Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto

Makin hari investasi kripto makin diminati banyak kalangan. Alasannya karena instrumen ini menawarkan potensi cuan yang lebih besar dan cepat daripada berinvestasi di instrumen lain, contohnya reksadana atau saham.

Selain lewat jual beli dan staking coin, investor juga dapat menghasilkan cuan dari investasi kripto lewat meminjamkan aset kriptonya ke pihak lain untuk memperoleh imbal hasil berupa bunga (interest) yang dibayar secara berkala.

Salah satu platform yang menyediakan layanan tabungan kripto bunga tinggi adalah Hodlnaut. Melalui platform ini, kamu dapat menghasilkan pendapatan pasif dari aset kripto hingga 12,7% per tahun tanpa ada periode penguncian aset dan limit penarikan. Untuk lebih jelasnya, simak review Hodlnaut berikut ini.  

📢 Dapatkan bonus pendaftaran US $20 gratis dari Hodlnaut. Daftar di sini atau gunakan kode referral -> EBM7GxvB6 saat registrasi.

Apa itu Hodlnaut?

Hodlnaut adalah platform tabungan kripto asal Singapura yang menyediakan layanan keuangan inovatif bagi investor individu untuk menyimpan aset kripto mereka di Hodlnaut dan memperoleh bunga atas simpanan tersebut.

Hodlnaut didirikan oleh Bitcoin maksimalis (kalau di twitter Bitcoin maksimalis biasanya ditandai oleh profil pic dengan mata laser merah) Juntao Zhu dan Simon Lee pada April 2019 dan telah berkembang pesat hingga sekarang.

Hodlnaut merupakan akronim dari HODL dan Astronout. HODL adalah istilah umum di komunitas cryptocurrency yang berarti Hold On Dear Life. Istilah ini menggambarkan tindakan investor yang tetap memegang teguh aset kriptonya (tidak menjualnya) baik dalam keadaan market bullish maupun bear.

Cara Kerja Hodlnaut

Secara umum, Hodlnaut memiliki cara kerja yang mirip dengan institusi bank. Seperti yang kita tahu, sumber penghasilan utama bank berasal dari bunga yang disetor oleh debitur yang pinjam uang di bank yang kemudian sebagian bunga tersebut dibagikan ke nasabah bank sebagai imbal hasil menabung di bank tersebut.

Mirip dengan bank, Hodlnaut juga memiliki cara kerja seperti itu. Perbedaannya palingan hanya pada aset yang digunakan. Kalau di bank menggunakan uang fiat, kalau di Hodlnaut menggunakan aset kripto.

Jadi, kalau kamu bertanya-tanya darimana sumber penghasilan pasif (bunga)yang kamu terima ketika menyimpan cryptocurrency di Hodlnaut, jawabannya adalah dari pihak debitur yang meminjam kripto di Hodlnaut.

Tentu saja yang namanya pinjaman pasti ada risiko gagal bayar. Makanya, untuk meminimalisir risiko tersebut, Hodlnaut hanya menerima debitur institusi yang sudah memiliki bisnis stabil dan track record pinjaman yang baik.

Umumnya, institusi ini menggunakan aset kripto dari Hodlnaut untuk mendukung fungsi bisnis mereka, seperti menggunakannya sebagai lindung nilai (hedging) terhadap harga Bitcoin atau ­market-making di platform pertukaran mereka atau menggunakan pinjaman kripto tersebut untuk menambah likuiditas.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa institusi yang meminjam aset kripto di Hodlnaut adalah kebanyakan merupakan exchange atau bursa kripto. Kendati nama bursanya tidak diinformasikan ke publik karena terikat perjanjian kerahasiaan (Non-disclosure Agreement).

Daftar kripto yang didukung Hodlnaut dan tingkat bunganya

Saat artikel ini ditulis, Hodlnaut baru mendukung 6 cryptocurrency di platform mereka yaitu, Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Wrapped Bitcoin (WBTC), USD Coin (USDC), Tether (USDT), dan stablecoin DAI.

Tiap koin tersebut punya tingkat bunga berbeda-beda antar satu sama lain dimana tangka bunga dapat bertambah seiring dengan jumlah koin yang didepositkan di Hodlnaut.

Berikut adalah tabel tingkat bunga untuk tiap cryptocurrency di Hodlnaut per 26 November 2021:

Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 1
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 2
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 3
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 4
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 5
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 6

*persentase bunga dapat berubah sewaktu-waktu

APY (Annual Percentage Yield) memasukkan faktor compound interest dalam perhitungan bunga total, sedangkan APR (Annual Percentage Return) tidak. Maka itu, di tabel terlihat APY selalu lebih besar dari APR.

