lengkap
  • Tidak ada pilihan reksadana indeks

Kesimpulan

Jika ditanya, saya tentu tidak akan merekomendasikan orang lain untuk berinvestasi reksadana di aplikasi pihak ketiga, seperti toko online. Jauh lebih baik di aplikasi sekuritas atau APERD-nya langsung.

Pun begitu, semua kembali lagi ke preferensi masing-masing orang. Jika kamu orangnya nyaman investasi di platform SuperApp seperti Bukalapak, ya silakan saja.

Kalau saya sih, investasi di BukaReksa hanya untuk mengejar promonya saja sekaligus mencari bahan tulisan untuk dipublikasikan di blog ini.  

Alternatif

Ajaib

Dibandingkan BukaReksa, Ajaib memiliki produk reksadana yang lebih banyak, bervariasi, serta fitur yang lebih lengkap. Selain itu, di Ajaib juga terdapat fitur konsultasi dengan financial expert yang sangat membantu.

Tidak hanya investasi reksadana, Ajaib bahkan menyediakan layanan pembelian saham. Jadi, kamu bisa investasi reksadana dan saham sekaligus tanpa perlu pindah aplikasi.

Apabila tertarik, daftar di Ajaib menggunakan kode referral -> zai.981 untuk mendapatkan bonus saldo reksadana dan 1 lot saham gratis.

Bareksa

Saat ini, status saya di Bareksa baru sekadar terdaftar dan belum pernah menggunakan Bareksa untuk investasi reksadana. Karena itu, saya pun belum layak untuk memberikan penilaian yang mendetail tentang layanan investasi reksadana di Bareksa.

Adapun informasi yang saya ketahui saat ini cuma sekadar informasi umum saja. Misalnya, selain investasi reksdana, di Bareksa kamu juga bisa investasi emas, beli Surat Berharga Negara, dan membuka tabungan umroh.

Baca juga: Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Tips dan Cara Menyiapkan Dana Umroh

Saya akan segera meng-update tulisan ini bila sudah pernah mencoba sendiri berinvestasi reksadana di Bareksa.

Bibit

Diantara semua aplikasi investasi reksadana yang pernah saya coba selama ini, Bibit adalah juaranya. Baik dari segi kualitas UI & UX-nya, kelengkapan fitur, komunitas, kualitas tim support mereka, hingga promo dan program referral Bibit yang bisa bikin investor tambah cuan.

Satu kekurangan aplikasi Bibit adalah jumlah produk reksadananya yang masih relatif sedikit bila dibandingkan dengan IPOT dan Bareksa.

Apabila tertarik, daftar di Bibit menggunakan kode referral -> zaipad50 untuk mendapatkan cashback reksadana Rp25.000.

Tanamduit

Tanamduit menyediakan layanan investasi reksadana, beli emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi dalam satu aplikasi. Secara keseluruhan, Tanamduit memiliki desain UI & UX yang sederhana sehingga mudah dimengerti dan ramah bagi pemula yang baru saja mulai berinvestasi.

Satu hal yang saya suka dari Tanamduit adalah saya bisa beli reksadana menggunakan limit Gopay Paylater. Di Bibit atau aplikasi lain, tidak bisa.

Adapun kekurangan dari Tanamduit adalah jarang banget ada promonya. Selain itu, mereka memberikan setiap pengguna baru kode referral yang tidak ada gunanya. Katanya sih, masih dalam tahap pengembangan. Tapi gak tahu benar atau tidak.

Tokopedia ReksaDana

logo tokopedia reksadana

Mirip dengan BukaReksa, Tokopedia Reksadana juga ikut menyediakan fasilitas pencairan dana instan yang tidak bisa kamu temukan di platform investasi reksadana lain seperti Ajaib, Bibit, dan Tanamduit. Adapun dua kekurangan Tokopedia Reksadana terletak pada fitur dan jumlah produk reksadana yang terbatas.

Ipotfund

Ipotfund merupakan salah satu produk dari PT. Indopremier Sekuritas yang menyediakan layanan pembelian reksadana secara online. Ipotfund ini cocok digunakan bagi mereka yang sudah cukup paham tentang reksadana dan pandai membaca informasi keuangan dan chart.

Kendati Ipotfund memiliki banyak pilihan produk reksadana, namun tampilannya yang mengintimidasi membuat Ipotfund ini tidak cocok untuk pemula. Saran saya, jika masih pemula, mending pilih Ajaib, Bibit, atau Tanamduit.

Author

Carpe diem

Write A Comment

Dapatkan Ilmu dan Tips Cuan dari Investasi Eksklusif setiap hari Selasa! 
Daftar dan bergabunglah dengan 1200+ subscribers lainnya
Subscribe
No spam. Unsubscribe kapan saja.
close-link