Review Gopay Paylater Lengkap – Pinjaman Online Bunga Rendah dari Gojek

Perusahaan fintek yang menyediakan layanan pinjaman online mudah dan cepat semakin marak. Tidak terkecuali Super App Gojek melalui fitur mereka Gopay Paylater.

Tulisan ini akan membahas secara lengkap tentang apa itu Gopay Paylater, fitur, kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana review pengalaman saya selama menggunakan fasilitas Paylater akhir bulan.

TLDR:

  1. Gopay Paylater adalah fitur pinjaman online “Beli Sekarang, Bayar Nanti” dari Gojek. Fitur ini merupakan hasil kerjasama Gojek dengan Findaya (PT Mapan Global Reksa), perusahaan fintek legal yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK
  2. Tidak semua pengguna Gojek dapat menggunakan fitur Gopay Paylater. Hanya sebagian pengguna terpilih saja yang menerima undangan dari Gojek
  3. Saat ini pembayaran Gopay Paylater hanya bisa dilakukan satu kali diakhir bulan dan tidak bisa dicicil
  4. Dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya, Gopay Paylater menerapkan bunga yang jauh lebih rendah, antara 2,5% – 5% per bulan berdasarkan pengalaman saya pribadi
  5. Upgrade akun ke Gopay Plus serta perbanyak melakukan transaksi di aplikasi Gojek untuk meningkatkan peluang kamu bisa menggunakan fitur ini

Apa itu Gopay Paylater?

Gopay paylater adalah fitur pinjaman online “Beli Sekarang, Bayar Nanti” dari Gojek. Fitur ini hadir berkat kerjasama antara Gojek dengan Findaya, salah satu perusahaan fintek penyedia pinjaman online di Indonesia yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK.

Melalui fitur Gopay Paylater, kamu dapat membeli apa saja yang ada di layanan Gojek (GoFood, GoRide, GoCar, GoPulsa, GoTagihan, dll) dan/atau layanan di luar ekosistem Gojek secara kredit dan membayarnya nanti di akhir bulan.

Misalnya di aplikasi MyTelkomsel, aplikasi reksadana Tanamduit, kafe, dan merchant offline lainnya yang sudah menerima pembayaran lewat Gopay.

Penting: Tidak semua pengguna dapat memakai metode pembayaran Gopay Paylater pada setiap layanan Gojek. Hanya beberapa pengguna saja yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baru-baru ini, fitur Gopay Paylater diubah namanya menjadi Paylater akhir bulan. Namun, dari segi layanan, tetap sama. Tidak ada yang berubah.

Berapa limit Gopay Paylater?

Awalnya saya mendapatkan limit Gopay Paylater sebesar Rp250 ribu, namun sekarang limit saya naik menjadi Rp500 ribu. Sebagian pengguna malah ada yang limitnya mencapai Rp1 juta.

Kok bisa sih limitnya beda-beda? Kalau menurut saya, initergantung dari seberapa sering kamu melakukan transaksi di aplikasi Gojek (menggunakan Gopay) dan berapa besar nominalnya.

Misal, jika transaksi rata-rata kamu setiap bulan di atas Rp1 juta, maka bisa jadi limit Paylater akhir bulan kamu dinaikkan menjadi Rp1 juta.

Limit gopay paylater

Berapa bunga Gopay Paylater?

Kamu akan dikenakan biaya layanan saat menggunakan Gopay Paylater yang besarannya antara 2,5% s.d. 5%.

Contoh, awal saya menggunakan Gojek Paylater, saya dapat limit Rp250.000 dengan biaya layanan flat sebesar Rp12.500 per bulan atau 5% dari limit.

Begitu pun ketika limit saya naik jadi Rp500.000, biaya layanan tetap sama Rp12.500 atau 2,5% dari limit. Very low!

Coba bandingkan dengan bunga di aplikasi pinjaman online lain yang rata-rata mencapai belasan hingga puluhan persen per bulan.

