Review IPOTFund – Investasi Reksa Dana Banyak Pilihan dengan Fitur Lengkap

Apa itu IPOTFund?

IPOTFund adalah platform penyedia layanan jual beli reksa dana dari PT. Indo Premier Sekuritas, salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan dari AsiaMoney sebagai Best Retail Brokerages 2020.

Saat ini IPOTFund juga merupakan salah satu aplikasi reksa dana online terbaik dan terbesar di Indonesia yang menyediakan 250+ pilihan produk reksa dana dari puluhan manajer investasi. Bahkan jumlah ini diprediksi akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya produk reksa dana yang diterbitkan.

IPOTFund adalah bagian dari PT Indo Premier Sekuritas yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga berinvestasi reksa dana di IPOTFund dijamin 100% aman. IPOTFund menjadi tempat pertama saya membeli reksa dana secara online.

Saya pertama kali tahu tentang dua instrumen pasar modal (reksa dana dan saham) juga berkat Indo Premier. Saya pertama kali buka rekening sekuritas dan beli saham juga di Indo Premier. Hehe.

Tampilan antarmuka aplikasi dan web IPOTFund

IPOTFund tidak memiliki aplikasi mobile yang berdiri sendiri, melainkan dia digabung dengan semua layanan dari Indo Premier Sekuritas. Jadi, kalau kamu mau mengakses IPOTFund versi mobile, kamu harus download terlebih dulu aplikasi IPOT di smartphone kamu. (Silakan download di App Store atau Google Play).

Di aplikasi IPOT, kamu dapat mengakses semua layanan dari Indo Premier, seperti IPOTStock untuk transaksi jual beli saham, IPOTPAY (coming soon) untuk transfer ke semua rekening tanpa biaya, sampai dengan layanan IPOTFund untuk investasi reksa dana, bahkan bisa juga buat beli ETF (Exchange Traded Fund).

Selain itu, di aplikasi IPOT juga terdapat fitur-fitur lain yang sangat membantu pengguna. Misalnya, fitur News & Research untuk mengetahui informasi terbaru tentang situasi ekonomi, keadaan pasar modal saat ini, serta semua hal lain yang berhubungan dengan bisnis dan industri keuangan.

Selanjutnya, ada juga fitur Journey untuk membantu pemula yang ingin belajar investasi dari awal sampai mahir lewat berbagai artikel dan kelas edukasi yang diadakan IPOT secara berkala hingga fitur Talk  yang memiliki fungsi mirip dengan fitur News tapi lebih sederhana sehingga informasinya menjadi lebih mudah dicerna.

Mengenai tampilan IPOTFund versi mobile kurang lebih sama seperti dengan versi webnya, meskipun ada beberapa peningkatan sedikit. Pada tampilan IPOTFund mobile daftar reksa dana dibagi menjadi tiga bagian, ada versi “basic view”, “list view”, dan “advanced view” dimana yang paling sederhana tampilannya adalah versi Basic dan yang paling kompleks adalah versi Advanced.

Fitur Journey IPOTFund
Fitur-fitur pada IPOTFund
Tampilan depan aplikasi IPOT
Daftar reksadana pada IPOTFund

Tidak perlu khawatir dengan istilah-istilah yang kurang akrab, karena seperti yang saya katakan sebelumnya, di aplikasi IPOT terdapat fitur Journey yang akan membantu kamu untuk mengetahui semua istilah tersebut dengan mengikuti kelas edukasi online yang diadakan.

Bagaimana dengan tampilan web IPOTFund? Secara umum, tampilan web IPOTFund tidak banyak berubah sejak pertama kali saya gunakan di tahun 2016. Informasi tentang produk reksa dana dan Manajer Investasi selalu tersedia secara lengkap beserta dengan data-data umum dan kinerja historisnya.

Terlalu banyak angka, grafik, dan istilah-istilah keuangan yang kurang familiar bagi pemula terpampang di situs IPOTFund. Selain itu, bahasa yang digunakan juga lebih dominan bahasa inggris daripada bahasa Indonesia sehingga dapat menjadi tantangan tersendiri. Tapi kalau kamu tidak masalah dengan semua hal itu, maka berinvestasi reksa dana di IPOTFund dapat menjadi pilihan yang tepat.

Daftar Reksadana di website IPOTFund

Kuantitas Produk Reksa dana

Saat artikel ini ditulis, IPOTFund memiliki 250+ pilihan produk reksa dana yang berasal dari 40+ manajer investasi. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada yang tersedia di platform investasi reksa dana online pesaingnya.

Di IPOTFund, tersedia semua jenis reksa dana seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, reksa dana indeks, hingga ETF (Exchange Traded Fund). Tidak hanya produk reksa dana konvensional, di IPOT juga tersedia beragam pilihan produk reksa dana syariah untuk kamu beli. Kalau kamu mencari aplikasi investasi yang punya beragam produk reksa dana, IPOTFund adalah pilihan terbaik.