Kalau kamu berencana menyimpan aset kripto selama mungkin di Hodlnaut, gunakan perhitungan APY sebagai tolak ukur dan begitu pula sebaliknya. Satu hal penting yang perlu diketahui bahwa pembayaran bunga (interest) di Hodlnaut dilakukan satu kali setiap minggu, tepatnya pada hari Senin pukul 17.00 WITA. Akan tetapi, untuk perhitungan interest sendiri dilakukan rutin setiap hari pada jam yang sama.

Cara daftar Hodlnaut

Pendaftaran akun Hodlnaut dapat dilakukan via website ataupun aplikasi yang bisa didownload di App Store atau Google Play.

Untuk memberikan gambaran, berikut panduan mendaftar akun Hodlnaut via aplikasinya:

  • Buka aplikasi Hodlnaut dan klik Sign Up
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 7
  • Masukkan informasi nama kamu dan kode referral (bisa pakai punya saya -> EBM7GxvB6) agar mendapat bonus. Setelah itu, klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 8
  • Masukkan alamat email aktif, klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 9
  • Buat password akun, centang kolom persetujuan, kemudian klik tombol Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 10
  • Centang kolom persetujuan atas risiko menggunakan layanan Hodlnaut lalu klik Submit
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 11
  • Selanjutnya, mulai langkah verifikasi akun dengan mengklik link Verify Profile
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 12
  • Pada langkah pertama, kamu akan diminta untuk verifikasi alamat email. Jika sudah, klik tombol Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 13
  • Di langkah kedua, kamu akan diminta untuk mengaktifkan 2FA (Two-factor authentication) menggunakan aplikasi Google Authenticator. Jika sudah, klik tombol Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 14
  • Isi data diri kamu secara lengkap kemudian klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 15
  • Masukkan informasi pekerjaan dan penghasilan kamu pada questionnaire dan klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 16
  • Masukkan informasi tempat tinggal dan nomor handphone kemudian klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 17
  • Berikutnya, kamu akan diminta untuk verifikasi identitas. Klik Start Identity Verification
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 18
  • Saat verifikasi identitas, kamu akan diminta untuk upload foto KTP/Paspor dan verifikasi wajah. Maaf, saya tidak bisa melakukan screenshot prosesnya pada tahap ini karena tidak dibolehkan oleh aplikasi. Setelah semua proses verifikasi identitas selesai, klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 19
  • Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk verifikasi alamat tempat tinggal dengan mengupload dokumen tertentu seperti bukti pembayaran tagihan utilitas, bank statement, atau dokumen lainnya yang penting di dalam dokumen tersebut terdapat informasi nama lengkap kamu dan alamat dengan jelas. Klik Upload
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 20
  • Kamu bisa pilih untuk upload gambar atau dokumen. Kalau saya pilihnya Upload Document
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 21
  • Contoh, yang saya upload adalah e-statement rekening BCA saya pada bulan Oktober 2021. Dokumen ini bisa kamu dapat dengan login dan download e-statementnya di website KlikBCA. Setelah itu, klik Next
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 22
  • Klik Finish dan tunggu sampai proses verifikasi akun kamu selesai
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 23
  • Proses verifikasi akun Hodlnaut berhasil setelah kamu mendapat email pemberitahuan seperti gambar di bawah. Selanjutnya, kamu tinggal lakukan deposit aset kripto di Hodlnaut untuk hasilkan pendapatan pasif tiap minggunya
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 24

Cara deposit kripto di Hodlnaut

Hodlnaut tidak memberlakukan kebijakan minimal deposit. Meski begitu, tetap saja untuk pengiriman aset kripto ke akun Hodlnaut akan dikenakan biaya blockchain yang besarannya tergantung dari jenis aset kripto dan wallet/bursa kripto yang kamu pakai.

Untuk memberikan gambaran bagaimana cara deposit cryptocurrency di Hodlnaut, berikut saya kasih contoh panduan deposit Ethereum (ETH) di Hodlnaut lewat aplikasi Pintu.

  • Buka aplikasi Hodlnaut, klik menu Deposit, ganti pilihan aset kripto ke ETH, lalu klik tombol Copy Address
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 25
  • Setelah itu, paste alamat wallet tadi di aplikasi Pintu pada pilihan jenis aset kripto Ethereum kemudian klik Kirim ke
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 26
  • Masukkan nominal Rupiah dari ETH yang ingin kamu depositkan ke Hodlnaut, contoh Rp125.000, lalu klik tombol Berikutnya
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 27
  • Review biaya blockhain yang dibebankan ke kamu saat itu dan pastikan saldo total ETH yang kamu miliki cukup untuk melakukan pengiriman ke Hodlnaut. Jika saldo cukup dan kamu tidak masalah dengan biaya Blockchain yang dibebankan, klik Kirim Sekarang
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 28

*biaya blockchain dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kepadatan jaringan
*biaya blockchain yang dibebankan dapat berbeda antar satu bursa kripto dengan yang lain

  • Tunggu sekitar 30 menit sampai saldo ETH masuk ke akun Hodlnaut kamu
Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto 29
Bukti crypto berhasil didepositkan ke akun Hodlnaut

Referral Hodlnaut

Serupa dengan platform lain, Hodlnaut juga punya program referral untuk meningkatkan jumlah pengguna yang menggunakan layanannya.

Di Hodlnaut, setiap kali kamu berhasil mengajak orang lain mendaftar menggunakan kode referral, kamu akan mendapat komisi sebesar 10% dari total bunga yang dihasilkan oleh teman kamu di Hodlnaut.

Tapi, ingat rewards tersebut bukan diambil dari bunga yang dihasilkan oleh teman kamu, tapi dari uang kas Hodlnaut. Jadi, bunga yang didapat oleh teman kamu yang daftar menggunakan kode referral kamu tetap utuh tanpa ada potongan sepeserpun.

Sementara bagi teman yang mendaftar di Hodlnaut menggunakan kode referral akan mendapat bonus US $20 atau sekitar Rp280.000 setelah teman kamu melakukan deposit minimal US $1.000 di Hodlnaut dalam satu kali transaksi (tidak dihitung jika akumulasi).

Program Referral Hodlnaut
Kode referral Hodlnaut

Kelebihan dan kekurangan Hodlnaut

Kelebihan:

  • Penawaran imbal hasil bunga kompetitif up to 12,7% APY
  • Proses pendaftaran mudah dan 100% online
  • Tidak ada minimal deposit dan biaya deposit yang dibebankan
  • Aset kripto yang didepositkan pengguna di Hodlnaut aman karena cryptocurrency diterima melalui infrastruktur dompet Fireblocks yang terkenal sangat aman kemudian disalurkan ke borrower institusi atau disimpan di cold walletHodlnautketika masih ada saldo yang belum tersalurkan
  • Dari sisi legalitas, Hodlnaut masih dalam proses pengurusan lisensi dengan Otoritas Moneter Singapura (MAS) berdasarkan Payment Services Act 2019 (Undang-Undang Layanan Pembayaran Singapura). Walaupun belum resmi berizin, Hodlnaut diperbolehkan beroperasi di bawah pengecualian yang diberikan oleh Otoritas Moneter Singapura berdasarkan keputusan berikut -> https://www.mas.gov.sg/regulation/payments/entities-that-have-notified-mas-pursuant-to-the-ps-esp-r
  • Aset kripto di Hodlnaut dapat ditarik kapan saja mirip tabungan di bank, tidak ada periode penguncian aset
  • Setiap bulan, pengguna dapat melakukan satu kali penarikan aset kripto secara gratis di Hodlnaut. Hal ini tentu sangat menguntungkan pengguna mengingat biaya blockhain itu tidak murah

Kekurangan:

  • Secara regulasi, Hodlnaut tergolong ilegal di Indonesia karena belum terdaftar di BAPPEBTI dan KOMINFO. Tapi bukan berarti Hodlnaut scam.  Kurang lebih mirip seperti Binance dan Coinbase yang di Indonesia ilegal tapi kedua platform tersebut aman dan banyak yang menggunakan
  • Persentase tingkat bunga di Hodlnaut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar
  • Foto KTP/Paspor saat verifikasi identitas di Hodlnaut agak sulit karena Hodlnaut menggunakan aplikasi ketiga untuk menangkap gambar, bukan memakai kamera smartphone sehingga kita tidak bisa mengatur fokus kameranya dan menyebabkan foto yang diambil buram

Kesimpulan

Menghasilkan cuan dari investasi kripto banyak caranya. Selain lewat jual beli kripto, staking coin, ikut launchpad, dan airdrop, kamu juga bisa hasilkan keuntungan dari aset kripto yang dimiliki dengan menyimpannya di platform tabungan kripto seperti Hodlnaut.

Dengan begitu, kamu bisa dapat pendapatan pasif (compound interest) setiap minggunya tanpa perlu menjual aset kripto tersebut. Bahkan semakin lama kamu nabung kripto di Hodlnaut, semakin besar pula potensi cuan yang bisa kamu peroleh berkat efek compound interest-nya. Belum lagi ditambah dengan trend peningkatan nilai aset kripto seiring waktu.

Apabila tertarik, kamu bisa daftar Hodlnout menggunakan kode referral saya -> EBM7GxvB6 untuk mendapat bonus.  

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

2 pemikiran pada “Review Hodlnaut – Hasilkan Cuan Tiap Minggu dari Nabung Kripto”

  1. Review Matrixport dan Finblox dong, sekalian perbandingannya dengan Hodlnaut, ditunggu reviewnya, 😇😇😇

    Balas

Tinggalkan komentar