Riwayat transaksi gopay paylater

Catatan: Sebagian orang masih saja seringkali membedakan antara biaya layanan dengan bunga. Padahal ya sama aja. Hanya kata-katanya doang yang dipelintir.

Bagaimana jika saya telat bayar tagihan Gopay Paylater?

Jatuh tempo pembayaran Gopay Paylater adalah setiap akhir bulan. Setelah itu, akan ada grace period selama 5 hari dimana kamu dapat membayar tagihan Paylater tanpa dikenai denda.

Apabila setelah masa tenggang tersebut kamu juga belum melakukan pembayaran, maka akan ada denda sebesar Rp2.000/hari.

Denda ini akan ditambah ke total tagihan pembayaran kamu sejak tanggal 6 bulan berikutnya. Penting diingat bahwa denda ini akan terus terakumulasi setiap harinya sampai kamu melunasi tagihan tersebut. Oleh karena itu, bayarlah tagihan tepat pada waktunya dan jangan suka menunda-nunda.

Satu hal yang saya suka dari Gopay Paylater adalah total tagihan tidak boleh melebihi nilai transaksi Paylater.

Contoh pelanggan A:

  • Nilai transaksi Paylater: Rp30.000
  • Biaya layanan: Rp12.500
  • Telat membayar: 17 hari
  • Masa tenggang: 5 hari
  • Denda telat bayar: 12 hari x Rp2.000 = Rp24.000

Kalau dihitung, seharusnya total tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan A adalah Rp66.500 (Rp30 ribu + Rp12,5 ribu + Rp24 ribu).

Namun, berhubung aturannya maksimum total tagihan tidak boleh melebihi nilai transaksi Paylater, maka jumlah tagihan aktual yang harus dibayar oleh pelanggan A hanyalah Rp60.000 (Rp30 ribu + Rp12,5 ribu + Rp17,5 ribu). Nice!

Contoh lainnya, pelanggan B:

  • Nilai transaksi Paylater: Rp23.000
  • Biaya layanan: Rp25.000
  • Telat membayar: 15 hari
  • Masa tenggang: 5 hari
  • Denda telat bayar: 10 hari x Rp2.000 = Rp20.000

Menurutmu, berapa jumlah tagihan yang harus dibayar pelanggan B?

Rp48.000? Salah!

Jawaban yang benar adalah Rp46.000. Coba perhatikan berapa nilai transaksi Paylater pelanggan B -> Rp23 ribu.

Ini berarti biaya maksimal yang boleh dibebankan ke pelanggan B (di samping pokok pinjaman) adalah Rp23.000. Sehingga Rp23 ribu + Rp23 ribu jadinya Rp46 ribu.

Bagaimana jika saya menunda pembayaran selama 30 hari setelah jatuh tempo? Jangankan 30 hari, sampai utangnya mau di write off pun, total tagihan yang harus kamu bayar tetap Rp46.000. Tidak bisa naik lagi.

Merchant Gopay Paylater

Dimana saja saya bisa menggunakan metode pembayaran Gopay Paylater?

Di semua layanan yang ada di aplikasi Gojek (GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoBlueBird, Gojek Subscription, GoPulsa, GoTagihan, GoTix) dan merchant online/offline lainnya yang sudah bekerjasama dengan Gojek. Umumnya yang sudah menerima pembayaran lewat Gopay.

Walau demikian, tidak semua merchant yang menerima pembayaran lewat Gopay juga terbuka akses ke fitur Gopay Paylater.

Contoh, di aplikasi Bibit reksadana. Sekalipun di Bibit tersedia metode pembayaran lewat Gopay, namun saya tidak bisa memilih Gopay Paylater sebagai metode pembayaran Reksadana di aplikasi Bibit.

Sementara di aplikasi Tanamduit, hal tersebut dimungkinkan dan cukup sering saya lakukan untuk mencairkan limit Gopay Paylater saya ke rekening tabungan.

Cara mengaktifkan Gopay Paylater

Saat ini, hanya pengguna yang menerima undangan saja yang bisa mengaktifkan fitur Paylater akhir bulan.