Minimum investasi di IPOTFund

Minimum investasi di IPOTFund adalah Rp100.000. Cukup terjangkau apalagi untuk kamu yang sering hang-out atau nongkrong di mall dan coffee shop.

Biaya investasi reksa dana di IPOTFund

100% gratis. Baik untuk transaksi pembelian (subscription) maupun penjualan (redemption) reksa dana, terlebih jika kamu investasi di satu produk reksa dana minimal selama 1,5 tahun.

Fitur IPOTFund

Di antara semua aplikasi jual/beli reksa dana yang pernah saya coba, IPOTFund adalah salah satu yang memiliki fitur paling lengkap, diantaranya:

1. Fund List

Ini adalah fitur utama yang menampilkan semua daftar reksa dana yang tersedia di IPOTFund. Pada menu “Fund List”, kamu bisa memilih untuk melihat daftar reksa dana lewat tampilan Basic, List, atau Advanced sesuai pilihan kamu.

Selain itu, di sini kamu juga bisa mengurutkan reksa dana berdasarkan indikator tertentu seperti NAV, AUM, Drawdown, dan lain sebagainya.

2. Fund Info

  • Summary – fitur yang menyajikan rangkuman informasi tentang suatu produk reksa dana. Seperti prospektus , fund fact sheet, manajer investasi penerbit, kategori reksa dana, sampai dengan informasi kinerja reksa dana selama ini.
  • News – Lewat fitur ini, kamu bisa baca berita-berita terbaru yang memiliki kaitan dengan produk reksa dana tertentu.
  • Statistic – Kamu dapat melihat statistik kinerja reksa dana secara lengkap dengan mengakses fitur ini.
  • Chart – Ini adalah fitur IPOTFund yang agak kompleks dan kayaknya sih lebih diperuntukkan bagi mereka yang sudah terbiasa membaca grafik. Secara umum, fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat statistik kinerja suatu reksa dana, membandingkannya dengan kinerja reksa dana lain atau indeks tertentu, serta mengurutkan reksa dana berdasarkan indikator tertentu.

3. Fund Market Info

  • MI List – fitur untuk melihat daftar Manajer Investasi yang ada di IPOTFund beserta produk reksa dana yang diterbitkan.
  • IHSG – fitur untuk mengecek bagaimana kinerja IHSG dan indeks-indeks lainnya seperti LQ45, IDX30, Sri-Kehati, dan lain-lain.
  • Sectoral – gunakan fitur ini untuk mengecek trend bisnis di sektor-sektor tertentu. Misalnya di sektor manufaktur, pertanian, properti, infrastruktur, pertambangan, dan lain-lain.
  • Indeks, Kurs, Komoditas – fitur untuk mengecek kinerja indeks saham populer dari seluruh dunia, posisi kurs dan harga komoditas terbaru.

4. Fund Tools

  • Evaluator – Fitur buat cek kinerja reksa dana berdasarkan indikator tertentu, seperti NAV, Sharpe, Drawdown, Growth, dan lain-lain. Pada fitur Evaluator, kamu bukan hanya bisa melihat imbal hasil reksa dana dalam suatu periode aja, tetapi juga bisa melihat produk-produk reksa dana apa saja yang punya imbal hasil bagus dan stabil.
  • Fund Comparison – Fitur untuk membandingkan kinerja suatu produk reksa dana dengan reksa dana lain atau indeks tertentu.

Kemudahan Mendaftar dan Berinvestasi di IPOTFund

Karena IPOTFund adalah bagian dari PT. Indo Premier Sekuritas, maka ketika mendaftar, kamu juga akan langsung dibuatkan rekening efek secara otomatis. Sehingga kamu bisa sekalian investasi reksa dana, saham, dan ETF (Exchange Traded Fund) langsung di aplikasi IPOT.

Cara mendaftar akun di IPOT juga sangat mudah dan bisa dilakukan langsung via smartphone. Tapi kalau kamu ingin mendaftar lewat website juga boleh, tidak ada bedanya.

Silakan tonton video di bawah ini untuk informasi lengkap tentang cara mendaftar akun sekuritas Indo Premier lewat HP (video 1) dan cara investasi reksa dana di IPOTFund (video 2).

Cara daftar akun di Indo Premier IPOTFund:

Tutorial investasi reksa dana di IPOTFund:

Kalau mau lihat versi artikelnya, bisa cek tulisan saya tentang cara berinvestasi reksa dana saham di IPOTFund.

Kualitas Customer Service IPOTFund

Berbeda dengan aplikasi lain, IPOT tidak memiliki fitur customer service, live chat, atau support yang bisa diakses langsung lewat aplikasi. Walau demikian, ini bukan berarti IPOTFund sulit dihubungi. Justru sebaliknya, IPOTFund justru memiliki layanan customer service yang tergolong cepat dalam membalas pertanyaan atau keluhan pengguna via akun media sosial mereka.

Hal ini juga berdasarkan pengalaman saya pribadi yang sering nge-DM akun twitter Indo Premier setiap kali ada masalah. Meskipun balasnya tidak selalu cepat, tapi paling tidak solusi dan jawaban yang diberikan benar-benar bisa mengatasi masalah atau bukan sekadar lip service aja.

Customer Service IPOTFund via Twitter

Jika ada masalah dengan akun IPOTFund kamu bisa hubungi Indo Premier lewat beberapa channel di bawah ini.

Call center: +62 (21) 5088-7200
Email: [email protected]
Media sosial:

Kelebihan dan Kekurangan IPOTFund

Kelebihan:

  • Pendaftaran mudah dan cepat, tidak perlu kirim berkas, dan 100% online
  • Berinvestasi reksa dana di IPOTFund aman karena sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK
  • Minimum investasi terjangkau, Rp100 ribu.
  • Gratis biaya jual/beli reksa dana seluruhnya, kecuali ada ketentuan lain dari Manajer Investasi sebagai pengelola produk
  • Pilihan reksa dana paling banyak daripada platform lain
  • Fitur lengkap, cocok untuk mereka yang sudah mahir investasi reksa dana
  • Tersedia fitur Journey yang dapat membantu pemula belajar investasi dari awal sampai mahir lewat berbagai artikel dan kelas edukasi yang diadakan IPOT secara berkala
  • Bisa akses semua layanan dari Indo Premier hanya dengan 1 akun
  • Layanan customer service responsif dan cepat
  • Memiliki fitur Fund Evaluator dan Fund Comparison untuk memudahkan user memilih produk reksa dana yang tepat dengan imbal hasil yang baik dan stabil

Kekurangan:

  • Tampilan web/aplikasi IPOTFund kurang ramah untuk pemula. Sebaiknya kalau kamu memang bingung dengan istilah-istilah tertentu yang ada di aplikasi IPOT, silakan manfaatkan fitur Journey untuk ikut kelas edukasi dengan team IPOTFund.
  • Minimum investasi terjangkau, tapi masih agak mahalan dibandingkan aplikasi lain
  • Tidak semua istilah-istilah keuangan yang ada di IPOTFund tersedia penjelasannya
  • Layanan customer service tidak tersedia di aplikasi
  • Tidak ada program referral

Kesimpulan

IPOTFund merupakan salah satu platform jual beli reksa dana online aman dan terpercaya di Indonesia yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK. IPOTFund memiliki pilihan produk reksa dana paling banyak dan beragam daripada aplikasi lain.

Di IPOTFund, minimum investasi reksa dana sangat terjangkau, tidak ada biaya transaksi, serta memiliki fitur lengkap yang dapat memudahkan kamu dalam menganalisa dan memilih reksa dana terbaik dengan kinerja yang paling cuan.

Alternatif

1. Ajaib

Review IPOTFund – Investasi Reksa Dana Banyak Pilihan dengan Fitur Lengkap 1

Ajaib adalah platform untuk investasi reksadana dan saham yang populer di Indonesia. Aplikasi ini hadir dengan banyak fitur menarik yang bisa investor pakai untuk memudahkan kegiatannya dalam berinvestasi.

2. Bareksa

Review IPOTFund – Investasi Reksa Dana Banyak Pilihan dengan Fitur Lengkap 2

Dibandingkan aplikasi lain, Bareksa memiliki keunggulan di jumlah produk reksadana yang tersedia. Selain itu, Bareksa juga menawarkan program tabungan umroh melalui investasi reksadana syariah yang belum pernah saya lihat disediakan oleh aplikasi lain.

3. Bibit

Review IPOTFund – Investasi Reksa Dana Banyak Pilihan dengan Fitur Lengkap 3

Bibit adalah aplikasi investasi reksadana terpopuler di Indonesia saat ini. Meskipun tergolong baru, pertumbuhan pengguna aplikasi Bibit sangat tinggi berkat kualitas aplikasi yang memang bagus dan promo cashback Gopay yang sering mereka berikan.

4. BukaReksa

Review IPOTFund – Investasi Reksa Dana Banyak Pilihan dengan Fitur Lengkap 4

BukaReksa bekerjasama dengan APERD Bareksa dan Tanamduit untuk menjual produk reksadana di aplikasi Bukalapak. Adapun keunggulan dari BukaReksa yang sulit ditemukan di aplikasi lain adalah pencairan saldo reksadana instan (hanya 1 menit setelah order jual) dan program promonya yang setiap bulan selalu ada.

5. Tanamduit

Review IPOTFund – Investasi Reksa Dana Banyak Pilihan dengan Fitur Lengkap 5

Tanamduit memiliki desain UI/UX aplikasi yang sederhana dan tidak membingungkan. Di Tanamduit, kamu dapat berinvestasi reksadana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan beli produk asuransi tertentu.

6. Tokopedia Reksadana

logo tokopedia reksadana

Serupa dengan BukaReksa, Tokopedia Reksadana juga memiliki fitur pencairan dana instan tanpa dikenakan biaya yang sulit kamu temukan di platform investasi reksadana lain. Mengenai kekurangan Tokopedia Reksadana terletak pada fitur dan jumlah produk reksadananya yang sangat terbatas.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar