Sebagai salah satu pengguna Ipotpay yang puas dengan fasilitas dan fitur-fiturnya, saya merasa berkewajiban untuk membuat review tentang produk ini agar semakin banyak orang yang tahu dan ikut memanfaatkan layanan dari  Ipotpay.

Apa itu Ipotpay?

Ipotpay adalah salah satu produk dari PT. Indopremier Sekuritas yang bisa dibilang memiliki fungsi menyerupai sebuah e-wallet seperti OVO, DANA, Gopay, dan lain-lain.

Bedanya, Ipotpay bukan cuma menawarkan fitur tabungan, belanja online, dan bayar tagihan lebih praktis, tetapi juga fungsi “investasi” melalui fitur andalan mereka yaitu penempatan dana secara otomatis di reksadana pasar uang.

Dengan fitur ini, saldo tabungan nasabah yang nganggur di Ipotpay akan secara otomatis ditempatkan di instrumen reksadana pasar uang sehingga saldonya bisa berkembang, bahkan mencapai sekitar 7-9% per tahun sesuai dengan kinerja reksadana pasar uang di tahun tersebut.

Ini tentunya jauh lebih menguntungkan daripada menabung di bank biasa dengan suku bunga tabungan rata-rata kurang dari 1% per tahun.

Bayar Tagihan, Belanja di E-commerce, dan Top Up E-Wallet Bebas Biaya Transaksi

Tidak hanya memaksimalkan saldo nasabah, Ipotpay juga bisa digunakan untuk bayar tagihan listrik, kartu kredit, BPJS Kesehatan, beli pulsa, pembayaran transaksi belanja di e-commerce, hingga top-up saldo e-wallet seperti Gopay, DANA, OVO, Tcash/LinkAja, dan lain-lain.

Menariknya lagi, semua transaksi di Ipotpay tidak dikenakan biaya sama sekali. Alias gratis 100%. Hal ini berbeda ketika saya menggunakan platform lain dimana saya masih dikenakan biaya administrasi tertentu saat melakukan berbagai jenis transaksi, seperti isi pulsa dan top up e-wallet.

previous arrow
next arrow
Slider

Sejauh ini, saya belum menemukan ada platform lain yang berani kasih fitur bebas semua biaya transaksi kepada nasabahnya selain Ipotpay. Kalau ada, tolong diberitahu ya!

Bebas Biaya Administrasi Bulanan dan Transfer ke Semua Bank

Salah satu kekurangan menabung di bank biasa, seperti yang umum diketahui, adalah adanya biaya administrasi bulanan dan biaya transfer antar bank yang cukup tinggi.

Bahkan bank digital seperti Jenius saja masih mengenakan biaya transfer antar bank apabila  saldo kamu tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan kuota gratis transfer antar bank.

Berbeda dengan bank biasa dan Jenius, di Ipotpay tidak peduli berapa saldo tabungan kamu, kamu tetap tidak akan dikenakan biaya sama sekali saat melakukan transfer antar bank.

Mau transfer antar bank lebih dari 5, 10, 20 kali dalam sehari? Tidak masalah! Kamu tetap tidak akan dikenakan biaya transfer sama sekali.

Selain itu, biaya administrasi bulanan yang biasanya kalau saya pake bank biasa dikenakan Rp7.500 s.d 15.000 per bulan, di Ipotpay biaya ini hanya khayalan alias tidak ada.

Terintegrasi dengan semua aplikasi Indopremier

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Ipotpay merupakan salah satu produk dari PT. Indopremier Sekuritas, yaitu perusahaan sekuritas yang menyediakan jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal seperti melayani investor (individu atau perusahaan) yang ingin berinvestasi saham, reksadana, ETF, dll.

Karena merupakan produk dari Indopremier, Ipotpay secara tidak langsung juga terintegrasi dengan semua aplikasi dari PT. Indopremier Sekuritas, seperti Ipotfund (aplikasi untuk beli reksadana), IpotGo (aplikasi untuk beli saham), IpotPlan (website untuk perencanaan keuangan), IpotKu, IpotNews , dan lain-lain.

Dengan demikian, saldo tabungan kita yang ada di Ipotpay juga otomatis bisa digunakan untuk beli reksadana di Ipotfund maupun beli saham di Ipotgo. Sayangnya, kita tidak bisa mengakses semua produk dari Indopremier ini melalui website atau aplikasi Ipotpay.

Tetapi kita bisa mengaksesnya melalui aplikasi Indopremier yang baru bernama IPOT (download di Google Play atau App Store). Aplikasi ini direncanakan bakal menjadi aplikasi all-in-one Indopremier yang mengintegrasikan semua produk Indopremier dalam satu aplikasi. 

Atur Pembayaran secara Otomatis

Ipotpay hadir dengan fitur smart schedule payment dan smart auto subscription. Fitur ini berguna untuk mengatur pembayaran tagihan dan pembelian rutin secara otomatis di Ipotpay.

Selain itu, terdapat juga fitur smart calendar dan schedule payment yang berfungsi untuk mengatur pembayaran, pembelian, dan transfer dana secara berkala. Sehingga kamu tidak perlu harus selalu membuka aplikasi Ipotpay hanya untuk melakukan transaksi rutin. 

Cukup atur jenis dan tanggal pembayaran yang diinginkan di schedule payment, lalu biarkan Ipotpay yang akan menyelesaikan transaksi tersebut pada tanggal yang sudah dijadwalkan. Pastikan saldo dana tersedia di Ipotpay cukup agar transaksi bisa dilanjutkan.

fitur smart calendar dan schedule payment ipotpay
fitur smart calendar dan schedule payment ipotpay

Ipotpay hadir dengan fitur auto notif yang membuat semua transaksi pembayaran dan pembelian di Ipotpay akan secara otomatis diberitahukan via email sehingga kamu bisa langsung mengetahui apabila terjadi transaksi yang tidak diinginkan.   

Tanpa limit Saldo

Berbeda dengan e-wallet yang hanya bisa menampung dana maksimal Rp10 juta per akun sesuai aturan OJK, di Ipotpay kamu bisa menabung  hingga saldo berapa pun tanpa limit alias tidak ada batas maksimum saldo.

Multi Platform

Ipotpay adalah aplikasi multi platform yang dapat diakses via website atau aplikasi. Baik di komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

Apakah Ipotpay Aman?

Dari sisi legalitas, Ipotpay resmi terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga nasabah tidak perlu khawatir dana dibawa lari perusahaan.

Selain itu, dari sisi keamanan, Ipotpay juga telah diproteksi dengan sistem keamanan SSL 256 bit dan three layer security atau sistem kemanan lapis tiga yang meliputi level password, randomized numerical PIN, dan kode OTP (one time password).

Bisa dibilang, sistem kemanan yang dimiliki Ipotpay jauh lebih baik daripada sistem kemanan bank biasa dan Jenius yang masih menggunakan sistem keamanan dua lapis yaitu hanya password dan kode OTP. 

Apakah Ipotpay Penipu?

Tidak. Ipotpay adalah produk dari PT. Indopremier Sekuritas yang telah terdaftar dan diawasi OJK sehingga aman digunakan.

Selain itu, saya juga tidak pernah mengalami satu masalah berarti atau mendengar satupun berita negatif tentang Ipotpay sejak pertama kali saya menggunakan layanan ini sampai sekarang.

Syariah atau Tidak?

Ipotpay memiliki versi akun regular dan syariah. Jadi, bisa dipilih sesuai keinginan.

Sayangnya, bagi yang menggunakan akun syariah, kamu tidak dapat menggunakan fitur penempatan dana secara otomatis di reksadana pasar uang karena tidak sesuai dengan prinsip syariah.

Saya sudah coba konsultasi tentang masalah ini dengan pihak Indopremier, tetapi katanya memang tidak bisa.  Jadi, bagi saya yang sudah terlanjur memilih akun syariah sebagai akun utama indopremier terpaksa harus beli produk reksadana secara manual dan tidak bisa memanfaatkan fitur unggulan dari Ipotpay ini.

Fitur penempatan reksadana secara otomatis ipotpay
akun syariah tidak bisa memanfaatkan fitur penempatan reksadana Ipotpay

Meski tidak bisa memanfaatkan fitur penempatan reksadana secara otomatis, pengguna Ipotpay syariah tetap bisa menikmati fitur bebas biaya transaksi, biaya transfer antar bank, dan administrasi bulanan, bayar tagihan otomatis, belanja di e-commerce, top up e-wallet, dan lain sebagainya.  

Cara Mendaftar di Ipotpay

Mendaftar di Ipotpay sangat mudah dan bisa dilakukan 100% secara online tanpa perlu mengirim dokumen fisik dan lain sebagainya.

Saat mendaftar di Ipotpay, kamu otomatis juga akan terdaftar sebagai nasabah Indopremier sehingga kamu juga bisa langsung menggunakan semua produk Indopremier, termasuk melakukan transaksi jual beli saham dan reksadana di pasar modal.

Terkait cara pendaftarannya, saya pikir sangat mudah. Cukup ikuti saja petunjuk yang ada saat mendaftar di Ipotpay, isi form yang tersedia, konfirmasi email, no HP, dan mengirim file yang diminta. Jika semua sudah dilakukan, tunggu informasi dari Indopremier bahwa akun telah berhasil dibuat.

Cara Top Up Saldo di Ipotpay

Top up saldo Ipotpay bisa dilakukan dengan mentransfer dana ke nomor Rekening Dana Nasabah (RDN) BCA yang sudah dibuatkan oleh Indopremier atas nama kamu setelah proses pendaftaran berhasil.  Sebaiknya lakukan transfer dana dari rekening BCA agar tidak kena biaya transfer.

Pengalaman Menggunakan Ipotpay

Selama ini, saya rutin menggunakan rekening BCA Ipotpay untuk menerima gaji/komisi, mentransfer dana ke rekening antar bank, dan top-up e-wallet karena fitur bebas biaya transaksinya. Sayangnya, untuk transaksi lain seperti bayar tagihan listrik dan BPJS Kesehatan tidak pernah saya gunakan karena selalu saja mengalami kendala, seperti sistem lagi sibuk, diperbaiki, dan lain sebagainya.

Kekurangan Ipotpay

Walaupun hadir dengan banyak fitur menarik, Ipotpay tetap saja bukanlah produk yang sempurna karena masih memiliki sejumlah kekurangan, antara lain:

  • Untuk transaksi penarikan dana atau transfer antar bank minimal Rp100.000, tidak bisa kurang dari itu
  • Kendala pada berbagai jenis transaksi, seperti bayar tagihan listrik dan BPJS Kesehatan
  • Transaksi tidak selamanya terjadi secara real-time. Saya pernah beberapa kali melakukan transfer dana di Ipotpay sekarang tetapi sampainya nanti 5-10 menit kemudian atau paling parah 2-3 hari setelah transaksi. Namun, ini jarang banget terjadi sih.
  • Saldo Ipotpay tidak bisa digunakan untuk transaksi lintas negara seperti belanja di situs luar negeri. Berbeda dengan tabungan Jenius yang bisa digunakan untuk berbagai jenis pembayaran skala internasional, seperti belanja di situs Amazon, berlangganan Netflix, Spotify, dan lain-lain.

Kesimpulan

Ipotpay adalah produk fintech yang menurut saya masih kurang banyak dibicarakan padahal memiliki fitur yang tidak kalah menarik bahkan melebihi berbagai produk tabungan dan e-wallet yang saat ini lagi naik daun.

Kalau kamu tertarik memiliki tabungan dengan layanan gratis semua biaya transaksi termasuk biaya transfer antar bank, tidak ada limit saldo, dan bisa kasih return tinggi up to 7-9% per tahun meski saldo kecil, Ipotpay adalah produk terbaik yang patut dipertimbangkan.  

Author

Carpe diem

2 Comments

  1. Nandya Tania Reply

    serius transaksi dana ke bank lain ga ada biaya? tp saya hubungi cs indopremier tetap ada biaya ya, kecuali ke sesama BCA dan Bank Permata

    • Saya pake Ipotpay sejak tahun 2017 dan sampai sekarang transfer ke bank lain selalu gratis. Begitu pun dengan top up e-wallet. Terkait masalahnya ibu, mungkin bisa ditanyakan lagi ke cs IPOT. Barangkali ada kebijakan baru bagi nasabah (baru) yang saya tidak tahu.

Write A Comment

Dapatkan Ilmu dan Tips Cuan dari Investasi Eksklusif setiap hari Selasa! 
Daftar dan bergabunglah dengan 1200+ subscribers lainnya
Subscribe
No spam. Unsubscribe kapan saja.
close-link