Apabila kamu belum mendapatkan undangan, sebaiknya upgrade akun ke GoPay Plus kemudian perbanyak jumlah transaksi kamu di aplikasi Gojek. Terutama yang menggunakan metode pembayaran Gopay.

Bagi yang sudah menerima undangan, berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur GoPay PayLater:

  1. Masuk ke halaman Paylater
  2. Klik Aktifkan PayLater
  3. Baca syarat dan ketentuannya, lalu pilih Saya setuju buat aktifin PayLater
  4. Masukkan PIN Gojek kamu
  5. Fitur Gopay PayLater Siap digunakan
Cara Aktivasi Gopay Paylater
source: Gojek

Cara menggunakan Gopay Paylater

Untuk transaksi langsung di aplikasi Gojek:

  1. Ketika mau membayar, pilih PayLater Akhir Bulan sebagai metode pembayaran
  2. Apabila muncul konfirmasu persetujuan, klik Saya setuju pakai PayLater
  3. Masukkan Pin Gojek kamu untuk melanjutkan transaksi
  4. Transaksi berhasil
Review Gopay Paylater Lengkap – Pinjaman Online Bunga Rendah dari Gojek 1
source: Gojek

Untuk transaksi di aplikasi Partner Gojek:

  1. Lakukan transaksi di aplikasi Partner lalu bayar menggunakan Gopay
  2. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke aplikasi Gojek, pilih PayLater sebagai metode pembayaran
  3. Review transaksi kamu dan pastikan semua rinciannya benar
  4. Jika sudah, klik Bayar
  5. Masukkan PIN Gojek kamu untuk melanjutkan transaksi
  6. Transaksi berhasil
Cara pakai Gopay Paylater di aplikasi partner
source: Gojek

Cara upgrade limit Gopay Paylater

Saat ini, pengguna tidak dapat mengajukan permohonan naik limit Gopay Paylater. Artinya, keputusan pemberian limit sepenuhnya ditentukan oleh Gojek dan Findaya.

Bagaimana Cara Membayar Tagihan Gopay Paylater?

  1. Masuk ke halaman Paylater
  2. Review semua biaya dan rincian transaksi kamu
  3. Sebelum membayar, pastikan jumlah saldo Gopay kamu mencukupi
  4. Klik Bayar Tagihan
  5. Masukkan PIN Gojek kamu untuk melanjutkan pembayaran tagihan
  6. Transaksi pembayaran tagihan berhasil
Cara Bayar Tagihan Gopay Paylater
source: Gojek

Cara Belanja di Alfamart Pakai Gopay Paylater

Tidak bisa. Saya sudah pernah mencobanya sekali dan tidak ada opsi untuk menggunakan Paylater. Jadi, ketika di scan barcode itu dia otomatis langsung motong saldo Gopay.

Kelebihan dan kekurangan Gopay Paylater

Kelebihan:

  • Bunga rendah
  • Biaya layanan tetap sekalipun kamu menggunakan limit Gopay Paylater berkali-kali dalam satu bulan. Misalnya, limit Paylater Rp250 ribu sebulan dengan biaya layanan Rp12.500. Lalu kamu pakai limit Gopay Paylater ini tiga kali dalam sebulan. Total biaya layanan yang akan kamu bayar tetap Rp12.500, tidak terakumulasi jadi Rp37.500
  • Ada grace period 5 hari. Perlu diketahui, sebagian besar aplikasi pinjaman online tidak memberikan grace period kepada peminjam alias kamu akan langsung dikenai denda apabila tidak membayar lewat dari jatuh tempo
  • Pengguna bebas menentukan limit pinjaman tergantung batas limit yang disediakan oleh pihak Gopay

Kekurangan:

