Review Kredivo – Pinjaman Tunai dan Cicilan tanpa Kartu Kredit Bunga Rendah (Resmi OJK)

Belakangan, banyak aplikasi penyedia layanan pinjaman online yang hadir di Indonesia. Salah satunya Kredivo yang menyediakan pinjaman tunai dan cicilan tanpa kartu kredit bunga rendah. Seperti apa layanan pinjaman online yang ditawarkan Kredivo, berapa bunganya, dan apa saja fitur yang tersedia? Simak review Kredivo berikut ini.  

📢 Dapatkan bonus Kredivo Point hingga Rp150.000 gratis. Daftar dengan kode referral -> zaif1va7e

Apa itu Kredivo?

Kredivo adalah platform fintech penyedia layanan pinjaman online legal yang sudah resmi berizin OJK dengan nomor KEP-257/NB.11/2020 yang berlaku sejak tanggal 22 September 2020.

Aplikasi Kredivo dioperasikan oleh PT FinAccel Finance Indonesia dan dapat diunduh baik di App Store maupun Google Play. Kredivo menyediakan dua layanan pinjaman online, yaitu cicilan tanpa kartu kredit di berbagai e-commerce dan pinjaman online tunai cepat cair.

Mengajukan pinjaman di Kredivo mudah dan praktis karena hanya membutuhkan modal KTP saja. Akan tetapi, patut diketahui bahwa saat ini layanan Kredivo baru tersedia untuk pengguna di wilayah tertentu saja.

Area layanan Kredivo - Review Kredivo

Jadi, buat kamu yang berdomisili di luar area layanan Kredivo, sebaiknya coba aplikasi pinjaman online yang lain seperti Akulaku, AdaKami, atau Kredit Pintar. Atau, kamu juga bisa tetap mendaftar di Kredivo dan coba ajukan pinjaman, siapa tahu lolos.

Saya sendiri bertempat tinggal di luar area layanan Kredivo di atas, namun tetap diterima pengajuan pinjamannya. Diberikan status akun Premium dengan benefit limit pinjaman hingga Rp30 juta dan tenor maksimal 12 bulan.

Akun premium Kredivo

Alamat kantor Kredivo

PT FinAccel Finance Indonesia
Rukan Permata Senayan, E52-55
Jalan Tentara pelajar No. 21
Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta 12210

Telepon: 0807-1-573348
Email: [email protected]

Produk dan suku bunga pinjaman online Kredivo

Secara umum, Kredivo mempunyai tiga produk pinjaman online yang ditawarkan kepada nasabah, yakni cicilan barang tanpa kartu kredit, pinjaman tunai yang bisa dibayar cicil hingga 6 bulan, dan produk terbaru Kredivo berupa Flexi Card (kartu kredit fisik Paylater).

1. Cicilan tanpa kartu kredit

Cicilan tanpa kartu kredit adalah produk pinjaman utama Kredivo yang ditawarkan kepada nasabah. Produk ini memungkinkan kamu untuk belanja barang secara kredit di berbagai merchants online dan offline seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, McDonalds, hingga Alfamart.

Limit pinjaman cicilan tanpa kartu kredit yang diberikan oleh Kredivo kepada nasabah tergantung dari status akun masing-masing. Status akun Kredivo terbagi atas tiga, yaitu Starter, Basic, dan Premium. Berikut perbedaannya:

Benefits/Status akunStarterBasicPremium
Maksimal limit pinjamanRp1 jutaRp3 jutaRp30 juta
Pilihan tenor pembayaran pinjaman30 hari30 hari30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan
Suku bunga0%0%Bunga 0% untuk pilihan tenor 30 hari dan 3 bulan.

Bunga 2,6% per bulan untuk pilihan tenor 6 dan 12 bulan   
Pinjaman tunaiTidak adaTidak adaPinjaman tunai dengan tenor maksimal 6 bulan

Baca juga: Jangan Keliru, Begini Cara Daftar Kredivo Cicilan 12 Bulan

2. Pinjaman tunai

Seperti yang diperlihatkan tabel di atas, opsi pinjaman tunai di Kredivo saat ini hanya tersedia untuk pengguna dengan status akun Premium. Nominal pinjaman tunai yang bisa diajukan tergantung limit yang diperoleh tiap pengguna (maksimal Rp30 juta) dengan jangka waktu pelunasan pinjaman maksimal selama 6 bulan.

Pinjaman tunai Kredivo memiliki bunga 2,6% per bulan dengan tambahan biaya administrasi 6% dari total pinjaman yang dibayar di awal. Jadi, kalau kamu pinjam Rp5 juta, maka dana yang kamu terima adalah Rp5 juta dikurangi 6% dari Rp5 juta, yaitu Rp300 ribu. Sehingga total dana pinjaman tunai yang kamu peroleh adalah Rp4,7 juta.

Kalau dihitung secara persentase, biaya total yang harus kamu bayar saat mengajukan pinjaman tunai di Kredivo bisa lebih dari 2,6% per bulan tergantung dari pilihan tenor yang kamu ambil.

3. Flexi Card

Flexi Card adalah produk terbaru Kredivo yang bekerjasama dengan Bank Sampoerna. Fungsi kartu ini menyerupai kartu kredit yang bisa dipakai belanja di berbagai merchants offline.

Limit pinjaman Flexi Card menyesuaikan limit pinjaman yang tertera di aplikasi Kredivo tiap pengguna. Begitu pun dengan pilihan tenor dan suku bunga yang dibebankan.

Saat ini, Flexi Card hanya tersedia bagi pengguna yang sudah memiliki status akun Premium dan terpilih. Ditandai dengan munculnya menu Card Center di aplikasi Kredivo pengguna.

Menu Card Center Kredivo

Dua hal yang saya anggap menarik dari Flexi Card adalah tidak adanya biaya tahunan yang dibebankan kepada penggunadan adanya promo diskon 50% up to Rp200.000 untuk transaksi pertama nasabah menggunakan Flexi Card.

Syarat mengajukan pinjaman di Kredivo

Agar bisa menerima pinjaman online dari Kredivo, minimal kamu harus penuhi beberapa syarat di bawah ini sebelum mendaftar, antara lain:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Cara daftar dan pinjam uang online di Kredivo

Cara daftar Kredivo mudah dan praktis karena semua prosesnya berlangsung secara online melalui aplikasi.

Sebagai calon nasabah baru, kamu dapat memilih untuk membuat akun Kredivo Basic atau Premium yang masing-masing mempunyai persyaratan pembuatan akun berbeda.

Info lengkapnya, simak tutorial registrasi akun Kredivo berikut ini:

Cara daftar akun Basic Kredivo

  • Download aplikasi Kredivo di App Store atau Google Play, kemudian lakukan penginstallan
  • Buka aplikasi dan klik tombol Apply for Kredivo
  • Pilih akun “Basic” , lalu klik Continue
  • Masukkan informasi diri kamu dengan benar lalu tap tombol Submit
  • Ambil foto KTP dan foto selfie dengan KTP sesuai petunjuk
  • Masukkan kode referral (bisa pakai kode referral saya -> zaif1va7e), lalu klik tombol Submit
  • Pendaftaran selesai. Tunggu pemberitahuan selanjutnya dari Kredivo untuk mengetahui status aplikasi kamu (maksimal 1×24 jam)

Cara daftar akun Premium Kredivo

  • Download aplikasi Kredivo di App Store atau Google Play, kemudian lakukan penginstallan
  • Buka aplikasi dan klik tombol Apply for Kredivo
  • Pilih akun “Premium” , lalu klik Continue
  • Ambil foto KTP dan foto selfie dengan KTP sesuai petunjuk
  • Hubungkan akun digital yang pernah kamu pakai untuk bertransaksi sebagai dokumen bukti alamat tempat tinggal
  • Ambil foto NPWP kamu sesuai petunjuk di aplikasi sebagai dokumen bukti penghasilan
  • Masukkan kode referral (bisa pakai kode referral saya -> zaif1va7e) agar dapat bonus hingga Rp150.000 , lalu klik tombol Submit
  • Lengkapi data diri kamu dengan benar, lalu klik tombol Submit
  • Pendaftaran selesai. Tunggu beberapa saat sampai aplikasimu disetujui
  • Jika sudah disetujui, masuk ke halaman Dasbor Kredivo, kemudian klik tombol Aktivasi Akun
  • Masukkan kode OTP untuk konfirmasi perangkat
  • Selanjutnya, buat PIN dan pilih pertanyaan keamanan beserta dengan jawabannya untuk mengamankan akun Kredivo kamu
  • Aktivasi berhasil

Apabila bingung dengan penjelasan di atas, kamu bisa menonton video singkat di bawah ini tentang cara daftar Kredivo:

Fitur Kredivo

Tidak hanya menawarkan pinjaman cicilan dan tunai, aplikasi Kredivo juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi, di antaranya:

  • Isi ulang dan tagihan -Fitur untuk kamu top up pulsa dan bayar berbagai jenis tagihan dengan metode Paylater lewat aplikasi Kredivo
  • Pembayaran – Bayar transaksi online dan offline kamu di berbagai merchants pakai limit Kredivo melalui fitur ini
  • Perjalanan dan Hiburan – Beli voucher game, layanan streaming, dan tiket pesawat dengan metode pembayaran Paylater via aplikasi
  • Langganan – Fitur untuk bayar tagihan rutin secara otomatis menggunakan limit Kredivo
  • Kredivo points – Kumpulkan poin Kredivo-mu dengan membayar tagihan tepat waktu atau mengajak teman untuk daftar Kredivo. Setelah itu, gunakan poin Kredivomu saat checkout agar dapat potongan harga sesuai jumlah point (1 Kredivo points = Rp 1)atau bisa juga ditukar dengan berbagai voucher belanja untuk menghemat pengeluaran.

Baca juga: 10 Pinjaman Online Bunga Rendah selain Kredivo, Cek Di Sini!

Program Referral Kredivo

Mengikuti jejak aplikasi pinjol lain, Kredivo juga menghadirkan program referral yang dapat kamu manfaatkan untuk belanja lebih hemat. Program referral Kredivo memberi bonus Kredivo Points kepada si pengajak (referrer) dan yang diajak (referee).

Besaran bonusnya tergantung jenis akun yang berhasil dibuat oleh teman yang diajak. Jika teman berhasil mendapatkan akun Basic , bonus yang diterima masing-masing sebesar 25.000 points. Sementara bila teman berhasil membuka akun Premium, maka bonus yang diperoleh menjadi 5 kali lipatnya atau sebanyak 150.000 points.

Review Kredivo – Pinjaman Tunai dan Cicilan tanpa Kartu Kredit Bunga Rendah (Resmi OJK) 1

Kredivo Points ini fungsinya kayak uang tunai yang bisa kamu pakai untuk mengurangi harga final barang yang ingin kamu beli menggunakan metode pembayaran Kredivo. Misalnya, kamu belanja barang seharga Rp500.000, trus di akun Kredivo kamu ada 150.000 Kredivo Points yang belum terpakai.

Nah, kamu bisa pakai 150.000 Kredivo Points tersebut saat checkout dengan Kredivo agar total tagihan yang nanti kamu bayar tinggal Rp350.000 saja. Untung banget, kan?

Selain itu, Kredivo Points juga dapat kamu tukar dengan berbagai voucher potongan/cashback belanja (online dan offline) lho untuk menghemat pengeluaran.

Apabila tertarik daftar Kredivo, kamu dapat menggunakan kode referral saya -> zaif1va7e agar berpeluang mendapatkan bonus hingga 150.000 points.

Kelebihan dan kekurangan Kredivo

Kelebihan:

  • Desain UI/UX aplikasi Kredivo mudah dipahami dan dioperasikan
  • Proses pendaftaran mudah dan cepat
  • Mengajukan pinjaman di Kredivo aman karena penyelenggara layanan Kredivo “PT FinAccel Finance Indonesia” sudah resmi berizin OJK
  • Limit pinjaman yang diberikan lumayan tinggi, maksimal Rp30 juta
  • Suku bunga pinjaman Kredivo tergolong rendah jika dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu hanya 2,6% per bulan
  • Menyediakan fitur Flexi Card bagi pengguna terpilih yang berfungsi seperti kartu kredit
  • Di Kredivo, pengguna bisa melakukan belanja online secara cicilan dengan bunga 0% (alias hanya bayar biaya administrasi saja sebesar 1% dari nominal transaksi atau minimum Rp1.000) untuk tenor 30 hari dan 3 bulan

Kekurangan:

  • Layanan pinjaman Kredivo belum tersedia untuk pengguna di seluruh wilayah Indonesia
  • Biaya administrasi pinjaman tunai di Kredivo cukup tinggi, 6% dari nominal pinjaman
  • Flexi Card Kredivo masih memakai suku bunga pinjaman yang sama dengan di aplikasi Kredivo -> 2,6% per bulan. Padahal, kalau melihat suku bunga kartu kredit pada umumnya berada di kisaran 1,75% per bulan. Jadi, secara relatif, bunga Flexi Card Kredivo masih bisa dibilang tinggi
  • Pinjaman tunai Kredivo hanya tersedia untuk pengguna Premium dan maksimal tenor pinjaman yang bisa dipilih juga hanya 6 bulan

Download Kredivo apk

FAQ

1. Apakah Kredivo penipu?

Tidak. Kredivo adalah platform pinjaman online legal di Indonesia yang sudah resmi berizin OJK, jadi aman untuk digunakan. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati dengan berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan Kredivo.

2. Kredivo bisa pinjam uang berapa?

Limit pinjaman Kredivo mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp30 juta tergantung jenis akun kamu.

3. Berapa bunga di Kredivo?

Bunga pinjaman di Kredivo tergantung tenor yang kamu pilih. Untuk tenor pelunasan 30 hari dan 3 bulan, tidak ada bunga yang dibebankan. Sebaliknya, untuk tenor pelunasan 6 bulan dan 12 bulan, dibebankan biaya bunga sebesar 2,6% per bulan.

4. Berapa denda telat bayar tagihan di Kredivo?

Bagi pengguna yang melakukan pembayaran tagihan setelah lewat jatuh tempo dikenakan biaya tambahan bunga sebesar 4% per 30 hari dan denda keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang jatuh tempo. (kebijakan dapat berubah sewaktu-waktu)

5. Bagaimana cara menaikkan limit pinjaman Kredivo?

Pengajuan kenaikan limit Kredivo hanya bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Caranya, klik Akun -> Ajukan Kenaikan Limit -> Sambungkan ke akun internet banking (rekening gaji/penghasilan) -> Kirim

Kesimpulan

Buat kamu yang ingin belanja online dengan metode cicilan tapi tidak punya kartu kredit, Kredivo adalah solusi pinjaman cicilan tanpa kartu kredit yang paling saya rekomendasikan saat ini.

Selain karena bunganya yang lebih rendah dibanding kompetitor dan dapat digunakan di ratusan merchants online(termasuk IKEA), Kredivo juga menyediakan opsi cicilan bunga 0% hingga 3 bulan yang mana bisa kamu manfaatkan untuk mengatur cashflow keuangan pribadi.

Alternatif

1. Adakami

AdaKami merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya di Indonesia yang sudah mengantongi izin dari OJK. Di AdaKami tersedia produk pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit s/d Rp4 juta dan tenor maksimal 90 hari.

📢 Ingin pinjam uang di AdaKami? Ajukan pinjaman lewat tautan ini agar dapat bonus Rp50.000 setelah pengajuan disetujui

2. Akulaku

Akulaku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya dan populer di Indonesia. Selain itu, Akulaku juga sudah berizin OJK sehingga relatif aman. Akulaku menyediakan beragam produk pinjaman seperti cash loan, dana cicil, dan layanan semacam kartu kredit yang memungkinkan kamu untuk belanja barang dengan cicilan.

📢 Ingin pinjam uang atau kredit barang online di Akulaku? Daftar lewat tautan ini agar dapat bonus voucher senilai Rp115 ribu, GRATIS!

3. Gopay Paylater

Pinjaman online hasil kerjasama Gojek dengan Findaya. Paling saya favoritkan karena bunganya termasuk yang paling rendah di antara semua aplikasi pinjol lainnya. Adapun kekurangan dari Gopay Paylater adalah pengguna tidak bebas mengajukan limit pinjaman. Selain itu, plafon pinjaman juga mayoritas hanya bisa digunakan untuk pembelian di layanan Gojek.

4. Kredit Pintar

Salah satu aplikasi Pinjol terpercaya di Indonesia dan sudah berizin OJK. Pilihan pinjaman yang tersedia beragam, bunga standar sesuai aturan OJK, dan bisa juga dicicil. Satu kekurangan Kredit Pintar adalah mereka memotong biaya layanan yang cukup besar saat pencairan pinjaman.

📢 Ajukan pinjaman hingga Rp20 juta praktis di aplikasi Kredit Pintar. Daftar di sini agar dapat bonus cashback senilai Rp220.000, GRATIS!

5. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah aplikasi pinjol yang sudah berizin OJK. Sayangnya, persentase bunga pinjaman Rupiah Cepat tidak sesuai aturan OJK, rata-rata di atas 0,8% s/d 1% per hari. Selain itu, desk collector Rupiah Cepat juga tidak punya etika.

6. TunaiKita

Pinjaman online TunaiKita sudah resmi terdaftar di OJK sejak tahun 2017. TunaiKita menawarkan pinjaman jangka pendek dan cicilan dengan limit dan tenor yang berbeda-beda tergantung kredit skor peminjam. TunaiKita unggul dari segi perlindungan privasi dan fasilitas pembayaran pinjaman sebagian/parsial.

7. UKU

Pinjol resmi terdaftar di OJK. Penyaluran pinjaman bekerjasama dengan aplikasi LinkAja. Menawarkan pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit dan tenor beragam tergantung skor kredit pengguna. UKU mengenakan biaya layanan yang dipotong di awal.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Tinggalkan komentar