  • Hanya pengguna terpilih saja yang bisa menggunakan fitur Gopay Paylater
  • Limit yang tersedia rendah, rata-rata Rp500 ribu
  • Biaya denda telat pembayaran tinggi, Rp2.000 per hari. Sekilas terlihat rendah, namun jika dihitung secara persentase dengan asumsi pemakaian pinjaman Rp250 ribu, maka nilai bunganya adalah 0,8% sehari. Kurang lebih sama seperti rata-rata tingkat bunga yang dibebankan oleh aplikasi pinjaman online kepada nasabahnya.
  • Pembayaran tagihan tidak bisa dicicil
  • Pengguna tidak bisa mengajukan kenaikan limit Paylater

FAQ

1. Apa itu Gopay Paylater?

Gopay Paylater adalah fitur pinjaman online beli sekarang bayar nanti dari Gojek yang hadir berkat kerjasama dengan perusahan fintek, Findaya (PT Mapan Global Reksa).

2. Bagaimana cara menarik limit Gopay Paylater ke rekening Bank?

Ada beberapa cara. Namun, kalau saya pribadi caranya begini. Beli reksadana pasar uang di aplikasi Tanamduit pakai Gopay Paylater. Usahakan beli di hari kerja sebelum jam 1 siang.

Setelah unitnya masuk, saya jual kembali reksadana tersebut lalu tunggu dananya masuk rekening bank saya yang sudah terdaftar di aplikasi Tanamduit.

3. Bagaimana cara non aktifkan Gopay Paylater?

Jangan gunakan. Cukup lakukan pembayaran secara tunai atau pakai saldo Gopay.

4. Bagaimana cara daftar Gopay Paylater?

Tidak bisa. Hanya pengguna terpilih saja, yang menerima undangan, yang bisa mendaftar di Gopay Paylater.

5. Bagaimana cara bayar di Alfamart pakai Gopay Paylater?

Tidak bisa. Kalau mau bayar kredit di Alfamart bisa pakai Akulaku atau Kredivo.

Kesimpulan

Gopay Paylater adalah pinjaman online bunga rendah terbaik favorit saya selama ini. Limitnya lumayan, bunga rendah, dan dapat digunakan di berbagai merchant offline atau online. Meski begitu, ingatlah selalu bahwa Gopay Paylater adalah pinjaman. Bukan uang tambahan. Jadi, bijaklah dalam menggunakannya.

Alternatif

1. Akulaku

Salah satu aplikasi Pinjol terpercaya di Indonesia berizin OJK. Punya dua produk pinjaman utama, yakni pinjaman KTA dan Dana Cicil atau beli barang dengan cicilan tanpa kartu kredit.

2. Ada Kami

AdaKami merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya di Indonesia yang sudah mengantongi izin dari OJK. Di AdaKami tersedia produk pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit s/d Rp4 juta dan tenor maksimal 90 hari.

3. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online legal yang sudah berizin OJK. Di Kredit Pintar, kamu dapat mengajukan pinjaman online tanpa agunan dengan limit cukup besar dan tenor lebih dari satu bulan jika memenuhi syarat.

4. Rupiah Cepat

Aplikasi pinjaman online legal dengan bunga tinggi berizin OJK tapi sering gimmick. Misalnya, kasih kupon diskon tagihan besar tapi ikut naikin persentase bunga-nya juga hingga 0.9% per hari. Parahnya lagi, desk collector-nya Rupiah Cepat sangat tidak beretika.

5. TunaiKita

Pinjaman online TunaiKita sudah resmi terdaftar di OJK sejak tahun 2017. TunaiKita menawarkan pinjaman jangka pendek dan cicilan dengan limit dan tenor yang berbeda-beda tergantung kredit skor peminjam. TunaiKita unggul dari segi perlindungan privasi dan fasilitas pembayaran pinjaman sebagian/parsial.

6. UKU

Pinjol resmi terdaftar di OJK. Penyaluran pinjaman bekerjasama dengan aplikasi LinkAja. Menawarkan pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit dan tenor beragam tergantung skor kredit pengguna. UKU mengenakan biaya layanan yang dipotong di awal.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar